Cara Merancang 360 Degree Digital Marketing dan Contohnya

360 digital marketing adalah

Apakah Anda sebagai tim marketing sedang mencari strategi pemasaran yang terbaik dan paling efektif? Mungkin Anda perlu mencoba menggunakan 360 degree digital marketing. Lalu apa itu 360 degree marketing? Untuk lebih memahami tentang strategi pemasaran ini secara umum, yuk simak penjelasan dari kami di bawah ini sampai selesai.

Pengertian 360 Degree Digital Marketing

Pengertian 360 Degree Digital Marketing

Marketing atau pemasaran merupakan kegiatan berorientasi pelanggan, dengan tujuan memuaskan kebutuhan pelanggan, melalui pemasaran produk dan pengembangan merek. Tujuan penting dari sebuah pemasaran adalah menjadi jembatan antara bisnis dan pelanggan potensial. Ini adalah proses membangun hubungan dekat dengan pelanggan untuk mendapatkan manfaat yang berharga bagi suatu bisnis.

360 degree digital marketing adalah salah satu bentuk dari strategi marketing campaign yang dimana kamu akan menyebarkan pesan melalui banyak platform yang berbeda-beda.

Ketika sebuah bisnis mengadopsi strategi pemasaran yang melalui media televisi, surat kabar, platform internet, kemasan produk, papan reklame, dan media lainnya. Semua kampanye ini diikat bersama oleh elemen periklanan pusat, maka inilah yang dimaksud sebagai kampanye pemasaran 360 derajat.

Dengan strategi ini setiap saluran pemasaran tersebut tentunya akan memiliki audiens dengan karakteristik yang berbeda-beda. Tetapi pesan yang disampaikan di banyak saluran tersebut harus sama. Misal perusahaan menjual produk perawatan kecantikan.

Untuk memasarkan produk ini tim marketing membuat slogan “Pemutih ABC memutihkan dengan cara aman dan alami”. Maka di semua saluran iklan yang Anda gunakan sebagai media promosi seperti di TV, Baliho, Youtube, Instagram dan lainnya. Kamu menampilkan satu pesan yang sama ini ke semua saluran pengiklanan. Inilah yang disebut sebagai strategi pemasaran 360 derajat.

Baca Juga :

Dalam menyampaikan pesan ini, kamu juga harus memasukan beberapa unsur seperti :

  • Produk
  • Harga
  • Tempat Produk Dijual
  • Positioning
  • dan lainnya

Mengapa 360 Degree Digital Marketing Sangat Penting?

Mengapa 360 Degree Digital Marketing Sangat Penting

Jika Anda bertanya-tanya mengapa strategi pemasaran 360 Degree Digital Marketing sangat penting?. Jawabannya karena strategi pemasaran ini memiliki beberapa manfaat seperti :

Strategi Rebranding

Ketika sebuah merek ingin menampilkan citra barunya di pasar dengan konsumen tertarget. Kampanye pemasaran 360 ​​derajat akan membantu menciptakan kesan baru di benak konsumen.

Prioritaskan Kampanye di Waktu Tertentu

Strategi ini sangat bermanfaat untuk melakukan kampanye pemasaran selama musim liburan, bulan ramadhan, tahun baru atau untuk moment tertentu. Di waktu-waktu ini, pemasaran menjadi lebih efektif untuk menarik minat para pelanggan.

Memasarkan Produk atau Layanan Baru

Saat meluncurkan produk atau layanan baru ke pasar, pemasaran 360 derajat ini perlu diterapkan untuk membuat para konsumen mengenal produk baru tersebut.

Membangun Citra Merek

Ketika sebuah merek baru memasuki pasar, menggunakan pendekatan pemasaran 360 derajat adalah solusi paling tepat.

Meningkatkan Penjualan

Jika produk yang dijual berkinerja buruk di pasar karena pemasaran yang kurang efektif. Dengan menerapkan pemasaran 360 derajat dapat membantu mengembalikan minat konsumen untuk membeli produk tersebut dan meningkatkan penjualan.

Contoh Penerapan 360 Degree Digital Marketing

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan 360 Degree Digital Marketing di Indonesia yang sukses :

1. Shopee

Dengan membangun citra merek marketplace yang memiliki banyak produk dan free ongkir. Baru-baru ini shopee telah berhasil menerapkan 360 Degree Digital Marketing dengan membuat kampanye iklan tentang fitur Shopee COD di berbagai platform. Sehingga saat ini, shopee merupakan salah satu marketplace yang sukses mendapatkan pelanggan baru dan membuat penggunanya aktif berbelanja melalui fitur Shopee COD.

