Tujuan, Manfaat dan Cara Melakukan SWOT untuk Bisnis

SWOT untuk bisnis

Pebisnis wajib mengetahui cara menganalisis SWOT untuk Bisnis. Tidak perlu khawatir, tindakan ini sebenarnya tidak memakan banyak waktu. Justru akan berpengaruh positif karena akan membentuk perspektif baru terhadap manajemen usaha.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencari cara terbaik untuk menganalisis SWOT. Bagaimana caranya? Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Analisis SWOT?

Adapun kepanjangan dari SWOT sendiri adalah Strength, Weakness, Opportunities, Threats. Sementara itu, analisis SWOT merupakan salah satu teknik perencanaan bisnis dan strateginya yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan.

Strategi tersebut diantaranya adalah :

  • Mengevaluasi kekuatan (strength)
  • Mengidentifikasi kelemahan (weakness)
  • Menemukan kesempatan (opportunities)
  • Mengetahui ancaman (threats) di dalam sebuah proyek bisnis 

Analisis SWOT sendiri pertama kali diperkenalkan tahun 1960-an lalu oleh Albert S Humphrey. Ia merupakan pemimpin proyek riset yang sudah memanfaatkan data dari berbagai perusahaan Fortune 500.

Tujuan Analisis SWOT untuk Bisnis

Baik proyek bisnis baru maupun yang sedang berlangsung, sebenarnya membutuhkan analisis SWOT untuk bisnis. Singkatnya, analisis SWOT bertujuan untuk merencanakan strategi business development dan berupaya mendapatkan peluang terbaik. 

Dalam hal ini, tentunya berbicara tentang perkembangan bisnis. Adapun analisis SWOT sendiri bis Kita anggap sebagai langkah yang efektif untuk menghindari kerugian. Tidak hanya itu, analisis seperti ini bisa membuka mata pebisnis terhadap tren yang sedang booming.

Anda akan mendapatkan perspektif seperti ini hingga akhirnya terbentuk ketika pengusaha memahami kelebihan dan kekurangan bisnisnya. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT untuk Bisnis

Pada dasarnya, ada dua faktor yang paling mempengaruhi analisis SWOT. Yaitu faktor internal dan faktor eksternal, berikut penjelasannya.

1. Faktor Internal

Faktor internal sendiri merupakan faktor yang berasal dari dalam, yaitu terdiri dari kekuatan dan kelemahan. Anda harus mengetahui bahwa keduanya memiliki dampak baik pada riset pasar dan penelitian bisnis.

Kita dapat menyimpulkan bahwa faktor internal ini akan memberikan hasil riset yang lebih baik dari sebelumnya. Lalu, apa saja yang menjadi faktor internal analisis SWOT? Diantaranya adalah :

  • Sumber daya perusahaan
  • Kondisi finansial
  • Kondisi organisasi
  • Pengalaman organisasi

Baca Juga :

2. Faktor Eksternal

Kita tahu bahwa faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar entitas. Adapun faktor-faktor ini sebenarnya tidak langsung terlibat. Dua poin utama dalam faktor eksternal adalah peluang dan ancaman.

Adanya peluang dan ancaman ini tentu bukan tanpa alasan. Keduanya akan memberikan data yang wajib Kita masukkan ke dalam jurnal penelitian. Dengan demikian, hasil strategi pun tampak lebih nyata.

Lalu, apa saja poin yang termasuk ke dalam faktor eksternal? Faktor eksternal adalah :

  • Tren
  • Sosial politik
  • Budaya
  • Ideologi
  • Perekonomian
  • Sumber modal
  • Peraturan pemerintah
  • Lingkungan
  • Perkembangan teknologi

Manfaat Melakukan Analisis SWOT untuk Bisnis

Analisis SWOT menjadi salah satu metode yang tepat bagi pengusaha untuk menemukan kendala bisnisnya. Sebenarnya analisis seperti ini memberikan banyak manfaat. Terlebih bagi bisnis yang sedang berkembang. 

Manfaat melakukan analisis SWOT untuk bisnis adalah sebagai berikut :

  • Dapat menemukan faktor internal dan faktor eksternal dari pertumbuhan bisnis yang ada. 
  • Melakukan identifikasi prioritas terhadap struktur manajemen yang melibatkan konsekuensi dan strategi. 
  • Membuat strategi usaha yang lebih tajam dan lebih baik dalam menangani risiko dan risk appetite
  • Memperkuat poin-poin positif yang sudah ada sebelumnya. 
  • Dapat menunjukkan poin kekurangan yang harus diperbaiki. 
  • Mengembangkan peluang pertumbuhan secara lebih baik dan melakukan identifikasi di dalamnya. 
  • Memperkirakan jumlah keuntungan dan pengembalian investasi (ROI) sesuai dengan kondisi pasar saat itu. ROI adalah rasio yang menunjukkan suatu ukuran tentang efisiensi manajemen untuk mengetahui tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

Cara Melakukan Analisis SWOT untuk Bisnis

cara melakukan analisis SWOT

Anda sudah membaca tentang 2 faktor penting dalam melakukan analisis SWOT untuk bisnis. Yaitu faktor internal dan faktor eksternal sebuah bisnis. Kedua faktor tersebut sangat berpengaruh dalam analisis SWOT.

Pada dasarnya, faktor internal meliputi strength dan weakness, sedangkan faktor eksternal adalah threat dan opportunity sebuah bisnis. Lalu, bagaimana cara melakukan analisis SWOT yang baik dan benar? Berikut caranya berdasarkan keempat aspek SWOT.

1. Strength

Pertama Kita harus fokus pada kekuatan bisnis. Kita harus mengetahui kekuatan utama bisnis yang kita jalankan. Pikirkan secara matang mengenai kelebihan perusahaan yang bisa memberikan manfaat di masa depan. 

Untuk mengetahuinya Anda dapat memilih kelebihan berdasarkan beberapa pertanyaan. Oleh karena itu, silahkan jawab beberapa pertanyaan berikut ini. 

  • Apa yang menjadi kelebihan utama dari perusahaan Anda dibanding kompetitor dengan usaha sejenis?
  • Apakah bisnis yang Anda jalankan memiliki keunikan?
  • Apa saja penyebab kesuksesan bisnis Anda di bidang penjualan?
  • Adakah konsumen yang bersuara mengenai kelebihan bisnis Anda?

2. Weakness

Setelah memikirkan kelebihan, selanjutnya adalah menentukan kelemahan yang membuat progress bisnis melambat. Singkatnya, Anda bisa meninjau kembali berbagai kondisi yang merugikan kondisi perusahaan selama ini. 

Anda bisa menjawab pertanyaan seperti ini, “Apa yang perlu ditingkatkan di perusahaan?” lalu “Apa saja faktor yang membuat penjualan produk terhambat?” pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi acuan yang tepat SWOT untuk bisnis. 

Baca Juga :

3. Opportunity

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah memikirkan faktor di luar performa perusahaan yang akhirnya bisa menjadi keuntungan. Kondisi seperti tren yang sesuai dengan konsep perusahaan merupakan suatu kesempatan. 

Terutama jika perusahaan ingin bekerja sama dengan para investor. Maka tak heran jika hal ini akan menguntungkan bisnis yang Anda jalankan. 

4. Threat

Kita sebagai pebisnis tidak bisa mengontrol faktor eksternal yang akan terjadi. Dengan risiko yang tinggi mengharuskan pengusaha untuk melakukan analisis terhadap threat.

Analisis ini Anda lakukan untuk mendapatkan strategi pencegahan kerugian. Misalnya dengan melakukan competitive analysis.

Faktor yang termasuk ancaman bagi perusahaan seperti :

  • Perkembangan teknologi
  • Bencana alam
  • Perubahan peraturan pemerintah
  • Dan aktivitas kompetitor

Strategi Kombinasi SWOT untuk Bisnis

Pada dasarnya, menganalisis SWOT membuat pebisnis bisa memfokuskan diri terhadap strategi bisnis. Untuk menemukan strategi yang tepat dalam menganalisis SWOT, Anda bisa menggunakan kombinasi fokus berikut ini. 

1. Fokus Kekuatan-Peluang (S-O)

Fokus ini bisa dipilih jika pemilik bisnis ingin mendapatkan alternatif yang ofensif. Caranya adalah dengan memanfaatkan kekuatan internal untuk mendapatkan peluang eksternal. 

2. Fokus Kelemahan-Ancaman (W-T)

Kombinasi fokus berikutnya yang bisa digunakan adalah Kelemahan – (W-T). Pada dasarnya, teknik ini akan membantu pebisnis mendapatkan alternatif defensif. Caranya adalah dengan memanfaatkan kelemahan internal agar ancaman eksternal bisa diminimalisir.

3. Fokus Kekuatan – Ancaman (S-T)

Fokus yang satu ini membuat pebisnis bisa menggunakan kekuatan internal agar ancaman eksternal bisa dikurangi. 

4. Fokus Kelemahan – Peluang (W-O)

Fokus berikutnya yang bisa dicoba adalah menopang kelemahan internal untuk mendapatkan kesempatan eksternal yang lebih baik. Dengan demikian, fokus kelemahan memungkinkan pelaku bisnis mendapatkan keuntungan. 

Dengan melakukan analisis SWOT untuk bisnis, maka usaha yang Anda jalankan akan lebih terstruktur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan analisis seperti ini mengingat persaingan bisnis yang ketat. Untuk caranya sendiri, Anda bisa menjadikan ulasan di atas sebagai referensi.

Selain melakukan analisis SWOT, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :