Cara Membuat Struktur SEO Website

seo website

Dengan memiliki struktur website yang baik maka akan memudahkan navigasi user. Selain itu juga bagus untuk SEO. Namun sebaliknya jika struktur SEO Website ini berantakan maka tentu akan susah untuk di navigasi oleh Google.

Untuk itulah kali ini kami akan menjelaskan mengenai struktur SEO website yang baik. Sehingga website yang kamu miliki pun jadi rangking teratas dalam mesin pencarian.

Pengertian Struktur Website

Struktur website ini merupakan susunan dari halaman penting yang terdapat pada website. Struktur ataupun arsitektur website ini bisanya juga akan terlihat dari navigasi utama ataupun menu.

Dengan memiliki struktur website yang baik maka halaman yang ada pada website kamu menjadi saling terhubung. Hal ini tentunya akan membuat user experience menjadi lebih baik. Karena informasi yang dibutuhkan pengunjung akan mudah ditemukan.

Akan tetapi tahukah kamu bahwa struktur website ini bukan hanya tentang bagus saja, namun juga untuk SEO juga tak kalah pentingnya.

Bot Google juga akan mudah dalam melakukan penelusuran pada website mu saat struktur website yang kamu miliki terlihat baik. Dan itu juga akan berpengaruh pada ranking halaman website yang terdapat di mesin pencari.

Baca Juga:

Pentingnya Struktur SEO Website

Sebagai pemilik website, struktur website penting karena:

1. Bisa mempengaruhi user experience (UX)

Diatas sudah disebutkan bahwa user experience pada pengunjung di website kamu dipengaruhi oleh arsitektur websitenya.

Struktur website yang baik ini menjadikan mudah untuk dinavigasi. Selain itu juga pengunjung menjadi lebih mudah dalam menemukan konten yang mereka butuhkan.

2. Memudahkan crawling

Dengan memiliki struktur website yang baik, selain dapat membantu meningkatkan user experience. Hal ini juga dapat membantu proses web crawler.

Sehingga web crawler akan mudah melakukan akses dan menemukan hubungan antar konten.
Sehingga web crawler juga akan mudah dalam mengindekskan konten yang kamu miliki pada mesin pencari.

3. Bisa memberikan sitelinks

seo website
Sitelink untuk website ini akan kamu dapatkan saat kamu memiliki struktur website yang baik. Jadi perlu kita tahu bahwa sitelink ini yaitu tampilan yang unik pada hasil pencarian dari Google.

Pada tampilan tersebut juga akan ditunjukkan link homepage yang bersamaan dengan halaman penting di bawahnya.

Adapun manfaat dari sitelink ini bagi SEO website yaitu:

4. Menghindari Persaingan konten dengan Situs Web yang sama

Kamu juga akan terhindar dari kemungkinan konten yang saling berkompetisi atau cannibal content dengan menggunakan struktur website ini. Adanya kompetisi tersebut tentulah akan sangat merugikan. Hal ini dikarenakan bisa mengurangi trafik yang ada di masing-masing konten.

Kompetisi yang terjadi tersebut biasanya ada saat kamu mempunyai konten blog post yang mirip. Contohnya saat kamu memiliki beberapa artikel mengenai error wordpress. Kemudian ditambah dengan menggunakan kata kunci yang sama pada konten tersebut.

Dengan adanya konten yang mirip itulah membuat Google juga bingung dalam memutuskan konten mana yang penting. Dan hasilnya konten yang kamu miliki juga akan berkompetisi agar ada di urutan teratas Google.

Untuk itulah, solusinya yaitu kamu juga harus membuat struktur taksonomi serta internal link dengan baik.

Cara Membuat Struktur SEO Website

Langkah-langkah yang kamu butuhkan dalam melakukan struktur SEO website yang SEO friendly adalah sebagai berikut:

1. Buatlah rencana

seo website
Langkah yang pertama yaitu dengan membuat rencana terlebih dahulu. Untuk itu kamu bisa menulis semua ide konten yang akan kamu masukkan ke website. Setelah itu kelompokkanlah semua konten menjadi kategori yang lebih umum. Setelah itu susun semuanya sehingga jadi saling berhubungan.

Contohnya kamu akan menggunakan struktur dengan bentuk hierarki. Maka kamu hanya tinggal urutkan saja kontennya sampai membentuk piramida. Untuk hasilnya bisa dilihat seperti ini:

2. Perhatikan Link Halaman di Homepage

Dari struktur seo website ini, homepage ada di urutan paling atas. Hal ini menandakan bahwa Homepage ini ada di halaman pertama. Yang mana halaman pertama ini juga akan diakses oleh pengunjung sebelum menuju ke halaman-halaman lainnya.

Oleh sebab itulah, kamu juga harus menautkan link halaman paling penting ke homepage ini. Sehingga peluang pengunjung agar bisa membuka halaman penting jadi lebih besar lagi. Dan informasi pun akan lebih mudah didapatkan oleh mereka.

3. Buatlah navigasi yang jelas

Agar kamu bisa mempunyai struktur homepage dengan baik maka kamu juga perlu untuk membuat navigasi dengan jelas. Pada website ini terdapat dua jenis navigasi yang bisa kamu tambahkan, diantaranya yaitu menu dan breadcrumbs.

Menu

Menu ini merupakan elemen utama yang terdapat pada website. Letak menu yaitu ada di bagian atas homepage. Atau lebih tepatnya ada di samping persis logo ataupun nama website.

Dengan menu ini maka kita bisa menampilkan halaman kategori yang akan memuat banyak sekalian konten. Bukan hanya itu saja, dengan menu maka kita juga bisa menghubungkan ke halaman landing page maupun halaman kontak.

Breadcrumbs

Breadcrumbs ini merupakan navigasi tambahan yang terdapat di website. Bentuk navigasi ini yaitu teks yang berisi link. Biasanya navigasi ini letaknya ada di atas judul halaman.

Dengan breadcrumbs ini maka akan membantu visitor dalam mengetahui posisi mereka pada website.

Dibawah ini kami contohkan breadcrumbs trail pada sebuah website.

seo website
4. Gunakan Taksonomi

Kita juga bisa mencoba untuk menggunakkan sistem taxonomies yang terdapat di WordPress ataupun CMS lainnya sehingga membuat navigasi menjadi lebih teratur.

Taxonomies ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengelompokkan konten yang berdasarkan dengan kategori ataupun tag. Jadi artikel lain yang masih satu topik akan lebih mudah ditemukan oleh visitor.

Baca Juga:

5. Categories

Beberapa kategori umum Ini bisa berada di dalam satu blog. Apabila pada toko online fashion ini kamu bisa menggunakan beberapa kategori, contohnya “wanita’, “anak-anak”, “pria “ dan lain-lain.
Kemudian untuk setiap kategori tersebut juga masih bisa dibuat menjadi subkategori. Contohnya “kaos”, “celana”, “jaket” dan masih banyak lagi lainnya.

seo website
6. Tags

Untuk mengelompokkan konten ini, selain membuat kategori juga bisa dengan menggunakan tag. Tag ini juga berbeda dengan kategori yang memiliki struktur hierarki. Untuk tag sendiri tidak memiliki struktur.

Walaupun begitu penggunaan tag ini juga penting. Dengan adanya tag ini maka bisa menunjukkan ke visitor bahwa terdapat produk ataupun post lainnya yang masih saling berkaitan. Sehingga pengunjung website juga masih bisa mencari konten lainnya yang dianggap menarik bagi mereka.

7. Jangan lupa internal link

Internal link ini digunakan untuk menghubungkan konten yang ada pada website kamu. Dalam membuat internal link ini juga tak bisa dilakukan sembarangan. Kamu bisa menambahkan dua halaman yang terhubung yang masih memiliki topik yang berkaitan.

8. Kelola struktur website kamu

Jika struktur SEO website ini sudah kamu buat maka langkah berikutnya yaitu dengan melakukan maintenance. Dalam menambahkan konten baru, kamu juga tetap harus memperhatikan struktur website.

Dengan memiliki struktur seo website yang baik maka tentu saja akan menaikkan reputasi website yang kamu miliki di Google serta pengunjung.

Untuk menerapkan SEO Website Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: