Simak Cara Kerja Algoritma Instagram

cara kerja algoritma instagram

Anda yang terbiasa membagikan konten marketing brand Anda di media sosial khususnya instgram harus mengerti bagaimana cara kerja algoritma instagram agar lebih memaksimalkan konten Anda lebih baik. Apa itu algoritma instagram dan bagaimana mengetahui cara kerja algoritma instagram? berikut ini ulasannya.

Apa Itu Algoritma Instagram

Sebelum mengulas bagaimana cara kerjanya ada baiknya mengerti pengertian dasar algoritma instagram. Dilansir dari dotnextdigital algoritma instagram adalah perhitungan otomatis untuk memilih postingan terbaik yang dapat mencapai titik teratas saat pengguna mengaksesnya. Dapat disimpulkan bahwa algoritma membuat audiens melihat suatu konten termasuk konten yang Anda unggah.

Perubahan algoritma instagram terjadi sepanjang waktu berdasarkan banyaknya data yang diperoleh. Perubahan tersebut dapat didukung dari machine learning, yang mana pola atau tren perilaku baru akan menjadi salah satu faktor dalam cara kerja algoritma.

Instagram memiliki bentuk konten berupa feed, IG TV, explore, stories yang memiliki algoritma berbeda-beda dan memiliki cara kerja yang tak mudah ditebak. Jika Anda memahaminya Anda bisa menyesuaikan strategi untuk brand Anda.

Baca Juga:

Cara Kerja Algoritma Instagram

Bersumber dari Hootsuite, algoritma instagram bergantung pada tiga faktor utama yaitu relationship, interest, dan timeless.

Relationship

Akun instagram yang paling sering Anda lihat dan melakukan interaksi seperti mengirim DM sudah pasti akan muncul dalam feed Anda. Walaupun akun yang Anda follow sangat banyak, namun akun teman dan keluarga yang sering Anda ajak untuk berinteraksi pasti akan tetap muncul.

Algoritma instagram akan mempelajari interaksi yang telah Anda lakukan saat sedang browsing di media sosial untuk mencari tahu siapa saja akun yang dekat dengan Anda. Jadi semakin sering Anda membuka profilenya, mengirimnya DM, dan memberikan tag pada akunnya, maka Instagram akan membuat postingannya muncul di feed Anda.

Interest

Sadar atau tidak Anda bahwa urutan postingan yang berada di feed dan story Instagram juga berdasarkan pada ketertarikan Anda dengan konten dan hal tertentu. Misalnya jika Anda menyukai seorang artis tertentu dan selalu memberikan komentar, like, dan membuka profilnya, maka postingan artis tersebut yang akan selalu muncul di feed Anda.

Selain itu, konten yang berhubungan dengannya misalnya foto atau video yang diposting oleh penggemarnya juga bisa sering muncul di bagian explore. Jadi, apapun konten yang relevan dengan hal yang Anda sukai pasti akan lebih sering muncul pada feed dan story Instagram Anda.

Timeliness

Faktor timeliness juga menjadi perhatian. Timeliness di sini adalah seberapa baru konten tersebut Anda posting. Konten yang baru saja diposting akan muncul pada feed teratas. Hal tersebut mengapa sangat penting untuk memposting konten saat banyak orang sedang aktif menggunakan instagram.

Hasil riset oleh Sprout Social menyatakan bahwa engagement paling baik dan konsistem di instagram adalah pada hari senin sampai jumat mulai dari pukul 9 pagi sampai 4 sore. Sedangkan waktu engagement terendah yaitu sebelum pukul 6 pagi dan setelah pukul 9 malam. Itulah mengapa jika Anda ingin memiliki banyak engagement selalu memperhatikan waktu yang tepat untuk memposting konten.

Tips Untuk Memaksimalkan Instagram Berdasarkan Algoritmanya

cara kerja algoritma instagram
Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan instagram berdasarkan algoritmanya.

Posting Konten Secara Konsisten

Konsisten memposting memang susah-susah gampang tapi usahakan untuk selalu menerapkan hal ini agar postingan konten dari brand Anda mudah dijangkau oleh audiens dan memancing mereka untuk berinteraksi dengan unggahan Anda. Selain itu memudahkan Anda beradaptasi dengan algoritma yang mereka miliki.

Salah satu cara agar konsisten adalah membuat kalender konten agar dapat memudahkan Anda menentukan waktu yang tepat melakukan posting konten terbaru di Instagram. Hal tersebut tentunya juga menyesuaikan data insight yang tersedia di akun Anda. Ini karena berkaitan dengan performa akun yang berbeda-beda.

Repost Konten yang Menarik

Cara selanjutnya adalah menemukan konten mana yang menarik untuk followers Anda. Anda dapat memposting ulang konten-konten yang menarik dan memiliki banyak interaksi. Hal tersebut akan membantu akun Anda menjangkau lebih banyak kunjungan baru.

Baca Juga:

Berikan Reward pada Audiens

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan reward pada audiens. Tak harus selalu dalam bentuk uang atau barang, Anda bisa memberikan reward dalam bentuk User Generate Content. Saat ini banyak sekali akun besar di Instagram yang melakukan posting ulang konten dari audiens mereka.

Selain itu dapat menghasilkan konten baru lebih cepat. Hal tersebut akan memberikan kepuasan tersendiri pada orang yang kontennya Anda repost sehingga membuat hubungan yang baik dengan audiens.

Kolaborasi

Anda dapat memperluas jangkaun akun digital business yang Anda miliki dengan berkolaborasi dengan influencer di instagram. Temukan orang yang sesuai dengan audiens Anda agar kolaborasi yang Anda lakukan dapat saling melengkapi dan memberikan keuntungan atau feedback.

Membangun Hubungan yang Berkualitas

Jalin hubungan baik dengan para followers Anda di Instagram agar dapat membuat akun Anda berkembang dengan lebih cepat. Untuk mendapatkannya tentu ada beberapa cara yang harus Anda lakukan seperti mengajukan pertanyaan, caption atau story yang nantinya akan memberikan dampak apa yang terjadinya peningkatan engagement instagram.

Menggunakan Hashtag yang Tepat

Instagram menggunakan hashtag untuk mengelompokkan jenis konten atau topik pada platform mereka. Maka dari itu, Anda harus menyematkan hashtag yang tepat pada setiap postingan dan akan berpotensi membuat kesempatan unggahan Anda dilihat oleh pengguna jadi lebih besar.

Semakin populer hashtag yang Anda gunakan semakin banyak juga orang mencari atau menggunakan tagar tersebut. Di lain sisi, Anda juga harus melakukan riset hashtag sebab ada beberapa hashtag yang populer yang justru berpengaruh negatif pada akun Anda bahkan dapat menyebabkan akun terkena banned.

Memposting Konten Pada Waktu yang Tepat

Setiap akun akan memiliki waktu terbaik masing-masing dalam melakukan posting konten terbaru. Maka dari itu, penting Anda untuk mempelajari kebiasaan audiens. Lakukan posting konten saat audiens sedang online. Selain berpatokan dengan jam-jam posting, Anda harus menyesuaikan dengan kalender konten dan data yang ada pada akun Anda.

Itulah ulasan ringkas mengenai cara kerja algoritma instagram dan bagaimana tips-tips yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan postingan konten brand Anda berdasarkan algoritma.  Semoga bermanfaat.

Selain itu Anda harus merumuskan berbagai strategi marketing Anda. Untuk memaksimalkan tersebut Anda bisa memanfaatlan layanan digital marketing agency terpercaya untuk mengembangkan digital marketing Anda. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: