Cara Menerapkan Customer Data Platform Untuk Pemasaran

Customer Data Platform

Apa itu Customer Data Platform? Mengapa Customer Data Platform (CDP) akan menjadi solusi terbaik untuk mengelola data pelanggan secara efektif di masa mendatang? Silakan merujuk ke artikel ini, Anda akan terkejut mengetahui bagaimana Customer Data Platform membantu Digital Marketing suatu bisnis.

Teknologi baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pekerjaan untuk memecahkan masalah integrasi data pelanggan, pelabelan, dan penyimpanan. Dengan cara ini kita dapat memiliki pandangan terpadu tentang semua interaksi Anda dalam Customer Data Platform. Dengan demikian, lebih banyak informasi tersedia untuk mengembangkan dan menerapkan strategi bisnis. Ingin tahu lebih banyak tentang teknik ini? Lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai!

Untuk mendefinisikan apa itu Customer Data Platform, mari kita mulai dengan beberapa konsep di bawah ini tentang Customer Data Platform (CDP).

Apa Itu Customer Data Platform?

Cutomer Data Platform merupakan sistem marketing untuk menciptakan basis data pelanggan.
Customer Data Platform (CDP) merupakan salah satu jenis software. Ini merupakan software untuk membuat sebuah catatan yang persisten dan konsisten dari data pelanggan.

Data pelanggan ini diperoleh pada tingkat personal. Data ini termasuk transaksi, demografi dan perilaku dari berbagai sumber. Customer Data Platform juga dapat diartikan sebagai sistem yang dikendalikan oleh tim pemasaran untuk membuat basis data terpadu dan persisten yang dapat diakses oleh teknologi lain.

Ini adalah sistem penandaan dan pemusatan data pelanggan dari semua saluran dan sumber heterogen, menggabungkannya dalam satu repositori, dan kemudian memperkaya data dengan atribut untuk membuat customer data dan profil 360.

Baca Juga:

Sumber Customer Data

Berikut ini adalah beberapa sumber customer data :

1. Data Identitas

Data identitas pelanggan ini termasuk nama, alamat, detail kontak, tanggal lahir, dll. Jadi dengan mengetahui data ini, pada penerapan CDP nantinya bisa memprediksi kemampuan pembelian pelanggan dengan mudah.

2. Data Transaksi dan Pesanan

Yang termasuk dalam data transaksi dan pesanan adalah :

  • Sistem e-commerce
  • Administrasi
  • Penjualan menghasilkan data tentang pembelian
  • Tanggal pemesanan
  • Nilai pelanggan dan produk
  • Item keranjang yang diabaikan
  • Pengembalian barang

Ini adalah informasi yang sangat berharga untuk perkembangan pemasaran dan penjualan.

3. Data Perilaku, Web, dan Seluler

Produk dan kategori yang dikunjungi oleh pengguna, klik, informasi interaksi, jumlah halaman yang dikunjungi, dan lainnya. Jenis data ini penting untuk membedakan perilaku dan preferensi pengguna.

4. Data Deskriptif

Tanpa pelanggan, perusahaan tidak mungkin berjalan. Oleh karena itu, mengetahui siapa mereka dan apa yang mereka inginkan akan membuat pemasaran lebih efektif. Dalam kategori ini kita dapat menemukan data kontak pelanggan dari data pelanggan tentang gaya hidup, latar belakang, minat, kepribadian dan lainnya.

5. Data produk

Meskipun ini bukan ini bukan data pelanggan. Tapi data ini penting mengetahui interaksi yang dipersonalisasi dan apakah produk tersebut disukai pelanggan. Dua contoh dasar data produk adalah tingkat persediaan dan harga.

6. Data Customer Service

Data percakapan langsung, jumlah dan lama engagement, frekuensi, titik NPS, data lain dari sistem CRM.

Baca Juga:

Persyaratan Menggunakan Customer Data Platform

kelebihan customer data platform

Berbeda dengan software basis data lainnya, software CPD dibuat khusus untuk marketing. Tapi ini bukan berarti software ini tidak membutuhkan dukungan teknis. Agar dapat memberikan hasil yang maksimal, perusahaan harus menggunakan 3 peran staf perusahaan sebagai berikut :

  • Staf Marketing : Orang yang mengetahui pasar dan merumuskan masalah yang dialami pelanggan.
  • Staf IT: Ini adalah staf yang berfungsi sebagai asisten tim marketing untuk mengelola aplikasi dan website perusahaan. Sehingga Customer Data Platform dapat diintegrasikan dengan mudah.
  • Analisis: Data yang ditemukan oleh staf marketing perlu dianalisis oleh tim analisis khusus. Sehingga data tersebut bisa terapkan pada A/B testing untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk diterapkan pada strategi pemasaran.

