Cara Menghitung Present Value (PV) dan Contohnya

rumus present value adalah

Tentunya semua pebisnis tahu bahwa perubahan kondisi ekonomi di dalam negeri maupun global akan sangat berpengaruh pada nilai (value) yang perusahaan miliki. Inilah sebabnya, perusahaan perlu memahami present value (PV) sebagai acuan untuk memberikan gambaran terkait value atau nilai uang yang dimiliki perusahaan saat ini di masa depan.

Melalui artikel berikut ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara menghitung PV perusahaan beserta contoh dan manfaatnya.

Apa Itu Present Value?

Melansir dari Investopedia, pada dasarnya PV atau present value adalah nilai saat ini dari uang atau arus kas yang perusahaan miliki di masa depan nanti, dengan tingkat pengembalian (rate of return) tertentu.

Secara sederhana, kita bisa mengartikan PV sebagai nilai jumlah uang perusahaan di masa depan, dengan menghitung nilai uang saat ini beserta bunga. Sebab, nilai uang yang perusahaan miliki saat ini tidak akan sama dengan nilai uang di masa depan.

Hal ini karena ada berbagai macam faktor yang memengaruhinya. Misalnya saja lingkungan bisnis yang berubah, perubahan kurs mata uang, kondisi ekonomi dalam negeri maupun global yang mengalami perubahan, inflasi, resesi, kerugian investasi, dan lain sebagainya.

Contohnya, apabila saat ini financial report menyatakan bahwa perusahaan memiliki nilai uang sebanyak Rp100 miliar. Nilai tersebut tentunya akan berbeda di tahun-tahun selanjutnya. Misalnya 5 tahun kedepan atau bahkan 10 tahun kedepan.

Rumus Penghitungan Present Value

Sejatinya, menghitung nilai PV bisa Anda lakukan dengan sejumlah cara. Misalnya menggunakan table of value atau memakai perhitungan PV di Excel. Selain itu, kini Anda juga bisa menghitung nilai PV secara online. Sebab, ada beberapa situs penyedia PV Calculator yang bisa Anda manfaatkan.

Kendati perhitungan PV bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan berbagai tools yang telah tersedia, namun Anda juga harus memahami rumus dasarnya. Secara umum, rumus perhitungan PV adalah sebagai berikut:

digital marketing agency

PV = FV/(1+r)^n

Di mana:

FV : future value

r : rate of return atau tingkat pengembalian

n : periode (waktu)

FV atau future value merupakan adalah nilai aset bisnis yang perusahaan miliki saat ini pada periode waktu tertentu di masa depan berdasarkan asumsi tingkat pertumbuhan (growth rate) perusahaan. Anda bisa menghitung persamaan future value dengan mengasumsikan tingkat pertumbuhan perusahaan yang konsisten melalui analisis laporan keuangan secara rutin.

Umumnya, perhitungan ini akan memungkinkan investor memprediksi revenue dan rasio profitabilitas dari suatu investasi dengan berbagai tingkatan akurasi. Investor juga dapat mengetahui jenis investasi apa yang paling menguntungkan atau mendatangkan banyak profit.

Di sisi lain, rate of return adalah tingkat pengembalian dari investasi. Dalam rumus present value, biasanya rate of return sering kita sebut dengan istilah discount rate.

Baca Juga :

Contoh Penghitungan Present Value

Untuk memperdalam pemahaman terkait cara menghitung PV, berikut adalah contoh yang bisa Anda pelajari:

Misalnya, sebuah perusahaan A ingin melakukan pembangunan gedung baru 2 tahun mendatang. Setelah melakukan perhitungan, ternyata perusahaan tersebut membutuhkan total biaya sebesar Rp600 miliar.

Jika perusahaan menempatkan anggaran pembangunan atau biaya bisnis di bank dengan tingkat pengembalian sebesar 2% per tahun, maka berapa yang harus perusahaan siapkan dari sekarang?

Dari contoh kasus di atas, maka perhitungan PV perusahaan A adalah sebagai berikut:

PV = FV/(1+r)^n

= Rp600 miliar / (1+0,02)^2 = Rp600 miliar / (1.0404) = Rp 576 miliar

Manfaat Menghitung Present Value

menghitung present value

Setiap pelaku bisnis tentunya harus menghitung besarnya keuntungan maupun memanajemen risiko kerugian (pure risk)yang akan mereka dapatkan sebelum menanam investasi. Salah satu caranya adalah dengan menghitung present value atau PV.

Bayangkan apabila ada kenaikan harga barang atau perubahan market pricing yang signifikan. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada nilai uang yang perusahaan miliki. Perubahan ini akan menyebabkan nilai uang perusahaan menjadi berkurang.

Dengan PV, perusahaan bisa memperhitungkan tingkat bunga dan kemungkinan dari setiap investasi. Selain itu, manfaat lain dari menghitung nilai PV ini adalah :

1. Membantu Proses Analisis Bisnis

Manfaat yang pertama adalah membantu perusahaan dalam proses business analysis atau analisis bisnis. Sebab dalam menjalankan sebuah bisnis, penting untuk memahami arus kas masuk dan keluar. Perhitungan PV inilah yang perusahaan perlukan untuk memperkirakan future cash flow pada level-level tertentu (financial forecasting).

Baca Juga :

2. Sebagai Acuan untuk Proses Risk Analysis

Perusahaan perlu menghitung nilai PV sebelum melakukan investasi. Baik itu melalui saham, asuransi, deposito, dan lain sebagainya. Sebab pada dasarnya, investasi merupakan sebuah kegiatan yang memiliki risiko besar. Jika Anda tidak memperhitungkannya dengan sungguh-sungguh, maka bukan hal yang mustahil apabila nantinya perusahaan malah merugi.

Jadi, perhitungan PV ini juga bermanfaat sebagai acuan untuk proses risk analysis atau analisis risiko investasi.

3. Time-Value dari Uang

Pada dasarnya, perhitungan PV memang berguna untuk mengetahui nilai uang yang perusahaan miliki saat ini di masa depan. Sehingga, salah satu fungsi utamanya adalah mengetahui time-value dari uang. Dengan menghitung PV, perusahaan bisa memperkirakan nilai uang di periode-periode tertentu sebelum melakukan investasi.

4. Mempersiapkan Inflasi

Tentunya kita tahu bahwa inflasi akan sangat berpengaruh pada kondisi finansial perusahaan. Sebab inflasi sendiri adalah kenaikan harga barang atau jasa secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Kenaikan harga ini akan membuat kondisi perekonomian menjadi tidak stabil, sehingga dapat memengaruhi nilai uang.

Dengan menghitung present value, maka perusahaan bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi inflasi. Sebab perhitungan melibatkan periode atau jangka waktu tertentu.

Demikian adalah ulasan mengenai present value beserta manfaat, cara menghitung, dan contoh kasusnya. Pada dasarnya, memahami nilai PV menjadi aspek penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan diri di masa depan, sekaligus mendukung pertumbuhan bisnis dan business continuity. Dengan perhitungan nilai PV pula, perusahaan bisa memanajemen risiko kerugian, memanajemen keuangan (cost management plan), dan memprediksi nilai ROI dari tiap investasi.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.