Cara Iklan di Google Ads

cara iklan di google ads

Pengusaha di era digital harus bisa menguasai berbagai macam teknik marketing. Salah satunya adalah dengan menerapkan cara iklan di Google Ads.

Strategi digital marketing melalui Google Ads menjadi pilihan terbaik. Terutama jika kamu ingin memasang iklan dengan proses yang simple. Tetapi memiliki efek jangkauan iklan yang luas.

Mengenal Lebih Dekat Google Ads

cara iklan di google adsJika kamu belum mengenal Google Ads. Maka kamu wajib membaca penjelasan lengkap tentang Google Ads di bawah ini.

1. Pengertian Google Ads

Produk dari Google ini memiliki manfaat untuk mengkampanyekan iklan bisnis. Melalui google Ads, seseorang atau perusahaan dapat mengkampanyekan produk maupun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait produk.

Google Ads merupakan penyedia layanan iklan online yang memberikan kebebasan kepada para pengiklannya. Pebisnis bebas mengatur anggaran, durasi dan jadwal iklan.

Jika perusahaan memasangkan iklan di Google Ads. Mereka dapat memasang iklan teks yang muncul di hasil pencarian google.

Jadi jika ada pengguna internet mengetikan kata kunci yang relevan dengan produk bisnismu. Maka iklan tersebut akan ditampilkan di halaman teratas hasil pencarian.

Baca Juga:

2. Biaya Iklan di Google Ads

Untuk proses pendaftaran akun Google ADS gratis. Melalui Google Ads, perusahaan dapat menentukan sendiri biaya iklan sesuai anggaran perusahaan, dan dapat berhenti kapan saja.

Google Ads memberikan fasilitas seperti analisa performa iklan dan laporan hasil kinerja iklan.
Sehingga perusahaan dapat melihat tingkat performa iklan apakah sudah sesuai dengan pengeluaran atau tidak.

Manfaat Iklan di Google Ads

cara iklan di google ads

Sebelum mendiskusikan tentang cara iklan di Google Ads. Wajib mengetahui manfaat iklan di google ads terlebih dahulu. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Menarik Minat Konsumen Secara Spesifik

Jika perusahaan dapat menggunakan kata kunci yang tepat dalam beriklan, hal ini sangat menguntungkan karena dengan begitu akan memudahkan konsumen dalam menjangkau produk tersebut.

Saat beriklan gunakanlah keyword yang spesifik. Karena biasanya konsumen akan mencari produk dengan kata kunci yang lebih spesifik.

2. Fleksibel

Iklan Google Ads sangat fleksibel baik dari segi biaya maupun segi waktu. Karena di Google Ads kamu dapat menentukan sendiri kapan iklan akan di tayangkan. Serta menentukan durasi tayang dan biaya iklan sendiri.

Sehingga kamu dapat menyesuaikan jam tayang iklan, berdasarkan anggaran dengan tepat. Kamu juga dapat menyesuaikan iklan ditayangkan pada momen tertentu untuk menghemat biaya pengeluaran.

3. Mudah Menganalisis Target Audience

Mengetahui segmentasi pasar adalah hal yang penting dalam dunia bisnis. Dengan mengetahui target audiens akan memudahkan proses promosi.

Dengan memanfaatkan fitur yang ada di Google Ads. Kita tidak perlu melakukan banyak penelitan.
Karena google akan secara otomatis menampilkan produk yang ditawarkan sesuai preferensi maupun minat konsumennya.

Fitur-Fitur pada Google Ads

cara iklan di google ads

Google Ads merupakan sarana promosi yang sangat recommended. Karena di dalamnya terdapat fitur-fitur yang dapat membantu memaksimalkan iklan di Google Ads. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Keyword Planner

Fitur keyword planner ini sangat membantu pengiklan untuk menentukan target agar lebih efektif dan efesien.

Fitur ini membebaskan perusahaan dengan mengetikan kata kunci yang tepat tentang produk.
Dengan mengetikan kata kunci di Keyword Planner. Kita dapat mengenali target konsumen dengan mudah. Sehingga bisa membantu meningkatkan performa iklan. Agar dapat disesuaikan dengan target pasar perusahaan.

2. Competitors Ads

Fitur penting lainnya di Google Ads adalah Competitor Ads. Competitor Ads bermanfaat untuk melihat iklan yang pernah dijalankan kompetitor di Google Ads.

Manfaat dari fitur ini adalah sebagai referensi bagi perusahaan-perusahaan ketika ingin beriklan.
Jadi pengiklan bisa memiliki pembanding produk dengan kompetitor. Jadi perusahaan akan memiliki bahan untuk evaluasi dalam beriklan.

3. Ads Generator

Membuat konten iklan seringkali menjadi kendala bagi perusahaan, karena biasanya cukup menyita banyak waktu. Untuk mengatasi kendala tersebut, Google Ads meluncurkan fitur Ads Generator.
Melalui fitur ini, perusahaan tinggal memasukkan kata kunci yang sesuai dengan produk, kemudian secara otomatis, fitur Ads Generator akan merangkai kata kunci tersebut menjadi kalimat iklan yang sesuai.

4. Combine Keyword List

Fitur Combine Keyword List adalah sekumpulan keyword-keyword yang berhubungan atau memiliki karakteristik yang mirip.

Dengan fitur ini pengguna dapat mengkombinasikan keyword dengan mudah. Melalui fitur ini, pengguna cukup memasukan satu jenis keyword, maka sistem akan secara otomatis menampilkan pilihan keyword lain sebagai rekomendasi. Pengguna dapat memilih keyword yang direkomendasikan sesuai kebutuhan.

5. Related Searches

Fitur mernarik lainnya dari Google Ads adalah Related Search. Dengan fitur ini pengguna dapat melihat kombinasi kata kunci yang memiliki keterkatitan dari keyword yang dipilih.

Related Search akan menunjukan kombinasi kata kunci yang sering digunakan oleh orang lain.
Selain dapat menghemat waktu dalam memikirkan keyword yang cocok, fitur ini juga dapat mempermudah untuk mencari keyword yang berhubungan, saat akan membuat campaign di Google Ads.

Baca Juga:

Tutorial Iklan di Google Ads

Terdapat beberapa cara iklan di Google Ads. Penasaran ? simak penjelasan berikut ini.

1. Buat akun Google Ads

Sebelum memanfaatkan fitur Google Ads, terlebih dahulu harus membuat akunnya. Langkah membuat akun Google Ads adalah sebagai berikut:

– Masuk ke halaman pendaftaran Google Ads melalui link
https://ads.google.com/intl/id_id/home/

– Tekan tombol Mulai Sekarang

cara iklan di google ads

– Masukkan alamat email dan situs web

cara iklan di google ads

2. Buat Kampanye Pertama

Untuk dapat beriklan di google Ads. Ada beberapa formulir yang wajib untuk diisi. Berikut ini adalah formulir iklan Google Ads yang wajib untuk diisi.

– Menetapkan anggaran harian

cara iklan di google ads

Tentukan anggaran harian sesuai kebutuhan dan anggaran biaya perusahaan. Tidak ada minimal anggaran harian yang di tetapkan Google Ads.

– Pilih Target Peserta

cara iklan di google ads

Target peserta dapat dipilih dari lokasi demografis, jenis kelamin dan sebagainya. Ini memudahkan perusahaan untuk memasarkan produknya sesuai segmen pasar.

– Pilih jaringan Iklan

cara iklan di google ads

Disarankan untuk tidak mencentang menu display bagi pengguna pemula. Tujuannya agar tidak banyak biaya yang dikeluarkan.

– Memasukkan Kata Kunci

cara iklan di google ads

Kata kunci penting sekali untuk diisi dengan tepat. Karena akan berpengaruh pada sasaran promosi.

– Tentukan Biding

cara iklan di google ads

Bidding adalah nilai maksimal yang ingin dikeluarkan dalam beriklan. Metodenya dengan menghitung per klik iklan.

– Membuat Iklan

cara iklan di google ads

Isi seluruh kolom sesuai dengan yang ingin diiklankan. Buat isi iklan semenarik mungkin. Selesai.
Demikianlah pembahasan tentang Google Adsense beserta cara iklan di Google Adsense. Semoga artikel ini dapat menambah referensi bagi pembaca yang ingin memanfaatkan fitur Google Adsense.

Untuk menerapkan strategi marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: