Pentingnya Brand Extension Dalam Menjangkau Pangsa Pasar yang Lebih Luas

Pentingnya Brand Extension Dalam Menjangkau Pangsa Pasar yang Lebih Luas

Branding merupakan salah satu proses bisnis yang penting dalam upaya mengembangkan bisnis yang lebih berprofit, selain strategi pemasaran dan kampanye pemasaran. Sebab, brand menjadi masalah umum yang perlu diperhatikan dalam setiap strategi peluncuran produk. Dari sekian strategi branding seperti co-branding, brand refresh, hingga membangun digital marketing, Anda juga perlu menerapkan strategi brand extension.

Sederhananya, brand extension atau perluasan merek adalah salah satu strategi pengembangan produk baru yang dapat mengurangi risiko kerugian bisnis dengan menggunakan nama brand utama untuk meningkatkan persepsi konsumen. Karena pada dasarnya, brand Anda adalah reputasi bisnis Anda, dan reputasi brand Anda adalah aset bisnis yang harus Anda jaga.

Hal ini sejalan dengan pendapat banyak pakar ekonomi bahwa strategi brand ini dapat membantu manajemen proses bisnis seperti distribusi serta promosi produk bisnis Anda bekerja lebih efisien. Dengan begitu, bisnis Anda memperoleh peningkatan penjualan (incremental sales) dan mampu menjangkau pangsa pasar konsumen yang lebih luas.

Bukan hanya sekedar teori belaka, strategi branding ini sudah membantu banyak perusahaan besar dalam mendapatkan banyak keuntungan pendapatan dan popularitas terbaik. Supaya Anda lebih memahami seberapa pentingnya brand extension dalam perkembangan bisnis Anda, simak penjelasan artikel inMarketing berikut ini.

Apa Itu Brand Extension?

Berdasarkan penjelasan di awal, menurut Investopedia, brand extension adalah perluasan merek atau strategi pemasaran di mana perusahaan mengembangkan dan memasarkan produk baru dengan nama brand yang sama namun dalam kategori produk yang berbeda. Dengan kata lain, perusahaan berusaha menciptakan produk baru yang akan dijual dengan nama brand yang sudah mapan dan tetap diminati.

Dalam penerapannya, brand bisnis Anda harus mempelajari dan menganalisis berbagai tren baru agar dapat menciptakan perluasan merek yang terbaik. Mulai dari tren permintaan kebutuhan pelanggan (konsep demand generation), tren pemasaran, tren penjualan, dan lain sebagainya.

Melalui tahap analisis, perusahaan akan mencoba mencari tahu keinginan dan kebutuhan calon pelanggan (prospek) untuk menciptakan produk yang sesuai dengan masalah pelanggan (customer pain point). Dengan begitu, strategi perluasan merek membantu perusahaan untuk bisa menghadirkan produk yang senantiasa diterima pelanggan sekaligus menerima dukungan dari pelanggan setia (customer loyalty) yang ada.

Perlu Anda ketahui bahwa strategi yang juga dikenal dengan brand stretching ini bisa Anda terapkan dengan sukses apabila bisnis sudah memiliki brand equity yang stabil. Dan juga bisnis Anda harus memiliki basis brand loyalty yang mapan sehingga mampu mempertahankan pelanggan (customer retention) yang sudah ada.

digital marketing agency

Baca Juga:

Manfaat Brand Extension

Manfaat Brand Extension

Pada dasarnya, suatu brand perusahaan perlu menerapkan berbagai strategi proses bisnis untuk menciptakan produk baru secara berkala. Sehingga dapat memberikan pengalaman pelanggan (customer experience) terhadap brand yang lebih baik.

Nah, melalui brand extension, brand Anda dapat menghadirkan beberapa inovasi atau layanan baru di samping berkesempatan memperoleh pendapatan yang menjanjikan. Dengan demikian pula, sebuah brand yang memanfaatkan brand extension akan merasakan berbagai manfaat atau keuntungan, seperti:

  • Meningkatkan nilai brand bisnis (brand value) dan citra bisnis (brand image) ke arah yang lebih positif.
  • Kemudahan perusahaan untuk mendapatkan banyak prospek baru (leads) dan¬†keuntungan pendapatan (revenue) yang lebih tinggi.
  • Membantu upaya peluncuran produk menjadi lebih mudah.
  • Mengurangi biaya yang diperlukan (fixed cost) untuk meluncurkan bisnis baru.
  • Membantu memenuhi keinginan dan permintaan kebutuhan pelanggan (demand management).
  • Meningkatkan pangsa pasar bisnis yang lebih luas.

Jenis Brand Extension Beserta Contoh Penerapannya Oleh Brand Terkenal

Secara teori, ada berbagai cara yang bisa perusahaan terapkan dalam menggunakan strategi ini. Berikut ini penjelasannya.

1. Product Extension

Product extension adalah upaya bisnis dalam perluasan produk brand dengan meluncurkan produk baru secara terpisah dari apa yang mereka tawarkan saat itu. Seringkali produk baru tersebut adalah produk yang melengkapi produk utama atau kerap di sebut sebagai produk pendamping.

Contohnya saja brand Colgate yang terkenal dengan produk pasta giginya juga meluncurkan produk sikat gigi dengan nama brand yang sama. Dengan begitu, Colgate berkesempatan masuk ke pangsa pasar sikat gigi, bersanding dengan brand yang produk utamanya adalah sikat gigi.

2. Line Extension

Line extension atau product form adalah strategi perluasan di mana brand menyediakan lebih banyak pilihan untuk produk mereka saat ini. Dengan line extension, perusahaan dapat membuat variasi dengan menawarkan produk khusus untuk demografi tertentu atau memberikan pilihan ukuran yang berbeda.

Jenis brand extension ini sukses di terapkan oleh brand Reese’s yang awalnya terkenal menjual produk cokelat. Namun, pada pertengahan tahun 1990-an, Reese’s menjual produk sereal yang bernama Reese’s Puff Cereal di mana menargetkan konsumen anak-anak. Strategi tersebut membuat Reese’s mampu menciptakan citra promosi bahwa kini anak-anak bisa menikmati snack cokelat favoritnya ke dalam menu sarapan mereka, yaitu sereal cokelat.

Baca Juga:

3. Company Expertise Extension

Company expertise extension adalah perluasan keahlian di mana perusahaan merancang produk sekaligus membuat kategori produk terkait berdasarkan niche bisnis yang mereka miliki. Dengan begitu, perusahaan dapat menggunakan reputasi keahliannya dalam kategori produk lain untuk menjangkau (reach) lebih banyak audiens.

Ambil contoh kisah sukses dari brand Apple yang terkenal sebagai produsen smartphone dan komputer. Apple oleh Steve Jobs tidak hanya puas dengan penjualan produk-produk tersebut, mereka juga memproduksi jam tangan pintar yang kini Anda kenal dengan iWatch. Tujuannya adalah untuk menghadirkan fungsi smartphone ke dalam perangkat praktis seperti jam tangan.

4. Brand Distinction Extension

Brand distinction extension atau perluasan pembedaan merek bisa perusahaan Anda terapkan ketika bisnis Anda memiliki brand unik yang terkenal karena manfaatnya. Dengan menggunakan keunikan tersebut, bisnis Anda mungkin mulai melayani niche dan industri baru sehingga mampu bersaing dengan kompetitor di segmentasi pasar yang baru.

Cara yang bisa bisnis Anda lakukan adalah dengan menawarkan produk untuk persona target pembeli yang berbeda. Contohnya seperti brand Lifebuoy dari perusahaan besar Unilever. Lifebuoy tidak hanya menjual sabun badan yang higienis, melainkan juga memasarkan tisu basah dan sanitizer yang juga memiliki bahan bermanfaat untuk kebersihan tubuh.

Contoh lainnya adalah Google yang awalnya terkenal sebagai web search engine juga meraup kesuksesan dengan menghadirkan digital produk lainnya. Mulai dari Google Drive, Google Mail, Google Meets, Google Cloud, Google Document, dan lain-lain.

5. Transfer of Component Extension

Ketika target audience mengenal suatu brand karena menjual produk tertentu, jenis perluasan ini memanfaatkan kemampuan brand dalam menawarkan produk baru yang berbeda dari segi bahan, rasa, aroma, warna, atau elemen lain produk yang menonjol. Tujuannya adalah semata untuk menarik minat pelanggan (customer engagement) akan nilai perusahaan (enterprise value) itu sendiri.

Misalnya saja brand Fanta yang juga sukses menerapkan jenis brand extension ini. Brand tersebut berhasil menjual minuman soft-drink berkarbonasi dengan hampir 100 rasa yang berbeda ke seluruh negara.

6. Leveraging a Lifestyle Extension

Jenis perluasan yang dikenal dengan konsep peningkatan perluasan gaya hidup ini merujuk pada upaya bisnis dalam menciptakan budaya dan serangkaian nilai bagi konsumen (customer value). Perusahaan dapat memiliki berbagai jenis personality atau kepribadian brand, seperti “kecanggihan”, “keandalan”, dan lain sebagainya.

Begitu sebuah perusahaan menciptakan lifestyle yang dapat pelanggan kenali, perusahaan akan dapat memperluas brandnya untuk menawarkan barang-barang yang terkait dengannya. Contohnya saja brand Jeep yang terkenal menghadirkan mobil-mobil tangguh juga memasarkan produk lifestyle lainnya, seperti sepeda, tenda, pisau atau perkakas sejenis, dan lain-lain.

Kesimpulannya, ketika Anda memiliki brand yang di kagumi pelanggan dan ingin merilis kategori produk baru, pahami brand extension. Strategi ini dapat membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda, seperti peningkatan profit atau keuntungan bisnis dan peluang untuk memenuhi kebutuhan klien Anda serta meningkatkan citra brand Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan strategi pemasaran dan penjualan terbaik sesuai dengan niche dan target audience bisnis Anda.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.