Pernahkah Anda tertarik untuk mengikuti giveaway di media sosial karena iming-iming hadiah tertentu? Perlu Anda ketahui, itu adalah salah satu bentuk contest marketing campaign atau kampanye pemasaran kontes.
Serupa dengan strategi marketing campaign lainnya, kampanye pemasaran kontes memiliki tujuan bisnis yang spesifik dari keseluruhan strategi marketing yang perusahaan jalankan. Biasanya, kontes ini bertujuan untuk menarik minat lead atau prospek untuk berpartisipasi, meningkatkan engagement rate, serta menyebarkan brand awareness dan meningkatkan branding.
Jenis strategi pemasaran ini termasuk salah satu yang cukup efektif untuk menjerat sales lead. Terutama first timer atau orang-orang yang belum pernah berinteraksi dengan bisnis Anda. Sebab strategi ini memengaruhi emosional audiens, yang berharap mendapatkan hadiah dengan mengikuti kontes yang diadakan.
Lantas, seberapa efektifka strategi kampanye pemasaran kontes ini dan bagaimana cara menerapkannya?
Apa Itu Contest Marketing Campaign?
Melansir dari Chron, contest marketing campaign adalah bagian dari marketing campaign atau kampanye pemasaran yang bertujuan menarik lebih banyak target pasar untuk berinteraksi dengan bisnis Anda. Semakin banyak target pasar atau audiens yang mengikuti kontes atau lomba tersebut, maka dampaknya akan semakin bagus pula untuk brand Anda.
Hal ini karena brand awareness bisnis Anda kian meningkat. Dengan demikian, akan ada lebih banyak prospek atau lead yang bisa Anda nurturing dan peluang lead conversion pun semakin terbuka lebar. Apabila conversion rate atau angka konversi meningkat, tentu saja dampaknya akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Mulai dari peningkatan sales growth, hingga profit dan revenue bisnis.
Bukan cuma itu saja. Saat membuka pendaftaran kontes, target pasar Anda tentu akan memberikan data diri (customer data). Contohnya data nama, email, atau kontak lainnya. Saat memberikan data tersebut, Anda bisa meminta persetujuan pengiriman email marketing untuk promosi.
Selain itu, Anda juga bisa memberikan sejumlah aturan lain sebagai syarat mengikuti kontes. Misalnya meminta audiens untuk menggunakan hashtag tertentu (jika Anda menggunakan social media sebagai saluran pemasaran), mengikuti akun media sosial brand Anda, meninggalkan jejak komentar, membagikan postingan (share) pada teman, dan lain sebagainya.
Dengan demikian, upaya meningkatkan brand awareness dan engagement metrics pun akan semakin efektif.
Kendati begitu, jangan sampai Anda memberikan syarat yang terlalu berlebihan. Sebab apabila persyaratan terlalu rumit, bisa jadi audiens merasa enggan untuk berinteraksi dan mengabaikan contest marketing campaign tersebut.
Selain itu, sesuaikan pula hadiah kontes dengan budget yang brand Anda alokasikan. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan hadiah, sebab Anda juga perlu mempertimbangkan efisiensi biaya. Salah-salah, Anda justru bisa merugi sebab biaya operasi (operating expense) untuk menggelar kontes tidak sesuai dengan keuntungan.
Baca Juga :
- Jenis, Manfaat, dan Contoh Strategi Guerilla Marketing Terbaik
- Memahami Ambush Marketing Untuk Strategi Kalahkan Kompetitor
Saluran Pemasaran untuk Contest Marketing Campaign
Sejatinya, contest marketing campaign merupakan salah satu contoh marketing campaign sukses yang telah banyak perusahaan terapkan. Baik perusahaan besar, startup, hingga UMKM sekaligus. Sebab strategi kampanye pemasaran yang satu ini dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian lead secara cepat.
Sama halnya seperti growth hacking dalam business development strategy, kampanye pemasaran kontes juga menjadi strategi yang berguna untuk meningkatkan branding bisnis secara instan. Sebab sebagaimana pemaparan di atas, strategi ini memainkan emosional audiens dengan iming-iming berupa hadiah.
Tentunya hampir semua orang ingin mendapatkan hadiah menarik dengan cara yang mudah, bukan? Nah, konsep inilah yang kemudian diadaptasi oleh strategi contest marketing campaign.
Kendati demikian, Anda juga perlu mempertimbangkan sejumlah aspek lain sebelum menerapkan kampanye pemasaran ini. Tak terkecuali memilih saluran pemasaran yang tepat.
Melansir dari Vyper, berikut adalah beberapa saluran pemasaran yang paling efektif untuk menerapkan contest marketing campaign:
- Social Media. Ini merupakan saluran pemasaran paling efisien karena hampir semua orang telah menggunakan media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, TikTok) dalam keseharian. Dengan membuat konten marketing berupa kontes di media sosial, Anda juga bisa meningkatkan engagement rate sekaligus melakukan social media branding.
- Blog dan Website. Anda juga bisa memanfaatkan blog dan website perusahaan untuk melakukan contest marketing campaign. Caranya adalah dengan membuat konten khusus yang berisi kontes untuk melibatkan lebih banyak lead. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan jumlah traffic website hingga CTR.
- Email Marketing. Selain personalisasi email, salah satu cara untuk menarik perhatian lead adalah dengan mengirimkan email marketing berupa kontes atau informasi berhadiah. Namun untuk menerapkannya, Anda perlu melakukan segmentasi email marketing terlebih dahulu agar sesuai target.
- Influencer dan Afiliasi. Anda juga bisa memanfaatkan partnership marketing dengan menggunakan jasa influencer atau afiliasi lainnya. Dengan menggunakan jasa influencer atau affiliator, kemungkinan konten Anda untuk dilihat banyak orang akan semakin besar.
Baca Juga :
- Tahapan Strategi Social Media Marketing Terbaik
- Social Media Scoring untuk Mengukur Kesuksesan Strategi Marketing di MedSos
Bentuk Contest Marketing Campaign yang Efektif
Setelah mengetahui definisi dan saluran pemasaran yang tepat, lantas apa saja bentuk kampanye pemasaran kontes yang bisa Anda gunakan?
Melansir dari Submittable, berikut ini adalah 3 jenis contest marketing campaign yang paling efektif untuk bisnis :
1. Giveaway
Rasanya semua orang sudah tak asing lagi dengan bentuk kontes yang satu ini. Sebab, giveaway menjadi salah satu bentuk kampanye pemasaran kontes yang paling sering diterapkan oleh bisnis. Terutama bagi bisnis yang memiliki budget terbatas untuk membiayai strategi marketing.
Sistem giveaway biasanya paling populer di media sosial, terutama Instagram dan Twitter. Biasanya, giveaway berbentuk quiz atau pertanyaan seputar produk dengan tambahan persyaratan tertentu. Misalnya harus memfollow akun media sosial milik brand, atau mengajak beberapa pengguna lain dengan cara memention. Sehingga secara tak langsung, audiens akan melakukan advocacy pada pengguna lainnya.
Untuk memilih pemenang, Anda pun bisa melakukan berbagai cara. Misalnya mengundi dengan menggunakan platform pengundian giveaway yang banyak tersedia secara online, atau benar-benar menilai jawaban dan persyaratan audiens satu per satu.
2. Kontes dalam Event Tertentu
Jenis yang kedua adalah event-based. Artinya, Anda bisa melakukan kampanye pemasaran kontes pada event tertentu. Biasanya, jenis ini akan berkaitan dengan seasonal marketing atau pemasaran musiman. Contohnya strategi marketing Ramadan, Natal, perayaan Imlek, dan Hari Besar lainnya.
Misalnya, bisnis travel yang memanfaatkan momen akhir tahun untuk memberikan kontes berhadiah liburan gratis. Dengan strategi pemasaran ini, maka akan ada banyak prospek yang tertarik untuk mengikuti kontes tersebut.
3. Jajak Pendapat
Bentuk kampanye pemasaran kontes yang terakhir adalah jajak pendapat atau polling. Selain meningkatkan brand awareness dan menjaring lebih banyak leads, bentuk contest marketing campaign yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana riset market untuk mendapatkan feedback dari audiens. Setelah polling berakhir, Anda bisa memberikan pilihan hadiah. Sehingga partisipan pun akan mendapat untung dari kontes kecil-kecilan ini.
Demikian adalah contoh bentuk contest marketing campaign yang efektif untuk menarik minat leads. Pada dasarnya, strategi ini memanfaatkan emosional audiens guna memperoleh keterlibatan atau engagement rate yang tinggi.
Selain menerapkan kampanye pemasaran kontes, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.
Baca Juga :
inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.