Cara Menerapkan SEO Untuk Website Perusahaan

Cara Menerapkan SEO

Bagaimana cara menerapkan SEO untuk sebuah perusahaan? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang banyak pemilik perusahaan atau bagian marketing tanyakan ketika ingin meningkatkan pemasaran atau peningkatan pengunjung untuk suatu website bisnis.

Untuk membantu kamu pemilik website bisnis yang menjual barang atau jasa secara online, kami disini akan menjelaskan beberapa poin penting tentang pengertian SEO, cara menerapkan SEO untuk perusahaan dan memberikan contoh penerapan SEO untuk produk perusahaan dengan lengkap.

Pengertian Tentang SEO

Pengertian SEO

Sederhananya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik untuk menempatkan situs website yang kamu miliki pada posisi teratas dalam daftar hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya.

Manfaat SEO Untuk Website Perusahaan

Ada beberapa manfaat menerapkan SEO untuk website perusahaan seperti :

1. Meningkatkan Pengunjung Potensial

Dengan menerapkan teknik seo, tentunya hal pertama yang kamu dapatkan adalah pengunjung. Ketika mesin pencari Google menempatkan posisi website bisnismu di halaman pertama apalagi di urutan pertama dengan kata kunci sesuai dengan target bisnismu. Ini tentunya akan meningkatkan pengunjung potensial, yang memungkinkan pengunjung tersebut untuk membeli barang atau jasa yang kamu jual melalui website.

2. Pengunjung Lebih Tertarget

Ketika kamu menerapkan teknik SEO dalam mengoptimalkan website agar tampil di halaman pertama google dengan kata kunci tertentu. Kamu akan mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget berdasarkan kata kunci yang telah kamu optimasi dengan baik. Sehingga pengunjung dari website yang kamu miliki, hanyalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan barang atau jasa yang kamu jual.

3. Brand Awareness Meningkat

Dengan teknik SEO yang tepat, ketika website yang kamu miliki tersebut sering tampil di halaman pertama google. Secara tidak langsung, hal ini akan membantu mempromosikan brand dari perusahaan yang kamu miliki. Yang tadinya orang tidak mengenal brand perusahaan mu, setelah mereka sering melihat website perusahan di halaman pertama google, brand kamu miliki pastinya perlahan akan lebih dikenal.

4. Biaya Murah Bahkan Gratis

Ketika kamu menerapkan teknik SEO untuk meningkatkan pengunjung melalui mesin pencari, kamu dapat melakukannya secara gratis atau lebih murah dibandingkan kamu menggunakan teknik SEM. Karena ketika kamu menggunakan search engine marketing atau PPC kamu harus membayar iklan per klik dan website bisnismu hanya bisa tampil di halaman pertama google ketika anggaran iklan masih ada. Jika anggaran iklan sudah kosong, maka tidak akan tampil lagi di halaman pertama mesin pencari.

5. Meningkatkan Penjualan Produk Atau Jasa

Seperti yang disebutkan di kelebihan pertama, ketika kamu menerapkan teknik SEO kamu akan mendapatkan banyak pengunjung. Dari pengunjung inilah pastinya akan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang kamu jual. Selain itu kebanyakan pengguna internet juga akan merasa aman dan nyaman untuk membeli produk yang muncul tampil di halaman pertama di hasil pencarian mesin pencari.

Baca Juga :

Untuk lebih memahami tentang praktek penerapan SEO untuk perusahaan silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

Cara Menerapkan SEO Untuk Perusahaan

Cara Menerapkan SEO

Untuk kamu yang ingin mengetahui cara menerapkan SEO Perusahaan, simak penjelasan kami berikut :

1. Research Keyword

Pertama yang harus dilakukan adalah research keyword atau riset kata kunci. Dengan melakukan riset keyword ini kamu akan lebih memahami apakah bisnis ataupun produk yang kamu jual banyak dicari pengguna di internet atau tidak.

Jadi ketika kamu melakukan riset kata kunci, kamu akan lebih mengerti siapa pelanggan atau pasar dari produk atau jasa yang kamu jual. Sehingga dengan proses riset kata kunci ini bisa membuat kamu menjangkau pasar yang lebih tepat sasaran.

Kamu bisa menggunakan beberapa tools untuk melakukan research keyword seperti : Google Keyword Planner, Google Trend, Keywordtools.io, Ubersuggest, Ahreft dan lainnya.

