Cara Membangun Customer Loyalty yang Efektif

cara membangun customer loyalty

Menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen atau customer retention menjadi hal yang sangat penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Pasalnya, mendapatkan customer loyalty akan jauh lebih sulit daripada menarik pelanggan baru. Sebab, pelanggan yang setia pada sebuah brand (brand loyalty) merupakan salah satu pencapaian tertinggi dalam berbisnis.

Ada banyak jenis strategi pemasaran yang Anda pakai untuk customer loyalty. Lantas, bagaimana cara menerapkannya untuk kesuksesan bisnis?

Melalui artikel berikut ini, kami akan mengulas tentang apa itu customer loyalty, perannya untuk bisnis, hingga cara membangunnya secara detail.

Apa Itu Customer Loyalty?

Melansir dari Hubspot, kesetiaan pelanggan atau customer loyalty adalah keinginan pelanggan untuk membeli atau bekerja sama dengan sebuah brand secara terus-menerus. Ini merupakan buah dari nilai kepuasan pelanggan (customer satisfaction score) yang tinggi, brand value atau nilai produk yang sesuai dengan konsumen, hingga customer experience yang positif.

Customer experience adalah pengalaman yang dirasakan oleh konsumen saat menggunakan produk atau layanan dari brand kita. Pengalaman pelanggan ini bisa memberikan hasil positif atau negatif.

Untuk menghasilkan customer experience yang positif dan nilai kepuasan pelanggan yang tinggi, maka perlu adanya strategi pemasaran yang baik. Salah satu strategi yang memegang peranan penting adalah proactive customer service, sebab strategi ini bisa menumbuhkan kesetiaan pelanggan lebih cepat daripada sales dan marketing.

Semakin Anda bersikap proaktif dan menunjukkan kepedulian pada kebutuhan pelanggan, maka kemungkinan mereka menjadi semakin loyal pada produk atau jasa yang Anda tawarkan pun akan semakin besar.

Pentingnya Customer Loyalty untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa poin yang menunjukkan pentingnya customer loyalnya untuk sebuah bisnis:

digital marketing agency

1. Lebih Menghemat Biaya daripada Menarik Pelanggan Baru

Menarik pelanggan baru memang penting untuk pertumbuhan bisnis. Akan tetapi, Anda tidak bisa serta merta melupakan pelanggan setia yang Anda miliki. Sebab, mempertahankan konsumen yang telah ada akan memakan biaya yang lebih rendah daripada mendapatkan konsumen baru.

Hal tersebut karena Anda sudah mempunyai data pelanggan setia dan sudah mengetahui target pasar. Sehingga, Anda dan dapat dengan mudah mengetahui kebutuhan mereka dan menerapkan strategi pemasaran yang lebih akurat.

Baca Juga :

2. Dapat Memberikan Lebih Banyak Pendapatan Daripada Pelanggan Baru

Survei menunjukkan bahwa konsumen yang setia akan melakukan pembelian lebih sering daripada pelanggan baru. Sebab, saat pelanggan telah merasa cocok pada satu brand, maka ia cenderung tidak ingin menggunakan produk dari brand lainnya. Meskipun brand lain menawarkan produk yang lebih canggih dari brand Anda.

Tak hanya itu saja, pelanggan setia lebih suka menunggu brand Anda untuk melakukan pembaruan yang sama. Dengan demikian, Anda pun akan memiliki ruang untuk berkembang dan melakukan competitive analysis pada brand milik kompetitor.

3. Konsumen yang Loyal Cenderung Memiliki Pola Perilaku yang Mudah Diprediksi

Perilaku konsumen bukanlah hal yang mudah untuk kita prediksi. Kendati demikian, hal ini tampaknya tidak berlaku untuk konsumen yang loyal atau customer loyalty.

Konsumen yang setia cenderung akan melakukan pola perilaku yang sama karena sudah merasa cocok dengan produk dari brand Anda. Kendati demikian, bukan berarti Anda harus lepas tangan begitu saja. Sebab, loyalitas tersebut bisa saja berubah seiring dengan hubungan kedekatan antara brand dengan konsumen.

Maka dari itu, Anda bisa menerapkan strategi relationship marketing untuk menjaga hubungan dan mempertahankan konsumen setia. Sebab, kehilangan konsumen setia sama saja membuat Anda kehilangan pemasukan tetap.

4. Dapat Berperan sebagai Duta Bisnis Anda

pentingnya customer loyalty

Poin keempat dari pentingnya customer loyalty adalah mereka dapat menjadi brand ambassador secara tak langsung bagi produk Anda dan membuka kemungkinan untuk menarik leads baru. Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan yang bisa menjadi pelanggan potensial.

Kenapa pelanggan setia bisa menjadi duta bisnis dan menarik leads baru? Sebab, saat mereka merasa puas dengan suatu produk dan membelinya terus-menerus, maka biasanya mereka akan merekomendasikannya pada keluarga atau teman terdekat untuk menggunakan produk yang sama.

Mereka akan memberikan testimoni atau secara tak langsung melakukan advocacy marketing. Baik secara tradisional seperti strategi word of mouth ataupun menggunakan media digital seperti melakukan review jujur melalui user generated content (UGC) di media sosial.

6. Memberikan Pengaruh Positif pada Kinerja Karyawan

Di manapun perusahaannya, tentunya karyawan terutama customer service akan lebih senang berhubungan dengan client yang merasa puas dengan produk/layanan mereka daripada berurusan dengan client yang marah, bukan?

Berhubungan baik dengan konsumen yang merasa puas secara tidak langsung menjadi indikator keberhasilan customer service. Dengan demikian, karyawan yang tidak merasa tertekan dan meminimalisir stres. Hal ini akan menyebabkan kinerja mereka menjadi semakin produktif, sekaligus membangun suasana kerja yang positif.

Baca Juga :

Cara Membangun Customer Loyalty

Setelah mengetahui apa itu customer loyalty dan bagaimana peran pentingnya untuk perkembangan bisnis, lantas bagaimana cara membangunnya?

Mengutip dari Wordstream, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membangun customer loyalty:

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah hal paling penting yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan konsumen setia. Sebab, pelanggan akan lebih setia jika mereka merasa dihargai.

Ada beragam cara untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Yang terpenting adalah Anda harus bisa membuat pelanggan merasa bahwa mereka adalah bagian dari brand. Salah satunya adalah dengan rutin mengirimkan email marketing yang berisi update tentang produk terbaru, promo, dan lain sebagainya.

2. Mengadakan Customer Loyalty Program

Customer loyalty program merupakan sebuah program khusus yang bisa Anda hadirkan untuk memberikan penghargaan pada pelanggan setia. Anda bisa memberikan program atau promosi khusus untuk pelanggan yang telah setia dalam jangka waktu tertentu. Misalnya memberikan diskon, atau mengadakan program berhadiah menarik.

Dengan strategi ini, maka pelanggan setia tidak akan berpaling pada produk dari brand lainnya.

3. Mendorong Customer untuk Memberikan Feedback

Hubungan dengan pelanggan setia juga akan terjalin jika Anda rajin mendengar masukan dari mereka. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa Anda melibatkan mereka dalam perkembangan brand Anda.

Demikian adalah ulasan mengenai customer loyalty beserta peran penting dan cara membangunnya. Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa customer loyalty merupakan salah satu aspek penting untuk mempertahankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

Selain meningkatkan brand loyalty, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.