Manfaat, Jenis dan Tahapan Proses Data Enrichment

data enrichment adalah

Mengetahui proses Data Enrichment penting bagi sebuah bisnis saat ini. Pada era informasi saat ini data merupakan aset yang sangat bernilai bagi siapapun, termasuk sebuah bisnis.

Agar data menjadi lebih berguna dan bermanfaat. Perusahaan perlu mengolah data dengan cara menganalisisnya.

Salah satu bagian penting dalam proses analisis data adalah Data Enrichment. Proses Data Enrichment saat ini menjadi sangat penting bagi bisnis. Menurut statistik tahun 2018 sudah ada 80% perusahaan menggunakannya.

Pengertian Data Enrichment

Data enrichment adalah alat dan proses yang dilakukan guna meningkatkan atau memperbaiki data mentah (raw data) yang telah tersedia.

Untuk mendapatkan data mentah ini bisa berasal dari berbagai sumber.

Perusahaan harus mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Sumber informasi dapat berasal dari info internal ataupun eksternal. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dari keputusan yang diambil.

Jenis – Jenis Data Enrichment

Menurut Snowplow Analytic ada 3 jenis data enrichment. Tipe tersebut adalah geographic enrichment, demographic enrichment, dan behavioral enrichment.

Berikut merupakan penjelasan dari ketiga jenis data enrichment:

1. Behavioral Enrichment

Behavioral enrichment berkaitan dengan penambahan data mengenai perilaku konsumen.

Data ini dikumpulkan dan digunakan untuk menambahkan informasi user profil yang telah ada.

Informasi yang berhubungan dengan perilaku konsumen sangat penting. Perilaku ini bisa menggambarkan ketertarikan pelanggan. Jadi perusahaan bisa memanfaatkannya untuk dipelajari dan dipahami lebih jauh.

Dengan mengetahui perilaku konsumen. Perusahaan juga dapat mengetahui bagaimana mereka bertindak. Bagaimana mereka mencapai keputusan akhir. Dan mengetahui apakah mereka akan melakukan pembelian atau tidak sesuai dengan tahapan marketing funnel.

Data perilaku konsumen menjadi penting untuk menentukan efektifitas iklan / promosi yang dilakukan, sehingga tidak terjadi pemborosan pengeluaran yang tidak tepat sasaran.

2. Demographic Enrichment

Demographic enrichment adalah penambahan data mengenai kelompok demografis tertentu untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada mereka.

Fungsi dari Demographic enrichment adalah untuk mencapai marketing campaign yang efektif.

Caranya adalah dengan mengiklankan produk pada daerah tertentu. Dengan target pasar yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Maka efektivitas kampanye iklan akan lebih tinggi.

Jadi usahakan melakukan campaign dengan demografis tertentu. Jangan mengiklankan secara acak, sehingga tidak efektif.

Baca Juga :

3. Geographic Enrichment

Geographic enrichment menjadi istilah bagi pengumpulan informasi atau data mengenai perilaku kelompok orang di suatu wilayah geografis tertentu.

Wilayah geografis juga menentukan perilaku konsumen. Jadi pebisnis harus memperhatikan geographic enrichment. Suatu kelompok masyarakat di wilayah yang berbeda. Akan memiliki perilaku konsumtif yang berbeda. Apalagi jika perbedaan wilayah keduanya sangat ekstrim.

Perbedaan wilayah sangat mempengaruhi perilaku. Jadi pebisnis harus mempelajari lebih dalam tentang geographic enrichment. Jadi saat membuat kampanye iklan akan lebih efektif.

Alih-alih secara acak melakukan digital marketing campaign, jauh lebih efektif apabila hal tersebut menargetkan terhadap suatu kelompok wilayah tertentu yang memiliki ketertarikan terhadap produk yang anda miliki.

Manfaat Melakukan Data Enrichment

Berikut merupakan beberapa manfaat dalam melakukan data enrichment:

1. Meningkatkan akurasi data

Manfaat pertama adalah meningkatkan akurasi data. Jika perusahaan memiliki banyak informasi. Maka kualitas hasil akhir data akan menjadi lebih matang. Proses pengolahan data menjadi lebih mudah. Terutama saat perusahaan ingin mengambil sebuah kebijakan.

Jika perusahaan hanya memiliki data yang sedikit. Olahan data perusahaan miliki jadi kurang tepat. Karena sample data tidak cukup untuk merepresentasikan keseluruhan populasi konsumen.

Jika perusahaan memiliki data dalam jumlah besar (big data). Maka bisa membuat perusahaan memiliki perspektif lain yang lebih tepat. Hal ini juga membuat semua masalah yang dihadapi akan dengan mudah menemukan jawabannya. Stakeholder juga akan yakin dalam mengambil sebuah keputusan.

2. Meningkatnya keakuratan customer targeting

manfaat data enrichment

Bagi suatu bisnis yang melakukan campaign untuk meningkatkan penjualan ataupun brand awareness bagi produk mereka, akan jauh lebih efektif hasilnya apabila memiliki data yang akurat untuk menentukan customer targeting.

Customer tertarget diambil dari jenis informasi yang didapatkan. Contohnya adalah melalui perilaku konsumen, geografis dan demografis.

Dengan customuer targeting yang akurat. Maka akan menghasilkan ROI yang lebih tinggi untuk bisnis. Selain itu pengeluaran campaign juga menjadi lebih hemat.

ROI atau return on investment adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen, untuk mengetahui tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

3. Customer Experience Meningkat

Pengalaman konsumen akan meningkat ketika menerapkan pengayaan data. Customer experience menjadi hal penting. Terutama ketika perusahaan ingin meningkatkan kepuasan pelanggan.

Customer experience adalah pengalaman yang didapat pelanggan setelah berinteraksi dengan bisnis. Pengalaman tersebut bisa saat baru pertama kali mengenal bisnis ataupun sesudah menjadi pelanggan setianya.

Ketika pelanggan merasa puas, mereka akan melakukan pembelian kembali. Atau dapat membuat pelanggan menjadi konsumen loyal.

Untuk mengetahui tingkat customer experience. Perusahaan bisa mengetahuinya dari rating dan ulasan produk yang telah konsumen beli.

Ketika customer experience semakin baik. Maka keterkaitan emosinal pelanggan akan produk meningkat. Sehingga customer experience benar-benar penting untuk diperhatikan.

Jika perusahaan mendapatkan customer experience yang rendah. Maka perusahaan harus segera melakukan evaluasi dan perbaikan.

Baca Juga :

Tahapan Proses Data Enrichment

Berikut merupakan beberapa tahapan proses dalam melakukan data enrichment:

1. Menentukan tujuan data enrichment

Sebelum melakukan langkah-langkah yang lebih jauh di dalam proses pengayaan data, anda perlu untuk menentukan apa yang menjadi tujuan utama dari data enrichment yang akan dilakukan.

Contoh tujuan dilakukannya data enrichment seperti meningkatkan kepuasan konsumen (customer satisfaction score). Apabila tujuannya adalah kepuasan konsumen, maka pertanyaan-pertanyaan atau informasi yang dibutuhkan adalah feedback mereka terhadap produk anda.

Contoh lain mungkin saja anda ingin melakukan pengayaan data agar iklan / promosi yang akan dilakukan menjadi lebih efektif untuk meningkatkan pelanggan atau konsumen.

Dengan tujuan tersebut, maka informasi-informasi yang dibutuhkan adalah menanyakan atau mengumpulkan data mengenai background atau latar belakang konsumen anda selama ini, apa pekerjaan mereka, dimana mereka tinggal, dan lain sebagainya.

2. Memastikan sampel yang dimiliki cukup menggambarkan populasi

Memastikan jumlah data yang dimiliki cukup untuk menggambarkan populasi menjadi penting agar kualitas hasil akhir olahan data tidak salah dalam memberikan informasi kesimpulan.

Kurangnya data justru berbahaya karena adanya kemungkinan kesalahan dalam memberikan informasi kesimpulan dalam mengambil kebijakan.

3. Menggunakan aplikasi yang tepat

Data enrichment dapat dilakukan cukup mudah dengan adanya tool-tool yang tersedia saat ini. Beberapa contoh tool yang dapat anda gunakan contohnya:

  • Beam Enrich
  • Leadspace
  • MaxMind
  • LeadGenius
  • Clearbit

Anda dapat mempelajari lebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu jenis aplikasi tersebut.

Baca Juga :

Tips Melakukan Data Enrichment

Beberapa tips yang mungkin perlu anda perhatikan ketika melakukan data enrichment. 

1. Mengumpulkan data primer secara sopan

Apabila anda ingin mengumpulkan data customer primer / secara langsung, dengan bertanya kepada konsumen anda, pastikan bahwa anda melakukannya dengan cara yang baik dan sopan.

Hal ini penting, karena mungkin bagi beberapa pelanggan akan kurang berkenan mendapatkan sedikit gangguan ketika harus menjawab atas pertanyaan-pertanyaan yang anda berikan.

2. Hindari jenis pertanyaan sensitif

Mungkin beberapa pertanyaan sensitif berbau SARA menjadi informasi yang penting bagi proses pengayaan data, tetapi mungkin sebagian pelanggan akan kurang berkenan dengan pertanyaan tersebut.

Pastikan bahwa jika anda benar-benar harus menanyakan hal tersebut, tanyakan terlebih dahulu apakah mereka berkenan dan anda tidak bersifat memaksa.

3. Menjaga kerahasiaan informasi

Setelah anda mendapatkan informasi dari pelanggan, pastikan untuk menjaga kerahasiaan data tersebut. Selain hal tersebut adalah etika yang harus dihormati, terdapat undang-undang ancaman hukuman apabila anda ceroboh menyebarkannya.

Demikian pembahasan mengenai data enrichment. Metode ini sangat penting untuk membantu keberhasilan bisnis anda. Tertarik melakukan data enrichment ?

Baca Juga :