2. Membuat Konten

Dalam SEO, banyak pepatah mengatakan bahwa Konten adalah Raja. Karena itu dalam membuat konten SEO kita tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara menerapkan SEO Konten yang paling dasar yang harus kamu ketahui, seperti :

  • Menuliskan artikel atau membuat konten berdasarkan riset keyword
  • Membuat artikel unik dan original ( tidak copy paste )
  • Membuat tag Judul ( Title ), Deskripsi ( Meta Description ) dan URL yang SEO friendly
  • Mengubah ukuran gambar dan menambahkan tag ALT pada gambar.
  • Mengatur file sitemap.xml dan robots.txt .
  • Menghindari duplikat konten.
  • Membuat backlink

Contoh Penerapan SEO Untuk Produk Perusahaan

Untuk yang masih bingung dengan cara menerapkan SEO untuk perusahaan di atas, kami akan memberikan contoh penerapan SEO untuk produk perusahaan di bawah ini.

Baca Juga :

Disini kami memberi contoh misal kamu merupakan perusahaan yang menjual produk laptop, maka tahapan penerapan SEOnya adalah sebagai berikut :

1. Melakukan Riset Keyword

Pertama kamu melakukan riset keyword, untuk riset keyword disini kami contohkan kamu menggunakan webiste keywordtool.io. Dari hasil pencarian keyword tentang Jual Laptop Asus di keywordtool.io, muncul beberapa hasil pencarian berikut :

2. Membuat Konten

Setelah kamu menemukan beberapa keyword yang dihasilkan keyword Jual Laptop Asus di keywordtool.io. Langkah selanjutnya adalah membuat konten tentang keyword turunan tersebut seperti : Jual laptop Asus Semarang, Jual Laptop Asus Bekas, Jual Laptop ASUS ROG, Jual Laptop Asus Solo, Jual Laptop Asus Vivobook dan lainnya.

Judul dan URL

Dalam pembuatan konten agar konten yang dihasilkan juga bagus untuk seo, maka untuk membuat judul yang menarik.
Untuk url sebaiknya gunakan url yang pendek dan mengandung keyword, jadi misal judul artikel tentang Jual Laptop ASUS ROG Baru dan Bekas Murah, maka url artikelnya www.situsabacd.com/Jual-Laptop-ASUS-ROG/.

Konten

Membuat isi konten unik tidak hanya copy paste dari spesifikasi laptop ROG. Kamu bisa membuat konten tentang spesifikasi yang ada pada laptop tersebut dan mendeskripsikannya.

Untuk bisa bersaing dengan website pesaing dengan kata kunci yang sama usahakan kamu membuat artikel dengan jumlah kata 500-1500 kata. Setelah artikel selesai kamu cek terlebih dahulu artikel tersebut apakah terdeteksi copy paste atau tidak di https://smallseotools.com/plagiarism-checker/ untuk plagiarism checker gratisan atau berbayar di https://www.copyscape.com/.

Pastikan juga dalam penulisan artikel mengandung heading 1 untuk judul, heading 2 untuk sub judul dan heading 3. Misal konten tentang Jual Laptop ASUS ROG :

Judul : Jual Laptop ASUS ROG Baru dan Bekas Mudah ( Heading 1 )

Jual Laptop ASUS ROG Baru ( Heading 2 )
– Laptop Asus ROG A ( Heading 3 )
– Laptop Asus ROG A ( Heading 3 )

Jual Laptop ASUS ROG Bekas ( Heading 2 )
– Laptop ASUS ROG A ( Heading 3 )
– Laptop Asus ROG B ( Heading 3 )

Selain itu kamu juga pastikan bahwa kata kunci atau keyword Jual Laptop ASUS ROG di dalam artikel minimal muncul sebanyak 3 kali dan tidak boleh berlebihan.

Upload gambar yang relevan dengan postingan, lebih bagus hasil foto sendiri yang diupload dan jangan lupa tambahkan ALT Image yang mengandung kata kunci yang berhubungan dengan Jual Laptop ASUS ROG, misal kamu upload gambar Laptop Asus ROG GL552VX, maka ALT Image bisa kamu tambahkan Jual Laptop Asus ROG GL552VX.

Baca Juga :

3. Backlink

Jika kamu sudah menerapkan SEO On Page dengan membuat research keyword dan juga membuat konten berkualitas. Proses pemberian backlink ini dalam ilmu seo termasuk dalam SEO OFF Page.

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menambahkan backlink ke postingan artikel tersebut.

Silahkan kamu share postingan yang telah dibuat ke sosial media, atau membuat backlink melalui forum, guest posting, bertukar link di komunitas internet marketing atau lainnya untuk mendapatkan backlink yang banyak dan berkualitas. Usahakan saat kamu mencari backlink tidak menggunakan teknik spam backlink.

Itulah tadi gambaran tentang cara menerapkan SEO untuk sebuah perusahaan. Semoga dengan adanya tulisan ini kamu lebih memahami SEO untuk memasarkan sebuah produk atau jasa dari website perusahaan dengan lebih baik.