Memahami Alur Kerja dan Cara Optimalkan Data Science untuk Marketing

alur kerja data science

Digitalisasi bisnis atau transformasi digital membuat mayoritas perusahaan mulai memanfaatkan berbagai macam teknologi guna memudahkan dan mengotomatisasi proses bisnis (business process automation). Salah satunya adalah dengan memanfaatkan data science marketing. Oleh sebab itu, baik marketer maupun perusahaan perlu memahami workflow atau alur kerja data science.

Melalui artikel berikut ini, kami akan mengajak Anda untuk memahami workflow data science untuk marketing, sekaligus tips mengoptimalkannya untuk kesuksesan marketing operations.

Alur Kerja Data Science untuk Marketing

Untuk memahami alur kerja data science, maka tim marketing dan data scientist perlu berkomunikasi secara efektif. Tim data scientist akan melakukan analisis data untuk mendapatkan marketing insight dan model proses marketing yang tepat. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan marketing strategy dan marketing plan yang akan dieksekusi oleh tim pemasaran dalam proses marketing.

Data scientist akan menguji model pada kumpulan data historis yang tersimpan pada database perusahaan dan mengukur keakuratannya. Dalam prosesnya, data scientist akan menggunakan algoritma data science, machine learning dan artificial intelligence (AI). Gunanya untuk membuat tolok ukur (benchmark) untuk mengukur keberhasilan model bisnis yang paling efektif.

Manfaat penerapan model bisnis berdasarkan alur kerja data science antara lain:

  • Memudahkan proses segmentasi pelanggan. Dengan data science, maka perusahaan dapat melakukan segmentasi atau pengelompokan target pasar berdasarkan karakteristik tertentu.
  • Membantu menemukan peluang di pasar dan market share. Data science akan membantu marketer dalam mencari peluang baru di pasar sesuai dengan market segmentation.
  • Menciptakan inovasi baru dalam strategi pemasaran. Manfaat data science berikutnya adalah mendapatkan insights yang sangat berguna untuk menciptakan inovasi baru dalam proses marketing.
  • Proses pengembangan produk yang lebih terarah. Selain marketing insights, data science juga dapat membantu menemukan product insights yang sangat berguna dalam proses product development. Sehingga, perusahaan bisa menciptakan kualitas produk yang sesuai dengan demand dan market orientation.
  • Membantu penetapan harga pasar (market pricing). Dengan permodelan bisnis berdasarkan analisis data science, maka perusahaan akan terbantu dalam proses pricing strategy. Yakni penentuan harga setelah menganalisis kondisi pasar dan melakukan segmentasi secara menyeluruh.

Baca Juga :

Tips Mengoptimalkan Data Science untuk Marketing

Setelah memahami alur kerja data science dan manfaatnya dalam membuat model bisnis yang efektif, lantas bagaimana cara mengoptimalkannya dalam proses marketing?

1. Optimalkan Saluran Pemasaran

Tips yang pertama adalah mengoptimalkan saluran pemasaran atau marketing channel. Ketahui dengan pasti saluran pemasaran mana yang menghasilkan engagement rate dan conversion rate tertinggi.

digital marketing agency

Apakah melalui saluran pemasaran tradisional, digital marketing (seperti social media marketing, email marketing, social messaging, website dan blog), atau mungkin media mix yang menggabungkan beberapa saluran sekaligus.

Data science dapat membantu Anda untuk menentukan manakah saluran pemasaran yang paling tepat sesuai dengan parameter atau metrik tertentu. Dengan demikian, pemanfaatan data science ini sekaligus dapat menjamin Anda mendapatkan lead conversion yang tinggi, serta ROI (return on investment) sebesar mungkin dari kegiatan pemasaran.

2. Membuat Customer Persona

Tips kedua adalah membuat persona pelanggan. Sebab pada dasarnya, alur kerja data science untuk marketing akan tetap mengambil pendekatan (approach) yang sama seperti strategi pemasaran pada umumnya, hanya saja bersifat otomatis. Yaitu dengan membuat asumsi (dalam hal ini menciptakan persona pelanggan), kemudian menganalisisnya.

Data science akan membantu untuk menguji customer persona (baik user persona maupun buyer persona) yang Anda buat, dan menyesuaikannya dengan target pasar. Kemudian, data science akan menunjukkan insights mengenai jenis konten marketing yang pelanggan sukai, kebutuhan pelanggan, pain point, dan informasi penting lainnya yang dapat meningkatkan efisiensi strategi marketing.

3. Maksimalkan Lead Targeting dan Lead Scoring

Tips berikutnya untuk mengoptimalkan data science dalam proses marketing adalah dengan memaksimalkan lead targeting dan lead scoring.

Seperti yang kita tahu, setiap marketer memang harus menjaring sales lead atau prospek sebanyak-banyaknya. Proses ini bisa kita sebut dengan istilah lead management. Tujuannya adalah untuk menyaring manakah prospek atau lead yang paling potensial untuk melakukan pembelian.

Dalam lead management, perlu adanya lead targeting dan lead scoring. Lead targeting adalah proses menentukan lead yang paling sesuai dengan target pasar dan persona yang telah marketer buat. Sedangkan lead scoring adalah proses penyaringan lead berdasarkan dua kategori, yaitu marketing qualified lead (MQL) dan sales qualified lead (SQL).

Dengan data science, Anda dapat melacak lead mana yang berkualitas berdasarkan analisis CLV (customer lifetime value) dan metrik lainnya. Kemudian, data science akan membuat model untuk memberi peringkat dan menargetkan prospek yang paling sesuai.

Baca Juga :

4. Lakukan Analisis Sentimen

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan sentiment analysis. Sebagaimana yang kita tahu, analisis sentimen dapat membantu Anda untuk mengetahui opini konsumen terhadap kampanye pemasaran, hingga perilaku konsumen dan kebiasaan mereka (consumer behavior) saat membeli produk.

Analisis sentimen memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data pelanggan dalam skala besar (big data) melalui riset pasar di media sosial. Dengan memanfaatkan data science, proses analisis ini bisa berlangsung lebih cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa mengetahui opini, ulasan, atau feedback dari konsumen terkait marketing campaign, hingga memprediksi proses pengambilan keputusan konsumen (consumer decision making process).

5. Tentukan Pricing Strategy

Adalah hal yang umum bahwa harga suatu produk/layanan sangat berpengaruh dalam proses marketing. Sebab, harga yang tidak sesuai dengan daya beli konsumen tentunya tidak akan menghasilkan penjualan atau sales growth yang memuaskan. Untuk itulah, menentukan harga yang tepat sesuai kondisi pasar menjadi hal yang wajib perusahaan perhatikan.

Nah, data science akan membantu untuk mengklasifikasikan produk yang tepat sesuai target pasar Anda. Melalui insights dan customer persona, data science akan membantu mengelompokkan pelanggan berdasarkan barang yang ingin mereka beli dan berapa harga yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

6. Komunikasi dengan Konsumen secara Efektif

Tips terakhir adalah dengan menjalin interaksi atau komunikasi dengan konsumen secara efektif. Menjalin komunikasi dengan konsumen tak hanya bermanfaat untuk membentuk hubungan baik (relationship) dan meningkatkan customer loyalty serta customer retention saja.

Sebab, berkomunikasi dengan konsumen juga sekaligus membantu Anda untuk mendapatkan insights. Data science dapat membantu Anda untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan secara tepat berdasarkan waktu nyata (real time). Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam melakukan strategi promosi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan saat ini.

Itulah ulasan mengenai alur kerja data science dan tips memaksimalkannya. Perlu Anda pahami bahwa data science memegang peran penting dalam pertumbuhan bisnis. Karena dengan adanya pengelolaan data dengan tepat, maka perusahaan bisa mengambil keputusan terbaik dan menciptakan strategi bisnis yang paling efektif.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.