Panduan Cara Iklan di Twitter Ads Terbaru dan Lengkap untuk Pemula

cara iklan di Twitter Ads

Dewasa ini, beriklan di media sosial menjadi salah satu jenis strategi pemasaran jitu yang efektif untuk mempromosikan suatu bisnis. Hal ini karena pengguna media sosial semakin mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Selain itu, beriklan di media sosial juga lebih efektif karena target pasar yang jauh lebih luas ketimbang pemasaran tradisional. Salah satu platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk beriklan adalah Twitter Ads.

Sebagaimana kita tahu, sejatinya mengiklankan suatu produk menjadi bagian dari strategi promosi yang harus setiap bisnis lakukan. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan brand awareness, menarik lebih banyak lead atau prospek, dan meningkatkan lead conversion. Ada berbagai jenis iklan yang bisa Anda manfaatkan, baik melalui tradisional marketing (iklan di televisi, radio, majalah, baliho) maupun menggunakan pemasaran digital.

Beriklan secara digital kini menjadi pilihan utama banyak bisnis. Selain lebih hemat dari segi biaya, iklan digital juga menawarkan kelebihan berupa jangkauan pangsa pasar yang lebih luas. Terutama melalui media sosial seperti Twitter. Dengan ratusan juta tweet setiap harinya, platform berlogo burung biru ini menjadi media yang cocok bagi Anda untuk mengiklankan dan mempromosikan bisnis.

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran menggunakan platform yang satu ini, tak ada salahnya apabila Anda memanfaatkannya untuk beriklan. Lantas, bagaimana cara beriklan menggunakan Twitter Ads?

Apa Itu Twitter Ads?

Twitter Ads adalah suatu media untuk melakukan promosi atau pemasangan iklan dengan target yang meliputi semua pengguna Twitter.

Seperti yang kita ketahui, Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia selain Instagram, Facebook, TikTok, dan media sosial lainnya. Berbeda dari platform social media marketing lainnya, audiens lebih sering menggunakan untuk menuliskan cuitan tentang pendapat, opini, kritik, dan lain sebagainya.

Kelebihan platform ini adalah pengguna dapat dengan mudah memantau tren terkini atau topik-topik yang tengah viral. Sehingga bagi audiens yang memiliki kecenderungan takut ketinggalan tren (FOMO), Twitter menjadi platform terbaik untuk selalu up to date. Oleh sebab itu, tak heran jika jumlah pengguna Twitter terus mengalami kenaikan dan berasal dari berbagai rentang usia.

Melihat peluang tersebut, Anda pun bisa memaksimalkan marketing strategy dengan cara melakukan kampanye pemasaran (marketing campaign) melalui Twitter Ads. Sebab ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memasang iklan di platform ini. Antara lain membantu branding bisnis dan mampu menarik perhatian sales lead. Selain itu, memasang iklan di Twitter juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan jumlah engagement dan brand image.

digital marketing agency

Perlu Anda ketahui, saat ini Twitter Ads sendiri telah sejajar dengan platform iklan populer seperti Instagram Ads, Facebook Ads, hingga Google Ads. Kendati demikian, Twitter memiliki kelebihan yaitu peluang untuk viral yang lebih tinggi, serta target pasar yang cenderung lebih spesifik. Bukan hanya itu saja, biaya beriklan di Twitter pun cenderung lebih terjangkau.

Baca Juga :

Jenis Iklan di Twitter Ads

Setelah mengetahui kelebihan Twitter Ads sebagai platform untuk beriklan, maka Anda harus memahami beberapa jenis iklan atau tipe promosi yang Twitter tawarkan. Jenis iklan tersebut antara lain Promoted Tweets, Promoted Accounts, dan Promoted Trends. Untuk memahaminya, berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis iklan tersebut:

Apabila Anda familiar dengan native advertising, maka jenis iklan yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi. Promoted tweets pada dasarnya merupakan salah satu bentuk native ads. Jenis iklan ini pun dirancang agar tidak mengganggu user experience, sehingga cenderung mirip seperti tweet biasa.

Bahkan, jenis ini sama seperti tweet biasanya di mana pengguna bisa meretweet, mengomentari, atau meng-quote tweet. Perbedaan utamanya adalah jangkauan orang yang dapat melihat tweet tersebut. Penggunaan Promoted Tweets dapat menjangkau target pasar sesuai dengan yang ditargetkan oleh marketer.

