Mengenal Apa Itu Corporate Sales dan Tips Mengoptimalkannya

Dalam bidang sales atau penjualan, ada berbagai macam strategi dan jenis penjualan yang perlu Anda maksimalkan untuk meningkatkan sales growth, profitabilitas, dan revenue bisnis secara keseluruhan. Salah satu jenis penjualan yang perlu Anda pahami adalah corporate sales.

Jenis penjualan yang satu ini sangat penting untuk Anda perhatikan, terutama untuk mendukung proses B2B marketing. Bukan hanya sekadar menganalisis penjualan dalam sales cycle saja, corporate sales juga turut mengambil bagian penting sebagai indikator business metrics dan mendukung kesuksesan proses bisnis (business process) secara menyeluruh.

Melalui artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu corporate sales dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

Apa Itu Corporate Sales?

Bagi Anda yang berkecimpung di bidang penjualan, tentu ada beberapa indikator atau KPI sales yang wajib Anda perhatikan. Mulai dari sales cycle, jumlah sales lead, identifikasi suspect dan prospect, tingkat kesuksesan prospecting dan cold calling, efektivitas proses sales approach, hingga tingkat konversi prospek atau lead conversion.

Indikator-indikator tersebut bukan hanya berlaku dalam bisnis yang bergerak di bidang B2C saja, melainkan juga B2B. Bahkan bisa kita bilang, indikator untuk B2B (business to business) ini lebih krusial lantaran pelanggan yang membeli bukanlah orang biasa, melainkan perusahaan lain yang merupakan partner atau mitra bisnis. Inilah sebabnya, Anda perlu memaksimalkan penjualan B2B dengan corporate sales.

Melansir dari Reference, pada dasarnya corporate sales sendiri adalah penjualan yang terjadi dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Atau secara sederhana, kita bisa mengartikannya sebagai hasil penjualan B2B.

Hasil penjualan ini sangat penting untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan bisnis (growth rate) perusahaan, bahkan bisa menentukan valuasi suatu perusahaan. Semakin sukses proses penjualan yang Anda lakukan antar perusahaan, maka hal tersebut juga akan semakin menguntungkan bagi bisnis Anda.

Bahkan dengan mengoptimalkannya, Anda bisa menguatkan posisi bisnis di pasar (market positioning) dan meningkatkan bargaining power (daya tawar). Apalagi jika Anda menjual produk yang melengkapi produk lainnya. Ini artinya, kesempatan Anda untuk menguasai pangsa pasar pun akan semakin besar.

digital marketing agency

Misalnya adalah apabila Anda menjadi supplier kain yang menjual produk ke sebuah rumah mode terkenal. Sebagai supplier, hasil penjualan ke rumah mode tersebut akan masuk ke dalam kategori corporate sales. Sebab nantinya, rumah mode akan mengolah dan mendistribusikan produk Anda ke berbagai cabang yang mereka miliki, kemudian menjualnya pada konsumen.

Baca Juga :

Cara Mengoptimalkan Corporate Sales

cara mengoptimalkan corporate sales

Menilik dari pengertian corporate sales di atas, tentu kita tahu bahwa keberhasilan corporate sales juga akan memengaruhi kesuksesan perusahaan. Oleh sebab itu, melansir dari Marketing 91, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkannya:

1. Memperkaya Product Knowledge

Untuk mengoptimalkan penjualan, maka Anda perlu memenuhi market orientation dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Oleh sebab itu, Anda perlu memperkaya product knowledge. Sebab pada dasarnya, penting bagi Anda untuk benar-benar memahami produk yang Anda tawarkan.

Bayangkan saja. Percuma apabila Anda mahir dalam melakukan sales approach namun tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang produk yang Anda tawarkan sendiri. Hasilnya, pelanggan justru malah akan kehilangan kepercayaan terhadap brand Anda (brand authority). Karena pada umumnya, perusahaan lebih terkesan pada perusahaan lain yang mampu menjelaskan dan menunjukkan keunggulan atau kualitas produknya dengan baik.

2. Mencari Tahu Siapa Pelanggan Anda

Umpamakan jika Anda ingin menjual produk pada konsumen tanpa mengetahui kebutuhan mereka. Misalnya, Anda menawarkan produk mukena kepada remaja pria. Hasilnya, tentu saja mayoritas akan menolaknya karena tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebaliknya, apabila Anda menjualnya kepada remaja wanita atau wanita dewasa, kemungkinan closing akan menjadi lebih besar.

Analogi tersebut menunjukkan bahwa mencari tahu siapa target pasar atau pelanggan Anda adalah hal yang penting. Untuk mengoptimalkan corporate sales, maka Anda harus benar-benar mengenal dan mempelajari calon pelanggan Anda (dalam hal ini adalah perusahaan yang Anda tawarkan kerja sama).

Anda perlu mengumpulkan berbagai data sebagai insights untuk mengetahui pain point dan kebutuhan mereka. Misalnya jumlah karyawan yang mereka miliki, corporate culture, tingkat valuasi, tingkat penjualan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat CVP (customer value proposition) agar lebih mudah.

Dengan begitu, saat menawarkan sebuah produk, Anda akan benar-benar mengetahui apa yang mereka butuhkan dan menunjukkan bahwa Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga :

3. Persiapkan Sales Pitch

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan sales pitch sebaik mungkin. Perlu Anda ingat bahwa sales pitch adalah salah satu ujung tombak untuk menentukan berhasil tidaknya proses penjualan atau penawaran kerja sama dalam skala B2B. Tunjukkan poin-poin penting dari produk Anda, dan bagaimana produk tersebut bisa menjadi solusi atas apa yang mereka butuhkan.

4. Lakukan Follow Up

Langkah selanjutnya adalah melakukan follow up. Sebab perlu Anda ketahui bahwa menyelesaikan penjualan atau closing pada percobaan pertama adalah hal sulit. Sehingga, penting bagi Anda untuk melakukan follow up. Saat melakukan follow up, cari tahu apakah penjualan berhasil atau tidak.

Apabila mereka cenderung tidak tertarik, maka Anda bisa langsung mencari kesempatan lainnya.

5. Jaga After Sales dengan Baik

Jika Anda sudah berhasil melakukan penjualan, maka jangan lupa untuk menjaga after sales. Sebab itu bertujuan untuk meningkatkan corporate sales dan retention dalam jangka panjang.

Bayangkan saja. Anda tentunya akan tertarik untuk membeli sebuah produk dari perusahaan yang menjalin hubungan baik dengan Anda, bukan? Baik itu sebelum, saat penjualan, atau bahkan setelah pembelian.

Demikian adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan corporate sales, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Tingkat penjualan yang efektif dapat menjadi salah satu growth strategy agar kesuksesan perusahaan juga bisa tercapai.

Di sisi lain, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mendukung kesuksesan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.