Cara Menerapkan Digital Marketing untuk Brand Lokal

cara menerapkan digital marketing

Bagaimana sih cara menerapkan Digital Marketing untuk Brand lokal? Indonesia merupakan negara yang menganut sistem pasar bebas, yang artinya produk-produk yang beredar di pasar merupakan produk campuran antara produk buatan dalam negeri / produk lokal dan produk buatan luar negeri/produk impor.

Perusahaan lokal dituntut agar lebih kreatif dalam memasarkan produknya. Oleh sebab itu, perusahaan harus menaikan brand melalui digital marketing. Simak penjelasan berikut untuk kupas tuntas tentang digital marketing untuk brand lokal.

Cara Menerapkan Digital Marketing untuk Brand Lokal

Agar lebih menarik minat dan melebarkan pangsa pasar, perusahaan harus menguasai tentang digital marketing. Berikut adalah langkah-langkah melakukan digital marketing untuk brand lokal.

1. Pahami Segmen Pasar

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memahami segmentasi pasar.
Dengan memahami segmentasi pasar, perusahaan akan terbantu dalam mengklasifikasi target pelanggan.

Klasifikasi ini bisa berdasarkan usia, pendapatan, letak geografis dan jenis kelamin.
Dengan mengetahui segmen pasar, perusahaan dapat memilih digital marketing mana yang cocok untuk digunakan. Sehingga kegiatan marketing akan berjalan dengan lebih efektif dan efesien.

2. Tentukan Tujuan Perusahaan

Langkah kedua, Kamu harus menentukan tujuan perusahaan. Apa saja tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam aktivitas digital marketingnya. Apakah untuk menaikan social activities, untuk meningkatkan social engagement atau untuk memperkenalkan profil perusahaan.

Hal ini tentunya akan membantu perusahaan agar kedepannya tetap konsisten dengan tujuan aktivitas digital marketingnya, sehingga tidak ada biaya tambahan lagi kedepannya.

Baca Juga:

3. Pilih Platform Digital Marketing Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Dalam memilih platform digital marketing perusahaan harus tepat. Karena ada sangat banyak metode promosi menggunakan digital marketing.

Contoh platform digital marketing seperti :

Saat memilih platform digital marketing juga harus menyesuaikan dengan anggaran perusahan. Selain itu perusahaan harus menyesuaikannya juga dengan tujuan dan target pasar.

4. Implementasikan dalam Bisnis

Setelah memilih platform yang cocok, maka segera lakukan implementasi. Implementasi dalam digital marketing harus konsisten. Selain itu kamu juga harus rutin melakukan pemantauan dan evaluasi. Sehingga proses marketing dijalankan sesuai dengan tujuan.

Itulah 4 langgkah melakukan Digital Marketing untuk Brand Lokal. Sehingga perusahaan dapat menjangkau konsumen dan pasar lebih luas.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah seberapa besar peran digital marketing dalam menaikan branding? Simak penjuelasan berikut.

Peran Penting Digital Marketing dalam Menaikan Branding Produk Lokal

cara menerapkan digital marketing

Digital marketing untuk brand lokal sangat berperan besar dalam menaikan branding produk. Tidak percaya? Yuk simak dahulu penjelasan berikut ini.

1. Menaikkan Citra Perusahaan

Perusahaan sudah seharusnya memiliki citra yang positif di mata konsumen. Untuk menaikkan citra, maka perusahaan harus memproduksi produk yang berkualitas dan juga harus dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Cara menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah dengan cara menerima saran. Terutama saran dari konsumen dalam hal pemesanan produk.

Selain melalui saran, untuk meningkatkan citra perusahaan. Kamu juga mau menerima komplain dari pelanggan. Cara termudah saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

2. Dapat Lebih Luas Menjangkau Konsumen

Manfaat kedua dari digital marketing dalam untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
Karena dengan teknologi, kita dapat dengan mudah memberikan informasi dengan lebih cepat dan luas ke seluruh dunia.

Ketika digital marketing kita terapkan. Maka kita bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Baik dari dalam negeri maupun konsumen dari luar negeri. Hal tersebut tentu dapat menimbulkan efek positif bagi perusahaan dalam memperkenalkan produk.

3. Meningkatkan Keuntungan

Ketika jangkauan pasar lebih luas, maka juga akan meningkatkan keuntungan.
Dengan produk yang semakin dikenal luas. Maka kemungkinan produk tersebut akan lebih banyak dibeli oleh masyarakat.

Sehingga akan meningkatkan proses transaksi penjualan dan membuat pemasukan perusahaan bertambah.

4. Lebih Mudah dalam Melakukan Evaluasi

Teknologi digital membantu perusahaan untuk dapat melakukan evaluasi.

Evaluasi dapat dilihat dari :

  • Komentar konsumen
  • Produk pesaing
  • Tingkat pengunjung profil perusahaan secara online

Sehingga memudahkan perusahaan dalam meningkatkan strategi pemasaran, baik dari segi produk, harga maupun promosi.

Baca Juga:

Platform Digital Marketing yang Dapat Digunakan untuk Brand Lokal

Sekarang ini ada banyak platform yang mendukung proses digital marketing untuk brand lokal. Apa saja bentuknya? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Social Media Marketing

Sosial media marketing yang umum digunakan saat ini seperti :

Keuntungan menggunakan social media dalam digital marketing adalah minim biaya, karena banyak media sosial yang dapat di akses dengan biaya murah bahkan gratis.

Selain minim biaya, keuntungan lainnya adalah banyak penggunanya, karena masyarakat khususnya di Indonesia, sebagian besar dengan media sosial.

2. Website

Memiliki website dapat membantu membangun citra perusahaan. Karena di dalam website kita dapat memberikan informasi :

  • Profil perusahaan
  • Produk dan layanan
  • Informasi positif tentang perusahaan
  • Dan informasi perusahaan lainnya

Manfaat menggunakan website dalam digital marketing adalah selain biayanya yang relatif murah juga mudah untuk diakses oleh calon pengunjung.

3. Video Marketing

Video Marketing diproduksi jika perusahaan ingin menampilkan profil maupun langkah-langkah yang terkait produk dengan lebih lengkap. Umumnya, video marketing diproduksi untuk kemudian di upload pada platform-platform media sosial.

Manfaat menggunakan video marketing dalam digital marketing adalah dapat menjelaskan informasi tentang perusahaan atau tentang produk secara lebih rinci, dan biasanya konsumen akan lebih menyukai menonton video daripada membaca teks.

4. Email Marketing

Email marketing merupakan layanan pengiriman email otomatis, yang dikirimkan kepada calon pelanggan. Dalam email tersebut dapat memuat perkenalan produk yang memuat jenis produk, harga, manfaat dan cara pemesanan.

Pastikan isi email menarik sehingga dapat menimbulkan ketertarikan penerima email untuk melakukan transaksi.

Manfaat penggunaan layanan ini adalah selain relatif lebih murah juga dapat mengenalkan produk secara personal ke konsumen.

Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Digital Marketing untuk Brand Lokal

Melakukan Digital Marketing untuk Brand Lokal, berarti perusahaan harus konsisten dalam menciptakan citra positif perusahaan.

Namun, dalam implementasinya, sering terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan perusahaan. Berikut kesalahan-kesalahan tersebut.

1. Tidak Memahami Sasaran Pasar

Tidak memahami sasaran pasar merupakan hal yang dapat menyebabkan perusahaan cukup sulit dalam mengembangkan produk melalui digital marketing.

Karena jika perusahaan tidak paham siapa yang akan menjadi target pasarnya, akan sulit menentukan jenis digital marketing apa yang cocok digunakan.

2. Tampilan Iklan yang Berantakan

Tampilan iklan yang berantakan tentu saja akan menurunkan kepercayaan konsumen terhadap citra perusahaan. Karena kepercayaan konsumen dapat dibangun dari bagaimana perusahaan menampilkan profilnya.

3. Proses Check-Out yang Rumit

Meskipun konsumen sudah melakukan pemesanan, namun jika proses check-outnya rumit, biasanya konsumen akan mengurungkan minatnya untuk membayar. Untuk itu, proses check-out sebaiknya di desain dengan sesimple mungkin.

4. Tidak Dilakukan Evaluasi Secara Rutin

Evaluasi merupakan kegiatan yang selayaknya dilakukan oleh perusahaan. Terlebih jika perusahaan melakukan strategi pemasaran melalui digital marketing. Karena teknologi sangat cepat sekali perkembangannya.

Demikianlah pembahasan tentang cara menerapkan digital marketing untuk brand lokal. Strategi pemasaran tersebut penting dilakukan agar brand lokal tidak kalah saing dengan produk impor. Tertarik melakukannya?Untuk menerapkan strategi digital marketing pada bisnis.

Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: