Contoh Penerapan Society 5.0 dalam Berbagai Bidang, Mulai dari Kesehatan Hingga Industri

contoh penerapan society 5.0

Topik terkait society 5.0 memang tengah menjadi bahasan hangat saat ini. Terutama di era transformasi digital dan digitalisasi bisnis, seiring dengan perkembangan teknologi. Contoh penerapan society 5.0 sendiri telah merambah ke berbagai macam bidang kehidupan. Mulai dari industri, hingga kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, masyarakat 5.0 atau society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan beragam inovasi dan teknologi. Istilah ini merupakan pengembangan dari industry 4.0, yang menekankan pada pemanfaatan teknologi dan mesin untuk memudahkan kehidupan manusia.

Sedangkan society 5.0 sendiri lebih berfokus pada bagaimana upaya manusia untuk hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi. Sehingga, semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri.

Artinya, masyarakat tetap menjadi objek utama yang mengendalikan dan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kehidupan dan mencapai sustainable development goals (SDGs). Dengan begitu, akan tercipta keseimbangan antara peran manusia (masyarakat) dan pemanfaatan teknologi.

Misalnya adalah pemanfaatan machine learning, Artificial Intelligence (AI), big data, data science, Internet of Things (IoT), atau bahkan robot untuk memudahkan berbagai macam pekerjaan dan proses bisnis. Seperti data analytics yang kini menjadi bagian tak terpisahkan dalam marketing 5.0 sebagai acuan dalam pengambilan keputusan bisnis (decision making). Atau analisis big data yang berguna dalam merumuskan strategi bisnis terbaik berdasarkan prediksi (predictive analytics) dan risk analysis.

Contoh Society 5.0 dalam Berbagai Bidang

contoh society 5.0

Konsep yang pertama kali berkembang di Jepang ini pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan kehidupan yang ideal dengan pemanfaatan teknologi sebagai penunjang kesehatan. Artinya, society 5.0 ini bisa diterapkan dalam berbagai macam bidang.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan masyarakat 5.0 yang bisa Anda pahami:

Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, society 5.0 dapat terwujud dengan penerapan analisis AI yang mencakup beragam jenis informasi. Mulai dari informasi situs perawatan kesehatan, data fisiologis, informasi pengobatan, dan lain sebagainya. Hasilnya, penerapan konsep ini akan memberikan manfaat seperti:

digital marketing agency
  • Membantu mendeteksi penyakit sejak dini melalui pemeriksaan kesehatan otomatis
  • Penggunaan AI yang dapat memberikan data fisiologis secara akurat dan real time
  • Membantu pasien mendapatkan perawatan optimal di mana saja dengan data medis yang terpusat
  • Dapat membantu meringankan beban perawatan melalui penggunaan robot

Baca Juga :

Bidang Mobilitas

Di bidang mobilitas, contoh penerapan society 5.0 adalah big data dalam data warehouse yang mencakup beragam jenis informasi. Misalnya informasi real time tentang cuaca, lalu lintas, dan lain sebagainya.

Adanya analisis ini tentunya akan memudahkan manusia dalam hal mobilitas. Misalnya, seseorang yang bisa memilih rute tercepat saat ingin menuju ke suatu lokasi dengan memperkirakan kemacetan dan cuaca. Serta terciptanya alat transportasi yang bersifat otomatis atau self driving untuk membantu mobilitas orang-orang berkebutuhan khusus.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh adalah:

  • Membantu mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas
  • Mengurangi kemacetan lalu lintas
  • Memungkinkan orang-orang penyandang disabilitas untuk bergerak sendiri dengan penggunaan transportasi self driving
  • Membantu mengurangi emosi CO2 dan mendorong revitalisasi lingkungan

