Cara Riset Keyword Youtube dengan Mudah dan Cepat

cara riset keyword youtube

Youtube merupakan channel marketing yang cukup ampuh untuk melakukan promosi. Sebanyak 94 persen masyarakat Indonesia mengakses Youtube dalam satu bulan terakhir. Terlebih lagi jika video bisnis Anda muncul paling atas di kolom pencarian Youtube.

Nah apakah Anda tahu bahwa membuat channel Youtube muncul paling atas juga memiliki strategi. Salah satunya dengan melakuka riset keyword Youtube. Sederhananya Anda perlu mencari tahu topik apa yang sedang dicari kebanyakan orang. Berikut ini beberapa cara riset keyword Youtube agar video Anda mudah ditemukan oleh banyak penonton.

Riset keyword Youtube merupakan cara menemukan kata kunci (kata atau frasa) yang sering digunakan untuk mencari video Youtube. Riset kata kunci inis sebenarnya sama dengan riset kata kuncu untuk blog dan website.

Dengan Anda mengetahui kata kunci yang tepat, video Anda akan memiliki peluang yang besar muncul di ranking atas Youtube dan tentu saja menggirinng banyak penonton.

Cara Riset Keyword Youtube dengan Mudah

Simak ulasan berikut ini bagaimana cara riset keyword Youtube untuk channel Youtube Anda.

Menggunakan Youtube Autocomplete

Cara ini paling sederhana, yaitu dengan menggunakan Youtube Autocomplete atau Suggestion. Cara ini cukup mudah dan tanpa sadar Anda sering melakukannya saat melakukan pencarian video di Youtube. Saat Anda mengetik di kolom pencarian, tentu Youtube akan memberikan saran kata kunci yang populer dan sering dicari banyak orang.

Dari saran yang muncul di kolom pencarian, Anda tak hanya mendapatkan keyword yang potensial tapi juga ide konten yang menarik dan paling banyak ditonton orang-orang.

Baca Juga:

Melihat Tag Video Kompetitor

Menurut Niagahoster, dengan melihat judul dan deskripsi dari kompetitor, Anda sudah mendapatkan keyword Youtube yang potensial. Namun, saat ingin riset msecara mendalam, Anda dapat mencoba melihat tag dari video tersebut. Caranya Anda tinggal klik kanan pada area deskripsi. Kemudian klik View Page Source. Lalu tekan tombol CTRL + F dan ketik keywords.

Anda akan melihat keyword yang digunakan. Sekarang Anda juga bisa menggunakan keyword tersebut untuk optimasi konten Anda misal dengan menyisipkan pada judul, tag, deskripsi, hingga script yang direkam.

Memanfaatkan Aplikasi Keyword Youtube

Anda juga bisa memanfaatkan tools SEO yang tersedia. Terdapat banyak Youtube SEO Tools yang dapat Anda pakai seperti

KeywordTool.io

Merupakan tool riset keyword di berbagai platform mulai dari Google, Bing, Amazon, Instagram, dan Youtube. Dengan memanfaatkan tools ini Anda bisa mendapatkan ide keyword Youtube beserta informasi dan volume, trend selama satu tahun terakhird, CPC, hingga persaingan keyword.

Anda dapat menggunakan tool ini secara gratis dan berbayar. Tapi jika menggunakannya dalam versi gratis, Anda tak dapat melihat informasi volume, trend, CPC, dan persaingannya.

Bagaimana menggunakannya? Anda tinggal ketik kata kunci yang ingin Anda periksa pada kolom pencarian. Kemudian Anda akan melihat hasul kata kunci yang populer. Jika Anda ingin lebih detail, Anda dapat mengupgradenya secara premium atau berbayar.

WordTracker

Tool ini hampir sama seperti KeywordTool.io namun perbedaannya tool ini dapat digunakan secara gratis sebanyak 10 kali riset dalam sekali pakai. Tool ini menampilkan beberapa informasi keyword, seperti volume, trend, sampai kompetitor.

Menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal pilih tab Youtube kemudian ketik keyword yang ingin Anda periksa, kemudian pilih target audiens dan klik Search. Anda pun akan melihat hasil ide keyword Youtube yang memiliki volume tinggi untuk ide konten video Anda.

VidiQ

Anda juga bisa menggunakan VidiQ. Tool ini menyediakan dalam bentuk extension yang bisa Anda pasang di browser Anda. Setelah terpasang pada browser, Anda dapat menggunakan VidiQ untuk melihat ide keyword, tren, video yang populer, kompetitor, dan lainnya saat membuka Youtube.

Cara menggunakannya dengan ketik keyword yang ingin Anda periksa di kolom pencarian Youtube. Kemudian pada bagian kanan layar, Anda akan melihat hasil keyword Youtube yang Anda cari. Melalui hasil analisis tersebut, Anda dapat melihat informasi dengan jumlah penonton tertinggi.

rata-rata penonton yang didapat, sampai channel mana yang videonya mendapatkan performa terbaik di keyword tersebut. Tool ini dapat Anda gunakan secara gratis dengan fitur yang lengkap.

Google Trends

Anda dapat menggunakan Google Trend untuk melakukan riset keyword. Tool ini juga sering berfungsi untuk riset keyword website atau blog dan mengetahui trend pencarian di Google. Cara menggunakannya juga mudah, Anda hanya tinggal masukkan keyword pada kolom pencarian. Misalnya “tutorial makeup” Hasilnya Anda dapat melihat grafik atau volune pencarian keyword dengan waktu tertentu, misalnya 1 tahun, 9 bulan, atau 3 bulan terakhir.

Baca Juga:

Manfat Riset Keyword Youtube

cara riset keyword youtube
Riset keyword Youtube sangat penting Anda lakukan agar video Youtube yang telah Anda buat terdeteksi oleh hasil pencarian Youtube. Selain itu berikut ini beberapa manfaatnya.

Memudahkan Target Audiens Menemukan Video Anda

Hasil survei mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 500 jam konten yang terupload ke Youtube setiap menitnya. Misal saja, rata-rata durasi per video adalah 10 menit, yang berarti terdapat sekitar 3000 konten yang bersaing dengan video Anda setiap menitnya.

Dengan menargetkan keyword tertentu, tingkat persaingan video Anda jadi bisa lebih kecil. Anda jadi lebih mudah menjangkau target audiens di kolom pencarian. Peluang video di-klik juga akan semakin besar, terlebih lagi jika Anda membuat video Youtube dengan kualitas konten terbaik.

Mengetahui Video yang Banyak Dicari Target Audiens

Dengan riset kata kunci Youtube, Anda dapat mendapatkan ide konten yang sedang banyak dicari penonton. Tak hanya itu, riset keyword juga dapat memudahkan Anda menentukan prioritas video yang perlu Anda buat dan upload terlebih dahulu. Sehingga performa channel Youtube Anda dapat lebih optimal.

Mendapatkan Banyak Viewers

Sama seperti Google, Youtube juga memiliki sistem ranking di hasil pencariannya. Algoritma Youtube biasanya ikut menentukan indikator video untuk dapat ranking atas Youtube. Salah satunya adalah menggunakan kata kunci yang tepat.

Keyword Youtube bisa Anda sisipkan pada deskripsi video, judul, tag, dan lainnya. Jika Anda berhasil mendapatkan peringkat atas di hasil pencarian, Video Anda memiliki peluang lebih besar ditonton orang-orang. Artinya, Anda pun bisa mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Itulah bagaimana cara riset keyword Youtube dengan mudah menggunakan berbagai tool yang tersedia. Ada baiknya riset keywrod selalu Anda lakukan sebelum membuat konten agar video konten yang Anda buat memiliki target audiens yang tepat dan jumlah penonton yang banyak.

Selain mengembangkan digital marketing menggunakan konten video Youtube, Anda juga harus menerapkan berbagai strategi digital marketing lainnya dengan memanfaatkan digital marketing agency. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: