Manfaat, Tujuan dan Pengertian Firmographics

data firmographics adalah

Jika dalam dunia B2C ada istilah data demografis, maka di B2B ada istilah data firmographics. Penasaran dengan pengertian firmographics dan manfaat data ini?

Artikel ini akan mengulas semua yang berkaitan dengan data firmografi seperti pengertian firmographics, manfaat, tujuan, serta segmentasi data. Pastikan anda menyimak ulasan tentang firmografi berikut karena memang memiliki peran yang penting untuk bisnis B2B.

Apa itu Firmographics

Pengertian firmographics adalah data yang berisi tentang organisasi dan perusahaan yang bisa digunakan untuk mengklasifikasikan mereka menjadi beberapa kategori.

Misalnya, anda bisa mengkategorikan data perusahaan tersebut menjadi perusahaan for profit dan non profit, negeri atau swasta, dll. Dengan data tersebut, anda bisa mengetahui asal mula industri suatu perusahaan, jumlah karyawan, serta cakupan bisnisnya.

Namun perlu digaris bawahi bahwa data firmographics ini tidak berisi data-data yang bersifat sensitive seperti data karyawan, alamat, atau informasi pribadi lainnya.

Oleh sebab itu, saat anda menyewa jasa yang menyediakan data firmographics, pastikan anda hanya mengakses data perusahaan yang memang valid.

Pentingnya Data Firmographics

Setelah memahami pengertian firmographics, anda perlu mengetahui pentingnya data ini terhadap kelangsungan bisnis anda.

Firmographics tidak hanya berisikan data-data tentang perusahaan lain. Data ini juga bisa memberikan informasi yang lengkap mengenai perusahaan mana yang kemungkinan akan bertransaksi, perusahaan yang sedang tidak stabil, dan data-data penting lainnya.

digital marketing agency

Lalu apa pentingnya data firmographics ini? Tujuan utama dari data ini adalah untuk meningkatkan potensi transaksi dan secara tidak langsung bisa menambah pendapatan.

Dengan data firmografis ini, anda bisa lebih fokus pada perusahaan yang memiliki kemungkinan paling besar untuk membeli produk anda. Data ini juga bisa mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan kecepatan penjualan produk.

Manfaat Data Firmographics

Lantas, apa manfaat dari penggunaan data firmografis ini? Berikut adalah ulasan singkat mengenai manfaat menggunakan data firmografis.

Proses penjualan lebih cepat

Dari data yang anda punya, anda bisa menganalisa perusahaan mana yang benar-benar tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Dengan begitu, anda bisa melakukan pendekatan yang lebih intensif melalui email marketing maupun telepon.

Karena target pasar sudah jelas, maka proses penjualan barang bisa dilakukan dengan lebih cepat. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menawarkan produk pada perusahaan yang tidak memiliki ketertarikan pada produk anda.

Meningkatkan ROI

Return of investment atau ROI di bidang marketing bisa meningkat karena target pasar sudah jelas. ROI adalah rasio yang menunjukkan ukuran tentang efisiensi manajemen. Dengan begitu, bisa diketahui dengan jelas tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

Karena Anda bisa mengirim pesan promosi pada perusahaan tertentu. Sehingga anda bisa melakukan strategi promosi secara lebih personal.

Baca Juga :

Risk Assessment dengan menyeluruh

Dengan adanya data firmografis, anda bisa melakukan risk management dan risk appetite dengan detail. Artinya Anda bisa memanajemen resiko perusahaan. Anda juga jadi bisa memilih perusahaan tertentu yang akan diajak bekerja sama.

Tujuan Segmentasi Firmographics

manfaat data firmographics

Tujuan utama dari segmentasi firmographics adalah untuk mengklasifikasi calon pelanggan B2B. perusahaan yang telah mempunyai data firmografi akan lebih mudah mengelompokkan calon klien berdasarkan berbagai faktor.

Misalnya data dikelompokkan berdasarkan lokasi, pendapatan tahunan, dan juga ukuran perusahaan. Lalu, adakah tujuan lain dari segmentasi firmografi ini? Berikut adalah tujuan firmografi.

Menentukan target pasar

Saat anda bisa menentukan pangsa pasar untuk produk yang anda tawarkan secara B2B, anda bisa meningkatkan penjualan secara signifikan. Hal ini dikarenakan setiap skala bisnis yakni bisnis kecil dan menengah (UMKM) atau pun perusahaan besar pasti memiliki kebutuhan masing-masing.

Meskipun semua perusahaan tetap mempunyai potensi untuk menjadi klien Anda. Namun proses yang dilalui pasti akan berbeda.

Meningkatkan layanan pelanggan

Anda juga bisa memanfaatkan segmentasi firmografi untuk memperbaiki pelayanan pada pelanggan sehingga meningkatkan customer experience. Melalui data ini, anda dapat menganalisa pola bisnis dan minat suatu perusahaan.

Menaikkan pendapatan untuk jangka panjang

Dengan menggunakan segmentasi Firmographics, anda bisa menawarkan produk pada klien yang sesuai dengan pangsa pasar anda. Pastikan anda memiliki target pasar yang sesuai.

Semua klien B2B memiliki potensi penjualan masing-masing. Oleh karena itu, anda harus melakukan cara pendekatan yang berbeda. Anda harus mengetahui bahwa setiap calon klien memiliki potensi meningkatkan transaksi dan pendapatan.

Segmentasi Utama Data Firmographics

Ketika Anda ingin menyusun data firmografis. Ada beberapa faktor yang bisa Anda jadikan segmentasi. Berikut adalah ulasan tentang ketujuh faktor tersebut.

Lokasi

Faktor utama dalam analisa data firmografis adalah lokasi suatu bisnis. Marketer B2B harus memperkirakan dan menganalisis lokasi mana yang bisa menguntungkan bisnis mereka.

Data ini mengacu pada letak geografis suatu target bisnis meliputi kota, provinsi, negara, maupun benua.

Baca Juga :

Industri

Anda juga harus memperhatikan jenis industri yang dijalankan oleh target bisnis anda. Hal ini merupakan variabel alami. Alasannya adalah setiap sektor industri pasti memiliki ketertarikan dengan produk tertentu.

Sebagai contoh perusahaan yang memproduksi roti pasti tidak akan tertarik dengan supplier bahan bangunan.

Pendapatan tahunan

Mempertimbangkan pendapatan dan nilai suatu perusahaan (enterprise value) juga sangat penting untuk segmentasi pasar. Pastikan anda hanya mempromosikan barang atau jasa kepada perusahaan yang mampu membeli barang anda.

Hal ini jauh lebih efektif daripada anda harus membuang waktu, tenaga, dan biaya untuk memprospek perusahaan yang memiliki pendapatan kecil.

Namun tetap perhatikan kebutuhan pasar. Jika anda menawarkan jasa software, perusahaan kecil pasti akan lebih membutuhkannya daripada perusahaan besar.

Oleh karena itu, adanya riset sangatlah penting untuk memutuskan calon pelanggan.

Ukuran perusahaan

Ukuran sebuah perusahaan bisa ditentukan melalui jumlah karyawan yang dimilikinya. Kapasitas sebuah perusahaan bisa digunakan sebagai salah satu variabel firmografi.

Sebelum menentukan target bisnis, pastikan anda mengetahui skala bisnis mereka, pertumbuhan bisnis, serta produk apa yang paling diminati oleh perusahaan dengan skala tertentu.

Siklus penjualan

Anda harus memberikan informasi yang relevan dan melakukan lead nurturing berdasarkan posisi leads. Apakah mereka akan benar-benar membeli atau hanya sekedar mencari informasi. Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan.

Hal ini bisa membantu mengarahkan mereka untuk mengakses saluran penjualan (sales funnel). Sehingga saat mereka benar-benar berminat, mereka tidak akan mengalami kesulitan untuk memesan.

Jika anda tidak memahami siklus penjualan, kemungkinan anda akan membuang waktu sia-sia karena menawarkan produk ke perusahaan lain yang tidak memiliki niat sama sekali untuk membeli produk anda.

Status perusahaan

Faktor ini mengacu pada status hukum suatu perusahaan atau hubungan antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah klasifikasi dari status suatu perusahaan.

  • Perusahaan yang berdiri sendiri.
  • Perusahaan individu
  • Kemitraan bisnis
  • Perseroan Terbatas
  • Anak perusahaan
  • Perusahaan swasta
  • Perusahaan milik publik.

Kinerja perusahaan

Faktor terakhir yang menjadi pertimbangan saat segmentasi firmografi adalah kinerja suatu perusahaan. Anda bisa mengelompokkan suatu bisnis berdasarkan tingkat pertumbuhannya (growth rate), serta keuntungan dan kerugian yang dialami.

Itulah pembahasan lengkap mengenai Pengertian Firmographics, manfaat, tujuan, serta faktor segmentasi nya. Dengan memahami data firmografi ini, anda bisa menentukan target pasar dan melakukan pendekatan secara lebih personal.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.