Jenis-Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement Pelanggan

chat marketing

Seiring berkembangnya teknologi berbagai lini bisnis kini mulai beralih pada digital. Upaya marketing pun dapat dilakukan tanpa harus tatap muka contoh saja dengan menggunakan chat marketing. Menurut data ManyChatm chat marketing memiliki open rate sebesar 80% dan click-through sampai 25%.

Apa itu chat marketing? Bersumber dari Freshchat, chat marketing merupakan cara untuk berhubungan dengan customer menggunakan aplikasi atau software messaging. Chat marketing dapat dilakukan di beberapa aplikasi seperti live chat, chatbot, Whatsapp dan lainnya.

Melalui chat marketing, Anda dapat mengirim pesan lebih personal tentang berbagai hal. Chat marketing berfungsi untuk menyampaikan informasi perilisan produk, diskon, customer service, dan rekomendasi produk. Strategi chat marketing juga telah digunakan berbagai lini bisnis mulai dari kecil hingga besar.

Jenis-Jenis Chat Marketing

Terdapat beberapa jenis chat marketing yang dapat Anda gunakan untuk bisnis.

Whatsapp Marketing

Whatsapp marketing paling populer di antara jenis chat marketing lain. Jenis chat ini sudah digunakan lebih dari 1.5 miliar di seluruh dunia. Menggunakan Whatsapp Anda dengan bebas dapat mengirim pesan kapan saja kepada customer. Engagement rate Whatsapp sangat tinggi sehingga banyak yang menggunakan Whatsapp marketing sebagat chat marketing Anda.

Live Chat Marketing

Live chat pasti sudah tak asing lagi Anda temukan di beberapa e-commerce dan berguna untuk melayani customer secara real-time. Jadi, Anda tak perlu menunggu lama untuk harus berbincang dengan customer service.

Ketika Anda mengajukan pertanyaan, customer service pada live chat marketing akan membalas secepat mungkin. Selain itu, ditujukan untuk membantu customer menangani berbagai permasalahan. Dapat juga digunakan untuk upselling dan mengenalkan produk atau jasa baru.

Baca Juga:

 

Chatbot Marketing

Chatbot marketing biasanya menggunakan artificial intelligence (AI) untuk merespon pesan yang masuk. Fitur ini dikenal sebagai conversational marketing karena biasanya memulai dengan obrolan duluan pada orang yang sedang mengunjungi situs.

Facebook Messenger

Facebook messenger merupakan fitur chat dari Facebook apabila bisnis Anda membuka toko atau page di Facebook. Dalam Facebook Experience Anda dapat mendorong penjualan bisnis dan meningkatkan customer experience mereka.

Manfaat Chat Marketing

manfaat chat marketing

Memangkas Biaya

Menggunakan chat marketing dapat memangkas biaya. Chat marketing lebih efisien karena dapat menghandel hampir semua pelanggan dalam satu waktu. Dengan begitu, otomatis sumber daya yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan dapat berkurang dan akan berimbas pada pengeluaran biaya yang lebih sedikit.

Meningkatkan Kepercayaan

Karena dilakukan dengan dua arah, maka kemungkinan untuk membangun kepercayaan pelanggan juga akan semakin tinggi. Namun hal ini juga tergantung pada produk Anda dan bagaimana merespon pelanggan.

Dapat Meningkatkan Konversi Penjualan

Menggunakan chat marketing dapat meningkatkan konversi penjualan. Hal tersebut karena Anda langsung merespons beberapa pertanyaan dari calon konsumen. Anda juga bahkan dapat menjawab keraguan mereka mengenai sebuah produk yang ditawarkan.

Baca Juga:

 

Efisiensi Waktu

Dengan menggunkan fitur auto respons terdapat beberapa layanan aplikasi chatting Anda akan membuat waktu lebih efisien dan ringkas. Anda juga tak akan ketinggalan calon pembeli ketika menggunakan fitur ini. Mereka pun akan menganggap Anda sedang online.

Meningkatkan Engagement Pelanggan dengan Whatsapp Marketing

Kita tahu bahwa chat marketing yang paling populer dan memiliki engagement yang tinggi adalah menggunakan aplikasi Whatsapp marketing. Maka dari itu berikut ini beberapa tips meningkatkan engagement pelanggan melalui Whatsapp marketing

Fokus Pada Target Pasar Bisnis Anda

Jenis chat marketing satu ini memang banyak digunakan orang-orang belakangan ini. Tips pertama untuk meningkatkan engagement adalah fokus pada target pasar bisnis Anda terlebih dahulu. Pelan-pelan tambahkan nomor Whatsapp calon pelanggan atau pelanggan yang menjadi pelanggan setia.

Kemudian mulailah dengan membuat kategori berdasarkan usia millenial, usia paruh baya, hingga pelanggan loyal yang akan berbelanja banyak jika ada diskon tertentu, dan sebagainya.

Lakukan pengaturan sebaik mungkin dan coba mengelolanya berdasarkan kebutuhan mereka. Usahakan setiap 3 atau 6 bulan sekali melakukan evaluasi mana customer yang aktif berbelanja atau yang perlu untuk memfollow-upnya kembali.

Menggunakan Fitur Grup dan Obrolan One to One

Cobalah menggunakan fitur grup dan chat one to one. Dengan strategi ini Anda akan lebih mudah menyebarkan promosi. Namun, untuk meningkatkan engagement jangan hanya melakukan promosi atau kabar terbaru tentang produk Anda tapi juga menciptakan suasana nyaman agar antar anggota grup dapat saling berinteraksi dengan nyaman.

Cobalah dengan bertukar informasi positif dan melakukan edukasi yang berhubungan dengan produk atau layanan bisnis Anda. Selain membuat grup, manfaatkan pula fitur obrolan pribadi pada pelanggan Anda. Salah satunya dengan memberi ucapan selamat atas hari besar seperti hari raya idul fitri, natal, ulang tahun, atau beri hadiah khusus dalam bentuk kupon belanja.

Melalui fitur ini akan tercipta hubungan yang lebih khusus dengan para pelanggan dan secara tak langsung meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

Gunakan Fitur Cerita Untuk Promosi

Manfaatkan fitur story untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Fitur ini bermanfaat untuk berbagi cerita dengan orang-orang di kontak bisnis Anda. Anda juga akan terlihat lebih update karena membagikan berbagai konten bisnis Anda. Sentuhlah pelanggan Anda dengan berbagai cerita-cerita bagus dan menarik yang dapat menjadi perhatian pelanggan. Hal tersebut juga dapat meningkatkan engagement pelanggan.

Melayani dengan Santun, Ramah, dan Cepat Tanggap

Jangan lupa tetap melayani pelanggan dengan ramah, sopan, dan santun, serta cepat tanggap. Pelanggan akan lebih senang jika Anda merespon dengan cepat dengan jawaban yang solutif. Sesekali sisipkan dengan emoticon senyum agar terkesan lebih ramah dan humble dengan mereka.

Dengan pelayanan yang ramah dan menyenangkan pelanggan akan mengenal brand Anda dengan pelayanan terbaik dan cepat tanggap. Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi popularitas brand dan engagement bisnis Anda.

Itulah beberapa jenis-jenis chat marketing yang dapat Anda terapkan untuk kebutuhan bisnis Anda. Untuk meningkatkan engagement bisnis Anda melalui chat marketing salah satunya dengan Whatsapp marketing Anda harus memberikan pelayanan yang ramah, cepat tanggap, dan menggunakan fitur one to one agar pesan yang tersampaikan lebih personal.

Baca Juga:

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, Anda juga harus menerapkan strategi digital marketing lain untuk mengembangkan bisnis Anda. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency yang terpercaya. Khususnya dalam mengelola strategi digital marketing seperti pengelolaan ads, website, dan lain sebagainya.

Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.