Cara Merancang Customer Loyalty Program yang Efektif untuk Mempertahankan Pelanggan

customer loyalty program adalah

Tidak perlu frustasi jika Anda merasa kesulitan mempertahankan pelanggan. Coba renungkan kira-kira strategi apa yang membuatnya gagal? Barangkali Anda harus mencoba customer loyalty program!

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Jika Anda memiliki nilai buruk dalam hal ini, maka untuk bisa survive pun akan sulit. Terlebih dunia bisnis yang semakin ketat persaingannya dari waktu ke waktu.

Pengertian Customer Loyalty Program

Pada dasarnya, customer loyalty program adalah sebuah program penghargaan yang ditujukan pada konsumen agar mereka tetap menjadi loyal menggunakan suatu produk/jasa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan customer loyalty agar bisnis bisa tetap survive dalam waktu lama.

Mungkin Anda pernah menemui program seperti ini tanpa menyadarinya. Sebenarnya, sudah cukup banyak perusahaan yang mengaplikasikannya agar produk/jasanya tetap menjadi pilihan.

Alasan Sebuah Bisnis Perlu Program Loyalty untuk Pelanggan

Jika Anda ragu untuk membuat program seperti ini, ada baiknya untuk memahami beberapa alasan kuat yang mendukungnya seperti berikut ini.

Konsumen Baru Cenderung Labil

Perlu Anda ketahui bahwa loyalitas konsumen lama memang patut diapresiasi, terlebih jika sudah berlangganan lama. Sedangkan konsumen baru seringkali masih mencoba-coba berpindah-pindah brand.

Menjaga Pelanggan Lama Lebih Mudah Dilakukan

Dalam dunia bisnis, menjaga konsumen yang sudah lama cenderung lebih mudah daripada mencari yang baru. Jangan sampai Anda terlalu fokus promo untuk memikat leads dengan mengesampingkan customer retention.

Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menunjukkan ketertarikan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan setelah melihat strategi pemasaran.

digital marketing agency

Konsumen Lama Lebih Menguntungkan

Dengan mempertahankan konsumen lama, Anda bisa mendapatkan pendapatan yang lebih pasti. Hal ini karena mereka tidak akan berpikir lama untuk membeli produk Anda.

Baca Juga :

Contoh Customer Loyality Program

Setelah memahami pengertiannya, mungkin saat ini Anda sudah ada bayangan bagaimana bentuk program loyalty ini. Agar lebih mudah memahaminya, berikut contoh program kesetiaan pelanggan:

Program Membership

Biasanya pelanggan akan tertarik menjadi bagian dari membership karena bisa mendapatkan promo khusus. Misalnya untuk produk X mendapatkan diskon sekian persen untuk pelanggan yang memiliki membership.

Tentunya , tidak semua pelanggan akan mendapatkan promo ini. Oleh karena itu, Anda bisa mengadakan program ini agar konsumen tetap tertarik.

Sistem Poin

Semakin sering pelanggan berbelanja di tempat Anda, maka semakin banyak poin yang mereka dapatkan. Nantinya, poin tersebut bisa ditukar menjadi hadiah yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Dengan demikian, pelanggan pun akan merasa senang hati berbelanja di tempat Anda. Untuk menerapkan program ini, tentukan waktu yang tepat untuk pelanggan menukarkan poinnya.

Cashback

Setiap pelanggan pasti akan merasa senang mendapatkan cashback dari belanja yang mereka lakukan. Anda bisa membuat program cashback sekian persen dengan minimal pembelian tertentu.

Diskon

Diskon atau potongan harga memang menjadi hal yang paling konsumen nantikan. Jika sering memberikan diskon, pelanggan tentu akan cenderung terus membeli produk Anda, bahkan setia pada brand (brand loyalty). Terlebih jika produk tersebut memang memuaskan

Buy 1 Get 1

Promo beli 1 gratis 1 memang selalu menarik perhatian. Tidak sedikit pelanggan yang akan langsung membeli produk tersebut jika bisa mendapatkan satu produk lagi secara gratis.

Baca Juga :

Keuntungan Customer Loyalty Program

keuntungan customer loyalty program

Mengadakan program untuk mendapatkan kesetiaan konsumen jelas memberikan banyak manfaat. Jika bisnis Anda belum mengaplikasikannya, alangkah baiknya untuk segera melakukannya.

Namun, apa saja keuntungan melakukan program ini?

Menjalin Koneksi yang Baik dengan Konsumen

Menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen merupakan hal krusial yang tidak boleh dilewatkan. Kesempatan ini bisa Anda wujudkan dengan mengadakan program loyalty ini.

Program penghargaan tersebut akan membuat pelanggan memberikan feedback yang baik terhadap bisnis Anda. Hubungan dengan pelanggan pun akan terikat semacam emosi positif sehingga mereka enggan berpaling.

Berbeda Daripada Pesaing

Dunia bisnis memang begitu ketat, tanpa perencanaan bisnis yang tepat akan sulit untuk bisa bertahan. Di masa sekarang, Anda harus pandai membuat bisnis berbeda daripada pesaing.

Anda akan merasakan manfaat program penghargaan pelanggan ini seiring berjalannya waktu. Dengan program tersebut, bisnis Anda akan lebih menonjol dari yang lain.

Tak heran jika semakin banyak pebisnis yang melakukan program loyalitas ini. Buat program semenarik mungkin untuk memperbesar kemungkinan pelanggan akan membeli produk Anda lagi.

Mewujudkan Customer Advocacy

Keuntungan ini bisa Anda dapatkan jika membuat customer loyalty program yang menarik. Bahkan pelanggan tak segan akan merekomendasikan produk/jasa tersebut kepada kerabat/teman.

Hal ini disebut sebagai customer advocacy atau advocay marketing di mana secara tidak langsung customer mempromosikan produk Anda.

Jika para konsumen dengan sukarela mempromosikan, tentunya akan sangat menguntungkan bukan? Anda bisa lebih menghemat dana yang harus Anda keluarkan untuk kampanye brand awareness.

Baca Juga :

Cara Merancang Customer Loyalty Program

Jika Anda mulai tertarik merancang program ini, maka untuk merancangnya pun membutuhkan teknik yang tepat. Hal ini supaya program tersebut menjadi tepat sasaran dan sesuai target pasar. Berikut beberapa tipsnya:

Pahami Customer

Sebelum merancang program loyalty, cobalah untuk memahami keinginan pelanggan terlebih dahulu. Jika perlu, lakukan riset pasar agar hasilnya bisa Anda jadikan latar belakang pembuatan program.

Agar lebih mudah mempelajari pelanggan, pastikan beberapa pertanyaan ini bisa terjawab:

  • Sudah berapa lama mereka menjadi pelanggan  produk/jasa Anda?
  • Berapa keuntungan yang dihasilkan dari penjualan?
  • Bisakah Anda menjual produk berbeda jenis pada mereka?
  • Apakah mereka sudah merasa puas dengan produk Anda?

Dengan memahami pelanggan sebaik mungkin, hal ini akan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan. Terutama ketika memikirkan konsep dan desain program penghargaan yang cocok.

Untuk bisa memahami pelanggan, coba lakukan survei kecil-kecilan sehingga bisa mengumpulkan customer data yang valid.

Siapkan Budget untuk Program

Walau bagaimana pun juga , program loyalty ini memang membutuhkan sejumlah dana.  Bahkan hal ini menjadi kunci kesuksesan program yang Anda buat. Tanpa adanya modal, bagaimana Anda bisa mengadakan strategi promosi terutama yang berhadiah?

Agar bisnis tetap bisa berjalan dengan baik, Anda juga harus mengelola budget untuk operasional dan program khusus dengan baik. Jika melakukan program ini tanpa perhitungan, mungkin bukan keuntungan yang didapatkan.

Oleh karena itu, pisahkan secara khusus bugdet untuk meningkatkan retention. Dengan demikian, Anda juga bisa menambah konsumen baru. Agar semakin tepat sasaran, sebaiknya lakukan konsultasi dengan ahlinya agar bisa menciptakan program loyalty yang tepat dan efektif.

Tentukan Pelanggan yang Akan Diikutsertakan dalam Program

Agar program bisa segera terealisasikan, Anda harus menentukan pelanggan mana saja yang akan dimasukkan ke dalamnya. Bagaimana memilih pelanggan yang tepat? Setidaknya, perhatikan beberapa aspek penting berikut ini:

  • Volume pembelian yang dilakukan
  • Jangka waktu merek loyal menggunakan produk/jasa
  • Kecepatan dan ketepatan pembayaran
  • Kemampuan membeli produk dalam jumlah banyak

Misalnya untuk program cashback akan diberikan pada pelanggan yang loyal dengan produk Anda selama satu tahun. Namun, perhatikan pula aspek-aspek lainnya sesuai standar perusahaan.

Sebuah bisnis yang menjalankan customer loyalty program dengan baik cenderung lebih bisa bertahan. Selain itu, keuntungan yang didapatkan pun lebih stabil, bahkan terus bertambah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengapresiasi pelanggan loyal dengan mengadakan program-program tersebut.

Selain menerapkan customer loyalty program, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.