Mengenal Data Analyst dan Perannya dalam Bisnis

data analyst

Saat ini, mayoritas industri telah menggunakan data sebagai bagian penting perusahaan. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya transformasi digital di berbagai niche bisnis. Inilah sebabnya, data analyst memiliki peran krusial untuk menunjang kelancaran business process dan pertumbuhan bisnis.

Hal ini tentunya tidak luput dari kebutuhan mayoritas perusahaan akan pengolahan data (data management). Mengingat seiring dengan perkembangan bisnis, maka data yang perusahaan miliki juga akan terus bertambah hingga mencapai jumlah yang besar (big data). Sehingga perusahaan membutuhkan adanya tenaga ahli untuk membantu menganalisis big data tersebut.

Tujuannya adalah untuk memudahkan perusahaan dalam menerjemahkan data dan mengelolanya menjadi informasi yang berguna, termasuk untuk mengambil keputusan bisnis. Misalnya untuk keperluan perancangan strategi bisnis, perencanaan bisnis, pembuatan model bisnis, merapikan data konsumen (customer data), merancang strategi marketing campaign (kampanye pemasaran), dan lain sebagainya.

Apa Itu Data Analyst?

Melansir dari Morning Futuredata analyst adalah profesi yang berkaitan dengan analisis data. Di mana orang-orang yang menjadi analis tersebut bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menyimpan data dari berbagai sumber, mempelajarinya, kemudian menganalisnya untuk membantu keputusan bisnis.

Adapun cara yang analyst menganalisis data-data tersebut tidaklah sembarangan. Melainkan perlu adanya keterampilan dan dukungan dengan menggunakan teknologi khusus. Inilah kenapa profesi analyst ini sangat diperlukan oleh perusahaan di berbagai sektor bisnis.

Berdasarkan data dari World Economic Forum, data analyst menjadi salah satu profesi yang paling menjanjikan dan memegang peran krusial dalam mendukung perkembangan bisnis maupun growth rate perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Data Analyst

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, seorang data analyst memegang tugas dan tanggung jawab penting dalam proses pengolahan dan analisis data-data perusahaan.

Beberapa tugas dan tanggung jawab analis data yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah:

digital marketing agency

Proses analisis data sendiri terdiri dari berbagai macam metode sesuai dengan kebutuhan. Misalnya analisis deskriptif untuk menggambarkan dan menerjemahkan data agar lebih mudah dipahami. Analisis prediktif untuk membantu proses forecast bisnis (misalnya sales forecasting, marketing forecasting, dan financial forecasting), hingga analisis prekriptif yang merupakan kombinasi antara keduanya.

Baca Juga :

Keterampilan Data Analyst

skill data analyst

Seperti pemaparan di atas, seorang data analyst harus memiliki keterampilan dan kualifikasi untuk menganalisis data-data perusahaan. Terdapat tiga kemampuan dasar yang harus seorang analyst miliki. Antara lain :

1. Keterampilan Analisis

Kemampuan yang pertama tentunya adalah keterampilan dalam menganalisis data-data perusahaan. Dengan kemampuan ini, seorang analyst harus bisa mempelajari, mengidentifikasi, hingga mendapatkan informasi atau insights dari data-data yang ada secara sistematis.

Sebab dari hasil analisis tersebut, perusahaan akan menjadikannya sebagai acuan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat kedepannya. Bahkan, bisa saja hasil analisis ini akan menjadi business metrics atau metrik yang mengukur performa bisnis perusahaan.

2. Mengidentifikasi Bisnis

Berkaitan dengan poin pertama, profesi analyst pada dasarnya menjadi kunci penting dalam perkembangan bisnis. Pasalnya, data-data hasil analisis nantinya akan berguna sebagai acuan untuk kemajuan dan perkembangan bisnis kedepannya. Sehingga, kemampuan mengidentifikasi bisnis adalah keterampilan dasar yang harus analyst miliki.

3. Komunikasi

Bukan hanya kemampuan teknikal saja. Seorang analyst juga harus memiliki kemampuan mumpuni dalam berkomunikasi. Tujuannya adalah agar proses penyampaian hasil analisisnya menjadi lebih jelas kepada pihak yang membutuhkan.

Bayangkan apabila seorang analyst tidak dapat menyampaikan hasil kerjanya dengan baik. Maka perusahaan pun akan kesulitan untuk memahaminya dan menjadikannya sebagai acuan dalam penyusunan growth strategy yang berguna untuk kesuksesan bisnis. Inilah sebabnya, keterampilan berkomunikasi menjadi skill dasar yang harus analyst miliki.

Demikian adalah ulasan mengenai apa itu profesi data analyst, tugas dan tanggung jawabnya, serta keterampilan apa saja yang diperlukan. Pada dasarnya, profesi ini memegang peran penting dalam perkembangan perusahaan. Sebab perlu adanya pengelolaan dan analisis data-data yang perusahaan miliki dengan tepat dan efektif, agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dalam mencapai tujuan dan target bisnis.

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.