Contoh Transformasi Digital di Indonesia

contoh transformasi digital

Perkembangan teknologi yang kian pesat dari waktu ke waktu memang membawa pengaruh signifikan pada setiap aspek kehidupan manusia. Misalnya adalah pengaruh transformasi digital yang kini memunculkan konsep Society 5.0 dan marketing 5.0. Contoh transformasi digital lainnya adalah kecenderungan masyarakat yang kini bergantung pada teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas.

Pada dasarnya, transformasi digital merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan nilai produk (product value). Digital transformation ini  memang menjadi salah satu elemen yang penting Anda terapkan sebagai strategi bisnis di era sekarang. Apalagi mengingat semakin maraknya tren digital marketing yang menjadi strategi pemasaran utama tiap bisnis era sekarang.

Bukan cuma itu saja. Transformasi digital secara menyeluruh juga telah merambah ke hampir semua komponen. Tak hanya pemasaran, namun juga pengolahan data, data mining, penyimpanan data dalam jumlah besar (big data), pengambilan keputusan, hingga pemanfaatan artificial intelligence dalam berbagai bidang.

Manfaat Transformasi Digital

Saat ini, hampir seluruh perusahaan telah menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja bisnis. Setidaknya, ada 3 hal penting yang menjadi dasar atau kunci untuk menerapkan transformasi digital di dalam bisnis. Antara lain:

  • Integrasi antara SDM, bisnis, dan teknologi secara menyeluruh
  • Komitmen dari perusahaan dan seluruh stakeholder, baik internal maupun eksternal, untuk secara konsisten menerapkannya
  • Perusahaan selalu fokus dan loyal dalam melayani setiap konsumen dengan adanya penerapan transformasi digital

Dengan penerapan transformasi digital, perusahaan pun akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Manfaat yang pertama adalah membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Sebab dengan adanya digital transformation, proses bisnis tentunya akan menjadi lebih ringkas. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan secara otomatis, sehingga proses bisnis menjadi lebih cepat.

Misalnya dalam proses data mapping, pemrosesan data, bahkan memperbaiki data mentah dan menganalisis data. Semuanya bisa terintegrasi secara terpusat menggunakan software dan tools yang ada, sehingga semua proses akan berjalan dengan cepat sekaligus menghemat tenaga.

Baca Juga :

digital marketing agency

2. Meningkatkan Mobilitas Perusahaan

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan mobilitas perusahaan. Hal ini tampak jelas dari banyaknya penggunaan alat-alat digital seperti laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya sebagai alat komunikasi.

Sehingga, perusahaan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk meningkatkan penjualan (sales growth) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan mengubah aktivitas bisnis ke basis digitalisasi.

3. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Transformasi digital juga dapat meningkatkan daya saing perusahaan. Sebab, riset menunjukkan bahwa konsumen cenderung memilih perusahaan yang menerapkan teknologi digital. Hal ini karena semua proses menjadi lebih mudah dan meningkatkan customer experience.

Dengan digitalisasi ini, perusahaan pun sekaligus dapat meningkatkan data saing di market share dan mendapatkan posisi di pasar (market positioning), ketimbang kompetitor yang masih menggunakan sistem manual.

Contoh Transformasi Digital di Indonesia

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam praktiknya sudah ada beberapa perusahaan yang sukses menerapkan transformasi digital. Beberapa contoh perusahaan yang telah menerapkan digital transformation di Indonesia antara lain:

1. Tokopedia

Perkembangan e-commerce atau dunia belanja online di Indonesia memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan riset menunjukkan bahwa 90% masyarakat Indonesia lebih menyukai berbelanja secara online ketimbang manual. Alasan praktis tentunya menjadi penyebab utama kenapa berbelanja di e-commerce menjadi pilihan mereka.

Salah satu perusahaan e-commerce yang mendulang sukses besar berkat transformasi digital di Indonesia adalah Tokopedia. Marketplace dari Indonesia ini berdiri pada tahun 2009. Perusahaan ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja, namun sudah terkenal di Asia Tenggara.

Tokopedia merupakan sebuah marketplace untuk transaksi penjualan dan pembelian produk secara online. Konsep marketplace yang mudah dan praktis membuat perusahaan ini menjadi favorit banyak konsumen. Selain itu, desain UI yang nyaman dan meningkatkan user experience juga menjadi daya tarik utama dari marketplace ini. Sehingga tak heran jika banyak pelanggan setia (customer loyal) yang menyukainya.

Kesuksesan Tokopedia terbukti dari banyaknya penghargaan yang marketplace ini dapatkan. Penghargaan tersebut seperti International Data Corporation (IDC) Indonesia yang masuk dalam kategori Digital Transformer of the Year.

Baca Juga :

2. Gojek

Tak bisa kita pungkiri bahwa Gojek seakan sudah menjadi wajah baru dari dunia transportasi di Indonesia. Kesuksesannya dalam menguasai pangsa pasar dan menyasar market segment yang tepat telah membuat Gojek menjadi salah satu perusahaan yang wajib kita perhitungkan.

Gojek berhasil membuat proses menunggu alat transportasi konvensional dan melakukan kegiatan tawar menawar menjadi lebih cepat dan juga sederhana. Cara yang mereka lakukan adalah dengan menyediakan jasa layanan pemesanan satu sentuhan menggunakan aplikasi.

Strategi bisnis ini lalu membuat Gojek menjadi salah satu perusahaan berstatus Decacorn pertama di Indonesia, dengan tingkat valuasi lebih dari 145 triliun di tahun 2019 lalu. Kesuksesannya dalam menguasai pasar jelas karena inovasinya dalam memanfaatkan teknologi digital dan memahami market orientation.

Melalui Gojek, tukang ojek kian meningkat citranya di masyarakat. Hal tersebut karena dengan bergabung di Gojek, para tukang ojek yang awalnya harus menunggu pelanggan dari pangkalan, saat ini bisa melayani pelanggan dari mana saja hanya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

3. OVO

Adanya pandemi secara tak langsung telah mengubah kehidupan masyarakat menjadi serba digital. Termasuk maraknya aplikasi uang digital yang membuat masyarakat tidak perlu berbelanja menggunakan uang real demi menghindari penularan virus.

Salah satu perusahaan asal Indonesia yang sukses dalam bidang ini adalah OVO. Dengan adanya OVO, pelanggan akan lebih mudah dalam melakukan transaksi secara online. Bahkan, pelanggan pun tidak perlu repot membawa dompet maupun uang cash untuk melakukan pembayaran.

Keberhasilan OVO sebagai salah satu perusahaan yang sukses menerapkan transformasi digital terbukti dari sejumlah penghargaan yang diraih. Antara lain penghargaan dari IDC Indonesia dengan kategori Digital Transformer of the Year.

Demikian pembahasan umum contoh transformasi digital. Agar bisnis Anda bisa tetap bertahan di tengah perkembangan zaman yang sangat cepat, maka perusahaan harus selalu melakukan inovasi bisnis. Melalui inovasi tersebut, perusahaan Anda akan semakin kompetitif dalam bersaing dengan brand lainnya.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.