Bidang Agrikultur

contoh penerapan society 5.0 bencana alam

Di bidang agrikultur, peran society 5.0 terwujud dari analisis AI dan big data yang memberikan berbagai informasi mengenai data meteorologi, data pertumbuhan tanaman, kondisi perkembangan pasar, hingga tren kebutuhan pangan. Sehingga, manfaat yang akan diperoleh dari penerapan konsep ini antara lain:

  • Mewujudkan pertanian pintar atau smart farming yang lebih hemat tenaga kerja dan berproduksi tinggi dengan penggunaan traktor
  • Mengotomatiskan pengumpulan data tanaman melalui drone
  • Mengoptimalkan pengelolaan air berdasarkan prediksi cuaca, data sungai, dll
  • Memformulasikan strategi bisnis dan rencana pertanian dengan analisis hasil panen dan prediksi cuaca
  • Membantu memperluas basis pelanggan
  • Membuat produk pertanian yang diinginkan oleh konsumen
  • Membantu meningkatkan produksi pangan dan menstabilkan pasokan
  • Mengurangi limbah makanan, dan merangsang konsumsi

Bidang Manufaktur

Peran society 5.0 di bidang manufaktur juga sangat besar. Dengan adanya konsep ini, maka pelaku industri akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam proses bisnis maupun lean manufacturing secara keseluruhan. Penerapan konsep ini akan memberikan manfaat seperti :

Baca Juga :

Bidang Pencegahan Bencana Alam

contoh penerapan society 5.0 agarikultur

Konsep society 5.0 juga dapat membantu pencegahan bencana alam di daerah rawan bencana. Dengan pemanfaatan teknologi tepat guna, pemerintah tiap daerah dapat mengamati kawasan yang terkena bencana oleh satelit, radar cuaca terestrial, informasi kerusakan berdasarkan struktur sensor, dan lain sebagainya.

Manfaat lainnya adalah :

  • Mendeteksi potensi bencana alam sejak dini
  • Menyediakan informasi tempat berlindung dan bantuan kepada setiap orang melalui smartphone individu dan perangkat lain berdasarkan kondisi bencana
  • Meminimalisir jumlah korban dengan memindahkan masyarakat secara aman ke tempat penampungan
  • Membantu menemukan korban lebih cepat melalui robot penyelamat
  • Pengiriman bantuan secara optimal

Bidang Energi

Di bidang energi, analisis AI dari big data dapat menghasilkan beragam informasi seperti data meteorologi, status operasi pembangkit listrik, status debit/pengisian kendaraan listrik (EV), dan kondisi penggunaan energi dari setiap rumah tangga. Sehingga, konsep ini akan memberikan keuntungan seperti:

  • Menyediakan pasokan energi yang stabil melalui beragam sarana energi berdasarkan perkiraan permintaan dan prediksi cuaca yang akurat
  • Mencapai penghematan energi oleh setiap rumah tangga dengan mengoptimalkan penggunaan energi berdasarkan prediksi pasokan
  • Menyediakan pasokan energi yang stabil dan mengurangi beban lingkungan kita dengan mengurangi emisi

Penerapan Society 5.0 untuk Pembangunan Ekonomi dan Memecahkan Masalah Sosial

Seiring pertumbuhan ekonomi, permintaan energi dan bahan makanan juga turut meningkat. Di Jepang, masalah sosial semakin marak seiring dengan globalisasi ekonomi yang kian maju. Misalnya kesenjangan sosial yang terus meningkat dan persaingan internasional yang parah.

Maka dari itu, perlu adanya tindakan nyata untuk memecahkan masalah-masalah tersebut. Hadirnya konsep society 5.0 membantu  mencapai pembangunan ekonomi dan pemecahan masalah sosial pada saat yang sama.

Konsep ini membantu dalam peningkatan produksi dan pengurangan pengangguran, dukungan industrialisasi berkelanjutan, hingga mengurangi ketimpangan sosial. Dengan begitu, society 5.0 dapat mewujudkan tercapainya pembangunan ekonomi dan solusi untuk masalah sosial secara paralel dalam berbagai bidang kehidupan.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.