Cara Efektif Menggunakan Clickbait Untuk Menaikan Awareness

clickbait adalah

Cara efektif menggunakan clickbait adalah salah satu teknik paling efektif untuk meningkatkan jumlah audiens untuk konten yang kita buat.

Tapi penggunaan clickbait juga dapat merusak reputasi ketika digunakan secara berlebihan. Lalu bagaimana cara efektif menggunakan clickbait yang tidak menurunkan reputasi?

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan judul clickbait untuk membuat konten menjadi lebih ramai pengunjung, Anda harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan teknik satu ini. Sehingga dalam menerapkannya Anda bisa lebih berhati-hati dan tepat sasaran.

Pengertian Clickbait

Clickbait adalah sebuah judul konten yang dibuat menjadi lebih menarik yang memiliki tujuan untuk memancing orang yang membaca judul tersebut mengkliknya dan membaca konten yang ada di dalamnya. Semakin banyak jumlah orang yang mengklik judul tersebut, maka artinya judul clickbait tersebut berhasil diterapkan.

Kita dapat menemukan clickbait di banyak konten di internet baik berupa sebuah berita, postingan di blog ataupun di sebuah video. Ciri-ciri judul clickbait adalah sebagai berikut :

  • Judul mengundang rasa penasaran orang untuk melihat kontennya
  • Judul memancing emosi pembacanya
  • Terdapat gambar yang menarik, lucu dan mudah diingat

Kita juga pastinya sering membaca sebuah website berita atau blog yang menggunakan strategi clickbait ini pada konten marketing yang mereka buat.

Baca Juga :

Contoh Penggunaan Clickbait

Berikut ini adalah salah satu judul clickbait yang bisa memancing audiens untuk mengklik judul postingan artikel yang dipost di blog seperti : “10 Game Mirip PUBG Offline, Nomor 8 Buatan Anak Indonesia!”. Degan pembuatan judul seperti ini, dapat dipastikan orang yang mencari rekomendasi game mirip game PUBG offline penasaran untuk membaca artikel sampai selesai. Karena ingin mengetahui game buatan anak indonesia seperti apa yang bisa mereka mainkan.

digital marketing agency

Tapi, terkadang banyak orang merasa bahwa menggunakan teknik clickbait ini sangat efektif dalam memancing orang untuk menambah jumlah klik pada konten dengan judul clickbait. Sehingga mereka melupakan tentang apakah konten yang disajikan relevan dengan judul yang ditampilkan atau tidak. Mereka hanya berfokus pada judul yang membuat orang tertarik dengan judul, tetapi tidak mempedulikan isi artikelnya walaupun tidak sesuai.

Misalnya “10 Fakta Penangkapan Coki Pardede, Nomor 5 Bikin Shock!”, pastinya dengan membaca judul seperti itu membuat orang penasaran dengan apa yang dibahas. Tetapi ketika kamu membaca isi di dalam berita tersebut, tidak ada fakta yang menghebohkan seperti yang ada pada judul. Yang dibahas hanya seputar proses penangkapannya saja di dalam artikel tersebut.

Tentunya ketika kita membaca artikel berita seperti ini akan merasa kesal bukan! Nah hal inilah yang akan dirasakan oleh audiens ketika menemukan judul-judul artikel clickbait yang berlebihan tetapi tidak sesuai dengan isi di dalamnya.

Jadi ketika kita ingin memanfaatkan clickbait harus benar-benar berhati-hati. Karena dengan konten yang tidak relevan dengan judul bisa membuat reputasi bisnis Anda menurun jika dilakukan berulang-ulang.

Kelebihan dan Kekurangan Clickbait

Sebelum membaca tentang cara efektif menggunakan clickbait, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan clickbait terlebih dahulu.

Kelebihan Clickbait

1. CTR Meningkat

Click Through Rate (CTR) akan meningkat ketika kita menggunakan judul clickbait. Karena audiens akan lebih tertarik untuk mengklik judul clickbait tersebut dikarenakan mereka penasaran untuk menemukan atas jawaban dari judul konten tersebut. Umumnya 8 dari 10 orang yang melihat judul artikel clikbait mereka akan mengklik judul artikel tersebut.

Efek baik dari CTR yang tinggi ini akan meningkatkan relevansi konten yang dibutuhkan oleh audiens, sehingga bisa memungkinkan Google menempatkan posisi artikel tersebut lebih baik di mesin pencari.

2. Pageview Meningkat

Dengan judul clickbait tentunya akan membuat audiens tertarik untuk melihat dan membaca konten tersebut, sehingga berdampak pada meningkatnya jumlah pageview sebuah halaman website. Saat pageview meningkat, artinya konten tersebut dianggap bermanfaat bagi audiens website tersebut. Sehingga dengan peningkatan ini juga akan mempengaruhi mesin pencari untuk memberikan peringkat tinggi di hasil pencarian. Selain itu dengan teknik clickbait ini, kita juga bisa meningkatkan pendapatan dari pemasang iklan dengan lebih mudah.

3. Peluang Artikel Dishare Lebih Tinggi

Judul artikel clickbait sangat efektif untuk membuat banyak orang dengan sukarela membagikan konten tersebut ke sosial media yang mereka gunakan. Karena dengan judul yang menarik tersebut, membuat emosi para pembacanya menjadi penasaran dengan isi konten di dalamnya.

