8 Tips Jitu Menaikkan Domain Authority Website

menaikkan domain authority

Domain Authority (DA) menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat website di mesin pencarian atau search engine. Sehingga, apabila ingin website Anda mendapatkan ranking tinggi di penelusuran Google, cobalah untuk menaikkan DA website tersebut.

DA sendiri merupakan metrik websiter berdasarkan skor algoritma (dari 1-100) yang diciptakan oleh Moz, penyedia layanan analisis untuk digital marketing. Semakin tinggi DA suatu website, maka akan semakin besar kemungkinan bagi website tersebut untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada Google ranking.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi penentuan skor DA. Misalnya saja waktu loading halaman, pengalaman pengguna website, kualitas konten, dan lain sebagainya. Dengan demikian, DA menjadi aspek yang penting, terutama bagi Anda yang menggunakan website untuk tujuan monetisasi dan melakukan promosi.

Lantas, bagaimana cara menaikkan Domain Authority website? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Domain Authority?

DA atau domain authority adalah sebuah ukuran yang menunjukkan tingkat kepercayaan pada sebuah website, atau skor yang menunjukkan seberapa baik peringkat website berdasarkan alamat domain yang digunakan.

Semakin besar nilai DA sebuah website, berarti semakin tinggi pula tingkat kepercayaan pengguna terhadap website tersebut. Nilai DA ini penting bagi keberlangsungan sebuah website karena juga berpengaruh pada page rank di mesin pencari seperti Google.

Oleh sebab itu, website yang memiliki nilai DA yang tinggi akan mendapatkan dampak yang sangat positif karena bisa berada di halaman pertama, bahkan berada di posisi teratas mesin pencari, sehingga lebih mungkin menaikkan traffic website atau jumlah klik (CTR) yang lebih banyak.

CTR adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Sumber klik biasanya dari hasil pencarian organik.

Manfaat Memiliki Nilai Domain Authority Tinggi

Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan apabila website Anda memiliki nilai domain authority yang tinggi:

  • Mendapatkan tingkat kepercayaan yang lebih baik di SERP dan akan membantu pula untuk mendapatkan page rank yang bagus di mesin pencari.
  • Menjadi acuan kesehatan website yang Anda miliki. Karena nilai authority website tersebut berbanding lurus dengan page rank.

Faktor yang Menentukan Nilai Domain Authority

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu nilai domain authority. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Usia Domain

Salah satu faktor penentu nilai DA adalah usia domain. Biasanya, nilai website dengan domain yang baru akan lebih kecil daripada dengan nama domain yang lebih lama.

Oleh karenanya, tak mengherankan apabila nilai domain pada alamat domain versi gratis bisa lebih besar daripada versi berbayar yang baru saja didaftarkan. Anda bisa menggunakan tools SEO dari MOZ untuk memeriksa nilai domain.

Baca Juga :

2. Kecepatan Loading Website atau Page Speed

Website yang loadingnya lama tentunya akan membuat pengguna merasa kesal dan meninggalkannya. Benar, bukan? Nah, maka dari itu, kecepatan loading sebuah website juga sangat mempengaruhi nilai domain authority.

Anda bisa memanfaatkan perangkat PageSpeed milik Google untuk memeriksa kecepatan website. Jika hasilnya rendah, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Contohnya adalah memperkecil ukuran foto pada website, menampilkan sebagian badan artikel daripada secara menyeluruh, serta mengurangi widget atau plugin yang tidak penting.

3. Backlink

Tentunya sudah menjadi rahasia umum kalau backlink menjadi salah satu faktor penentu nilai domain suthority. Semakin banyak backlink atau tautan yang Anda terima, maka semakin baik pula nilai DA website Anda.

4. Konten yang Berkualitas

Website dengan konten yang berkualitas pastinya lebih menarik minat pembaca. Inilah kenapa, konten yang berkualitas menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi nilai DA.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten yang berkualitas. Misalnya membuat konten yang bermanfaat dan informatif. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda membuat konten yang orisinal alias bukan hasil duplikasi atau plagiat.

Tips Menaikkan Domain Authority

tips menaikkan domain authority

Setelah mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi nilai DA, maka berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk menaikkan DA website Anda:

1. Menulis Artikel yang Timeless

Maksud dari artikel timeless adalah artikel yang bersifat evergreen alias abadi. Artinya, artikel yang Anda buat harus relate dan tidak terpengaruh oleh zaman. Tujuannya adalah supaya artikel Anda tetap bisa menarik minat pembaca tanpa terbatas oleh waktu. Dengan demikian, artikel timeless ini merupakan kebalikan dari artikel viral yang memanfaatkan momen-momen tertentu.

Misalnya, Anda bisa membuat artikel tutorial atau tips-tips yang tak lekang oleh waktu. Namun, selain memperhatikan tema evergreen, Anda juga harus memaksimalkan penggunaan kata kunci atau keyword supaya artikel bisa meraih peringkat tinggi di mesin pencari. Anda bisa melakukan riset keyword dengan menggunakan beberapa tools gratis atau berbayar.

2. Membangun Internal Link yang Kuat

Internal link adalah tautan di dalam artikel yang berguna untuk menghubungkan antara satu artikel dengan artikel lainnya di dalam suatu website.

Salah satu manfaat membangun internal link adalah Anda bisa membuat pengunjung berada lebih lama di website Anda karena mereka menjelajah dari satu artikel ke artikel yang lain yang saling berkaitan. Internal link yang kuat juga dapat meningkatkan nilai domain authority, karena menandakan Anda menguasai topik tersebut secara mendalam.

Baca Juga :

3. Membangun Backlink Berkualitas

Salah satu manfaat backlink berkualitas adalah membangun otoritas, meningkatkan traffic melalui referral, sekaligus meningkatkan nilai domain authority suatu website. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk membangun backlink yang berkualitas. Misalnya dengan menanam backlink secara kontekstual di website rekomendasi, atau guest post, yaitu ajang menanam backlink dengan menitipkan artikel di website yang memiliki satu niche.

4. Menghapus Backlink Spam

Maksud dari backlink spam ialah backlink yang mengarah ke website dengan sangat masif dan tidak wajar. Jika dulunya cara ini bisa menjadi langkah jitu untuk menaikkan domain, kini hal ini tidak berlaku lagi seiring dengan ketatnya algoritma Google. Bahkan, backlink spam dapat membuat website Anda mengalami deindeks.

5. Membuat Konten Website yang Sesuai dengan Kaidah SEO

Salah satu langkah terpenting untuk menaikkan nilai DA adalah dengan membuat konten website yang sesuai dengan kaidah dan struktur SEO. Kaidah SEO ini terbagi menjadi 2, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page antara lain peletakan kata kunci di tempat strategis, heading, meta tag, hingga struktur template yang ramah mesin pencari. Sementara SEO off page, salah satunya berasal dari backlink.

Apabila Anda sudah menguasai teknik SEO tersebut dengan baik, Anda bisa membuat artikel SEO terbaik untuk website Anda.

6. Rutin Menganalisis Konten untuk Memperbaiki Performa

Anda tidak akan bisa berkembang jika tidak melakukan evaluasi. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan analisis rutin guna menemukan kesalahan sekaligus memperbaiki performa website.

Sebab, perubahan terus terjadi termasuk pada isi konten yang Anda tulis. Inilah pentingnya melakukan audit secara berkala agar konten senantiasa up to date. Rutin melakukan update konten juga dapat menaikkan nilai DA karena mempercepat proses indeks artikel oleh search engine.

7. Promosikan Konten

Jika ingin konten Anda dilihat oleh banyak audiens, maka salah satu strategi paling tepat adalah dengan cara mempromosikannya.

Anda bisa melakukan strategi promosi dengan membagikan konten website melalui media sosial (Instagram marketing, Facebook marketing, Twitter marketing). Selain itu, buatlah materi promosi yang menarik agar mampu menarik pengunjung. Semakin banyak orang yang melihat promosi konten tersebut, semakin banyak pula potensi klik yang akan website Anda dapatkan.

8. Tingkatkan Page Speed Website

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, salah satu faktor yang mempengaruhi nilai DA adalah kecepatan loading website atau page speed.

Kecepatan loading yang lemah akan berefek pada bounce rate, yakni jumlah pengunjung yang memutuskan untuk meninggalkan website Anda tanpa mengunjungi halaman-halaman lainnya. Pengguna tentunya akan lebih memilih meninggalkan website daripada harus menunggu sebuah halaman untuk loading.

Oleh sebab itu, Anda harus mengurangi bounce rate website Anda. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kecepatan loading website.

Itulah tips untuk menaikkan domain authority website yang bisa Anda terapkan. Ingatlah bahwa semakin tinggi nilai DA sebuah website, maka akan semakin tinggi pula peringkat website tersebut di mesin pencarian.

Baca Juga :