9 Cara Menambah Viewer YouTube Paling Sukses

menambah viewer youtube

Jika Anda memiliki channel YouTube mungkin tak hanya konten saja yang harus Anda pikirkan tapi juga bagaimana menambah viewers YouTube. Mungkin berbagai upaya telah Anda lakukan tapi masih saja kurang berkembang dan tak memiliki hasil yang optimal. Berikut ini beberapa tips agar channel Anda banyak dikunjungi oleh penonton.

Cara Menambah Viewer Youtube

Ada berbagai cara yang dapat meningkatkan kunjungan di channel YouTube Anda. Berikut ini bisa jadi tips untuk Anda agar semakin semangat dalam membuat konten.

Riset Kata Kunci

Anda pelu melakukan riset kata kunci. Strategi ini ternyata cukup ampuh untuk menambah viewer YouTube. Kita tahu bahwa setiap pengunjung akan mengeti kata tertentu di kolom pencarian. Jika video Anda relevan dengan kata tersebut, video tersebut akan muncul di paling atas. Kemungkinan video Anda di-klik pengunjung pun akan semakin besar.

Dari riset kata kunci yang Anda lakukan, Anda bisa menentukan kata kunci yang tepat untuk konten video Anda. Anda bisa menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk membantu Anda melakukan riset kata kunci.

Dengan menggunakan tool ini, Anda akan tahu kata kunci apa yang sedang dicari banyak orang. Nah jika Anda menemukan kata kunci yang sesuai, Anda akan lebih mudah membuat deskripsi video dan tag.

Buat Konten yang Menarik

Setelah Anda menemukan kata kunci yang pas dan relevan, kemudian lanjut membuat konten yang menarik untuk menggaet penonton. Konten yang baik tak hanya banyak dilihat tapi jiga mendatangkan respon positif dari penonton seperti like, comment, share, dan subscribe.

Semakin tinggi engagement, semakin besar juga kesempatan video akan muncul di timeline paling atas halaman pencarian. Sajikanlah konten yang original dan relevan dengan tujuan Anda membuat channel Youtube.

Baca Juga:

Optimasi Judul Konten Video

Judul konten juga menjadi penting untuk video Anda. Judul dapat mempengaruhi pengguna untuk mengklik video. Agar mendatangkan viewer, buatlah judul yang sesuai dengan konten YouTube Anda. Usahakan hindari penggunaan clickbait yang dapat mengecewakan penonton. Judul yang tak sesuai dengan isi video juga akan membuat reputasi channel YouTube Anda buruk.

Tambahkan frasa dengan tanda kurung pada akhir kalimat judul Anda. Faktanya menambahkan tanda kurung pada judul ternyata dapat meningkatkan klik hingga 33 persen. Tambahkan juga angka pada judul Anda dan buat sekita 40 sampai 50 karakter.

Tulis Deskripsi Video dengan Tepat

Jangan lupa menulis deskripsi video dengan tepat. Terdapat tiga langkah untuk menambah viewer YouTube.

Pertama, buat intro deskripsi yang kuat dan menarik. Buatlah 2-3 kalimat saja. Untuk tahap ini sebaiknya Anda memasukkan target kata kunci konten Anda. Nantinya baris awal deskripsi akan muncul pada halaman hasil pencarian YouTube.

Kedua, buatlah deskripsi ringkasan video Anda. Buat setidaknya 150 kata atau lebih. Buatlah dengan jelas agar penonton YouTube dapat memahami isi konten video Anda.

Ketiga, masukkan link pada deskripsi video Anda. Link dimasukkan bisa mengarahkan ke website, blog hingga akun media sosial Anda.

Buat Playlist Video

Salah satu strategi untuk menambah jumlah viewer YouTube Anda adalah membuat playlist. Berikut ini cara membuat playlist video:
– Klik tombol Customize Channel pada Youtube channel Anda
– Klik ikon pensil pada playlist Anda
– Pilih layout
– Pilih Horizontal Row
– Klik Done untuk menyimpan perubahan

Gunakan Cards dan End Screens

Selain playlist, cards dan end screen merupakan fitur YouTube yang membantu pengguna untuk klik video Anda lainnya. Hal tersebut akan berpotensi untuk menambah viewer YouTube juga. Cards berbentuk tombol di pojok kanan atas yang dibuat clickable agar tidak mempengaruhi jalannya video berlangsung. Sementara end screen merupakan fitur yang menampilkan video lain, channel, dan website di akhir video.

Custom Thumbnail

Selain judul, Anda dapat meningkatkan jumlah viewer dengan menggunakan custom thumbnail. Thumbnail ini yang akan terlihat pertama kali oleh pengguna saat melakukan pencarian. Maka dari itu Anda perlu mengoptimasinya. Berikut ini caranya:

– Pastikan thumbnail sesuai dengan konten video Anda
– Buat thumbnail yang unik dengan warna dominan seperti biru, orange, merah atau hijau
– Masukkan judul pada thumbnail

Menggunakan Formula MVC pada Tag Video

Mengisi tag video merupakan salah satu bagian dari SEO Youtube. Tag akan membantu Youtube memahami topik video Anda. Berikut ini cara menggunakan tag dengan tepat. Caranya dengan menggunakan MVC yaitu “main keyword”, “variation”, dan “category”
– Main keyword: kata kunci utama sebagai tag pertama atau kedua
– Variation: kata kunci sekunder atau LSI keyword
– Category: kategori konten video YouTube Anda

Share ke Media Sosial

Setelah membuat konten yang menarik dan mengoptimasinya, langkah selanjutnya agar menambah viewer lebih banyak dengan membagikan video YouTube di media sosial Anda. Caranya dengan melakukan posting teaser atau cuplikasn video Youtube Anda kemudia tambahkan link dan sedikit deskripsi pada caption postingan. Anda dapat membagikan di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn dan sesuaikan dengan strategi promosi Anda.

Baca Juga:

 

Cara-Cara Mempromosikan Video YouTube Anda

youtube

Agar konten yang Anda buat semakin terkenal, berikut ini beberapa cara mempromosikan secara efektif.

Manfaatkan Apa yang Sedang Trending

Buatlah konten yang sedang trending. Seperti sebelumnya, untuk mengetahui konten yang trending, Anda perlu melakukan riset keyword. Konten yang sedang trending berpotensi untuk mendapatkan jumlah viewers.

Menggunakan Alat Promosi Gratis di Youtube

Youtube menyediakan tiga alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi dalam video.

– Watermark – Anda dapat menampilkan logo channel di pojok kanan bawah video. Jika mereka mengkliknya, otomatis mereka akan langsung berlangganan ke channel Anda.
– Cards – Fitur ini menampilkan tombol dnegan gambar tanda seru di pojok kanan atas video Anda. Saat penonton mengkliknya, akan ada beberapa rekomendasi video dari channel Anda.
– End Screens – Fitur ini menampilkan video-video lain di channel Anda beserta dengan tombol subscribe. Layar ini akan muncul selama 5 sampai 20 detik terakhir video.

Baca Juga:

Membuat Postingan di Community

Fitur ini memudahkan Anda berinteraksi dengan subscriber channel Anda. Fitur ini juga dapat digunakan untuk memposting promosi video. Penggunaannya layaknya postingan sosial media, jangan lupa gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan karakteristik subscriber Anda.

Itulah beberapa cara untuk menambah viewer YouTube Anda. Satu hal yang terpenting adalah buatlah konten original dan menarik terutama jika konten untuk kepentingan bisnis. Usahakan hindari clickbait karena akan mengecewakan penonton jika tak sesuai dengan isi konten Anda. Selanjutnya jangan lupa untuk mempromosikannya lewat media sosial.

Untuk menerapkan strategi bisnis lain Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.