Kenali Apa Itu Context Marketing dan Manfaatnya

context marketing

Dalam sebuah bisnis, tentu Anda akan merumuskan berbagai strategi marketing yang ampuh dan menarik untuk target audiens Anda. Salah satu strategi marketing yang dapat memberikan kesan adalah dengan melakukan context marketing.

Menurut data, sebanyak 51 persen pelanggan akan berharap perusahaan mampu memahami kebutuhan mereka lebih baik dan dapat dapat memberikan penawaran yang relevan. Maka dari itu context marketing dapat menjadi strategi jitu untuk marketing bisnis Anda.

Apa Itu Context Marketing?

Bersumber dari Glints yang dikutip dari New Breed, context marketing merupakan strategi yang didasari perilaku konsumen dan kondisi upaya pemasaran. Dengan mendasari perilaku konsumen, konten yang diberikan pada audiens akan lebih relevan.

Strategi menggunakan context marketing termasuk bagian dari inbound marketing. Inbound marketing adalah strategi digital marketing yang memaksimalkan penggunaan internet sebagao sarana strategi pemasarannya. Dalam hal ini memanfaatkan konten digital, SEO, media sosial, website, dan lain sebagainya agar mudah ditemukan oleh audiens.

Selain relevan, konten yang dibuat untuk audiens harus memiliki waktu pengiriman yang tepat. Hal tersebut merupakan bagian dari strategi context marketing.

Saat mengetahui permintaan pasar, Anda dan tim marketing harus cepat dan tanggap dalam membuat konten yang diinginkan dan mengirimnya pada momen yang tepat. Jika terlambat, tentu saja konten yang terkirim tidak akan relevan lagi.

Baca Juga:

Manfaat Context Marketing

Berikut ini terdapat beberapa manfaat context marketing yang bisa Anda dapatkan

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Context marketing dapat menjadi solusi atas permasalah pelanggan. Terlebih lagi jika tertuju pada waktu yang tepat tentu hal ini akan lebih berkesan. Dengan konten yang lebih personalisasi, membuat kepuasan pelanggan jadi lebih tinggi.

Sehingga Anda tak perlu lagi mengirim konten marketing berkali-kali dan justru akan membuat penerima menganggapnya sebagai spam. Pada akhirnya context marketing akan membuat pelanggan lebih percaya pada brand Anda dengan apa yang mereka dapatkan.

Meningkatkan Pendapatan

Melalui context marketing bisnis Anda berpotensi mendapatkan pendapatan yang meningkat. Produk Anda akan lebih banyak dibelu dan konversi dapat ditingkatkan. Bahkan context marketing bisa menjadi lebih efektif daripada mass-marketing dalam skala besar.

Marketing yang Terarah

Dengan context marketing, marketing bisnis Anda lebih terarah karena fokus demografis dan perilaku konsumen sangat spesifik. Anda dapat melakukan marketing yang lebih fokus dan terarah. Tak hanya itu, kemungkinan Anda memasarkan produk secara optimal pada waktu yang tepat jadi lebih tinggi hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness dan engagement yang signifikan.

Lebih Hemat Biaya

Context marketing merupakan strategi yang cukup menguntungkan karena hemat biaya. Hal ini karena Anda tak perlu membutuhkan modal besar untuk melakukannya. Yang terpenting adalah Anda mendapatkan data yang tepat. Untuk melakukan context marketing, fokus pada pengumulan data konsumen menggunakan tool CRM.

Bentuk-Bentuk Content Marketing

context marketing

Dalam merumuskan strategi context marketing tentu Anda harus memilih jenis content marketing mana yang relevan dengan audiens dan yang paling tinggi menggaet engagement. Berikut ini beberapa jenis content marketing.

Baca Juga:

Podcast

Podcast saat ini cukup populer di masyarakat. Berbagai content creator pun memanfaatkan moment ini untuk menciptakan awareness. Topik yang dibuat harus disesuaikan dengan target audiens yang disasar. Podcast hampir sama seperti video namun audiens dapat menikmati konten Anda di mana saja dan kapan saja.

Video

Video juga menjadi paling efektif dalam content marketing. Terutama lewat Youtube. Saat ini banyak orang lebih menggemari Youtube untuk mencari berbagai hal yang dibutuhkan terutama konten hiburan dan edukasi. Selain itu dengan menggunakan video konten akan lebih mudah dipahami dan dinikmati.

Website atau Blog

Website atau blog dapat Anda manfaatkan untuk membagikan berbagai konten mengenai bisnis Anda. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah buatlah konten yang relevan dengan target audiens. Selain itu, Anda harus memperhatikan SEO-nya.

SEO tak dapat terpisahkan dari content marketing. SEO (Search Engine Optimization) yang baik akan mengundang banyak traffic ke situs website atau blog Anda. Selain itu perhatikan mengenai blog atau website Anda yang harus mobile friendly agar audiens tetap nyaman dalam membaca konten-konten yang dibagikan.

Carousel Post

Bersumber Niagahoster, carousel merupakan format konten media sosial yang menampilkan gambar atau video dalam satu postingan. Carousel biasanya lebih bersifat interaktif, format ini memungkinkan audiens melihat satu per satu gambar atau video dengan scroll ke kiri atau kanan.

Format carousel telah tersedia di beberapa media sosial termasuk Facebook dan Instagram. Sehingga social media marketing menjadi strategi paling ampuh meraih banyak konsumen. Carousel juga sangat populer saat ini dan banyak brand maupun content creator yang menggunakannya.

Infografik

Beberapa orang ternyata merasakan kesulitan membaca data yang tersaji dalam penelitian atau berupa tulisan panjang. Nah konten berupa infografik inilah yang dapat menjadi solusi Anda menyajikan konten lebih visual dan menarik untuk para audiens.

Infografik berguna meyajikan data yang rumit dalam bentuk yang mudah audiens pahami. Salah satu kelebihannya adalah memadukan gambar dan tulisan tetapi informasi yang tersampaikan tetap to-the-point.

Skill yang Harus Dimiliki

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat sebuah content marketing. Terutama bagi seorang content marketer.

Komunikasi

Seorang content marketer harus memiliki skill komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Karena nantinya Anda harus berhadapan dengan banyak orang dan akan membuat konten yang relevan sesuai target audiens. Selain relevan, harapannya konten yang Anda buat juga dapat menyentuh banyak orang.

Menulis

Content marketing memiliki berbagai bentuk salah satunya tulisan. Tulisan yang dibuat dapat berupa artikel, copywriting, status atau caption di media sosial atau berupa naskah video. Maka dari itu Anda harus bisa beradaptasi untuk menulis berbagai macam gaya sesuai target audiens agar menghasilkan konten yang relevan.

Peka dan Tanggap

Anda juga harus peka terhadap tren yang sedang populer saat ini. Ikuti perkembangan apa yang saat ini sedang terjadi dan digemari banyak orang sehingga konten Anda terlihat lebih update. Anda juga harus kreatif melihat tren saat ini. Pilih dengan baik tren apa yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan awareness pada produk dan mana yang tidak perlu.

Itulah beberapa ulasan ringkas mengenai context marketing dan beberapa jenis-jenis content marketing yang dapat Anda jadikan sebagai referensi membuat konten yang relevan sesuai target audiens Anda.

Selain memperhatikan context dan content marketing, untuk mengembangkan digital marketing pada brand, Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: