Memahami Ambush Marketing Untuk Strategi Kalahkan Kompetitor

Memahami Ambush Marketing Untuk Strategi Kalahkan Kompetitor

Dari sekian jenis strategi marketing yang bisa bisnis gunakan, ada satu strategi yang cukup menarik tapi di sisi lain juga cukup berisiko untuk dilakukan, namanya ambush marketing.

Bahkan perusahaan raksasa dari berbagai bidang seperti BMW, Audi, Samsung, Apple, dan Nike pernah melakukan strategi pemasaran itu. Selain tidak membutuhkan banyak biaya, banyak yang percaya bahwa ambush marketing adalah strategi terbaik untuk mengalahkan kompetitor. Tanpa perlu repot-repot menaikkan standar tim marketing dengan segala target marketing yang membuat marketing funnel yang membingungkan.

Seperti apa maksud dari ambush marketing untuk keberlangsungan bisnis, terutama bagi Anda yang baru merintis usaha? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Ambush Marketing?

Ambush marketing adalah strategi yang melibatkan tim brand tertentu yang mencoba mengaitkan produk atau layanan mereka dengan acara besar yang sudah memiliki sponsor resmi perusahaan. Dalam kebanyakan kasus, strategi marketing ini terjadi selama acara besar berlangsung dan bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dari perusahaan tertentu tanpa hak sponsor.

Ambush marketing campaign memungkinkan brand untuk menunjukkan kepribadian perusahaan dengan memunculkan ide-ide cerdas dan kreatif yang menarik perhatian audiens mereka. Jenis kampanye ini sering kali menyertakan lelucon halus, gambar visual yang menipu mata, dan permainan kata.
Penerapan ambush marketing membantu membuat citra brand atau perusahaan lebih mudah audiens ingat daripada jenis pemasaran lainnya. Persaingan yang tercipta melalui kampanye-kampanye pemasaran ini juga cenderung berkesan dan menghibur audiens.

Ambush advertising campaign juga memberi perusahaan brand kebebasan dan fleksibilitas dalam mengekspresikan diri. Maksudnya, pemasaran penyergapan memungkinkan brand mengambil sedikit pure risk dan menunjukkan sisi yang berbeda, lebih kreatif, dan ekspresif kepada audiens di samping kampanye harus tetap kohesif dengan brand voice. Hal ini membuat kampanye memberikan brand kesempatan untuk terhubung dengan audiens mereka melalui brand personality.

Baca Juga:

Jenis Ambush Marketing

jenis ambush advertising

Walaupun strategi marketing ini cenderung kurang baik, tapi marketing ini digadang-gadang menjadi strategi yang cukup efektif untuk mengalahkan kompetitor dan mengakuisisi pelanggan. Bahkan banyak perusahaan meraih kesuksesannya karena menerapkan strategi yang memiliki nama lain coat-tail marketing.

digital marketing agency

Seiring berjalannya perkembangan kebutuhan pemasaran, ambush marketing terbagi menjadi dua jenis, yaitu direct dan indirect ambush marketing. Berikut ini pemaparannya tiap jenisnya.

1. Direct Ambush Marketing

Bisa dibilang, direct marketing pada ambush advertising bersifat agresif. Strategi pemasaran ini terjadi ketika sebuah brand mulai secara langsung mengikatkan diri pada acara resmi, seolah-olah memasarkan diri mereka sebagai sponsor resmi meskipun mereka tidak memiliki hak hukum untuk melakukannya.

Brand tersebut mencoba mencuri perhatian audiens dan ingin kehadiran mereka dapat para audiens ketahui. Beberapa tipe lanjutan dari direct ambush marketing adalah predatory ambushing, coat-tail ambushing, property atau trademark infringement, dan self-ambushing.

  1. Predatory ambushing adalah teknik yang membuat satu brand secara sengaja menyerang upaya marketing brand lain yang menjadi sponsor resmi suatu acara. Tipe ini paling banyak perusahaan lakukan untuk mencegah audiens mengidentifikasi sponsor yang sebenarnya.
  2. Coat-tail ambushing adalah strategi di mana sebuah brand memiliki tujuan untuk mendapatkan exposure pemasaran dengan menjadi sponsor pihak yang berpartisipasi dalam suatu acara. Dalam hal ini, brand tersebut tidak harus menjadi sponsor resmi acara tersebut. Misalnya, brand sepatu Adidas dapat mensposori atlet dalam satu acara olahraga yang Nike sponsori.
  3. Property atau trademark infringement adalah ketika sebuah brand menggunakan logo, simbol, atau frasa brand lain untuk mempromosikan produk atau layanannya yang membuat pelanggannya bingung. Namun, tipe direct ambush marketing ini dapat mengurangi upaya pemasaran dari pemilik properti.
  4. Self-ambushing berarti bahwa suatu brand yang memiliki hak sponsor terlibat dalam kegiatan-kegiatan tertentu yang tidak disebutkan dalam kontrak. Contohnya brand minuman beer Carlsberg yang menjadi sponsor resmi UEFA European Championship 2008 memberikan kaos dan headband kepada para atlet. Hal tersebut tidak tertulis pada kontrak sponsor yang telah mereka sepakati sebelumnya.

Baca Juga:

2. Indirect Ambush Marketing

Indirect marketing terjadi ketika sebuah brand atau perusahaan secara tidak langsung mengaitkan diri pada marketing campaign yang ada secara halus menggunakan gambar, kata-kata, dan warna yang mirip dengan marketing campaign yang ada untuk brand lain. Ini menciptakan kesan bahwa merek tersebut terlibat dalam peristiwa tertentu, padahal kenyataannya tidak.

Berbeda dengan direct ambush marketing, kampanye ini bersifat tidak agresif, dan mereka tidak ingin mencuri perhatian. Taktik ini bermanfaat untuk sekadar mendapatkan lebih banyak eksposur untuk brand tanpa menyebabkan masalah besar lainnya.

Misalnya seperti yang dilakukan Zoho, perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi berbasis cloud, yang menggunakan kampanye marketing kreatif dengan membuat iklan billboard dengan kata-kata yang merujuk pada brand kompetitornya, Salesforce. Tak hanya itu, Zoho membuat iklannya dengan menggunakan font yang mirip dengan logo Salesforce.

Kelebihan dan Kekurangan Ambush Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Ambush Marketing

Seperti strategi pemasaran lainnya, ambush advertising memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan ambush marketing agar Anda bisa mempertimbangkan strategi ini untuk bisnis Anda.

Keuntungannya Ambush Marketing

  • Efektivitas biaya
  • Meningkatkan brand equity
  • Terjaminnya kebebasan dan fleksibilitas pemasaran bisnis
  • Menjadi kesempatan bagi startup untuk memulai bisnis mereka
  • Membawa persaingan yang lebih tinggi yang memberikan harga lebih rendah bagi konsumen
  • Merupakan pendekatan bisnis yang kreatif
  • Menghasilkan tanggapan langsung terhadap kampanye bisnis
  • Terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari iklan sidebar seluler hingga papan reklame besar di pusat kota
  • Perusahaan dapat keluar dari skrip konten awal, gaya, dan perencanaan bisnis lain yang sebelumnya telah ditentukan.

Kekurangan Ambush Marketing

Semua metode pemasaran memiliki kelemahan, tidak terkecuali ambush advertising. Berikut ini beberapa kerugian ambush marketing yang harus Anda ketahui sebelum menerapkannya.

  • Strategi ini membuat Anda kesulitan untuk menghitung ROI
  • Membutuhkan respons cepat dan perencanaan terperinci
  • Bergantung pada waktu dan ruang
  • Berkemungkinan besar akan melanggar hak sponsor dan mitra yang sebenarnya dari suatu acara
  • Hanya bergantung pada iklan kompetitor untuk mengatasi perencanaan tindakan bisnis

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Ambush Marketing?

Mayoritas ambush campaign memiliki satu tujuan, yaitu mengaitkan perusahaan mereka dengan ketenaran acara-acara besar tertentu tanpa menandatangani kontrak sponsor resmi. Ambush marketing menyajikan pendekatan yang agak tidak biasa untuk menciptakan kampanye pemasaran dan pada saat yang sama merujuk pada kebebasan dan fleksibilitas dalam membuat kampanye sekreatif mungkin.

Brand menggunakan berbagai bentuk visual dan permainan kata untuk menanggapi kampanye pemasaran yang sponsor resmi buat pada suatu acara besar. Karena kampanye semacam itu sangat menghibur, ambush advertising cenderung lebih menarik audiens dan kemungkinan besar audiens mudah mengingatnya.

Dengan strategi ini, perusahaan sering menggunakan metode yang melampaui ruang lingkup pedoman internal perusahaan. Anda dapat menggunakan pemasaran ambush dengan cara yang berbeda, mulai dari iklan PPC (pay-per-click) dalam hasil pencarian ke billboard raksasa di jalan-jalan kota yang paling ramai.

Singkatnya, menerapkan teknik pemasaran ini membuka kesempatan Anda untuk mempertimbangkan strategi promosi perusahaan Anda dalam bentuk yang tidak terduga. Ambush marketing adalah pendekatan yang menginspirasi brand untuk menciptakan kampanye iklan yang mungkin provokatif tetapi juga mengesankan dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.