Keuntungan Analisis SOAR untuk Bisnis dan Perbedaannya dengan SWOT

SOAR analysis

Dalam membangun bisnis, tentunya Anda ingin menggunakan strategi yang tepat untuk mendukung business growth dan development. Anda bisa menggunakan analisis SOAR untuk memilih strategi bisnis yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jika bicara soal analisis bisnis, mungkin Anda lebih familiar dengan analisis SWOT. Namun, analisis bisnis menggunakan pendekatan SOAR (strengths, opportunities, aspirations, results) bisa menjadi alternatif baru yang mendatangkan keuntungan untuk kemajuan dan kelanjutan bisnis kedepannya.

Pencetus SOAR analysis, Stavros, Cooperrider, dan Kelly, mengatakan bahwa konsep SOAR berasal dari pendekatan Appreciative Inquiry (AI). Pendekatan ini cenderung lebih menitikberatkan pada pengidentifikasian, serta pembangunan kekuatan dan peluang ketimbang pada masalah, kelemahan, dan ancaman layaknya SWOT.

Selain itu, analisis ini juga memberikan sejumlah keuntungan bagi strategi pertumbuhan  dan manajemen bisnis secara keseluruhan. Bahkan, analisis ini terbukti memberikan hasil yang efektif. Lantas, bagaimana cara melakukan SOAR analysis?

Simak ulasannya melalui artikel inMarketing berikut ini!

Apa Itu Analisis SOAR?

Melansir dari thinkinsights.net, analisis SOAR adalah analisis bisnis yang berfokus pada Strengths, Opportunities, Aspirations, dan Results. Di mana kekuatan dan peluang berfokus pada situasi bisnis Anda saat ini, sedangkan aspirasi dan hasil berfokus pada situasi masa depan yang Anda inginkan.

SOAR merupakan pendekatan terhadap rencana strategis dan memungkinkan Anda untuk menentukan masa depan diinginkan. Sebab analisis ini bekerja dengan berfokus pada kekuatan bisnis dan bagaimana kekuatan tersebut dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang yang bisnis Anda hadapi.

SOAR analysis terdiri atas empat elemen, yaitu:

digital marketing agency
  • Strength (Kekuatan) : Merupakan tahap di mana Anda perlu mengidentifikasi apa saja yang menjadi kekuatan bisnis
  • Opportunity (Kesempatan) : Adalah tahapan di mana Anda harus melihat peluang apa saja yang dapat mendukung perkembangan bisnis
  • Aspirations (Aspirasi) : Yaitu bentuk gambaran tentang apa yang ingin bisnis Anda raih di masa depan
  • Result (Hasil) : Yakni hasil yang sudah terukur untuk diwujudkan. Elemen ini menunjukkan bahwa kinerja bisnis Anda telah membuahkan hasil

SOAR analysis bisa kita gambarkan sebagai matriks 2×2. Dengan baris atas pada matriks berfokus pada situasi saat ini, dan baris bawah berfokus pada situasi masa depan yang Anda inginkan. Sedangkan kolom kiri berfokus pada faktor internal, dan kolom kanan berfokus pada faktor eksternal bisnis Anda.

SOAR

Mengapa hasilnya eksternal dan bukan internal? Ini karena faktor eksternal bukan sesuatu yang bisa Anda capai sendiri. Misalnya, mampu memenuhi kepuasan pelanggan (customer satisfaction), atau membuat para pelanggan mengadvokasi orang lain untuk membeli produk Anda.

Faktor internal sendiri adalah faktor yang berasal dari dalam, yaitu terdiri dari kekuatan dan aspirasi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar, yaitu kesempatan dan hasil.

Cara Melakukan Analisis SOAR untuk Bisnis

Anda sudah memahami apa itu SOAR analysis dan elemen-elemennya. Berikut adalah cara melakukan SOAR analysis yang perlu Anda pahami untuk membantu mendukung kemajuan bisnis:

1. Strength (Kekuatan)

Elemen ini bertujuan untuk menentukan kekuatan bisnis yang dapat Anda manfaatkan dan bangun untuk meraih peluang. Misalnya aset bisnis, sumber daya, pengalaman bisnis dalam industri, kondisi finansial, competitive advantage, dan lain sebagainya.

Beberapa pertanyaan yang dapat membantu menentukan kekuatan bisnis Anda meliputi:

2. Opportunity (Kesempatan)

Elemen  ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang di pasar yang dapat Anda kejar untuk menjadi lebih sukses. Beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda mengidentifikasi peluang di pasar meliputi:

  • Tren apa yang terjadi di pasar yang dapat Anda manfaatkan?
  • Apakah ada segmen pasar baru yang harus Anda masuki?
  • Bisakah Anda mengubah salah satu ancaman terhadap bisnis menjadi peluang?
  • Apakah ada celah (gap) di pasar Anda saat ini?
  • Apakah Anda dapat melampaui ekspektasi pelanggan Anda saat ini (customer delight)?

