Cara Menemukan Niche Bisnis dan Contohnya

cara menemukan niche bisnis

Bagaimana cara menemukan niche bisnis? Apa manfaat menemukan niche bisnis? Temukan jawabannya di artikel berikut.

Hal yang penting dalam dunia bisnis adalah melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar bisa dilakukan ketika perusahaan telah mengetahui siapa sasaran konsumen dan target pasar mereka.

Jika perusahaan sudah mengetahui siapa sasaran konsumen mereka, perusahaan akan dengan mudah dalam menentukan strategi marketing mix. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan perusahaan dalam cara menemukan niche bisnis.

Mengenal Niche Bisnis

Sebelum mengetahui cara menemukan niche bisnis, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui apa itu niche bisnis. Niche bisnis adalah bagian dari strategi perusahaan dengan melihat konsumen yang lebih spesifik kualifikasinya.

Niche bisnis berfokus untuk menargetkan suatu kelompok tertentu secara spesifik, yaitu dari segi minat dan keinginan yang sama. Dengan begitu makam niche bisnis akan melakukan segmentasi dari industri yang besar.

Melalui strategi niche bisnis, perusahaan bisa memenuhi kebutuhan orang-orang secara spesifik dan lebih professional. Dengan begitu, konsumen dari bisnis yang menerapkan ini juga memiliki passion yang sama.

Baca Juga:

Manfaat Niche Bisnis

Ada berbagai manfaat ketika perusahaan melakukan cara menemukan niche bisnis di dalam usahanya.

Manfaat menemukan niche bisnis adalah sebagai berikut:

1. Tidak Terlalu Banyak Pesaing

Pada niche bisnis, perusahaan akan mengklasifikasikan konsumen berdasarkan klasifikasi tertentu. Dengan begitu, produk yang dihasilkan perusahaan juga akan fokus terhadap kebutuhan konsumen yang menjadi sasarannya saja.

Apabila perusahaan membuat produk dengan mempertimbangkan kebutuhan secara spesifik, memungkinkan produk yang dihasilkan juga termasuk produk yang unik. Hal tersebut membuat jarang terdapat pesaing yang membuat produk sejenis.

2. Fokus Mengembangkan Bisnis

Manfaat berikutnya adalah perusahaan akan fokus terhadap bisnis dan strategi apa yang harus digunakan untuk pengembangan bisnisnya. Hal tersebut karena dengan melakukan niche bisnis, target konsumen sudah jelas.

Proses pengembangan akan semakin mudah ketika perusahaan sudah mengetahui jenis produk seperti apa yang konsumen dengan spesifik tertentu butuhkan. Perusahaan hanya perlu fokus dalam pengembangan produk itu saja.

3. Produk Perusahaan akan Mudah Terkenal

Manfaat lainnya adalah produk perusahaan akan mudah terkenal. Bisnis yang menemukan niche bisnis, akan menghasilkan produk yang unik. Dengan produk yang berbeda dengan kompetitor. Sehingga produk akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen.

Hal tersebut tentu menjadi keuntungan besar bagi perusahaan. Karena dengan banyaknya konsumen yang mengenal produknya, menjadikan perusahaan dapat survive dan tentu saja akan menghasilkan keuntungan.

Cara Menemukan Niche Bisnis

Jika perusahaan ingin menemukan niche bisnis dengan baik. Berikut ini cara menemukan niche bisnis.

1. Analisis Ketertarikan dan Kebutuhan

Bisnis yang baik adalah bisnis yang berjalan berdasarkan passion pemiliknya. Hal tersebut memang benar adanya, karena kebanyakan bisnis akan langgeng jika pemiliknya memang mempunyai ketertarikan terhadap jenis bisnis yang dijalankan.

Sebagai pemilik bisnis memang perlu melakukan analisis terhadap apa yang menjadi ketertarikan dan kebutuhannya. Dengan begitu, melakukan niche bisnis bisa menyesuaikan dengan hasil analisis tersebut.

2. Analisis Pesaing

Meskipun melakukan bisnis dengan strategi Niche Market akan minim pesaing, namun alangkah baiknya melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk-produk lain sebagai referensi. Riset bisa memanfaatkan Tools Google Keyword Planner.

Melakukan riset pesaing dengan cara melihat apa saja produk terlaris yang dibeli konsumen. Dari hal tersebut, maka perusahaan dapat menganalisis produknya sendiri kira-kira bisa bersaing di tengah-tengah pasar tersebut atau tidak.

3. Memastikan Segmen Pasar Sudah Tepat

Langkah berikutnya adalah pastikan segmen atau target pasar yang dipilih sudah sesuai dan dapat memberi keuntungan. Cara untuk melihat hal tersebut adalah dengan melihat riset tambahan terhadap konsumen yang di targetkan.

Riset bisa dilakukan dengan melihat daya beli konsumen. Selain itu bisa dilakukan dengan membuat prototype rencana produk, kemudian mulai di uji cobakan ke calon konsumen, dan tunggu mereka memberi feedback terhadap prototype produk.

4. Rumuskan Strategi Pelayanan yang Menarik

Melakukan niche bisnis memang memungkinkan membuat sebuah produk yang minim bahkan tanpa pesaing. Namun, hal yang perlu menjadi perhatian selanjutnya adalah bagaimana cara menawarkannya.

Saat ini, selain kualitas dan harga produk, konsumen juga memperhatikan segi pelayanan dan kemudahan dalam mendapatkan produk yang ditawarkan. Dalam hal ini, perusahaan perlu memikirkan cara penawaran yang berbeda dan menarik.

Baca Juga:

5. Implementasikan

Langkah terakhir adalah mengimplementasikan ide. Karena rencana tanpa implementasi tidak akan menghasilkan apa. Implementasi dengan cara mulai memproduksi dan menjual produk.

Produk diproduksi sesuai dengan analisis sebelumnya, yaitu disesuaikan dengan minat konsumen yang menjadi sasaran. Begitupun kegiatan pemasaran juga dilakukan dengan menerapkan strategi untuk menjangkau sasaran pasar.

Contoh Niche Bisnis

cara menemukan niche bisnis
Setelah mengetahui cara menemukan niche bisnis, maka perlu mengetahui pula jenis bisnis apa yang biasanya melakukan niche bisnis. Hal ini dapat berguna sebagai referensi agar dalam proses penyusunan, akan lebih mudah.

Melakukan niche Bisnis dapat dilakukan pada berbagai jenis bisnis. Umumnya memang pada jenis bisnis yang memiliki karakteristik khusus untuk diklasifikasikan menjadi jenis bisnis yang unik. Berikut ini ulasan jenis-jenis bisnis.

Hewan Peliharaan

Ada banyak jenis segmentasi dari jenis bisnis ini. Saat ini, banyak masyarakat yang memelihara hewan peliharaan dengan berbagai jenis, seperti kucing, anjing, aneka reptile, aneka burung, aneka ikan, dan hewan-hewan lain.

Jika ingin melakukan niche bisnis pada jenis ini, perusahaan bisa mengkategorikan produk sesuai dengan jenis hewan, kebiasaan hewan, kebiasaan pemilik hewan, daya beli pemilik hewan dan sebagainya.

Kesehatan

Kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang penting untuk seluruh manusia. Jadi tidak heran jika produk di sektor kesehatan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Ada banyak sekali hal yang bisa menjadi klasifikasi dari bisnis di sektor ini. Bisa dari makanan, minuman, pusat olahraga, jenis olahraga, resep, obat-obatan herbal dan sebagainya.

Perusahaan juga bisa mengklasifikasikan segmentasi pasar di sektor ini dari segi usia, jenis kelamin, jenis penyakit dan gaya hidup masyarakat. Tentu saja, perusahaan bisa berkreasi menciptakan produk yang sesuai dengan klasifikasi tersebut.

Wisata

Sektor usaha lain yang bisa menjadi peluang besar dalam melakukan niche market adalah wisata. saat ini, wisata memang sudah menjadi kebutuhan banyak orang dan sektor yang terus berkembang.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi klasifikasi dari sektor ini, yaitu dari jenis wisata, usia pengunjung pariwisata, pendapatan pengunjung, gaya hidup pengunjung dan masih banyak lagi.

Demikian pembahasan singkat tentang pengertian, manfaat, cara menemukan niche market dan contoh niche market. Semoga pembahasan ini dapat membantu pembaca yang sedang mencari referensi tentang hal tersebut.

Untuk menerapkan relationship marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: