7 Marketing Technology yang Wajib Digunakan Perusahaan

Marketing Technology untuk Perusahaan

Terdapat lebih dari 1.000 perusahaan telah mencoba menjual beragam marketing technology di lebih dari 40 kategori, sehingga membuat kita bingung untuk menentukan manakah yang terbaik untuk bisnis. Tetapi, di sini kami akan mengulas 7 marketing technology untuk perusahaan gunakan.

Dengan demikian, maka nantinya Anda tidak akan kebingungan lagi memilih marketing technology mana yang terbaik dan cocok untuk bisnis Anda. Ketujuh marketing technology ini wajib setiap tim marketing perusahaan miliki untuk menghasilkan leads, keuntungan, dan revenue bagi perusahaan.

Teknologi marketing ini pada dasarnya adalah bentuk pemasaran online langsung. Di mana dalam sistemnya terdapat faktor penting untuk mencapai keberhasilan direct marketing campaigns.

Dengan menerapkan 7 marketing technology ini, maka akan membuat bisnis Anda berjalan dengan baik. Sehingga perusahaan akan menghasilkan lebih banyak leads dan meningkatkan pendapatan bisnis.

7 Marketing Technology untuk Perusahaan

Berikut ini adalah 7 marketing technology untuk perusahaan yang wajib digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dengan lebih baik.

1. Analytics

Analytics adalah marketing technology yang di dalamnya berisi kinerja channel, teknologi, iklan, penawaran yang semuanya akan dilacak untuk mendapatkan sebuah wawasan dan pengetahuan yang lebih detail.

Dengan adanya Analytics, tim marketing dapat mengetahui pada bagian mana yang kurang efektif dalam tahapan pemasaran (marketing funnel) yang harus segera mendapatkan evaluasi dan perbaikan. 

Tetapi untuk dapat menggunakan Analytics, perusahaan Anda juga memerlukan tenaga analis untuk mengolah melakukan analisis data.

digital marketing agency

Tools Analytics yang umum digunakan, seperti :

Baca Juga :

2. Conversion Optimization

Pengoptimalan konversi merupakan strategi marketing untuk membuat orang datang ke website bisnis Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Sehingga audiens atau pelanggan akan melakukan sebuah tindakan atau action. Contohnya adalah pelanggan mengisikan formulir dengan alamat email dan nomor telepon yang mereka miliki.

Umumnya, hanya sekitar 3% orang yang berasal dari iklan online yang akan mengisi formulir pada sebuah website. Dengan menggunakan Conversion Optimization, maka hasilnya dapat meningkat menjadi 6%. Tetapi dengan strategi dan aplikasi pemasaran yang bagus, beberapa perusahaan dapat menciptakan tingkat konversi yang lebih tinggi hingga mencapai 33%.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan hasil serupa, maka Anda perlu mempertimbangkan menggunakan marketing technology bernama Conversion Optimization.

Tools Conversion Optimization yang populer digunakan saat ini yaitu :

  • Landing Page Grader Wordstream gratis
  • Optimizely memungkinkan Anda menjalankan A/B test landing pages dan elemen situs web lainnya
  • Dengan Unbounce, Anda dapat membuat dan menguji A/B test landing pages
  • Ion interactive menyediakan alat bagi non-programmer untuk bisa membuat aplikasi pemasaran sendiri. Sehingga akan memberikan tingkat konversi dan traffic website yang lebih tinggi

3. Email

Email marketing memang menjadi salah satu tools marketing technology untuk perusahaan yang banyak digunakan. Dengan email marketing ini, kita akan membuat orang memberi izin untuk mengirimkan email kepada mereka secara sukarela.

Sebab, konten atau isi pesan dalam email marketing yang kita kirimkan adalah konten yang bermanfaat dan berharga bagi penerimanya. Jadi saat mengirimkan sebuah email kepada pelanggan usahakan mengirimkan konten marketing yang sesuai dengan minat mereka.

Email marketing saat ini masih menjadi strategi pemasaran hebat yang dapat menghasilkan prospek bisnis yang tinggi. Beberapa tools email marketing yang populer dan wajib Anda coba yaitu :

4. Search Engine Marketing

contoh Marketing Technology untuk Perusahaan

Search Engine Marketing (SEM) mencakup paid search ads seperti Google Ads dan search engine optimization (SEO).

Marketing technology ini berguna untuk mendapatkan pengunjung organik ke website bisnis Anda. Bahkan saat ini perusahaan B2P dan B2B  juga mencari pelanggan menggunakan search engine marketing.

Dengan menggunakan paid marketing ini, bisnis Anda dapat menguji dan mengoptimalkan kata kunci, duplikat ads, mengarahkan pelanggan untuk mengisi formulir pada website dan lainnya.

Untuk menyempurnakan penggunaan SEM, Anda dapat mengkombinasikan Google Ads, Google Analytics dan CRM. Sehingga Anda tidak hanya mengetahui iklan mana yang paling banyak mendapatkan klik, tetapi Anda juga mengetahui iklan mana yang dapat menghasilkan peluang dan pendapatan yang lebih tinggi.

Dengan mengetahui insight ini, Anda dapat menerapkannya ke semua pemasaran online dan tradisional bisnis Anda. Sedangkan SEO tidak hanya akan meningkatkan website secara teknis, tetapi juga sangat penting untuk meningkatkan konversi.

Beberapa tools Search Engine Marketing yang populer dan wajib digunakan, yaitu :

Baca Juga :

5. Remarketing

Pasti Anda pernah mengalami remarketing. Di mana saat Anda membuka sebuah website dan Anda kemudian meninggalkan halaman website tersebut. Setelah itu Anda membuka website lain, dan iklan mereka muncul di website yang Anda kunjungi.

Inilah yang namanya remarketing, di mana Anda nantinya akan lebih hemat biaya. Karena Anda hanya akan memasangkan iklan kepada target pasar yang memiliki minat yang sesuai dengan yang Anda targetkan.

Dengan menggunakan marketing technology ini, Anda cukup membayar berdasarkan CPI (Cost per Impression). Sehingga Anda bisa mendapatkan banyak tayangan iklan secara gratis. Lebih dari 50% perusahaan software menggunakan remarketing pada iklannya.

Tools yang dapat membantu Anda dalam melakukan Remarketing, yaitu :

  • Remarketing melalui Google Ads
  • AdRoll
  • Perfect Audience Marin Software

6. Mobile

50% orang saat ini membuka email menggunakan smartphone, dan tidak lama lagi 50% mesin penelusuran akan dilakukan melalui smartphone juga. Sehingga semua website haruslah ramah seluler atau mobile friendly.

Jadi saat membuat sebuah website bisnis atau perusahaan, usahakan website yang Anda buat haruslah mudah dibaca dan digunakan di ponsel.

Jika tidak, Google akan menurunkan peringkat website bisnis Anda pada halaman pencarian seluler. Jadi website mobile friendly adalah langkah pertama yang wajib Anda perhatikan.

Setelah website bisnis Anda sudah mobile friendly, setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan memasang iklan penelusuran seluler dan menerapkan berbagai bentuk pemasaran seluler lainnya.

Teknik paling umum saat membuat website adalah menggunakan theme atau template yang responsif. Dengan cara ini secara otomatis website Anda akan menyesuaikan dengan website seluler. 

Sehingga ketika ada pengunjung mengakses website bisnis Anda melalui seluler, website secara otomatis akan menyesuaikan ukurannya berdasarkan browser yang mereka gunakan.

7. Marketing Automation

Jenis marketing technology untuk perusahaan yang terakhir adalah Marketing Automation. Ini merupakan teknologi terbaik yang di dalamnya terdiri dari : 

  • Analytics
  • Form online
  • Berfungsi untuk melacak dan menganalisis perilaku pelanggan
  • Mempersonalisasi konten web
  • Mengelola email campaign
  • Memberikan fasilitas penyelarasan pemasaran dan penjualan melalui penilaian prospek
  • Memberikan informasi tentang aktivitas data dari CRM serta sumber dari pihak ketiga

Tools marketing automation yang populer dan wajib bisnis UMKM dan UKM yaitu :

Tools marketing automation yang populer dan wajib bisnis menengah ke atas, yaitu :

  • Silverpop (IBM)
  • Adobe Campaign
  • Marketo
  • Pardot and ExactTarget (Salesforce)
  • Oracle Eloqua

Itulah tadi 7 marketing technology untuk perusahaan. Tetapi sebelum menggunakannya, Anda wajib melihat fungsi, anggaran dan skala bisnis yang Anda miliki saat ini. Apakah tools marketing technology tersebut memang perlu Anda gunakan atau tidak. 

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.