6 Jenis Strategi Marketing Paling Efektif Untuk Pemasaran

strategi marketing

Perusahaan sedang mencari strategi marketing efektif dan terbaik? Mungkin harus mencoba beberapa teknik marketing. Apa Itu strategi marketing?

Bagaimana cara menerapkan strategi marketing yang efektif? Yuk simak semua jawabannya di bawah ini.

Dalam sebuah bisnis, marketing merupakan salah satu ujung tombak untuk memaksimalkan omset bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita juga harus memiliki strategi marketing yang tepat untuk dikerjakan.

Lalu apa saja strategi marketing tersebut? Mari kita bahas di bawah ini.

Pengertian Marketing

Marketing adalah upaya untuk mengenalkan produk pada para pelanggan. Upaya yang dilakukan tersebut mulai dari promosi, distribusi, penjualan serta pengembangan produk.

Manfaat Strategi Marketing

Dalam sebuah bisnis, marketing ini memiliki peranan yang cukup besar. Bisnis tidak makan berjalan dengan baik tanpa adanya marketing yang bagus. Manfaat dari marketing itu sendiri yaitu :

  • Meningkatkan penjualan
  • Bisa membangun hubungan baik dengan konsumen
  • Sebagai sarana untuk melakukan branding
  • Untuk mengembangkan produk

Dalam praktiknya, marketing seringkali dimulai dari riset pasar serta melakukan analisa kebutuhan konsumen.

Akan tetapi meskipun kedua hal tersebut terus dilakukan, penting sekali bagi kita untuk menggunakan teknik marketing lainnya yang uptodate seiring dengan perkembangan zaman saat ini. Manfaatkan juga strategi Facebook Ads MarketingInstagram Ads Marketing, Inbound Marketing atau 360 Digital Marketing untuk mempercepat perlajuan penjualan produk atau jasa dari bisnis anda.

Bila kondisi membuat anda terkendala, gunakan jasa digital marketing agency untuk mempercepat proses dan membantu untuk mendapatkan Leads Customers.

Baca Juga :

Strategi Marketing Terbaru Bagi Bisnis Anda

Dibawah ini adalah beberapa strategi marketing yang bisa digunakan dalam bisnis.

1. Marketing Mix

Marketing mix adalah strategi dalam menggunakan berbagai upaya marketing agar bisa mencapai penjualan sesuai yang diinginkan. Teknik marketing mix ini juga paling banyak digunakan pelaku bisnis.

Terdapat 7 elemen dasar yang terdapat pada Marketing mix ini yaitu product, price, place, promotion, physical evidence, people serta process.

Untuk mengawali teknik marketing mix ini kita bisa merancang produk yang dibutuhkan oleh konsumen, kemudian juga harus dipastikan harganya terjangkau.

Kita juga perlu membuat produk yang bisa terus eksis melalui upaya promosi. Dan pada intinya ketujuh elemen diatas harus diupayakan agar mendapatkan hasil pemasaran yang baik.

2. Viral Marketing

Selanjutnya yaitu Viral marketing adalah salah satu strategi promosi yang memanfaatkan audiens agar bisa menyebarluaskan informasi mengenai produk yang kita miliki. Dengan menggunakan strategi ini maka bisa mendongkrak bisnis dalam waktu cepat.

Adapun kelebihan yang ada pada viral marketing ini diantaranya yaitu bisa menghemat biaya promosi. Selain itu juga jangkauannya luas dan dimungkinkan produk kita akan diulas media karena keviralan tersebut.

Adapun cara memaksimalkannya yaitu dengan mengetahui target audience serta memberikan informasi berkualitas dan emosional agar banyak yang membagikannya.

3. Guerilla Marketing

Guerilla marketing adalah strategi marketing dengan cara melakukan promosi unik sekaligus berkesan di mata konsumen. Sehingga tak heran jika teknik pemasaran ini bisa menjadikan orang terkejut pada gebrakannya.

Dan salah satu contoh yang menggunakan teknik marketing ini yaitu skydiving yang dilakukan untuk iklan produk Red Bull.

Alasan banyak bisnis menggunakan guerilla marketing yaitu yang lebih hemat dalam hal anggaran karena fokusnya disini adalah kreatifitas cara promosi dan mudah viral karena keunikannya yang dibangun.

Alasan berikutnya yaitu calon konsumen tentunya menjadi lebih terkesan saat menyaksikan promosi tersebut.

Agar kita bisa menggunakan strategi guerilla marketing ini maka kita juga harus selalu menggali ide kreatif untuk mengenalkan produknya. Bukan hanya itu saja, kita juga harus mengenali audiens sehingga kesan yang dibangun lebih kuat.

trend strategi marketing digital

4. Trend Marketing

Trend marketing adalah strategi pemasaran produk untuk mempelajari tren terbaru pada masyarakat. Dan bagi para pebisnis tentunya tidak boleh melewatkan yang satu ini. Karena kita tahu bahwa tren tersebut berubah sehingga kita bisa memanfaatkan tren baru untuk promosi produk.

Terdapat banyak sekali trend marketing sat ini. Salah satunya yaitu dengan penggunaan AI (artificial Intelligence) yang bisa memahami keinginan konsumen. Misalnya penggunaan Google Voice Search.

Selain itu ada juga Chatbot yang digunakan untuk memberikan pelayanan secara live chat bagi konsumen dengan menggunakan bantuan aplikasi sehingga hal ini akan bisa meningkatkan kecepatan interaksi dengan konsumen.

Baca Juga :

5. Experiential Marketing

Experiential marketing adalah strategi pemasaran yang akan mengajak konsumen untuk bisa merasakan pengalaman dalam menggunakan produk kita. Strategi ini juga efektif karena konsumen akan diajak secara langsung agar tahu kualitas produk kita.

Terdapat lima jenis experiential marketing yang bisa dilakukan diantaranya yaitu pameran produk, seminar, event, promosi user generated content dan lain-lain.

Kemudian dalam penerapannya ini terdapat beberapa teknik dalam menjalankan experiential marketing ini yaitu :

  • Tentukan tujuan dengan jelas
  • Membagikan pengalaman yang real tanpa dibuat-buat
  • Meminta feedback dari konsumen yang sudah menggunakan produk kita

6. Email Marketing

Dengan menggunakan email marketing ini maka kita juga bisa menawarkan produk kepada konsumen dengan menggunakan email.

Email marketing juga makin populer dan banyak digunakan karena :

  • Biaya yang dikeluarkan rendah namun hasilnya bisa maksimal.
  • Memiliki jangkauan yang luas.
  • Lebih dari 90% konsumen akan mengecek email setiap harinya.
  • Email marketing ini lebih efektif dibandingkan dengan media sosial.
  • Email marketing juga bisa menjangkau konsumen lebih banyak melalui perangkat yang berbeda.
  • Keunggulan email marketing ini selanjutnya yaitu mudah untuk berbagi. Jadi pelanggan bisa meneruskan penawaran spesial pada teman dengan cara mengklik tombol. Tidak banyak jenis pemasaran yang lainnya yang bisa kita manfaatkan semudah ini. Secara tak sadar, pelanggan akan fokus untuk mengenalkan bisnis kita ke yang lainnya.
  • Email marketing ini juga memiliki dampak instan. Karena menggunakan email maka bisnis juga bisa dilihat hasilnya hanya dalam beberapa menit saja setelah email dikirim. Penjualan ini dilakukan secara 24 jam dengan menggunakan email. Dan cara ini terbilang sangat efektif untuk perkembangan bisnis kita.

Jadi email marketing ini sangat efektif dalam membangun koneksi dengan calon pelanggan sekaligus mengarahkan mereka agar bisa menjadi pelanggan setia Anda.

Dengan melakukan pemasaran melalui email juga akan memungkinkan kita agar bisa melakukan reaksi secara langsung pada pelanggan.

Jadi pada saat sedang terjadi proses transaksi, kemudian pelanggan meninggalkan Anda maka bisa dilanjutkan dengan mengirimkan email agar bisa menyelesaikan proses transaksi tersebut.

Dan saat ini kita juga bisa melihat dengan jelas bahwa email marketing ini bisa dijadikan sebagai cara pemasaran yang efektif pada setiap bisnisnya.

Kini saatnya bagi Anda untuk bisa memulai menjadikan email marketing ini menjadi sebuah prioritas.

Baca Juga :

Manakah Strategi Marketing yang Digunakan Untuk Bisnis Anda?

Dan saat ini Anda juga pasti sudah mengerti sekaligus memahami apa itu marketing serta strategi marketing yang sedang populer saat ini. Dan sekaranglah waktunya untuk Anda menerapkan teknik pemasaran yang terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Adapun strategi marketing terbaik yang sudah diulas diatas yaitu :

  • Marketing mix
  • Viral marketing
  • Guerilla Marketing
  • Trend marketing
  • Experiential marketing
  • Email marketing

Masing-masing teknik pemasaran diatas memiliki berbagai keunggulan tersendiri. Diantaranya yaitu hemat biaya, efektif dalam membangun engagement dengan konsumen serta bisa menjangkau lebih banyak audiens dengan cepat. Mulailah dengan membudayakan data dengan metode metode analisis seperti Data-driven marketing untuk menjawab tantangan dimasa mendatang yang lebih kompleks di bidang digital marketing.

Jadi strategi marketing apa yang akan dipakai pada bisnis Anda?