Manfaat dan Perbedaan CRM vs Marketing Automation

Manfaat dan Perbedaan CRM vs Marketing Automation

Dalam tools marketing technology, terdapat CRM dan Marketing Automation. Lalu, seperti apa perbedaan CRM vs Marketing Automation yang perlu Anda ketahui?

Software Customer Relationship Management dan Marketing Automation memberikan manfaat yang serupa bagi sebuah bisnis yang sedang berkembang. Tapi keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mendetail. Karena itu di sini kami akan membahasnya lengkap tentang apa itu CRM vs Marketing Automation.

Bagi Anda pemilik usaha kecil, seperti UMKM, pilihan software yang Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis sangatlah banyak. Banyak pakar marketing memberi saran bahwa Anda harus pintar-pintar memilih teknologi yang relevan dengan bisnis yang Anda miliki saat ini.

Sehingga aktivitas bisnis yang Anda jalankan saat ini memiliki investasi sebuah perangkat lunak yang sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis yang lebih efektif. Sebagai pemilik bisnis UKM, Anda harus mempertimbangkan menggunakan perangkat lunak CRM vs Marketing Automation. Pasalnya, kedua tools marketing technology ini sangat bermanfaat daripada tools yang lainnya.

Untuk melihat lebih detail tentang CRM vs Marketing Automation, Anda perlu menyimak beberapa perbedaan dan manfaat CRM vs Marketing Automation berikut.

Apa itu CRM (Customer Relationship Management)?

CRM atau Customer Relationship Management adalah teknologi berbasis cloud yang dapat membantu Anda merekam dan mengelola perjalanan pelanggan dari titik kontak pertama pelanggan Anda hingga titik pelanggan saat ini berada.

Informasi yang CRM peroleh dapat membantu bisnis Anda mampu membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan. Sehingga hasil dari pengelolaan pelanggan di CRM ini yang dapat meningkatkan bisnis Anda.

Tools CRM akan mencatat pembelian pelanggan, kebiasaan pelanggan ketika membeli barang, dan preferensi pelanggan. Selain itu, jenis martech ini juga mencatat informasi pelanggan lainnya dari demografi, status perkawinan, tanggal lahir dan jenis kelamin.

digital marketing agency

Semua informasi tersebut  dapat Anda analisis apakah mempengaruhi keputusan pembelian atau tidak. Kebanyakan sistem CRM sudah terintegrasi langsung dengan software marketing atau Marketing Automation. Sehingga sistem CRM dapat mengkoordinasi jangkauan pelanggan bisnis Anda dengan marketing campaign lainnya.

5 Manfaat Menggunakan Perangkat Lunak CRM

5 Manfaat Menggunakan Perangkat Lunak CRM

Perangkat lunak CRM dapat membantu bisnis Anda untuk melacak customer journey sampai Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan loyal dengan pelanggan (customer loyalty). Untuk manfaat menggunakan CRM utamanya yaitu:

1. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan semua informasi pelanggan yang Anda dapatkan dari sistem CRM, Anda bisa menjadi lebih tepat waktu untuk menggunakan strategi marketing, strategi sales dan dukungan lainnya kepada pelanggan.

Jika ada pelanggan yang menghubungi Anda secara berulang, Anda dapat menganalisis dengan cepat latar belakang masalah dan mempelajari solusi yang pernah terjadi sebelumnya untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga:

Jika Anda ingin membuat targeted marketing campaign untuk pria yang belum menikah, maka Anda dapat membuat daftar utama semua pelanggan Anda yang memiliki status belum menikah untuk Anda jadikan target market dengan mudah.

Daripada Anda menunggu pelanggan menghubungi Anda untuk mengadukan sebuah masalah atau mencari sebuah kebutuhan, Anda dapat lebih proaktif dengan proactive customer service untuk menghubungi mereka terlebih dahulu untuk mengantisipasi masalah dan kebutuhan yang pelanggan inginkan.

