Manfaat Social Listening dan Rekomendasi Tools Terbaik

apa itu social listening

Social listening menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda pahami dalam dunia digital marketing. Pasalnya, ini merupakan salah satu strategi yang membantu Anda untuk dapat menganalisis sentimen pelanggan terhadap brand, sekaligus mengetahui perspektif pelanggan terhadap citra brand.

Akan tetapi, sayangnya belum banyak pelaku bisnis yang mengetahui hal ini. Padahal sosial listening sendiri telah menjadi salah satu tren marketing technology yang sangat bermanfaat untuk strategi marketing. Untuk lebih memudahkan pemahaman Anda tentang social listening, simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Social Listening?

Melansir dari Hubspot, social listening adalah kegiatan mendengarkan yang Anda lakukan di internet. Khususnya di media sosial, di mana Anda bisa memperoleh umpan balik dari konsumen (customer feedback).

Tujuan strategi ini adalah untuk mengetahui sentimen di kalangan pelanggan, memantau tren marketing dan tren produk yang sedang terjadi, menganalisis customer pain point, juga untuk mengetahui market orientation dan menganalisis kompetitor.

Bukan cuma itu saja. Dengan sosial listening, Anda juga bisa mengetahui jenis konten marketing mana yang efektif sebagai kampanye pemasaran. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan product insights yang sangat berguna dalam proses product development atau pengembangan produk. Begitupun menjadi acuan untuk menciptakan customer experience yang efektif dalam customer journey.

Semua informasi tersebut akan perusahaan olah menjadi data dan dikumpulkan dalam database. Kemudian perusahaan akan melakukan analisis data tersebut untuk menentukan strategi business development serta business plan (perencanaan bisnis) kedepannya.

Manfaat Social Listening

Seiring dengan perkembangan teknologi di era tren digital marketing seperti saat ini, social listening menjadi salah satu strategi yang paling tepat supaya Anda bisa menciptakan produk yang mengutamakan konsumen (customer centric). Sebab pada dasarnya, kunci kesuksesan suatu bisnis adalah ketika Anda memahami apa yang target pasar butuhkan dan inginkan.

Dengan menerapkan sosial listening, Anda akan jauh lebih mudah dalam menganalisis market orientation. Selain itu, social listening juga dapat memberikan sejumlah manfaat lainnya untuk bisnis. Antara lain:

digital marketing agency

Baca Juga :

1. Menjalin Komunikasi atau Interaksi dengan Konsumen

Perlu Anda ketahui bahwa menjalin hubungan baik (relationship) dengan konsumen menjadi penyebab utama meningkatnya angka retensi atau customer retention. Sebab berdasarkan riset dari Sprout Social, lebih dari 83% pelanggan menyukai brand yang memberikan respons baik, bahkan mendengarkan feedback dari mereka.

Selain itu, 68% pelanggan suka apabila brand bergabung dengan diskusi konsumen di media sosial. Studi ini juga membuktikan bahwa 48% konsumen lebih memilih untuk membeli barang dari brand yang responsif terhadap konsumen, khususnya di media sosial. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu mendengarkan konsumen dan menjalin komunikasi dengan mereka melalui saluran pemasaran mana pun.

Nah, dengan sosial listening, Anda akan lebih mudah dalam melakukan strategi relationship marketing.

2. Mengetahui Customer Pain Point

Manfaat yang kedua adalah membantu Anda untuk mengetahui customer pain point atau permasalahan apa saja yang customer alami. Sebab dengan mendengarkan customer, maka Anda akan mengetahui kesulitan atau keluhan-keluhan apa yang yang sering mereka hadapi.

Dengan mengetahui pain point dari customer, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan insights atau wawasan. Insights ini nantinya akan sangat berguna dalam proses pembuatan produk yang lebih bagus, memberikan pelayanan dengan lebih baik, hingga sebagai acuan untuk membuat customer value proposition dan unique value proposition.

Tujuannya adalah agar brand Anda memiliki daya saing yang menguatkan posisi (market positioning) pada pangsa pasar.

3. Penanganan Krisis yang Lebih Cepat

Untuk menjaga brand image, maka Anda harus selalu sigap menanggapi apa saja yang sedang terjadi. Di era digital seperti saat ini, media sosial adalah tempat paling tepat untuk mencari tahu informasi terbaru. Oleh karena itu, sangat tepat untuk selalu memantau brand Anda dengan social listening di berbagai media sosial.

Apabila terjadi suatu masalah, maka Anda bisa menggunakan social listening untuk menganalisis sebuah insiden dengan cepat dan melakukan riset market untuk segera mengatasinya. Sebab Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah komentar negatif akan berpengaruh pada engagement metrics maupun metrik social media lainnya, atau bahkan memengaruhi tingkat penjualan (sales growth).

Baca Juga :

Cara Kerja Social Listening

cara kerja social listening

Usai mengetahui manfaat dan pentingnya social listening, kini Anda bisa menerapkannya sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkannya:

1. Mengumpulkan Data dan Informasi

Pada dasarnya, social listening adalah kegiatan mendengar dan menganalisis informasi yang Anda dapatkan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan data dan informasi terlebih dahulu.

Data tersebut kemudian dapat Anda sampaikan ke tim product development, content marketing, serta customer service. Tujuannya adalah agar mereka memahami apa yang sedang terjadi di kalangan pelanggan dan menentukan langkah yang tepat setelahnya.

Jangan khawatir jika data yang Anda dapatkan tidak terlalu banyak pada awalnya. Sebab semakin sering Anda membuat konten marketing dan semakin lama bisnis Anda berjalan, maka akan ada semakin banyak informasi yang bisa Anda dapatkan.

2. Ketahui Apa Saja yang Perlu Anda Pantau

Langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja hal yang perlu Anda dengar dan pantau. Caranya adalah dengan membuat prioritas apa saja yang harus Anda pantau dengan social listening. Beberapa hal penting yang perlu Anda pantau adalah citra brand, product value, analisis pesaing, hingga value proposition.

Bukan cuma itu saja. Beberapa hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah efektivitas strategi marketing campaign, hingga hashtag yang berkaitan dengan bisnis atau industri Anda. Lakukan pada berbagai saluran pemasaran yang Anda gunakan, terutama platform internet selain social media (Instagram, Twitter, Facebook, TikTok). Misalnya platform social messaging atau website dan blog perusahaan.

Tools Social Listening

Lantas, tools apa saja yang bisa memudahkan Anda untuk melakukan social listening?

Berikut ini adalah rekomendasi 3 tools yang bisa Anda gunakan:

1. HubSpot

HubSpot akan membantu Anda untuk memprioritaskan interaksi sosial Anda Anda lakukan, serta menghubungkan perusahaan atau brand dengan orang-orang yang tepat di media sosial.

2. Sprout Social

Sprout Social merupakan software manajemen media yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan interaksi media sosial perusahaan dengan konsumen. Bahkan dengan Sprout Platform, Anda bisa mengakses analisis data untuk membuat keputusan strategis, meningkatkan engagement rate, hingga membuat konten dan digital marketing campaign yang tepat.

3. Hootsuite

Tools terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah Hootsuite. Selain social listening, Anda juga bisa menggunakannya untuk social monitoring. Dengan Hootsuite, Anda bisa melihat semua komentar, pesan, hingga mention brand dari beragam kanal media sosial dalam satu dashboard. Sehingga hal ini akan memudahkan Anda untuk mengeksekusi semuanya dalam waktu yang singkat.

Itulah ulasan mengenai social selling, manfaat, cara menerapkan, serta tools yang bisa Anda gunakan. Pada dasarnya, ini merupakan salah satu strategi yang wajib Anda  perhatikan. Terutama bagi Anda yang menggunakan media sosial sebagai sarana marketing (social media marketing) maupun branding (social media branding).

Selain menerapkan strategi ini, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.