Contoh Copywriting Digunakan dalam Pemasaran Online

contoh membuat copywriting

Apakah kamu pernah mendengar istilah copywriting digunakan dalam media pemasaran? Lalu apa itu copywriting? Dan seperti apa contoh copywriting?

Content marketing atau pemasaran konten adalah istilah yang sangat akrab dan lebih sering disebutkan dalam kampanye pemasaran online saat ini.

Pengiklan dan pemasar di lingkungan digital semakin sadar akan pentingnya berinvestasi dan membangun konten.

Namun, untuk memahaminya dengan jelas hierarkis pemasaran konten, sangat sedikit orang yang memahaminya.

Copywriting & content writing adalah dua istilah yang masih cukup awam bagi banyak orang, bahkan banyak orang yang sudah lama melakukan Digital Marketing masih belum memiliki perbedaan yang jelas antara kedua aliran ini.

Artikel hari ini akan membantu Kamu mendefinisikan dengan jelas apa itu copywriting, memberikan beberapa contoh copywriting dan menginformasikan perbedaan copywriting dengan content writing.

Apa itu copywriting?

Banyak orang bingung, memahami ‘copy’ sebagai ‘copy’ dan menganggap bahwa copywriting menyalin konten dari sumber dan menulis ulang.

Copywriting dapat secara sederhana dipahami sebagai bentuk singkat dari “pengolahan kata-kata” untuk menyampaikan pesan dan ide yang paling menonjol kepada audiens target.

Orang yang melakukan copywriting disebut copywriter.

Dengan demikian, copywriter akan menggunakan keterampilan copywriting untuk membuat: Iklan, selebaran, katalog, iklan majalah dan surat kabar, slogan, dll.

Baca Juga :

Manfaat Copywriting

Tujuan copywriting adalah untuk secara langsung meningkatkan kesadaran merek dan membantu pelanggan mengenali keunggulan produk atau merek tersebut di pasar.

Selain copywriting ditulis dengan tujuan utama untuk membujuk pendengar, atau pembaca untuk mengambil tindakan seperti untuk membeli produk atau berlangganan layanan atau untuk menyampaikan tujuan tertentu.

Jenis-Jenis Copywriting

  • Copywriting paling mudah ditangkap dalam bentuk berikut:
  • Nama merk
  • Slogan merek
  • Pesan dari setiap kampanye iklan
  • Konsep/judul film pendek, cerita pendek, video viral
  • Pelajaran humanistik dari strategi periklanan tertentu

Copywriting diekspresikan melalui bentuk-bentuk di atas, sehingga kalimat-kalimat yang dibentuk copywriting biasanya :

  • Singkat
  • Gunakan kata dan frasa yang mengajak atau membujuk
  • Membangkitkan emosi yang kuat, agar membuat pembaca dan pemirsa yang melihat pesan tersebut menjadi tertarik pada suatu merek/produk.

manfaat copywriting untuk perusahaan

Contoh-Contoh Copywriting

Sejak kecil, kita secara tidak sadar telah menemukan banyak contoh copywriting di sekitar kehidupan, tetapi karena kita tidak memperhatikan dan tidak cukup menyadari bahwa itu adalah copywriting.

Copywriting dalam Slogan

Contoh yang paling jelas dan akrab bagi semua orang adalah slogan merek dan merek besar.

Nike

Misalnya dengan Nike, selain logo yang sudah terpatri di alam bawah sadar secara turun temurun, slogan keren Just Do It juga dikaitkan dengan nama dan perkembangan Nike.

Slogan tersebut telah dikaitkan dengan mereka sejak tahun 1970-an, dengan implikasi memotivasi orang untuk selalu maju.
Ini adalah produk copywriting yang telah menyampaikan pesan dari Nike kepada pengguna di seluruh dunia.

Apple

Berbicara tentang Apple, itu dari slogan sederhana yang dibentuk oleh tim copywriting, “Think Different”.

Sangat singkat, copywriting tidak peduli apakah itu panjang atau pendek, selama itu menyampaikan citra merek, produk, kampanye.

Dan sesuai dengan semangat Apple, “Think different” adalah pedoman dan positioning Apple di hati pelanggan.

Membuat pengguna merasa Apple berbeda, unik dan berbeda dari brand teknologi lainnya yang ada di pasaran saat ini.

Slogan merek terlalu mudah untuk Kita sadari bahwa itu adalah copywriting. Jadi apakah copywriting masih digunakan dengan cara lain?

Baca Juga :

Copywriting Pemasaran Online

Copywriting dalam contoh ini adalah teknik untuk membuat tulisan pemasaran yang tepat agar dapat membujuk audiens untuk melakukan suatu tindakan pada sebuah website. Contoh tindakan tersebut adalah berlangganan newsletter, membeli produk atau layanan, melakukan pendaftaran dan tindakan lainnya.

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh copywriting pada pemasaran online yang banyak digunakan saat ini.

1. News Headline

Ketika kamu ingin mengetahui contoh copywriting pemasaran online pertama adalah news headline. Ini adalah teknik pembuatan informasi paling terbaru dari sebuah produk atau layanan. Disini kami akan memberikan contoh dari News Headline digunakan oleh website Honda Indonesia.

Tapi dalam membuat News Headline ini kamu harus lebih berhati-hati jangan terlalu melebih-lebihkan sehingga menyebabkan teknik ini menjadi clickbait. Karena clickbait ini memiliki tujuan untuk mengajak pelanggan mengklik artikel tersebut.

Jadi ketika membuat News Headline kamu harus membuat judul atau banner News Headline sesuai dengan isi konten.

2. Benefit Headline

Contoh kedua adalah Benefit Headline, dengan menggunakan teknik Benefit Headline ini kamu akan dengan mudah mengajak audiens untuk melakukan tindakan dengan mudah. Dalam membuat Benefit Headline kamu juga harus memahami dan melihat terlebih dahulu sudut pandang dari audiens.

Kamu bisa menuliskan berbagai manfaat dari penggunaan layanan atau produk seperti dicontohkan pada website Qwords. Dan ajakan bertindak yang dilakukan website ini adalah audiens untuk mencoba mencari dan cek nama domain terlebih dahulu sebelum membeli.

3. Curiosity Headline

Ketiga adalah contoh copywriting headline pemasaran online untuk sebuah website yang bisa kamu coba terutama untuk website travel. Curiosity Headline ini akan meningkatkan rasa penasaran dari audien untuk mengetahui destinasi wisata sekitar kota yang akan kamu tuju. Contoh jelas pada website travel Airbnb.

Dengan cara ini akan membuat audiens untuk melakukan ajakan bertindak karena penasaran ingin mengetahui destinasi dan akomodasi yang ada di sekitar tempat yang ingin dituju untuk berwisata.

4. Selective Headline

Kemudian contoh copywriting headline lainnya adalah Selective Headline. Untuk jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki pangsa pasar audiens tertentu. Gunakanlah selective headline jika konten yang ingin kamu buat di website untuk golongan tertentu saja.

Pada contoh website projects.co.id, copywriting ditujukan untuk memikat para pebisnis yang membutuhkan bantuan dari freelancer untuk berbagai pekerjaan.

5. Question Headline

Contoh Copywriting headline lainnya adalah Question Headline, dengan cara ini Kamu dapat membuat kedekatan dengan audiens. Dengan menggunakan copywriting pertanyaan ini akan membuat audiens merasa lebih diperhatikan apa yang mereka butuhkan.

Untuk dapat menerapkan jenis Question Headline ini, kamu harus menempatkan posisi sebagai audiens. Sehingga apa yang kamu tulis dalam Question Headline akan membuat orang lebih berkesan atau tertarik untuk melakukan tindakan. Contohnya adalah pada website Tiket.com dengan kata-kata Question Headline : Hey Kamu Mau Kemana?

Dengan mengajak audiens untuk memilih tujuan wisata, tanggal keberangkatan, tanggal pulang dan beberapa pilihan lainnya seperti memilih tiket pesawat, hotel, kereta api, sewa mobil atau even.

Selain contoh copywriting di atas kamu juga bisa menggunakan headline copywriting lainnya seperti :

  • Gimmick Headline
  • Quotation Headline
  • Command Headline
  • Claim Headline
  • You and I Headline
  • Teaser Headline
  • Fear Headline

Jadi jika kamu memiliki website bisnis atau toko online, kamu harus menerapkan beberapa contoh copywriting di atas untuk diterapkan. Sehingga dapat meningkatkan penjualan dan citra merek bisnis yang kamu miliki agar lebih banyak dikenal.

Baca Juga :