3. Aspirations (Aspirasi)

Elemen ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspirasi bisnis Anda di masa depan. Pada dasarnya, ini adalah visi yang dibangun di atas kekuatan dan peluang yang telah Anda identifikasi untuk menginspirasi pencapaian bisnis Anda. Namun, perhatikan bahwa aspirasi tidak sama dengan visi keseluruhan bisnis.

Aspirasi  biasanya bersifat jangka pendek. Misalnya, visi perusahaan Anda mungkin menjadi maskapai penerbangan global terbesar, tetapi aspirasi Anda berikutnya mungkin menjadi maskapai penerbangan terbesar di satu negara tempat Anda beroperasi saat ini.

Pertanyaan yang dapat membantu Anda menetapkan aspirasi meliputi:

  • Seperti apa seharusnya bisnis Anda di masa depan?
  • Bagaimana Anda bisa membuat perbedaan (diferensiasi)?
  • Apa yang ingin bisnis Anda capai?
  • Apa yang seharusnya menjadi tujuan bisnis Anda sebagai sebuah organisasi?

4. Results (Hasil)

Elemen ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana Anda akan mengetahui bahwa bisnis telah mencapai aspirasi, dan juga menguraikan bagaimana Anda ingin melacak progress menuju tujuan bisnis.

Anda bisa menggunakan metrik performa bisnis (business metrics) atau KPI untuk mengetahui apakah bisnis telah mencapai tujuan. Namun, penting untuk tidak menetapkan terlalu banyak tolok ukur, melainkan mengukur 3-5 nilai yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis.

Beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menetapkan hasil meliputi:

  • Bagaimana Anda tahu kapan bisnis telah mencapai tujuan?
  • Angka/statistik apa yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kemajuan bisnis?
  • Bisakah Anda menerjemahkan aspirasi bisnis menjadi sesuatu yang terukur?
  • Bagaimana dan kapan Anda akan melacak kemajuan menuju aspirasi bisnis?

Perbedaan Analisis SOAR dan SWOT

SOAR vs SWOT analysis

Perbedaan utama antara analisis SWOT dan analisis SOAR adalah meskipun SWOT menganalisis lingkungan internal dan eksternal Anda, analisis ini tidak membantu Anda untuk menentukan hasil. Sebaliknya, analisis SOAR membantu Anda menentukan hasil yang ingin Anda capai di masa mendatang.

Perbedaan lainnya adalah bahwa analisis SOAR tidak menganalisis hal-hal negatif, sedangkan analisis SWOT secara tegas akan mencari ancaman dan kelemahan. SOAR berfokus pada peningkatan apa yang sudah dilakukan dengan baik, alih-alih mengatasi kekurangan atau kelemahan.

Keuntungan Analisis SOAR

Benefit atau keuntungan utama dari analisis SOAR adalah:

  • Tidak hanya menganalisis situasi Anda tetapi membantu Anda menetapkan tujuan dan target untuk dicapai
  • Fokus pada kekuatan dan peluang, tidak seperti SWOT yang memperbaiki kelemahan dan ancaman
  • Analisis SOAR lebih baik daripada analisis SWOT untuk startup karena organisasi masih sangat baru sehingga belum mengetahui kekuatan, kelemahan, atau ancamannya
  • Berorientasi pada tindakan

Contoh Penerapan Analisis SOAR

Salah satu contoh pemanfaatan analisis SOAR ini adalah Roadway Express, sebuah perusahaan transportasi yang berpusat di Akron, Ohio, Amerika Serikat. Saat membahas perencanaan strategis, mereka memetakan seluruh kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan dalam hubungannya dengan pasar, serta mengidentifikasikan peluang-peluang bisnis.

Hal tersebut diikuti dengan penentuan aspirasi yang konkret dan spesifik, kemudian diterjemahkan ke dalam hasil berdasarkan kebijakan-kebijakan dan pengukuran bisnis yang cermat. Hasilnya pada tahun berikutnya, Roadway Express mengalami peningkatan pendapatan kurang lebih sekitar 25%.

Demikian adalah ulasan tentang analisis SOAR untuk bisnis. Intinya, ini merupakan perencanaan strategi bisnis yang dapat membantu Anda mengidentifikasi peluang yang selaras dengan kekuatan bisnis Anda.

Selain melakukan analisis SOAR, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.