2. Aplikasi Flip

Kemudian ada juga sebuah aplikasi dompet digital yaitu aplikasi FLIP. Aplikasi ini membuat kampanye iklan tentang transfer beda bank tidak dikenakan biaya transfer. Kampanye free transfer beda bank ini mereka iklankan di berbagai platform digital seperti instagram, facebook, tiktok, youtube, sehingga membuat aplikasi ini memiliki jumlah unduhan yang meningkat drastis.

3. Tokopedia

Selain shopee, marketplace yang juga sukses dalam mengiklankan produknya adalah Tokopedia. Tokopedia berhasil memiliki jumlah pengguna marketplace terbesar dan teraktif di Indonesia berkat menggunakan 360 Degree Digital Marketing. Tokopedia menggunakan pesan iklan belanja apapun Gratis Ongkir dan promo Waktu Indonesia Belanja (WIB).

4. Gojek Indonesia

Contoh penerapan strategi marketing 360 derajat ini juga diterapkan oleh Gojek Indonesia dengan pesan J3K: Agar nyaman dalam perjalanan pake Gojek (Gojek Indonesia). Selama pandemi Covid-19, Gojek memberikan animasi bahwa pengemudi GoJek telah menerapkan protokol kesehatan dengan penyampaian yang humoris. Kampanye iklan ini menjadi viral di berbagai platform sosial media, youtube, dan lainnya.

5. Kredivo

Aplikasi pinjaman uang online Kredivo, juga telah menerapkan strategi marketing dengan menggunakan iklan Jangan #SetengahSetengah (Kredivo). Iklan tersebut mereka sebar ke beberapa platform dan mendapatkan respon cukup baik dalam meningkatkan jumlah orang yang mengunduh aplikasi Kredivo di playstore dan appstore.

Jadi apakah Anda tidak tertarik menggunakan 360 Degree Digital Marketing? Pastinya dengan mengetahui beberapa contoh dari perusahaan dan bisnis diatas yang sukses menarik perhatian dan minat calon pelanggannya. Anda jadi tertarik menggunakan strategi pemasaran 360 derajat. lalu bagaimana cara merancang 360 Degree Digital Marketing untuk perusahaan?

Baca Juga :

Cara Merancang 360 Degree Digital Marketing Untuk Perusahaan

Cara Merancang 360 Degree Digital Marketing Untuk Perusahaan

Untuk merancang pemasaran 360 derajat di dalam dunia digital marketing yang efektif, perlu fokus pada hal-hal berikut.

Membuat Website

Setiap perusahaan perlu membangun sebuah situs website sendiri untuk memperkenalkan dan mengiklankan produk yang dijual. Situs web akan membentuk identitas dari sebuah merek. Jadi jika bisnis Anda ingin menerapkan pemasaran 360 derajat ​​harus memiliki situs web terlebih dahulu.

Content Marketing

Konten merupakan salah satu bentuk pemasaran yang paling penting, dan disinilah ide 360 Degree Digital Marketing dipadatkan. Selama masa kampanye, semua bentuk konten, baik yang berorientasi pemasaran maupun non-pemasaran, harus mengandung pendekatan 360.

Media sosial

Saat ini, platform seperti Facebook, Instagram atau media sosial lainnya telah menjadi bagian integral dari 360 Degree Digital Marketing. Ini adalah tempat bagi bisnis untuk mengiklankan merek mereka kepada pelanggan yang potensial. Untuk merek baru, platform jejaring sosial adalah tempat tepat untuk menciptakan banyak kesadaran merek atau branding. Sehingga dapat membantu pelanggan mengetahui dan mengenal produk dari bisnis baru.

Acara Kontes, Komunitas dan Pameran

Acara seperti pameran, kontes, atau acara komunitas adalah peluang bagi bisnis untuk mengiklankan merek mereka dengan cara yang paling efektif. Menggabungkan acara dengan pemasaran 360 derajat akan membantu merek terhubung lebih baik dengan lebih banyak orang.

Dengan melakukan kampanye pemasaran terkait dengan event yang diadakan hal ini akan membangun citra merek bisnismu menjadi lebih kuat.

Pemasaran Tradisional

Billboard, surat kabar, majalah, stasiun radio, stasiun televisi adalah platform yang melayani banyak konsumen harus disertakan dalam 360 Degree Digital Marketing. Karena saluran pemasaran ini akan memberi kita akses ke pasar lokal dengan jumlah pelanggan lebih banyak.

Semoga informasi dalam artikel ini membantu pembaca memahami 360 degree digital marketing dan membuat kamu mengetahui cara membangun kampanye pemasaran untuk meningkatkan citra merek dan penjualan produk dengan lebih baik.