Ketika jumlah share konten meningkat, ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness produk bisnis yang Anda jual. Ketika teknik clickbait ini efektif, serta judul dan konten isinya relevan maka teknik clickbait ini bisa kamu pertahankan untuk mendapatkan social share yang lebih baik.

Baca Juga :

Kekurangan Clickbait

1. Mendatangkan Traffic Random

Ketika kita menggunakan teknik clickbait tentunya akan mendatangkan trafik website dari banyak audiens yang penasaran dengan isi konten.

Tetapi ada kemungkinan audiens yang tertarik dengan postingan tersebut bukanlah audiens yang kita tergetkan untuk masuk ke halaman pembelian produk. Sehingga membuat teknik ini kurang maksimal, jika kita mengharapkan banyak view maka akan banyak penjualan produk.

Sebenarnya penggunaan clickbait yang baik harus di imbangi dengan strategi inbound marketing yang tepat, sehingga audience bisa tertarik dengan visualisasi awal dari sebuah konten, namun mereka tetap mendapatkan manfaat besar dari isi konten yang di tayangkan. Menampilan visualisasi data yang baik, data yang akurat serta fakta yang memang benar adanya. PelajariPengertian Inbound Marketing

Apabila marketer bisa melakukan orkestrasi strategi ini, maka growth hack marketing pun bisa di jalankan dengan baik, dengan memanfaatkan virality konten yang menyebar, dan menangkap potensi perluasan jangkauan yang terjadi. PelajariCara Kerja Growth Hacking Marketing

Anda bisa memanfaatkan jasa digital marketing agency untuk membantu perusahaan anda, menciptakan virality yang tinggi dari setiap konten dan membangun kepercayaan audience yang lebih baik.

2. Meningkatkan Bounce Rate

Kekurangan ketika kita menggunakan clickbait adalah meningkatnya bounce rate sebuah website. Hal ini dikarenakan audiens menyadari bahwa konten dengan judul tidaklah sesuai, sehingga ketika masuk ke dalam isi konten dan merasa isinya tidak sesuai mereka akan langsung meninggalkan konten tersebut tanpa lanjut membaca sampai selesai.

Dengan peningkatan bounce rate yang tinggi ini bisa menjadi indikator bahwa website tersebut terindikasi memiliki banyak konten yang tidak relevan dengan yang diinginkan oleh pengguna. Sehingga google juga bisa memberikan penilaian buruk pada posisi pencariannya.

3. Menurunkan Reputasi

Ketika clickbait yang kita buat isi konten tidak sesuai dengan yang audiens harapkan, ini bisa membuat reputasi bisnis yang kita bangun menjadi menurun. Jadi, usahakan dalam membuat judul clickbait harus lebih berhati-hati dan jangan lakukan berulang-ulang kali. Apalagi jika judul tidak sesuai dengan konten yang kita sajikan.

Cara Efektif Menggunakan Clickbait

Jika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan clickbait, sekarang kita lanjut untuk masuk ke poin utama artikel ini yaitu Cara efektif menggunakan Clickbait.

Untuk step pembuatan clickbait yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

1. Pilih Bagian Paling Menarik Untuk Dijadikan Judul

Ketika kita ingin membuat judul clickbait yang baik, kita harus membaca ulang konten yang kita buat dan carilah bagian yang paling menarik di dalam konten untuk dijadikan judul. Atau jika ada angka di dalam konten kamu bisa gunakan angka tersebut dalam judul konten.

Misal “10 Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Toko Online di Tahun 2021”. Dengan pembuatan judul seperti ini membuat orang akan penasaran dengan 10 strategi apa saja yang bisa diterapkan di tahun ini.

2. Masukan Teka-Teki di Judul

Kamu juga bisa menambahkan teka-teki pada judul yang membuat audiens akan lebih merasa penasaran dan meningkatkan rasa ingin tahu.

Contoh judul clickbait seperti : “Mahal atau murah? Inilah biaya pembuatan website toko online 2021”.

3. Pancing Emosi Pembaca

Menggunakan kata-kata yang memancing emosi pembaca adalah cara terbaik untuk membuat judul clickbait. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang tepat untuk membuat pembaca ingin mengetahui isi konten dari judul yang memancing emosi tersebut. Contoh judul yang memancing emosi pembaca : “Website Toko Online Tidak Bisa diakses? Jangan Panik! Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya!”

4. Buat Audiens Terlibat Didalamnya

Kita juga bisa membuat audiens merasa terlibat di dalam sebuah konten yang dibahas. Kamu bisa gunakan kata-kata seperti Yuk, Mari,

Pelajari, Simak dan lainnya. Contoh judul clickbait yang membuat audiens merasa terlibat di dalamnya seperti “Ingin Memulai Bisnis Online? Yuk Baca Dulu Tips Memulai Bisnis Online Berikut! “.

Baca Juga :

5. Manfaatkan Teknik Copywriting

Terakhir adalah menggunakan teknik copywriting. Ini adalah salah satu cara untuk membuat judul clickbait yang tidak boleh terlewatkan. Kita bisa membuat judul yang menerapkan prinsip copywriting dengan singkat, unik, bermanfaat, relevan dan akan lebih baik apabila ditulis dengan artikel yang SEO friendly.

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.