Cara Menerapkan Customer Retention Marketing Yang Efektif

customer retention marketing adalah

Bisnis yang sukses harus tahu bagaimana memanfaatkan pelanggan lama dan baru. Mengacu pada mempertahankan pelanggan lama, orang sering menggunakan istilah Customer Retention Marketing. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Customer Retention, yuk cari tahu bersama tentang strategi marketing satu ini melalui artikel di bawah ini!

Apa itu Customer Retention Marketing?

Customer Retention Marketing adalah mempertahankan pelanggan yang sudah Anda miliki saat ini dengan cara mempertahankan pelanggan tersebut agar terus menggunakan produk atau layanan bisnis Anda. Karena pelanggan terus bertahan dengan bisnis, penjualan dan keuntungan juga akan meningkat.

Customer Retention Marketing bukan hanya tindakan sederhana, ini dianggap sebagai strategi bisnis yang penting untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Strategi ini merupakan keseluruhan proses dari pertama kali pelanggan melakukan kontak dengan bisnis sampai mereka membelinya lagi nanti.

Strategi mempertahankan pelanggan lama lebih mudah diterapkan oleh bisnis yang sudah mapan daripada untuk bisnis baru.

Mengapa Customer Retention Marketing Penting Bagi Bisnis?

Menurut statistik, hanya ada peluang 5-20% untuk menjual ke pembeli baru, tetapi ada peluang 60-70% untuk menjual ke pelanggan Anda yang sudah ada. Selain itu, biayanya 5 sampai 25 kali lebih banyak akan dikeluarkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Berikut ada 4 alasan khusus bagi bisnis untuk mempertahankan pelanggan :

Meningkatkan Closing Pesanan

Ketika seorang pelanggan telah menggunakan produk Anda, itu berarti Anda telah membangun kepercayaan kepada mereka. Oleh karena itu, tingkat closing untuk pelanggan lama selalu jauh lebih tinggi daripada pelanggan yang tidak pernah menghubungi bisnis tersebut. Namun, jika produk/jasa mengecewakan mereka, persentasenya akan berkurang.

Baca Juga :

Menghemat banyak uang

Membuat pelanggan terus datang kembali untuk membeli produk atau layanan sehingga akan membantu bisnis menghemat banyak biaya.

  • Biaya dan sumber daya untuk memperkenalkan peluncuran produk baru dan lainnya.
  • Biaya pertemuan dengan pelanggan.
  • Waktu dan biaya untuk bernegosiasi dan menandatangani kontrak.

Meningkatkan pendapatan dan keuntungan

Memanfaatkan basis pelanggan yang sudah ada adalah cara yang lebih sederhana untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis daripada memasarkan ke prospek baru. Yang terpenting, pertahankan pelanggan yang sudah ada dengan cara menginvestasikan waktu, uang, dan tenaganya. Hal ini akan meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis.

Peluang untuk meningkatkan produk Anda

Mempertahankan pelanggan akan membantu bisnis meningkatkan kepuasan pelanggan dengan suatu produk atau layanan. Bisnis akan memiliki kesempatan untuk mendengarkan umpan balik dari pelanggan, sehingga mengetahui di mana produk atau layanan bisnis Anda yang terkuat dan terlemah. Sehingga, Anda dapat membuat rencana dan strategi untuk meningkatkan produk tersebut.

Rumus Menghitung Tingkat Customer Retention Marketing

rumus menghitung customer retention marketing

Tingkat Customer Retention Marketing secara kasar diterjemahkan menjadi: Tingkat Customer Retention, adalah indikator persentase pelanggan yang terus kembali menggunakan produk atau layanan bisnis selama periode waktu tertentu.

Tergantung pada bisnis dengan strategi yang berbeda, indeks ini juga dihitung dalam periode waktu yang berbeda. Biasanya akan tergantung pada siklus belanja dan seberapa sering pelanggan berbelanja.

Rumus untuk menghitung Customer Retention Rate :

CRR = (CE – CN)/CS*100%

Artinya :

  • CE: Jumlah pelanggan saat ini pada akhir periode tertentu.
  • CN: Jumlah pelanggan baru pada periode tersebut.
  • CS: Jumlah pelanggan pada awal periode tersebut.

Berdasarkan indeks ini, bisnis dapat membangun strategi yang tepat untuk mempertahankan pelanggan lama, sehingga mengembangkan bisnis secara tepat waktu dan efektif.

Baca Juga :

Cara Menerapkan Customer Retention Marketing Yang Efektif

Buat kesan pertama yang baik saat menjual produk/layanan ke pelanggan

Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk membuat kesan pertama untuk kedua kalinya. Jadi usahakan dalam kesan pertama, Anda harus memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan memastikan proses yang dilalui konsumen semulus mungkin.

Ini membantu mereka mengingat citra bisnis Anda, kesan pertama akan lebih positif. Sehingga meningkatkan kemungkinan untuk kembali dan merekomendasikan produk Anda kepada keluarga dan teman.

Menerapkan program khusus untuk pelanggan setia

Program loyalitas juga dikenal sebagai program Customer Retention karena digunakan secara efektif untuk meningkatkan frekuensi pembelian.

Buat program ini untuk mendorong konsumen melakukan pembelian berulang dengan imbalan hadiah atau voucher diskon. Anda dapat melakukan ini dengan menginstruksikan mereka untuk membuat akun loyalitas, kartu member loyalitas, dll.

Rutin berinteraksi dengan pelanggan

Tetap berhubungan dan berinteraksi secara teratur dengan pelanggan yang sudah ada adalah sesuatu yang perlu Anda ingat. Email marketing menjadi strategi yang efektif untuk pemasaran dan retensi pelanggan. Bisnis menggunakannya untuk membangun hubungan positif dengan pelanggan mereka.

Melalui email, bisnis dapat mengirimkan penawaran khusus, pembaruan produk/layanan, ucapan selamat ulang tahun, atau ucapan selamat kepada pelanggan Anda.

Ungkapkan rasa terima kasih

Pelanggan selalu cenderung beralih ke produk pesaing alih-alih bertahan dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, mengirimkan ucapan terima kasih akan membantu bisnis menciptakan simpati bagi pelanggan.

Ini memiliki efek jangka panjang dalam mempertahankan pelanggan Anda yang sudah ada. Berterima kasih kepada pelanggan akan menunjukkan bahwa bisnis Anda menghargai pembeli.

Mengekspresikan rasa terima kasih bisa sesederhana mengirim catatan terima kasih atau menawarkan hadiah seperti diskon khusus, produk gratis, dan penawaran khusus.

Berterima kasih kepada pelanggan Anda di media sosial juga merupakan cara yang terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka.

Baca Juga :

Tanggapi umpan balik pelanggan

Banyak bisnis kehilangan sumber daya ketika mereka tidak mendengarkan umpan balik pelanggan mereka. Selalu bersiaplah untuk membuat langkah yang baik untuk menerima komentar pelanggan. Tunjukkan kepada mereka betapa pentingnya kontribusi mereka bagi bisnis Anda.

Jangan hanya fokus pada pemasaran produk Anda dan menganggap itu akan menyelesaikan masalah pelanggan Anda. Jangkau pelanggan Anda untuk menemukan solusi yang mereka butuhkan, dan bagaimana Anda dapat menyelesaikannya.

Bagikan konten yang bermanfaat

Konten marketing adalah bagian penting dari Customer Retention Marketing karena memelihara pelanggan baru dan lama. Konten dapat mencakup:

  • Ajak pelanggan Anda mulai mengenal produk Anda dengan membagikan tips dan trik
  • Pikat pelanggan potensial dengan menunjukkan kepada mereka keunggulan produk Anda
  • Memberikan informasi kepada pelanggan tentang fitur produk dan acara peluncuran produk baru di bisnis Anda

Membangun loyalitas dan antusiasme dari karyawan

Loyalitas karyawan juga menentukan tingkat Customer Retention Marketing. Semakin puas karyawan Anda dengan bisnis Anda, semakin banyak pelanggan Anda akan merasa puas dengan pelayanan bisnis Anda.

Anda harus memastikan karyawan Anda memiliki sumber daya yang mereka butuhkan  untuk melakukan pekerjaan mereka agar lebih efektif.

Selain itu Anda juga harus memberikan pujian dan pengakuan ketika karyawan melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Ketika karyawan menerima pujian untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, mereka cenderung mengulanginya.

Kesimpulannya menjangkau pelanggan baru sangat penting. Namun, mempertahankan pelanggan lama bahkan lebih penting. Artikel ini telah memberi Anda informasi dasar tentang Customer Retention Marketing, dengan harapan dapat membantu Anda menerapkan strategi Customer Retention Marketing yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.