2. Mengotomatiskan Tugas Sehari-hari

Sistem CRM bermanfaat untuk mengurangi beban tugas transaksional dari tim Anda, sehingga mereka bisa lebih fokus kepada pekerjaan lain yang lebih utama dan lebih penting bagi bisnis. Seperti closing sales dan menyelesaikan masalah pelanggan.

Fungsi otomatisasi pada sistem CRM terdiri dari entri data, pembaharuan kontak, manajemen kalender, komunikasi logging, pembaharuan peluang, dan lainnya. Sehingga pekerjaan tim akan lebih fokus pada aktivitas yang lebih meningkatkan pendapatan (revenue).

3. Mempromosikan Kolaborasi Tim

Platform CRM yang baik akan menyimpan detail percakapan dan interaksi dengan pelanggan, informasi kontak, catatan staf, catatan layanan dan dukungan, serta riwayat pembelian.

Penyimpanan data ini memungkinkan penyerahan data yang mudah saat pekerja ganti shift. Selain itu, juga bermanfaat untuk memfasilitasi orientasi yang lebih cepat pada karyawan baru di perusahaan.

Beberapa platform CRM juga memungkinkan banyak orang dalam satu tim untuk mengerjakan tugas bersama, sehingga tim dapat memperoleh informasi terbaru dengan lebih cepat. Dengan sistem CRM ini, semua karyawan dalam tim dapat berkolaborasi dengan lebih baik untuk meningkatkan perjalanan customer experience.

Jadi dengan adanya kerjasama tim yang lebih baik dalam sistem CRM, Anda membuat pelanggan tidak menunggu terlalu lama saat mendapatkan masalah.

4. Pelaporan yang Berwawasan Luas

Sistem CRM memberikan kemampuan pelaporan yang komprehensif sehingga membantu Anda untuk menghitung angka dengan lebih cepat. Selain itu, sistem CRM dapat menyediakan analitik pelanggan Anda untuk dikembangkan dalam kampanye pemasaran berikutnya.

CRM yang baik adalah yang dapat terintegrasi dengan sistem lain, seperti prospek penjualan, email, perangkat lunak panggilan, formulir pendaftaran, media sosial, live chat, dan lainnya untuk menghasilkan data dari fungsi terkait. Sehingga dapat menghasilkan pelaporan pada dasbor yang memiliki data yang lengkap dan holistik.

5. Penjangkauan yang Dipersonalisasi

Setelah Anda mendapatkan data pelanggan bisnis Anda, ini adalah cara cerdas untuk menentukan strategi penjualan yang tertarget dan strategi marketing campaign yang lebih tersegmentasi.
Dengan tampilan menyeluruh dari audiens, industri, dan pasar bisnis, Anda dapat membuat promosi yang dipersonalisasi, posting media sosial dan CRM email marketing campaigns yang dapat mengubah audiens Anda menjadi sales baru atau dapat membuat bisnis berkembang lebih luas.

Baca Juga:

Apa itu Marketing Automation?

Software Marketing Automation (MA) adalah platform atau perangkat lunak yang membantu tim marketing untuk menyampaikan pesan dengan lebih efektif ke berbagai channel marketing, seperti email, media sosial, teks, dan website dengan mengotomatiskan tugas yang berulang.

Kita pastinya semua pernah ditargetkan oleh Marketing Automation menjadi target audience suatu bisnis. Contohnya, saat Anda menerima email blast dari marketplace untuk mengingatkan Anda bahwa Anda telah mengabaikan keranjang belanjaan Anda.

Atau toko buku online mengirimkan email untuk memberitahu Anda bahwa seorang penulis buku yang bukunya pernah Anda beli sebelumnya, memiliki novel keluaran terbaru minggu depan. Tujuan utama dari Marketing Automation adalah untuk mengetahui cara terbaik untuk melibatkan pelanggan agar mereka memungkinkan akan membeli barang yang Anda tawarkan.

