Manfaat dan Contoh Community Marketing

community marketing adalah

Saat ini ada banyak sekali strategi marketing yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Selain content marketing, social media marketing, kemudian juga email marketing, sekarang muncul lagi ada community marketing.

Kali ini kami juga akan menjelaskan mengenai community marketing yang sedang naik daun di indonesia. Yuuk langsung saja simak ulasannya.

Pengertian Community Marketing

Community marketing adalah salah satu strategi marketing dimana suatu bisnis akan berperan aktif untuk melakukan interaksi dengan komunitas konsumennya.

Interaksi yang dilakukan tersebut bisa melalui offline maupun online. Misalnya pada grup facebook, event, seminar dan lain-lain. Community marketing ini mempunyai fokus utamanya yaitu untuk membangun serta mempertahankan hubungan dengan semua konsumennya.

Jadi dengan pemasaran komunitas ini diharapkan Anda akan mendengarkan sekaligus langsung merespon kebutuhan dari konsumen. Kuncinya yaitu terjadinya komunikasi dua arah yang sehat dengan konsumen.

Melalui strategi ini , Anda sebenarnya sedang melakukan promosi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan, selain itu bisa juga untuk menambah pelanggan yang baru serta untuk menambah leads.

Strategi ini hampir sama dengan strategi marketing yang lainnya. Hanya saja saat Anda menggunakan strategi ini maka dilakukan secara lebih halus serta bisa berjalan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga :

Manfaat community Marketing

Dalam menerapkan community marketing ini terdapat beberapa manfaat didalamnya, yaitu :

1. Meningkatkan Kesetiaan dan Kepercayaan dengan Konsumen

Saat ini, konsumen bukan hanya ingin menggunakan produk ataupun jasa yang ditawarkan , namun konsumen juga berinteraksi dengan Anda. Interaksi tersebut bisa sekedar komplain, saran ataupun berdiskusi.

Di dalam community marketing ini semua hal diatas bisa terwujud. Anda juga bisa mendengarkan serta melakukan komunikasi dengan terbuka serta mendengarkan keluhan, menerima saran dan lain-lain.

Jadi dengan kata lain, Anda juga memperlakukan konsumen seperti halnya dengan manusia. Jadi bukan hanya untuk kepentingan target saja.

Hal tersebut jika dilakukan dengan baik maka kesetiaan serta kepercayaan konsumen menjadi meningkat.

2. Memperluas Brand Awareness Bisnis Anda

Mungkin Adna pernah mendengarkan nama suatu brand sedang dibicarakan baik didunia nyata maupun maya. Padahal sebelumnya Anda tidak mengenal brand tersebut.

Nah tentunya pasti Anda akan mencari tahu brand tersebut melalui Internet. Apalagi saat membicarakan brand yang dimaksud, orang tersebut berbicara dengan penuh semangat dan yakin.

Itulah yang menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki dari community marketing. Sebanyak 77% bisnis mempercayai bahwa komunitas bisa meningkatkan brand awareness.

Dengan adanya komunitas tersebut maka banyak orang yang membicarakan tentang bisnis Anda. Sehingga makin banyak orang yang mengetahuinya maka bisa saja akan menjadi konsumen Anda yang baru.

3. Mengenal konsumen Lebih Dekat

Dengan community marketing ini maka Anda juga akan berbicara secara langsung dengan konsumen. Sehingga Anda pun akan mengenal mereka dengan lebih dekat lagi.

Terdapat 86% bisnis yang mengatakan jika komunitas online ini akan membantu Anda dalam memahami kebutuhan konsumen. Sehingga Anda juga tahu apa yang disukai dan tidak disukai. Sampai Anda juga akan mendapatkan feedback dari kebijakan bisnis Anda.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi langsung secara lebih mendalam dari konsumen. Nantinya informasi tersebut juga bisa digunakan untuk keperluan banyak hal.

Seperti perbaikan berbagai aspek bisnis, perencanaan strategi pemasaran, hingga dalam melakukan inovasi produk yang tepat bagi konsumen.

Baca Juga :

4. Membangun Jangka Panjang dengan Konsumen

Dengan memiliki customer retention atau pelanggan yang tetap adalah merupakan idaman bagi setiap pelaku bisnis. Hal ini karena konsumen tersebut pasti akan membeli produk terbaru anda sekaligus merekomendasikannya kepada yang lain.

Hal itu juga akan bisa menghemat anggaran Anda, karena menarik pelanggan yang baru biasanya akan membutuhkan biaya sebanyak lima hingga 25 kali lipat lebih besar.

Dengan community marketing ini Anda juga akan dengan mudah menemukan pelanggan tetap. Sebab Anda juga bukan hanya berfokus untuk mendapatkan konsumen yang baru saja namun juga sekaligus bisa memperhatikan konsumen lama Anda.

Disini Anda juga akan melakukan komunikasi dengan mereka, selalu merespon pertanyaan sekaligus keluhannya, memberikan informasi terbaru dan lain-lain.

Sehingga konsumen lama juga akan merasa dihargai, tidak ditinggalkan begitu saja. Dan pada akhirnya konsumen lama tersebut juga tak akan ragu lagi untuk mengeluarkan uangnya lagi untuk membeli produk Anda.

contoh community marketing

Jenis dan Contoh Community Marketing

Terdapat dua jenis community marketing yaitu ;

1. Organic Community Marketing

Organic Community Marketing ini adalah satu komunitas yang dibentuk sendiri oleh konsumen Anda , tanpa melibatkan Anda.

Misalnya seperti grup facebook penggemar, diskusi forum online dan lain-lain. Selain itu ada juga contohnya seperti komunitas Playstation 4 di Kaskus. Komunitas tersebut dibentuk oleh salah satu member kaskus yang juga mempunyai Playstation 4.

Jenis community marketing ini membebaskan konsumen tersebut untuk saling berinteraksi satu sama lain tanpa persetujuan Anda. Interaksi tersebut bisa melakukan tanya jawab, diskusi, memberikan saran sampai ada juga yang berasumsi.

Memang tak ada salahnya dengan hal itu. Akan tetapi jika tidak ada pengawasan maka community marketing jenis ini akan berdampak buruk pada brand yang Anda miliki. Mengapa?

Karena apabila konsumen sudah tak menyukai produk ataupun kebijakan yang Anda lakukan, maka konsumen tersebut bisa merusak reputasi bisnis Anda.

Mereka bisa dengan bebas melakukan hal negatif seperti menjelek-jelekkan, mempengaruhi orang lain, membuat asumsi yang tidak berdasar dan masih banyak lagi.

Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk selalu mengawasi serta berinteraksi secara aktif pada komunitas jenis ini. Dengan begitu kita bisa berperan untuk membatasi ataupun mencegah hal negatif agar tidak kebablasan.

2. Sponsored Community Marketing

Sponsored Community marketing ini yaitu suatu komunitas yang sengaja dibuat oleh Anda untuk para konsumennya.

Jadi disini konsumen bukan hanya melakukan interaksi dengan yang lainnya namun juga bisa langsung berinteraksi dengan Anda. Kita seringkali menemukan komunitas seperti ini pada media sosial bisnis, komunitas resmi yang ada dalam suatu kota , maupun event yang diselenggarakan oleh Anda.

Didalam suatu bisnis, sponsored community marketing ini banyak diterapkan. Sehingga Anda juga bisa langsung mengawasi dan ikut berinteraksi untuk mencegah hal negatif ataupun salah paham.

Baca Juga :

Siapkan Untuk Menerapkan Community marketing pada bisnis Anda?

Setelah kita membaca ulasan diatas, pasti jadi memahami jika manfaat komunitas dalam pemasaran itu merupakan strategi yang sangat jitu serta manfaatnya juga banyak.

Bukan hanya untuk menciptakan konsumen yang loyal, akan tetapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness.

Selain itu community marketing juga bisa menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan. Nantinya ini juga akan menjadi pelanggan tetap. Memiliki pelanggan tetap tentunya juga menjadi impian para pebisnis yang akan membantu promosi produk Anda.

Oleh karena itulah segera terapkan community marketing ini pada bisnis yang Anda jalankan.