Jangan Asal, Ketahui Cara Membuat Advertising Plan yang Efektif untuk Raih Lebih Banyak Pelanggan

cara membuat advertising plan

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis, tentunya advertising atau iklan bukan lagi menjadi hal baru. Bahkan, iklan menjadi bagian penting dari strategi pemasaran (marketing campaign) untuk menarik lebih banyak sales lead. Maka dari itu, merencanakan strategi iklan yang efektif merupakan langkah yang harus Anda perhatikan. Inilah sebabnya, Anda perlu merancang advertising plan secara optimal.

Perencanaan iklan menjadi bagian kunci untuk menciptakan suatu advertising campaign yang menarik. Semakin menarik iklan yang Anda tampilkan, maka  semakin banyak pula calon pelanggan atau lead yang tertarik untuk lebih mengenal produk/jasa yang Anda tawarkan. Inilah sebabnya, perencanaan iklan menjadi strategi bisnis yang harus Anda rancang seoptimal mungkin agar dapat mengakuisisi lebih banyak pelanggan.

Namun, perlu Anda pahami pula bahwa merancang iklan yang menarik tidaklah gampang. Anda perlu menerapkan beberapa langkah agar dapat menghasilkan iklan yang efektif dalam menarik minat prospek atau target pasar secara jitu. Lantas, apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk membuat advertising plan yang efektif?

Simak ulasan lengkapnya melalui artikel inMarketing berikut in!

Apa Itu Advertising Plan?

Mengutip dari The Balance SMB, perencanaan iklan atau advertising plan adalah kerangka strategi untuk merencanakan pemasangan iklan agar dapat mempromosikan bisnis dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Sebagaimana pengertiannya, tujuan dari perencanaan iklan ini sudah tentu sebagai strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness pada khalayak yang lebih luas. Dengan demikian, akan ada lebih banyak prospek yang berpeluang untuk dikonversi menjadi pelanggan (lead conversion). Semakin tinggi angka konversi, maka semakin banyak pula profitabilitas atau keuntungan yang akan perusahaan dapatkan.

Sehingga, wajar apabila iklan menjadi bagian penting dari marketing plan yang sangat perusahaan butuhkan untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya iklan, besar kemungkinan bagi perusahaan untuk sulit melakukan branding dan menumbuhkan bisnis kedepannya.

Kendati demikian, perlu Anda pahami bahwa memasang iklan tentunya membutuhkan dana atau business cost yang tidak sedikit. Baik secara digital maupun tradisional. Oleh sebab itu, merencanakan biaya pemasaran iklan secara rinci adalah cara terbaik untuk memanajemen keuangan perusahaan. Terutama untuk bisnis baru yang cenderung belum memiliki cukup banyak dana untuk memasang iklan secara masif.

digital marketing agency

Bukan hanya berperan untuk membantu mengatur keuangan perusahaan saja, perencanaan iklan ini juga bisa menjadi tolok ukur atau metrik untuk mengukur efektivitas dan performa bisnis dalam menjangkau pelanggan.

Sebab, plan yang telah Anda susun akan membantu menilai apakah iklan yang ditampilkan sudah efektif atau belum. Dengan demikian, perusahaan bisa melakukan evaluasi kedepannya.

Baca Juga :

Cara Membuat Advertising Plan yang Efektif

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya advertising plan, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya dengan efektif!

1. Buat Persiapan Secara General

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan perencanaan iklan secara general. Maksudnya adalah menyiapkan gambaran umum dari iklan yang akan Anda buat. Tujuannya adalah agar target konsumen yang Anda incar dapat memahami maksud dari campaign, serta tujuan dan target dari iklan tersebut.

Melansir dari Hubspot, untuk mempersiapkan perencanaan iklan secara general, berikut adalah beberapa aspek yang harus Anda perhatikan:

  • Nama kampanye : Pertama, tentukan nama kampanye atau campaign iklan yang yang buat. Upayakan untuk memilih nama campaign yang menarik dan unik agar mudah diingat.
  • Deskripsi kampanye : Berikutnya adalah deskripsi dari campaign tersebut. Anda harus menentukan maksud dan tujuan dari kampanye secara singkat dan padat.
  • Target : Selanjutnya adalah mengenali target pasar Anda. Pastikan bahwa Anda telah melakukan analisis pelanggan dan riset pasar untuk mengetahui segmentasi, market orientation, customer needs, hingga customer pain point agar iklan Anda tepat sasaran (targeted).

2. Pilih Saluran atau Platform yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih saluran atau platform yang tepat. Tentunya Anda tahu bahwa saat ini ada banyak sekali platform yang menyediakan wadah untuk beriklan. Baik secara tradisional maupun digital. Nah, Anda harus memilih platform yang sesuao dengan kebutuhan bisnis dan target audiens.

Contohnya, apabila target pasar Anda adalah pengguna media sosial, maka Anda bisa memasang iklan di beberapa platform populer seperti Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook.

Platform-platform tersebut menyediakan iklan sebagai saluran pemasaran. Mulai dari Instagram ads, Facebook Ads, Twitter Ads, serta TikTok Ads untuk memudahkan pelaku bisnis. Jangan lupa untuk mengidentifikasi jenis iklan apa yang ingin Anda gunakan, anggaran, batas waktu, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

3. Tetapkan Anggaran Iklan

Sebagaimana poin sebelumnya, ada banyak sekali platform yang bisa Anda pilih untuk memasang iklan. Namun, pastikan bahwa Anda memilih platform yang tepat sesuai dengan anggaran yang bisnis Anda miliki. Tujuannya adalah agar tidak ada biaya yang terbuang sia-sia.

Misalnya, apabila target pasar Anda kebanyakan adalah pengguna Instagram, maka alangkah baiknya Anda fokus pada platform tersebut ketimbang lainnya. Selain peluang engagement lebih tinggi, anggaran yang Anda keluarkan pun lebih efektif.

Di sisi lain, Anda juga perlu membuat garis besar atau timeline dalam mengerjakan iklan agar biaya yang dikeluarkan tidak semakin membengkak. Misalnya, copywriter harus menyelesaikan copywriting untuk iklan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

4. Diversifikasi

Jika Anda memiliki dana lebih untuk iklan, maka tak ada salahnya untuk melakukan diversifikasi. Artinya, Anda bisa memasang iklan di beberapa platform sekaligus (media mix). Tujuannya sudah tentu untuk menjangkau lebih banyak lead, serta mendapatkan lebih banyak profit. Bukan cuma itu saja, memasang iklan di banyak platform juga menjadi taktik jitu apabila iklan Anda gagal di platform lainnya.

5. Lakukan Analisis

Setelah Anda memasang iklan, jangan lupa untuk melakukan analisis dari efektivitas iklan tersebut. Tujuannya adalah sebagai bahan evaluasi, apakah kinerja iklan tersebut sudah maksimal atau perlu mendapatkan perbaikan kedepannya.

Demikian adalah cara membuat perencanaan iklan yang bisa Anda terapkan. Pada dasarnya, perencanaan iklan adalah salah satu strategi bisnis yang penting untuk menunjang proses marketing. Dengan perencanaan iklan yang tepat, maka peluang bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan pun juga menjadi semakin besar.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.