7 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis UMKM yang Ampuh

7 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis UMKM yang Ampuh

Apakah Anda saat ini sedang merintis bisnis baru dan merasa minder karena bisnis Anda bersaing dengan bisnis yang lebih besar? Jangan khawatir karena saat ini banyak bisnis kecil yang mampu bersaing dengan bisnis yang lebih besar dan mereka mampu menghadapi persaingan. Karena mereka bisa memanfaatkan dengan baik berbagai cara meningkatkan daya saing bisnis.

Jika Anda merasa bisnis kecil Anda tidak bisa bersaing dengan pesaing bisnis yang memiliki modal yang besar, maka Anda harus menerapkan tips dan cara meningkatkan daya saing bisnis dengan cepat yang kami jabarkan pada artikel ini.

Apa yang Dimaksud Daya Saing?

Pada dasarnya, definisi daya saing diklasifikasikan menjadi 4 tingkatan dalam bisnis, yaitu:

1. Daya Saing Nasional

Merupakan totalitas kebijakan, kelembagaan, dan faktor-faktor yang menentukan pembangunan bisnis dan produktivitas yang berkelanjutan pada suatu perekonomian dalam skala nasional.

2. Daya Saing Industri

Merupakan persaingan antar industri atau perusahaan produk yang berbeda dengan tujuan mendapatkan investasi yang lebih menguntungkan.

3. Daya Saing Perusahaan

Merupakan jumlah kemampuan sebuah perusahaan untuk meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar dalam memproduksi barang atau jasa untuk memenuhi target kebutuhan pasar.
Atau dalam arti lain, daya saing perusahaan merupakan eksploitasi keunggulan dan kekuatan internal serta eksternal perusahaan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan memenuhi kebutuhan konsumennya. Selain itu, perusahaan juga akan meningkatkan posisi nilai bisnisnya dibandingkan pesaing.

4. Daya Saing Produk dan Layanan

Merupakan kemampuan produk atau layanan yang dimiliki perusahaan untuk menggantikan produk atau layanan lainnya yang sudah ada berdasarkan banyak faktor. Faktor yang dapat mempengaruhi daya saing produk dan layanan adalah harga, kualitas, karakteristik dan lainnya.
Faktor-faktor tersebutlah yang akan membangun daya saing perusahaan yang bisa memenangkan persaingan di pasar.

Faktor-faktor Yang Membentuk Daya Saing Bisnis

Faktor-faktor Yang Membentuk Daya Saing Bisnis

Sebelum mengetahui cara meningkatkan daya saing bisnis, Anda harus mengetahui faktor yang membentuk daya saing bisnis, seperti:

digital marketing agency
  1. Kualitas, tingkat spesialisasi input, dan kemampuan pasokan.
  2. Bisnis pendukung perusahaan dan industri produksi.
  3. Permintaan pelanggan untuk mendapatkan kualitas produk dan layanan bisnis yang lebih baik.
  4. Posisi bisnis dibandingkan pesaing lainnya pada industri yang sama dengan analisis kompetitor.

Kriteria Untuk Menilai Daya Saing Bisnis

Ada beberapa kriteria untuk menilai daya saing bisnis, seperti:

1. Pangsa Pasar

Pangsa pasar merupakan seberapa besar bisnis dikenal dan seberapa banyak total pasar yang bisa dikuasai oleh bisnis. Jika sebuah bisnis telah memegang pangsa pasar dengan lebih tinggi, maka daya saing dengan pesaing lain akan jadi lebih besar.

Baca Juga:

2. Produktivitas Tenaga Kerja

Produktivitas tenaga kerja menggambarkan tentang efisiensi proses tenaga kerja dalam menghasilkan suatu produk. Kriteria ini ditentukan dengan indikator nilai atau barang.

Dengan mengetahui produktivitas tenaga kerja kita dapat menilai tingkat dari sumber daya tenaga kerja, teknis perusahaan, dan tingkat manajemen. Sehingga menilai daya saing perusahan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dengan pesaing di pasar menjadi lebih mudah.

3. Keuntungan dan Margin Keuntungan

Laba atau keuntungan yang bisnis Anda peroleh dari hasil penjualan setelah dikurangi biaya operasional. Laba merupakan kriteria yang paling spesifik yang bisa kita gunakan untuk mengevaluasi daya saing perusahaan.

Semakin tinggi laba yang bisnis dapatkan, maka akan semakin kompetitif bisnisnya. Margin keuntungan merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur profitabilitas produksi suatu bisnis. Semakin tinggi margin keuntungan yang bisnis dapatkan, maka akan semakin tinggi daya saing bisnisnya.

4. Reputasi Bisnis di Pasar

Reputasi bisnis akan tercermin dari pelanggan dan mitra bisnis di pasar. Semakin besar prestise perusahaan, maka akan semakin tinggi daya saingnya.

Setelah mengetahui apa itu daya saing, faktor yang membentuk daya saing dan kriteria mengukur daya saing. Sekarang Anda harus mengetahui cara meningkatkan daya saing bisnis, jika ingin bisnis yang Anda jalankan bisa bersaing dengan bisnis lainnya yang ada di pasar.

Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Saat ini ada sangat banyak pelaku bisnis ingin mencari cara meningkatkan daya saing bisnis. Karena setiap bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat menguasai pasar dan mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk dapat menguasai pasar, silahkan terapkan cara meningkatkan daya saing bisnis berikut ini.

Baca Juga:

1. Meningkatkan Kapasitas Keuangan

Cara meningkatkan daya saing bisnis pertama adalah dengan meningkatkan kapasitas keuangan. Pastikan sumber keuangan bisnis Anda aman dengan financial modeling yang jelas.

Jika bisnis yang Anda jalankan saat ini adalah bisnis kecil dan menengah, biasanya akan memiliki sumber daya keuangan yang terbatas. Untuk dapat meningkatkan kapasitas keuangan dengan baik caranya adalah dengan mengurangi biaya bisnis.

Pertama, Anda harus meningkatkan produktivitas kerja, mengurangi biaya input bahan baku, dan terapkan teknologi dan ilmu pengetahuan bisnis terbaru. Dengan melakukan pengurangan biaya produksi, maka akan meningkatkan keuntungan perusahaan. Sehingga kapasitas keuangan perusahaan juga akan meningkat dengan signifikan.

Selain itu, Anda juga harus memiliki rencana pengelolaan utang yang tepat. Jangan sampai bisnis Anda kelola memiliki pinjaman jangka pendek dan jangka panjang yang tidak terkontrol.

Maka dari itu baik, dari jumlah hutang ataupun bunga pinjaman harus segera Anda bayarkan. Jika tidak segera Anda bayar, maka dapat meningkatkan resiko kerugian karena perusahaan harus membayarkan bunga hutang yang lebih tinggi. Itulah gunanya Anda perlu menyusun financial statement beserta financial report terbaik.

2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Tenaga Kerja

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penting dalam cara meningkatkan daya saing bisnis. Karena itu bisnis yang Anda jalankan perlu menyusun rencana bisnis dan tujuan pengembangan sumber daya manusia dengan merekrut, melatih, dan meningkatkan keterampilan karyawan.

3. Tingkatkan Kualitas Produk

Semakin baik kualitas produk, maka akan semakin menarik perhatian dan loyalitas pelanggan sehingga daya saing bisnis juga akan meningkat. Karena itu bisnis yang Anda kelola harus berinvestasi dalam memproduksi produk yang berkualitas.

Dengan menambah ilmu pengetahuan dan penggunaan teknologi, maka Anda dapat mengurangi biaya tenaga kerja dan waktu produksi. Sehingga hal ini dapat mengurangi biaya produk, jadi Anda dapat memiliki barang berkualitas dengan harga jual produk yang murah.

4. Meningkatkan Reputasi dan Mengembangkan Merek

Cara meningkatkan daya saing bisnis selanjutnya adalah meningkatkan reputasi dan brand awareness. Jadi bisnis yang Anda jalankan harus membuat konsumen merasakan puas (customer satisfaction) dengan produk atau layanan yang Anda jual.

5. Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis Melalui Adaptasi Cepat

Jika Anda tidak ingin kalah dengan pesaing bisnis besar, Anda harus cepat beradaptasi dengan perkembangan trend pasar yang cepat berubah. Anda harus memanfaatkan peluang ketika perusahaan besar tidak terlalu memperdulikan trend pasar, maka bisnis Anda harus menarik perhatian pelanggan dengan mengikuti permintaan pelanggan yang cepat berubah.

6. Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis Dengan Rajin Buat Inovasi

Anda harus memiliki nilai jual dan daya saing bisnis yang lebih baik, lebih murah serta berbeda dari pesaing. Jadi untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan besar, maka bisnis Anda harus menciptakan produk atau layanan yang unik dan berbeda.

Jadi Anda harus melakukan beberapa kolaborasi dan eksperimen untuk menemukan ide baru untuk dapat menciptakan produk dan layanan yang berbeda.

7. Terapkan Strategi SEO

Jika bisnis Anda saat ini sudah memiliki sebuah website atau web toko online nya sendiri, maka Anda bisa meningkatkan daya saing bisnis dengan cara mengoptimalkan SEO website.

Strategi Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara ampuh untuk mendapatkan pelanggan baru dengan mudah melalui mesin pencari. Untuk menerapkan strategi SEO website yang baik Anda harus belajar tentang riset kata kunci, membuat konten berkualitas, memperbaiki performa traffic website dan teknik SEO lainnya.

Di samping ketujuh cara di atas, Anda perlu perhatikan strategi bisnis dengan menerapkan strategi digital marketing terbaik dan profesional agar daya saing bisnis bisa terlihat dari sisi pemasaran tradisional dan digital. Cobalah gunakan strategi marketing termutakhir seperti data-driven marketing, inbound marketing, 360 Digital marketing, hingga growth hack marketing. Anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan jasa digital marketing agency sebagai konsultan marketing yang fokus ke tujuan pemasaran leads conversion.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.