Apa Itu Blog Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

blog marketing adalah

Di era saat ini, memasarkan bisnis bisa Anda lakukan dari mana saja. Seiring dengan kemajuan teknologi, memasarkan bisnis melalui media sosial atau platform online menjadi strategi cerdas dan langkah yang tepat. Salah satunya adalah melalui blog marketing.

Sayangnya, blog marketing kerap dinilai kurang efektif dibandingkan platform populer lainnya seperti media sosial. Misalnya Instagram marketing, Facebook marketing, Twitter marketing, YouTube marketing, atau TikTok marketing.

Padahal, teknik marketing melalui blog ini justru memiliki banyak keunggulan dan membawa pengaruh positif bagi bisnis. Seperti apa?

Di artikel berikut ini, kami akan mengajak Anda mengulas pentingnya blog marketing dan manfaatnya sebagai strategi pemasaran bisnis suatu perusahaan atau pun start-up.

Apa Itu Blog Marketing?

Ketika membahas blog, maka yang biasa muncul di benak adalah sebuah situs yang berisi berbagai artikel menarik. Blog marketing adalah salah satu strategi marketing zaman digital yang menggunakan paltform online blog sebagai media utama pemasaranya.

Untuk mencapai kesuksesan, sebuah bisnis harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Jika dikaitkan dengan era digital saat ini, strategi pemasaran yang efektif adalah blog marketing.

Baca Juga :

Keunggulan Blog Marketing

Memasarkan produk melalui blog sudah menjadi strategi pemasaran yang cukup jitu di berbagai jenis bisnis, terutama yang berbasis online. Menggunakan strategi blog marketing untuk memasarkan produk dapat memberikan keunggulan bagi usaha Anda, di antaranya sebagai berikut :

  • Biayanya cukup murah

Sama seperti strategi marketing menggunakan platform online pada umumnya, blog membutuhkan biaya yang cukup murah.

Melalui blog, Anda dapat mendatangkan konsumen organik dengan budget rendah. Hal ini karena Anda hanya perlu menghabiskan dana untuk memperlancar performa blog anda seperti biaya internet, akun website berbayar, atau layanan hosting.

Selain itu, pengunjung platform onlie cenderung lebih menyukai blog daripada iklan yang tayang di internet. Berdasarkan data Quicksprout, sebanyak 70% pembaca mengetahui sebuah produk dari blog dan bukan iklan. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda.

  • Mudah dijalankan

Penggunaan blog mudah dilakukan karena untuk menjalankan blog sebagai strategi marketing.

Yang Anda perlukan adalah keterampilan menulis dan ide-ide kreatif agar blog Anda berisi konten yang menarik untuk dibaca.

  • Dapat meningkatkan traffic website

Keberadaan blog bisnis merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari strategi pemasaran online. Hal ini karena salah satu keunggulan blog adalah mampu meningkatkan peringkat website di search engine seperti Google.

Bisnis yang memiliki blog rata-rata pengunjungnya meningkat hingga 55 persen. Dengan kata lain, pengunjung website Anda dapat meningkat melalui blog tersebut.

Maka, semakin sering blog Anda dikunjungi, berarti semakin banyak pengunjung untuk dikonversi menjadi pelanggan. Jika hal ini terjadi, pembaca tidak akan ragu untuk membagikan konten Anda.

Karena, semakin besar jumlah share untuk konten Anda, maka semakin tinggi kualitas SEO blog marketing Anda. Dengan demikian, jumlah pengunjung akan semakin meningkat.

  • Menambah pemasukan

Blog juga dapat menambah pemasukan bagi Anda. Hal ini karena blog Anda bisa menerima iklan berbayar, program affiliate, atau sponsor.

Seiring dengan meningkatnya pengunjung pada blog Anda, maka semakin besar kemungkinan produsen tertarik untuk memasang iklan pada blog Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan income dari iklan tersebut.

Baca Juga :

Manfaat Blog Marketing

manfaat blog marketing

Memanfaatkan blog merupakan salah satu strategi marketing yang penting Anda lakukan ketika menjalankan digital marketing. Berikut adalah manfaat blog dalam membantu bisnis Anda :

1. Menjadi alat promosi soft-selling

Hal pertama yang membuat blog menjadi penting untuk pemasaran bisnis adalah menjadi alat promosi.

Blog sangat berguna untuk sebagai alat promosi karena Anda bisa menyisipkan soft-selling ke seluruh artikel yang ada di dalamnya.

2. Memberikan edukasi

Mayoritas blog berisi artikel yang biasanya penuh dengan tulisan menarik.

Dengan memberikan artikel yang membawa pesan edukasi, maka para pengunjung blog akan merasakan manfaat dari artikel yang Anda tulis.

Mereka menjadi selalu berkunjung ke blog karena pesan edukasi yang terkandung di dalamnya bisa memberikan pembelajaran dan pengetahuan bagi mereka.

3. Menyasar Pelanggan Potensial

Pada dasarnya, konsumen lebih menyukai cara promosi yang lebih halus atau soft-selling. Ketika bicara soal soft-selling, pemasaran melalui blog menjadi salah satu strategi jitu.

banyak orang bergantung pada internet untuk mencari informasi. Berdasarkan informasi yang dicari, pengguna internet ini bisa jadi calon pelanggan potensial untuk sebuah bisnis.

Dari situ, Anda bisa membuat konten blog yang memberikan informasi bermanfaat untuk calon pelanggan. Ketika brand Anda berhasil memberi informasi atau solusi yang dibutuhkan, calon pelanggan akan memiliki asosiasi positif pada brand Anda.

Baca Juga :

4. Meningkatkan jumlah lead

Blog tak hanya meningkatkan trafik, melainkan juga lead atau prospek. Lead merupakan sikap ketertarikan calon konsumen pada suatu brand.

Sikap ini bisa diwujudkan dalam berbagai macam aksi seperti membaca konten-konten yang diarahkan, mengisi contact form, dan sebagainya.

Meningkatnya lead juga berarti akan ada semakin banyak calon pelanggan potensial yang Anda dapatkan.

Itulah tadi pembahasan tentang manfaat menggunakan blog marketing dan tips menerapkannya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari teknik digital marketing baru untuk dijalankan.

Untuk menerapkan blog marketing sebagai teknik pemasaran, perusahaan bisa menggunakan layanan digital marketing agency. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.