Contoh Business Model Canvas (BMC) Terbaik Dari Berbagai Sektor Bisnis

Contoh Business Model Canvas (BMC) Terbaik Dari Berbagai Sektor Bisnis

Sebelum tahun 2004, para pemilik bisnis cenderung kesulitan dalam menyusun rencana bisnis yang praktis namun bertujuan untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan (business continuity). Namun, suatu ketika seorang ahli bisnis bernama Alexander Osterwalder menciptakan strategi model bisnis dengan memperkenalkan Business Model Canvas (BMC). Dan semenjak saat itu, perusahaan-perusahaan besar hingga bisnis UKM/UMKM saat ini memiliki contoh business model canvas sendiri untuk memastikan keberhasilan pemasaran dan pertumbuhan bisnis yang lebih positif.

Hampir setiap perusahaan dari berbagai niche bisnis, seperti industri F&B, SaaS (Software-as-a-Service), pariwisata, otomotif, e-commerce, hingga perusahaan teknologi memiliki struktur model bisnisnya sendiri. Di mana model tersebut dapat mendorong kemungkinan penerapan proses bisnis yang efektif dan efisien (business process management). Sehingga mendukung upaya pencapaian masing-masing tujuan dan target spesifik bisnis saat ini atau masa depan (business forecast).

Bagi Anda yang berencana mengembangkan bisnis atau sekedar penasaran dengan model bisnis perusahaan-perusahaan ternama, simak ulasan beberapa contoh business model canvas terbaik versi inMarketing berikut ini.

Pengertian Business Model Canvas

Sebelum membahas apa saja contoh business model canvas, Anda perlu pahami teori dasarnya. BMC atau business model canvas adalah template atau kerangka visual bisnis yang terstruktur yang mana menggambarkan strategi perencanaan pengembangan bisnis dengan berbagai objek model bisnis.

Dengan kata lain, BMC menggambarkan hubungan yang teratur (corporate communication) antara biaya perusahaan, sumber daya, mitra bisnis, distributor, strategi pemasaran, hingga profit perusahaan. Hingga akhirnya produk atau layanan sampai di tangan pelanggan prospek (leads) dan konsumen loyal (proses supply chain management). Selain itu, BMC dapat menunjukkan pengaruh keputusan pelanggan (customer touchpoint) terhadap proses bisnis (business process mapping).

Baca Juga:

Contoh Business Model Canvas Terbaik

Nah bagaimana, sudah paham dengan penjelasan dasar terkait business model canvas? Apabila sudah, kini saatnya kita simak bersama beberapa contoh business model canvas terbaik dari beberapa sektor industri yang kami rangkum dari situs Business Model Analyst.

1. Google

contoh bmc google

Contoh business model canvas pertama yang patut dibahas adalah milik Google. Pada dasarnya, model bisnis Google didasarkan pada pola model bisnis yang tersembunyi. Maksudnya, bukan pengguna yang akan membayar layanan tersebut. Melainkan perusahaan-perusahaan yang menggunakan layanan Google lah yang membayar layanan dengan tujuan beriklan di search engine sebagai bentuk search engine marketing (SEM).

Sehingga, dalam kasus Google, pendapatan utamanya sama dengan perusahaan komunikasi, yaitu melalui paid media. Contohnya Google Ads, Google AdSense, YouTube, Google Cloud, dan lain-lain.

Dengan demikian, semakin terlihat jelas bahwa model bisnis Google dibangun di beberapa segmen dan jenis bisnis yang beragam. Perusahaan menjelajahi banyak identitas dan citra (brand image) berbeda dari industri teknologi. Tak heran jika Google menjadi kompetitor bagi hampir semua perusahaan berbasis teknologi di seluruh dunia.

2. Microsoft

contoh business model canvas microsoft

Microsoft adalah salah satu perusahaan teknologi paling terkenal dan tersukses di dunia karya Bill Gates. Sejak didirikan pada lebih dari 45 tahun yang lalu, model bisnis Microsoft telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun.

Microsoft menyediakan sistem dan perangkat lunak untuk hiburan dan bisnis yang mana perencanaan operasi intinya melibatkan proses penjualan, distribusi, dan dukungan untuk solusi tersebut. Selain itu, model bisnis Microsoft mencakup beberapa jenis yang bertujuan untuk mempertahankan eksistensi semua produk dan layanan (product positioning). Di antaranya adalah:

  • Razor and Blade: Aplikasi, perangkat lunak, dan game Xbox bekerja secara khusus untuk setiap sistem operasi, dan tidak berjalan di sistem yang berbeda.
  • Lock-in: Karena biaya peralihan yang tinggi, pelanggan tetap menggunakan perangkat lunak dan aplikasi Microsoft.
  • Freemium: LinkedIn, misalnya, adalah jaringan sosial bisnis gratis dari keluarga Microsoft. Tetapi, beberapa fitur dan sumber daya hanya tersedia untuk pelanggan premium.
  • Subscription: Selain LinkedIn, Microsoft menerapkan subscription business model ini ke Office 365 dan layanan cloud.
  • Pendapatan Tersembunyi (Hidden Revenue): Misalnya, LinkedIn dan Bing (mesin pencari Microsoft) menampilkan iklan kepada end user di platform mereka.

Baca Juga:

3. Amazon

contoh bmc amazon

Contoh business model canvas selanjutnya datang dari Amazon, perusahaan yang bergerak di bidang web service dan perdagangan berbasis online terbesar di dunia. Amazon menjadi pusat pasar global dengan kehandalan digital yang terus berkembang.

Hal ini sejalan dengan kemampuan salah satu produk cloud computing-nya, Amazon Web Service (AWS), yang melibatkan developer sebagai pelanggan sekaligus mitra di hampir setiap industri dan dari setiap ukuran. Misalnya, perusahaan rintisan (startup), perusahaan, dan organisasi sektor publik.

Selain itu, model bisnis Amazon didasarkan pada tiga unique value proposition. Yaitu harga yang rendah, pengiriman cepat, dan variasi pilihan berbagai produk. Hal tersebut membuat Amazon menjadi brand yang semakin produktif dan beradaptasi terhadap tuntutan baru dengan cara yang cepat, efektif, dan orisinal.

4. Apple

contoh business model canvas apple

Utamanya, model bisnis Apple berfokus pada penjualan produk dan menawarkan layanan melalui subsription atau langganan. Penjualan produk utama Apple seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan MacBook menyumbang persentase besar dalam pendapatan Apple karena mereka sama-sama menjado produk flagship Apple.

Tak berhenti sampai di situ, Apple juga memaksimalkan model bisnis untuk menawarkan layanan-layanan, seperti Apple TV+, Apple Fitness+, Apple Music, iCloud+, dan Apple Arcade. Apple menawarkan model bisnis yang memiliki eksklusifitas fitur produk dan ekosistem perusahaan yang mana mempengaruhi perilaku konsumen dalam penggunaanya. Bahwa konsumen yang menggunakan produk Apple akan menjadi orang yang paling modern.

5. Toyota

contoh bmc toyota

Contoh business model canvas terakhir yang perlu Anda ketahui adalah dari salah satu perusahaan produsen otomotif terbesar di dunia, Toyota. Para businessman juga mengenal The Toyota Way sebagai bagian dari model bisnis berjangka panjang yang membantu pengembangan bisnis secara berkelanjutan.

Toyota memanfaatkan dua cara pemasaran yang memanfaatkan beberapa saluran, yaitu pemasaran tradisional (showroom, dealer, reseller) dan pemasaran digital (website dan media sosial). Baik pemasaran dilakukan secara langsung kepada pelanggan (direct marketing) atau tidak langsung (indirect marketing). Berkat model bisnisnya, Toyota memiliki reputasi brand dan brand awareness yang kuat sehingga mereka senantiasa selalu mengamankan posisi terbaik di pangsa pasar dunia yang signifikan (brand positioning).

Itulah penjelasan singkat beberapa contoh business model canvas yang perlu Anda ketahui, atau mungkin bisa Anda contoh. Bagi Anda yang berencana menjalankan strategi pemasaran tertentu untuk mendukung model bisnis, Anda bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency untuk membantu Anda menyusun perencanaan bisnis terbaik dan efektif. Mulai dari growth hack marketing, inbound marketing, 360 digital marketing, serta data driven marketing yang akan membuat pertumbuhan perusahaan Anda semakin berkembang pesat.

Baca Juga: