5 Cara Meningkatkan Customer Value Suatu Bisnis

customer value adalah

Saat ini setiap bisnis harus bekerja sangat keras untuk menciptakan customer value terbaik kepada pelanggan. Jadi jika bisnis tidak memenuhi kebutuhan pelanggan yang tinggi, konsumen akan cenderung kurang loyal terhadap bisnis. Untuk meningkatkan customer value kamu perlu memperhatikan beberapa faktor berikut.

Apa itu Customer value?

Customer value adalah totalitas manfaat yang diterima pelanggan setelah membeli dan menggunakan produk, jasa atau layanan. Nilai-nilai tersebut meliputi manfaat dari produk atau jasa seperti fitur, harga, brand, kualitas produk.

Value adalah yang hal subjektif dimana konsumen bisa merasa tidak puas dengan value yang diterimanya. Karena produk atau layanan yang mereka beli tidak sesuai dengan kebutuhan atau keinginan mereka.

Tetapi nilai ini juga tidak sepenuhnya di tangan konsumen, karena jika kamu merasa tidak bisa memenuhi keinginan dari konsumen. Kamu dapat mempengaruhi mereka dengan menerapkan strategi marketing yang tepat agar bisa mendapatkan customer value yang terbaik.

Baca Juga :

Bagaimana Mengukur Customer Value?

Saat ini ada banyak formula dan model yang dibuat untuk menilai Customer value. Rumus paling sederhana yang bisa kamu gunakan adalah:

Customer value = Manfaat yang dirasakan / Biaya

Tetapi pada kelompok manfaat tertentu, ketika biaya meningkat maka nilai yang konsumen rasakan akan menurun. Ini merupakan poin penting yang perlu kita ingat. Nilai di sini tidak selalu mengacu pada sebuah harga produk atau layanan saja, tetapi juga mengacu pada manfaat apa saja yang dirasakan pelanggan saat membelanjakan uang mereka. Secara harfiah, biaya hanyalah salah satu bagian dari persamaan ini.

Ketika terdapat 2 produk yang mirip, dengan tampilan desain yang sama, umumnya hanya bersaing dalam hal biaya atau harga. Tetapi jika terdapat 2 produk yang berbeda maka tidak selalu bersaing dalam hal biaya atau harga. Produk juga tidak hanya dibedakan oleh fiturnya saja tetapi juga dapat dibedakan dengan mereknya.

Jika Toyota mengeluarkan model baru, Kamu secara otomatis akan menganggapnya sebagai mobil yang handal. Jika produsen mobil lain meluncurkan mobil dengan desain serupa, mungkin tidak dapat bersaing dengan Toyota karena mereka tidak menerima umpan balik pelanggan yang sama dengan merek Toyota yang sudah lebih terkenal.

Ini dapat diartikan bahwa brand atau merek juga mempengaruhi Value konsumen dalam sebuah pemasaran.

Hal ini juga berlaku dalam Content Marketing. Ambil contoh seperti:

Customer value dari sebuah blog = Pengetahuan atau manfaat yang diperoleh / Waktu membaca

Customer value dari posting blog terbaru dapat diukur dengan manfaat yang dirasakan pembaca dari membaca konten yang Kamu berikan dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh manfaat tersebut.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Menciptakan Customer Value?

Customer value tercipta bukan hanya dari cara karyawan menyapa pelanggan atau sikap staf penjualan selama melayani pelanggan, tetapi merupakan hasil dari keseluruhan proses pemasaran.

Mulai dari riset pasar, penentuan Positioning, pemasaran, pengembangan produk, produksi, distribusi, promosi dan komunikasi. Setiap tahapan harus dilakukan secara konsisten sesuai dengan rencana dan strategi pemasaran yang telah ditetapkan.

Berikut ini adalah cara sebuah bisnis untuk menciptakan Value Konsumen yang baik :

  • Riset pasar: Cari tahu tentang kebutuhan, karakteristik, dan preferensi pasar yang ingin ditargetkan oleh bisnismu.
  • Positioning: Pilih segmen target pasar yang dapat dilayani dengan baik oleh bisnismu.
  • Pengembangan dan Produksi Produk: Menciptakan produk atau layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan target pasar ditambah dengan layanan tambahan untuk melengkapi proses pengembangan bisnis.
  • Distribusi: Membangun jaringan distribusi yang baik, sehingga pelanggan tertarget dapat mengakses produk dengan mudah dan nyaman.
  • Promosi dan komunikasi: Konsistensi dalam mempromosikan produk atau layanan dan meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan dapat meningkatkan Customer Value dengan lebih baik.

manfaat customer value adalah

5 Cara Meningkatkan Customer Value Untuk Bisnis

1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Saat ingin meningkatkan value konsumen, cara terbaik untuk memulai adalah menganalisis pengalaman pelanggan bisnis mu.

Buat peta perjalanan pelanggan dengan menguraikan setiap langkah yang diambil pelanggan saat membeli sesuatu dari bisnis mu, dan cari interaksi yang dapat menyebabkan masalah dalam pengalaman pelanggan.

Saat Kamu dapat memvisualisasikan setiap tindakan yang dilakukan pelanggan, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi peluang yang bisa kamu tambahkan untuk menambah nilai konsumen menjadi lebih baik. Cara menambahkan nilai ini bisa dengan cara membuat ebook gratis, webinar gratis, software gratis atau lainnya.

2. Tidak Hanya Berfokus Pada Harga

Untuk beberapa bisnis, sulit untuk bersaing hanya melalui harga. Terkadang biaya untuk membuat suatu produk tetap dan tidak ada cara bagi bisnis untuk dapat menurunkan harganya.

Namun, bukan berarti Kamu tidak dapat membuat penawaran yang kompetitif di industri yang Kamu jalankan.

Di sinilah Kamu harus mencari cara alternatif untuk menambah nilai pada pengalaman pelanggan. Ingatlah bahwa kebutuhan pelanggan berkisar dari kenyamanan hingga kinerja dan ada banyak manfaat non-moneter yang dapat meyakinkan orang untuk membeli produk Anda.

3. Mengumpulkan Data Pelanggan

Sulit untuk membuat perubahan yang efektif jika Kamu hanya melihat Customer value dari perspektif bisnis. Sebaliknya, Kamu harus fokus pada nilai yang didapatkan pelanggan dari produk atau layanan bisnis mu.

Untuk melakukan itu, Kamu memerlukan akses ke data pelanggan secara kuantitatif dan kualitatif. Dengan itu, tim manajemen akan memiliki fakta, data dan statistik untuk mendukung perubahan yang harus dilakukan.

Selain itu, penting untuk mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif karena ini akan memberimu kumpulan data beragam yang mencakup statistik mendalam dan masukan dari pelanggan bisnis mu.

4. Targetkan Pelanggan Yang Paling Setia

Kamu mungkin berpikir bahwa pelanggan setia pastinya sudah mendapatkan value baik dari bisnis yang kamu jalankan.

Walaupun mereka sudah setia menjadi pelanggan bisnis mu, bukan berarti kamu tidak perlu meningkatkan customer value kepada mereka. Memasukkan manfaat tambahan melalui program loyalitas untuk dapat menciptakan nilai lebih bagi pelanggan setia terhadap bisnismu.

Cara pendekatan ini tidak hanya mempertahankan pelanggan setia bisnismu, tetapi juga dapat membuat tertarik pelanggan baru untuk menjadi pelanggan setia.

Misalnya, Kamu dapat minta pelanggan setia untuk mengirimkan ulasan atau menulis testimonial dan membagikan pengalaman positif setelah menggunakan produk atau layanan dan mereka akan kamu berikan point, reward atau diskon khusus.

Apalagi 93% konsumen akan melihat ulasan atau testimoni produk saat mereka ingin membuat keputusan pembelian. Jadi dengan menggunakan metode ini akan menambahkan manfaat lain seperti meningkatkan penjualan selain meningkatkan customer value.

Baca Juga :

5. Segmentasikan Basis Pelanggan

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, value konsumen dapat bervariasi tergantung siapa yang Kamu targetkan. Karena setiap pelanggan memiliki kebutuhan serta tujuan yang berbeda-beda. Hal ini membuat perbedaan dalam cara mengukur Customer Value pada suatu bisnis.

Itulah mengapa penting untuk mengelompokkan basis pelanggan bisnis mu ke dalam audiens target yang spesifik. Mulailah dengan mengelompokkan pelanggan bisnismu dengan cara menggunakan data pelanggan untuk mengidentifikasi perilaku pembelian tertentu .

Setelah pengelompokan pelanggan dibuat, kamu dapat mengukur value konsumen untuk setiap kelompok tersebut dengan lebih mudah.

Manfaat Customer Value Dalam Pemasaran

Apa manfaat Customer Value dalam pemasaran? Manfaatnya adalah sebagai berikut :

  • Customer Value memainkan peran inti dalam strategi pemasaran sebagian besar bisnis saat ini. Terutama untuk sebuah bisnis yang sudah besar dengan kesadaran merek yang tinggi seperti Honda, Apple, Chanel, Gucci, Mercedes, dan perusahaan besar lainnya. Bisnis ini tidak hanya menyediakan produk dan layanan, tetapi juga menyediakan banyak value lainnya kepada konsumen.
  • Dengan meningkatkan Customer Value, suatu bisnis bisa memiliki kelebihan dibandingkan dengan pesaing sehingga berpengaruh besar pada keputusan pembelian konsumen.

Untuk menjalankan dan menjaga Customer Value adalah aktifitas panjang dan harus dikerjakan terus. Perusahaan anda bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu perusahaan anda dalam membangun dan mempertahankan Customer Value.

Strategi marketing lainnya yang bisa di implemtasikan growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing perusahaan untuk menjaga loyalitas customers.