Tentunya kita mengetahui bahwa trending topic adalah daftar turnover tinggi di Twitter. Ini merupakan kumpulan dari topik dan hashtag paling populer yang pengguna gunakan secara realtime. Nah, jenis iklan ini membuat pengguna Twitter bisa berinteraksi dengan promoted trends seperti saat mereka berinteraksi dengan topik yang sedang trending.

Bedanya, jenis iklan ini memiliki label “Promoted” untuk pengguna yang telah ditargetkan. Selain ini, tren promosi ini juga akan tampil di salah satu tempat pertama di bagian bawah “Tren untuk Anda”. Saat pengguna mengklik pada promoted trends, mereka akan melihat hasil pencarian untuk topik tersebut.

Berbeda dari dua jenis iklan lainnya, promoted accounts dapat menampilkan profil lengkap akun bisnis yang melakukan promosi atau strategi marketing campaign. Umumnya, iklan ini akan menampilkan profil brand pada timeline followers atau pengikut yang potensial. Iklan ini biasanya juga akan tampil di bagian saran “Who to Follow” dan di hasil pencarian. Tipe promosi ini juga menyertakan tombol follow atau ikuti.

Baca Juga :

Cara Membuat Iklan di Twitter Ads

panduan iklan di Twitter Ads

Usai memahami jenis-jenis iklan di Twitter, lantas bagaimana cara beriklan menggunakan Twitter Ads?

Sebenarnya memasang iklan di Twitter bukanlah hal yang rumit. Bagi Anda yang masih pemula dan tertarik untuk mencobanya, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

Masuk ke Halaman Twitter Ads Manager

Bagi Anda yang masih pemula atau baru pertama kali ingin beriklan di Twitter, maka langkah pertama tentunya adalah membuat akun Twitter terlebih dahulu. Apabila Anda sudah memiliki akun, selanjutnya Anda bisa masuk ke halaman Twitter Ads manager, atau ketik twitter ads melalui browser. Kemudian Atur Lokasi Negara dan Region Waktu daerah yang Anda tempati.

Atur Nama dan Biaya Iklan

Setelah itu, tahap selanjutnya adalah mengatur nama dan biaya iklan yang ingin Anda alokasikan. Anda tidak perlu khawatir menggelontorkan banyak budget, sebab besaran biaya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan dana yang Anda miliki. Jadi tidak ada batas minimal biaya yang harus Anda keluarkan.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengaturan pada halam setup grup iklan.  Beri nama grup, kemudian pilih waktu mulai dan berakhir. Bagi pengguna Twitter Ads yang masih pemula, Anda mungkin ingin menggunakan satu grup iklan saja. Namun apabila sudah terbiasa dan nyaman beriklan di Twitter, biasanya marketer akan membagi kampanye pemasaran menjadi beberapa kategori untuk target pasar yang berbeda pula.

Melakukan Targeting Audien

Sejatinya, melakukan targeting merupakan salah satu hal terpenting dalam semua strategi marketing. Tujuannya adalah agar promosi atau iklan Anda menyasar target pasar yang tepat, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan potensial dan menaikkan conversion rate lebih besar. Sama halnya saat Anda beriklan di Twitter.

Anda perlu melakukan riset market dan riset pasar di media sosial Twitter terlebih dahulu untuk menentukan segmentasi target. Di Twitter Ads, opsi penargetan membantu pengiklan memilih audiens yang tepat untuk iklan, sehingga Anda bisa melakukan penargetan demografis. Tentukan audiens berdasarkan jenis kelamin, lokasi, usia, bahasa, dan teknologi.

Tentukan Placement

Langkah terakhir adalah menentukan placement atau tempat di mana iklan yang Anda buat akan muncul. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jika sudah selesai, segera lakukan review atau pengecekan ulang. Jika memang sudah tidak ada hal yang perlu Anda tambahkan, maka iklan sudah siap untuk Anda rilis.

Itulah cara mudah beriklan di Twitter Ads bagi pemula. Sejatinya, media sosial seperti Twitter bukan hanya bermanfaat sebagai platform untuk social media branding saja, melainkan juga bisa Anda fungsikan untuk social media marketing melalui konten maupun iklan.

Apalagi cara untuk membuat iklan di Twitter juga tergolong mudah untuk Anda terapkan. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda untuk memaksimalkan strategi pemasaran sekaligus meningkatkan sales growth dan revenue bisnis.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.