Manfaat dan Penerapan Strategi Cloud Marketing di Era Pemasaran Digital

Manfaat dan Penerapan Strategi Cloud Marketing di Era Pemasaran Digital

Bagi seorang digital marketer profesional, pemahaman tentang jenis-jenis strategi pemasaran yang terbaik di era pemasaran digital tak akan lengkap bila tidak membahas cloud marketing. Perannya pun sama pentingnya seperti email marketing, social media marketing, online marketing, content marketing, inbound marketing, dan search engine marketing untuk kebutuhan marketing campaign modern.

Selain itu, contoh strategi pemasaran digital ini sangat membantu entrepreneur dan pemilik bisnis dalam memperoleh lebih banyak pelanggan potensial (lead generation) dan pengalaman pelanggan (customer experience) dari pangsa pasar yang sesuai dengan target pasar awal. Kepopuleran teknik pemasaran digital ini tidak terlepas dari keberadaan teknologi komputasi berbasis cloud untuk fungsi dan layanan pemasaran berbasis internet.

Kendati demikian, istilah cloud marketing mungkin masih cukup misterius bagi sebagian orang, bahkan untuk digital marketer baru sekalipun. Jika Anda salah satu orang yang merasakan demikian, maka Anda harus membaca artikel berikut ini.

Pengertian Cloud Marketing

Secara harfiah, jenis pemasaran berbasis cloud atau cloud computing adalah serangkaian upaya pemasaran bisnis yang diterapkan melalui marketing automation sebagai sumber online dan digital marketing channel. Dengan kata lain, teknik pemasaran cloud menyiratkan semua metode pemasaran digital yang dapat sales force gunakan untuk menampilkan barang atau jasa serta mengkonversi prospek potensialnya (lead conversion) secara online.

Jika dulu para marketer memanfaatkan media pemasaran tradisional, seperti beriklan di televisi, radio, koran, majalah, atau bahkan baliho dan flyer. Maka sangat berbeda dengan penerapan cloud marketing yang memungkinkan bisnis Anda hanya perlu menggunakan media dan jaringan online untuk terhubung dengan leads (konsep relationship marketing modern). Sebab, sebagian besar saluran pemasaran yang Anda perlukan selama menggunakan cloud marketing adalah media sosial, email, website, dan blog perusahaan (bagian dari owned media) yang terhubung dengan internet.

Baca Juga:

Salah satu faktor yang membuat pemasaran berbasis cloud menjadi strategi marketing campaign yang benar-benar komprehensif adalah kenyataan bahwa pemasaran cloud cocok untuk niche bisnis apa pun. Tidak peduli apa jenis industri atau segmentasi pasar yang Anda operasikan.

Namun, pertumbuhan bisnis yang menerapkan cloud marketing bergantung pada perilaku pelanggan (customer behavior). Semakin Anda mengintegrasikan internet ke berbagai lingkungan bisnis Anda, maka semakin berdampak pula pemasaran produk bisnis ke kehidupan pelanggan.

digital marketing agency

Manfaat Cloud Marketing

Manfaat Cloud Marketing

Berdasarkan definisi di atas, strategi pemasaran digital ini sangat berguna bagi bisnis apa pun — terlepas dari jenisnya industrinya — untuk terhubung dengan pelanggan potensial secara online. Asalkan setidaknya Anda sebagai pemilik bisnis memiliki website dan media sosial, seperti Meta, Instagram, Twitter, YouTube, atau bahkan TikTok.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menerapkan strategi pemasaran digital berbasis awan.

  • Mengurangi biaya pemasaran – Teknik pemasaran ini membuat perusahaan tidak lagi harus mengeluarkan dana perusahaan (fixed cost) untuk membayar biaya pencetakan. Atau membeli waktu iklan  di platform digital seperti jumbotron yang biasanya bertarif mahal.
  • Mengurangi biaya distribusi materi pemasaran – Marketer online tidak perlu membayar untuk mengirim katalog atau buletin kepada pelanggan melalui pos. Sebab, mereka bisa membuat katalog produk berformat digital (contohnya newsletter dan video marketing) dengan tujuan menawarkan cara cepat dan murah untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
  • Lebih sedikit materi pemasaran yang terbuang – Setelah upaya marketing campaign tertentu selesai, materi iklan Anda tidak 100% hilang atau terhapus dari internet. Melainkan hanya tergeser oleh konten-konten iklan lain yang mungkin lebih dibutuhkan oleh pelanggan.
  • Peningkatan kustomisasi teknik pemasaran – Website telah menjadi salah satu jenis media interaktif baru bagi pengiklan untuk menempatkan materi pemasarannya. Fleksibilitas ini memungkinkan periklanan yang lebih terfokus, relevan, dan efektif.
  • Meningkatkan efisiensi bisnis – Cloud marketing sangat berperan dalam mengurangi waktu yang Anda butuhkan dalam perencanaan bisnis dan penerapan kampanye iklan.

Baca Juga:

Penerapan Cloud Marketing Dalam Berbagai Industri

Para digital marketer menggunakan platform berbasis cloud untuk melakukan tugas pemasaran dan penjualan produk dalam rangka meningkatkan produktivitas pekerjaan mereka secara keseluruhan. Strategi pemasaran ini mengandalkan dua jenis aplikasi berbasis cloud, yaitu media dan tools untuk mengukur media tersebut.

Misalnya, media dapat berupa website, YouTube, Twitter, dan Meta. Sedangkan tools untuk mengukur keberhasilannya adalah Google Analytics. Baca terus untuk mengetahui beberapa penerapan pemasaran berbasis cloud.

1. Mempublikasi dan Mengelola Konten Pemasaran di Seluruh Marketing Channel

Media sosial seperti Meta, Twitter, Instagram, YouTube, website perusahaan, blog, dan email campaign adalah beberapa media pemasaran cloud yang paling banyak marketer gunakan. Dengan platform tersebut, marketer dapat dengan mudah dan cepat mempublikasikan konten di beragam saluran digital dan dapat menjangkau lebih banyak orang dengan lebih cepat dan lebih tepat sasaran. Sehingga, Anda dapat menghemat waktu, uang, dan energi untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis di berbagai saluran hanya dengan melalui satu platform.

2. Mencatat dan Menganalisis Metrik Kinerja Pemasaran

Dengan cloud marketing, Anda tidak harus bergantung pada umpan balik konsumen (customer feedback) melalui komentar media sosial untuk mendapatkan informasi tentang target audience Anda. Sebab, salah satu keuntungan terbesar yang pemasaran cloud tawarkan adalah mendapatkan banyak data (data mining) tentang konsumen di hampir semua saluran.

Anggaplah Anda memanfaatkan media sosial untuk menganalisis data metrik proses pemasaran bisnis. Maka Anda perlu analytics tools yang terintegrasi dengan media sosial dalam rangka menganalisis keberhasilan postingan media sosial. Mulai dari berdasarkan impression atau tayangan, reach atau jangkauan, jumlah share, postingan, engagement atau keterlibatan pelanggan, dan lain-lain.

3. Terintegrasinya Digital Marketing Dengan Tools E-Commerce

E-commerce memungkinkan pelanggan Anfa untuk berbelanja online dengan mudah. Terobosan ini menjadi sangat populer sehingga belanja online telah mengambil alih bagian utama dari ritel tradisional.

Jika Anda memiliki website e-commerce, maka mengintegrasikannya dengan digital marketing adalah cara yang efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan (customer acquisition). Bahkan, dengan menggunakan media digital untuk mendorong orang ke situs e-commerce Anda (push marketing) dapat meningkatkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan loyalitas pelanggan (customer loyalty).

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Cloud Marketing

Ketika membahas seputar pemasaran berbasis komputasi awan (cloud), maka contoh terbaik penerapannya adalah e-commerce Amazon.

Pasalnya, Amazon menjadi pelopor e-commerce terbaik yang konsisten menjual puluhan ribu produk berbeda setiap harinya tanpa memiliki toko fisik. Pelanggan menerima pemberitahuan tentang penjualan melalui email  (email blast) mereka, alih-alih kotak pos di rumah mereka. Dengan begitu, pelanggan dapat memperoleh lebih banyak informasi tentang suatu produk dengan lebih cepat dan efisien.

Amazon menyediakan semua layanan pelanggan terbaik dengan sebagian kecil dari biaya operasi (operating expense) yang dihadapi sebagian besar retailer. Seluruh model bisnis didasarkan pada pemasaran berbasis cloud yang menggunakan internet sebagai media penghubung perusahaan dengan pelanggan.

Demikian informasi singkat tentang cloud marketing yang bisa inMarketing sampaikan. Sebagai terobosan tren digital marketing di era marketing 5.0, cloud marketing sangatlah efektif membantu Anda untuk mengembangkan kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand image) dan manfaat merek (brand value) dalam meningkatkan pengalaman belanja pelanggan (brand experience).

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.