3 Manfaat Menggunakan Perangkat Lunak Marketing Automation

Perangkat lunak Marketing Automation tidak perlu mahal. Untuk Anda yang baru memiliki bisnis kecil atau UKM yang ingin mempercepat pertumbuhan laba atas investasi, Anda bisa membeli tools yang dapat menghasilkan pelanggan menjadi leads.

Jika kamu tidak memiliki tim sales dan tim marketing, solusi menggunakan Marketing Automation adalah pilihan yang tepat. Karena sistem Marketing Automation dapat memfasilitasi banyak titik kontak di berbagai channel. Sehingga Anda dapat memastikan tidak ada pelanggan potensial bisnis Anda yang terabaikan.

Berikut ini adalah manfaat Marketing Automation untuk meningkatkan penjualan dan mempercepat pertumbuhan bisnis.

1. Meningkatkan Efisiensi Tim Marketing

Branding campaign saat ini membutuhkan omnichannel marketing dan sangat bergantung pada postingan di media sosial. Sehingga membuat dan memposting beberapa kali sehari di platform seperti Twitter, Meta, Instagram, dan platform media sosial lainnya dapat memakan banyak waktu.

Jika bisnis Anda masih relatif bisnis kecil, penggunaan social media marketing bisa menjadi pekerjaan yang memakan banyak waktu. Dengan adanya Marketing Automation akan membantu bisnis Anda untuk mengotomatiskan tugas-tugas tersebut. Selain itu membuat email campaign, memposting blog, membuat landing page dan tugas lainnya jadi lebih mudah dan cepat.

2. Personalized dan Targeted Marketing Strategy

Perangkat lunak Marketing Automation menawarkan kemampuan untuk melakukan segmentasi pelanggan. Sehingga Anda dapat menargetkan berbagai persona yang terdiri dari basis pelanggan potensial bisnis Anda.

Sistem Marketing Automation dapat mengubah pengunjung website Anda menjadi leads dan memungkinkan Anda untuk mengelompokkannya berdasarkan perilaku dan demografi. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat kampanye iklan tertarget untuk Anda bagikan melalui channel yang paling sering berinteraksi dengan bisnis Anda. Baik itu melalui channel email, Instagram, iklan bergambar atau lainnya.

Dengan adanya segmentasi dan personalisasi ini, Anda memastikan bisnis Anda akan mendapatkan pelanggan yang lebih tertarget untuk menjadikan mereka bersedia membeli produk atau layanan Anda.

3. Pemasaran Jadi Lebih Efektif Melalui Multichannel Campaigns

Marketing Automation akan memastikan bisnis Anda lebih mudah diingat dan dikenal oleh pelanggan.
Email otomatis memiliki rata-rata 86% lebih tinggi tingkat keterbacaan dan menghasilkan 196% lebih tinggi tingkat klik tayangnya. Email otomatis berpotensi menghasilkan pendapatan 320% lebih tinggi daripada dengan email promosi lainnya.

Selain mengotomatis email, Anda juga dapat mengotomatiskan posting blog, posting media sosial, dan lainnya yang menjamin pesan pelanggan terima secara teratur yang tidak mungkin dilakukan secara manual. Dengan menjangkau pelanggan di berbagai channel, bisnis Anda dapat membangun profil pelanggan yang lebih komprehensif, menjalankan kampanye iklan lebih tertarget, dan tingkat konversi prospek penjualan yang meningkat.

Pada beberapa titik, bisnis yang sedang berkembang akan membutuhkan CRM vs marketing automation karena keduanya saling melengkapi dan secara signifikan mengurangi tugas manual yang membosankan.

Tapi tak ada salahnya juga untuk mengkombinasikan marketing technology tersebut dengan strategi marketing unggulan seperti search engine marketing, social media marketing, growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing. Apabila Anda belum familiar dengan penerapan teknik marketing di atas, Anda bisa memanfaatkan jasa digital marketing agency terbaik di Indonesia.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.