Cara Menerapkan Customer Data Platform Dalam Kampanye Pemasaran

  • Customer Journey Map : Lacak data tentang perjalanan pelanggan melalui berbagai perangkat, mulai dari mana pertama kali pelangan mengetahui bisnismu hingga terjadi konversi.
  • Google Analytics : Website bisnis merupakan faktor terbesar kedua dalam menentukan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek, selain rekomendasi dari teman dan keluarga. Jadi mulailah bekerja membersihkan halaman dan tautan yang tidak aktif, menyelesaikan masalah loading web yang lambat, dan pastikan telah mengintegrasikan Google Analytics pada website bisnis yang Anda kelola.
  • Rasio Pengabaian Keranjang : Metrik ini mencerminkan kualitas pengalaman pengguna website. Pastikan pengalaman pengguna berkualitas tinggi dengan meminimalkan tingkat pengabaian keranjang. Evaluasi langkah-langkah yang telah Anda ambil untuk meningkatkan situs web bisnis mu dan seberapa efektifnya dari waktu ke waktu. Apa langkah Anda selanjutnya untuk perbaikan selanjutnya?
  • Ulasan pelanggan : Konsumen mengandalkan rekomendasi dari teman dan keluarga. Karena itu yang terbaik Anda harus membuat website bisnis yang memudahkan mereka meninggalkan ulasan dan rating.
  • Data penjualan per pelanggan: Metrik ini memberikan wawasan tentang tren penjualan. Jika Anda menganalisis perilaku pelanggan setia Anda dan menggabungkan data tersebut dengan penjualan produk. Anda akan dapat melihat produk mana yang berkinerja terbaik dan memanfaatkan informasi ini untuk kampanye pemasaran atau promosi bisnis Anda.

Apa Kelebihan dari Customer Data Platform?

  • Tidak seperti gudang data di seluruh perusahaan, CDP hanya melayani departemen pemasaran. Sehingga tools ini bisa bekerja lebih cepat dan responsif.
  • Tidak seperti platform terintegrasi yang merutekan data secara langsung antar sistem, CDP menyimpan data di database pusat sehingga tersedia kapanpun sistem membutuhkannya.
  • Tidak seperti marketing suite atau cloud, CDP memungkinkan akses mudah ke semua sistem, bukan hanya komponen dari setiap departemen saja.
  • CDP juga tidak bisa menyelesaikan semua masalah bisnis. Pekerjaan teknis masih diperlukan untuk menyiapkannya dan memformat data untuk aplikasi tertentu.
  • Data yang masuk biasanya tidak sesuai dengan kualitas yang bisnis Anda butuhkan. Sistem aplikasi yang perusahaan gunakan mungkin tidak dapat menggunakan data CDP.
    Atau perusahaan memiliki anggaran terbatas dan tidak memiliki staf yang bisa menggunakan aplikasi Customer Data Platform.

Itu adalah kekurangan yang bisa dialami ketika Anda mencoba menggunakan Customer Data Platform.

Baca Juga:

Apakah Bisnis Perlu Menggunakan Customer Data Platform?

Memahami data pelanggan akan membantu Anda mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan rasio konversi, atau bahkan memahami keinginan terpendam pelanggan Anda melalui analisis data.

Untuk mendapatkan data yang baik, bisnis pertama-tama perlu memecahkan masalah pengumpulan, pemrosesan, dan konsolidasi data pelanggan yang terpisah dan terfragmentasi secara efektif.
Customer Data Platform dapat mempermudah ini. Dengan mengumpulkan dan menggabungkan data pelanggan ke dalam profil pelanggan 360 derajat.

CDP akan memberikan pandangan yang komprehensif tentang pelanggan bisnis Anda. Sehingga membantu Anda mengoptimalkan aktivitas pemasaran bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi.
Sehingga tim marketing dapat menerapkan kampanye yang dipersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkaan pendapatan, dan menghemat biaya.

Untuk menerapkan strategi marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.