Membangun Brand Authority untuk Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

brand authority adalah

Dalam dunia pemasaran, brand authority adalah sebuah istilah yang familiar dan wajib untuk dipahami oleh para marketer.

Mengapa demikian? Karena jenis strategi pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan klien atau pasar terhadap sebuah produk, sekaligus membantu branding bisnis Anda. Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi dari perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand.

Maka dari itu, brand authority menjadi prioritas dalam strategi pemasaran, baik itu konvensional maupun digital. Selain meningkatkan branding, strategi ini juga mampu meningkatkan prospek bisnis perusahaan serta meningkatkan return of investment (ROI) dalam strategi digital marketing.

ROI adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Dengan begitu, bisa diketahui dengan jelas tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

Lalu, apa itu brand authority dan bagaimana cara untuk meningkatkannya?

Apa Itu Brand Authority?

Melansir dari laman Loomlybrand authority adalah kemampuan badan usaha untuk memengaruhi industri. Istilah tersebut mengacu pada dampak sebuah brand untuk para pelanggan dan kompetitornya.

Brand authority juga bisa diartikan sebagai kekuatan brand atau produk dalam menarik pasar dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Hal ini biasanya dikaitkan dengan reputasi yang bisa diraih dari beberapa faktor, seperti brand awareness, efektivitas produk atau layanan brand, dan kemampuan mereka untuk menepati janji pada pelanggan.

Strategi ini berbicara tentang bagaimana sebuah brand melekat di hati dan pikiran pelanggan, dan berkenaan tentang citra positif dari kepercayaan pelanggan karena kepuasan mereka menggunakan produk.

Di era saat ini, membangun brand awareness dengan authority secara online dapat mempercepat dan meningkatkan konversi untuk bisnis. Pasalnya, kedua faktor ini dapat bekerja sebagai aspek yang menarik leads potensial dan memperkuat efek dari upaya pemasaran Anda.

Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan bisnis setelah membaca sebuah kampanye pemasaran. Lead ini bisa menjadi pelanggan potensial dan berpotensi untuk membeli produk atau layanan.

Intinya, semakin banyak pelanggan belajar untuk memercayai bisnis Anda, maka semakin besar pula kemungkinan mereka untuk menyebarkannya atau merekomendasikannya pada orang lain. Hasilnya? Akan ada semakin banyak leads yang bisa Anda konversi menjadi pelanggan bisnis Anda.

Baca Juga :

Manfaat Brand Authority

Menjadi pilihan utama di hati masyarakat adalah keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan atau produk itu sendiri. Karena jika sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, maka produk tersebut bisa dengan sendirinya laris di pasar.

Bahkan dengan market research dan strategi pemasaran yang tepat, produk dan layanan brand bisa unggul di pasar dengan tingkat persaingan yang tinggi dengan kompetitor.

Selain keuntungan tersebut, brand authority menawarkan berbagai manfaat lain bagi perusahaan. Antara lain:

Cara Meningkatkan Brand Authority

cara meningkatkan brand authority

Seiring dengan perkembangan teknologi, menjalankan strategi brand authority menjadi semakin mudah, bahkan bisa dilakukan menggunakan media digital.

Contoh digital marketing adalah melalui pemasaran sosial media (Instagram marketing, Facebook marketing, Twitter marketing), email marketing, atau bahkan blog marketing dan optimasi SEO pada website perusahaan.

Walaupun beriklan untuk branding produk lebih mudah dan murah, tapi tantangan yang lainnya adalah tingkat persaingan dengan kompetitor yang juga semakin tinggi, atau justru populasi semakin banyak.

Maka dari itu, perlu adanya analisa kompetitif serta strategi yang kreatif agar brand mendapat perhatian dari pasar sesuai dengan STP yang ditentukan. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan brand authority :

1. Memanfaatkan konten on site

Menurut Yokel Local, salah satu cara paling efisien untuk meningkatkan brand authority adalah dengan memanfaatkan konten on site.

Mengapa demikian? Hal ini karena menciptakan konten di website perusahaan bisa menumbuhkan kredibilitas brand. Tak hanya itu, konten dan informasi yang dibuat secara rutin juga dapat meningkatkan customer experience.

Customer experience adalah pengalaman yang didapat pelanggan setelah berinteraksi dengan bisnis. Pengalaman ini juga bisa mereka dapatkan dengan menjadi pelanggan setia situs perusahaan Anda.

Namun, pastikan setiap konten yang Anda buat harus relevan dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini penting supaya mereka terus kembali untuk menikmati konten-konten pada situs perusahaan.

Baca Juga :

2. Menentukan brand voice perusahaan

Cara berikutnya untuk tingkatkan brand authority adalah dengan menentukan brand voice. Menurut Godelta, brand voice diperlukan perusahaan untuk menggaet minat target audiens dengan tepat.

Brand voice adalah interaksi antara produk/brand dengan pelanggan. Semakin aktif semua brand berkomunikasi dengan para pelanggannya, maka akan loyalitas pelanggan terhadap brand tersebut juga akan semakin meningkat.

Dalam dunia nyata, brand voice yang baik tersebar melalui mulut ke mulut (word of mouth), informasinya begitu sangat dekat karena mereka mendengar brand voice melalui orang terdekatnya, sehingga bisa lebih mudah untuk dipercaya.

Sedangkan dalam dunia digital, brand voice terjadi melalui campaign. Kampanye pemasaran atau campaign adalah strategi dalam mempromosikan suatu aspek tertentu dari bisnis.

Semakin aktif menerapkan brand voice maka semakin cepat juga orang mengerti tentang brand perusahaan.

3. Memanfaatkan media sosial untuk pemasaran

Media sosial menghadirkan banyak peluang bagi perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan dan partner bisnis potensial.

Hal ini berarti Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dan konten berkualitas dengan khalayak luas melalui platform tersebut. Menggunakan taktik seperti ini dapat membantu membangun hubungan dengan pelanggan dan secara tak langsung tingkatkan brand authority.

Salah satu cara paling mudah dan efisien untuk meningkatkan brand authority adalah aktif dan fokus pada konten baik di media sosial. Dengan aktif dalam media sosial, maka akan meningkatkan kepercayaan terhadap sebuah produk, dan memberikan pengetahuan untuk pelanggan.

4. Menyebarkan pesan secara konsisten

Cara terakhir untuk tingkatkan brand authority adalah dengan menyebarkan pesan secara konsisten (brand consistency).

Melansir dari The Drum, brand consistency merupakan suatu hal yang penting bagi badan usaha karena dapat membangun harapan dan kepercayaan untuk pelanggan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin perusahaan harus meluncurkan konten dan produk yang terpercaya.

Konsisten untuk terus menyampaikan pesan, konsisten untuk terus kreatif dalam membuat campaign, konsisten untuk terus dekat dengan khalayak, dan konsisten dalam menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Demikian adalah penjelasan mengenai brand authority, manfaat, serta bagaimana cara meningkatkannya untuk membantu perkembangan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :