Memahami Digital Experience Platform Untuk Peningkatan UX

Memahami Digital Experience Platform Untuk Peningkatan UX

Sebagai seorang pebisnis, Anda selalu dituntut untuk memahami berbagai strategi pengembangan bisnis demi mencapai kesuksesan bisnis terbaik. Misalnya dengan memahami jenis strategi pemasaran melalui penggunaan digital marketing hingga memahami kebutuhan pengalaman pelanggan. Dan penggunaan digital experience platform atau DXP telah mengubah cara berbagai perusahaan global dalam berinteraksi dengan pelanggan mereka berdasarkan customer journey.

Tetapi dengan kemajuan teknologi dengan perkembangan tren digital marketing membuat beberapa orang mempertanyakan apa sebenarnya digital experience platform itu? Dan apa bedanya dengan content management system atau CMS? Dan apa yang Anda butuhkan untuk memberikan pengalaman digital terbaik untuk pelanggan Anda?

Semua pertanyaan itu akan terjawab dengan lengkap pada artikel ini.

Apa Itu Digital Experience Platform?

Pada dasarnya, pengertian digital experience platform didapatkan dari definisi digital experience itu sendiri. Singkatnya, digital experience adalah istilah yang menggambarkan interaksi antara seorang pelanggan dan perusahaan, baik perusahaan B2B atau B2C, melalui teknologi digital. Rancangan digital experience haruslah bersifat cerdas, relevan, dipersonalisasi, dan omnichannel support.

Dengan demikian, definisi DXP atau digital experience platform adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan, manajemen, pengiriman dan optimalisasi pengalaman digital (digital experience) dalam berbagai saluran dan konteks. DXP ​​menyediakan cara terpusat untuk membantu dalam keperluan membangun, mengelola, dan mengoptimalkan perjalanan digital pelanggan (digital customer journey).

Seiring dengan dunia digital yang semakin meningkat, penting untuk memiliki platform manajemen pengalaman utama untuk mengelola pengalaman pelanggan digital di semua digital touchpoint milik perusahaan. DXP memfasilitasi marketer dengan marketing technology stack yang kuat untuk membantu menciptakan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan mereka.

Oleh sebab itu, digital experience platform memecahkan masalah yang semakin kompleks, yaitu memenuhi harapan pelanggan yang semakin bertambah. Pelanggan mengharapkan pengalaman yang relevan dan terhubung melalui berbagai saluran digital seperti website, perangkat mobile, media sosial dan perangkat digital seperti perangkat rumah dan tampilan digital.

Baca Juga:

digital marketing agency

Pentingnya Digital Experience Platform Untuk Perusahaan

Pentingnya Digital Experience Platform Untuk Perusahaan

Konten tidak hanya berguna sebagai strategi marketing (content marketing) atau membuat website tertentu. Konten adalah jantung dari setiap pengalaman digital, dari kesadaran merek (brand awareness) melalui dukungan produk.

Pelanggan akan mengharapkan pengalaman digital untuk terhubung melintasi sejumlah saluran yang semakin bertambah pada semua perangkat perusahaan dengan titik sentuh yang bermakna di setiap tahap customer journey. Tak ayal jika kerja DXP membutuhkan koordinasi di berbagai tim dan teknologi di dalam perusahaan.

DXP memungkinkan suatu brand untuk membangun dan memberikan pengalaman digital perusahaan secara lebih cepat dan dengan konsistensi yang lebih besar. Pengalaman digital perusahaan ini berpengaruh dalam menghasilkan pendapatan (revenue) yang lebih besar dan meningkatkan loyalitas pelanggan (customer loyalty).

Untuk membuatnya, brand Anda harus melampaui content management system. DXP mengintegrasikan konten dengan teknologi inti lainnya untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, terlokalisasi dan interaktif di seluruh saluran, perangkat dan siklus hidup pelanggan.

Komponen Digital Experience Platform

Walaupun prinsip DXP masih baru muncul baru-baru ini, tetapi sudah ada sejumlah fitur yang umum untuk sebagian besar DXP. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Content Management System

Konten adalah inti dari pengalaman digital, jadi sebagian besar DXP memiliki kemampuan sebagai content management system (CMS). DXP membantu menyajikan CMS sebagai repositori pusat untuk konten bisnis dan membuat konten dapat disajikan di seluruh titik sentuh omnichannel. Apakah itu ada di website, blog, aplikasi seluler, posting media sosial atau perangkat IoT (Internet of Things).

2. Digital Asset Management

Fungsionalitas terkait untuk manajemen konten adalah digital asset management (DAM). Seperti konten yang biasanya dalam bentuk teks, DXP berfungsi sebagai repositori pusat untuk aset digital seperti gambar, video, dan file audio yang kemudian dapat Anda gunakan dalam konteks yang berbeda. DXP memanfaatkan infrastruktur cloud untuk memberikan skalabilitas untuk mencocokkan kebutuhan pengguna.

Baca Juga:

3. Commerce, Komponen Unik Digital Experience Platform

Commerce berada di jantung bisnis dan DXP memungkinkan perusahaan untuk bertransaksi di web secara mudah dengan menyediakan fungsionalitas e-commerce. Digital experience platform menangani semua pekerjaan backend yang diperlukan untuk mengatur etalase digital, menerima pembayaran, dan melacak pesanan.

4. Customer Relationship Management

komponen dxp Customer Relationship Management

DXP berkaitan erat dengan kemampuan customer relationship management (CRM). DXP akan melacak data pelanggan untuk membangun hubungan pelanggan jangka panjang serta menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap pelanggan.

5. Insight, Analytics & Intelligence

Sejatinya Anda tidak cukup memanfaatkan DXP hanya untuk menghosting konten, oleh karena itu DXP ​​modern juga memberikan kemampuan analitik dan insight ke dalam alur kerja perilaku pelanggan. Melalui teknologi seperti analisis big data dan content intelligence, DXP dapat memberikan wawasan real-time ke dalam perilaku pelanggan dan membuat rekomendasi pro-aktif untuk mengoptimalkan pengalaman.

6. Personalisasi & Otomasi

Kemampuan terkait DXP selanjutnya adalah personalisasi. Karena DXP adalah pusat data pengguna, DXP ​​memiliki kemampuan untuk menganalisis data perilaku dan data pihak pertama untuk membuat pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap pengguna. Banyak dari pengalaman yang dipersonalisasi ini dapat diotomatisasi, membantu pemasar mengukur pengalaman pelanggan mereka melalui marketing automation.

7. Eksperimen

Digital experience platform yang paling canggih menggabungkan fungsionalitas eksperimen digital yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan pengujian A/B testing pada konten dan pengalaman mereka secara berurutan secara mulus. Selain itu, DXP dapat mengurangi risiko perubahan baru menggunakan analisis statistik untuk membuat keputusan berbasis data-driven.

Manfaat Menggunakan Digital Experience Platform

Marketer modern kini bertugas untuk memberikan pengalaman pengguna yang koheren, dapat Anda sesuaikan, dan lebih meyakinkan untuk lebih banyak perangkat dan platform daripada sebelumnya. Enterprise digital experience platforms dapat membantu marketer dalam melaksanakan tugas tersebut dengan memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Menghasilkan Website yang Lebih Cepat dan Berkinerja Tinggi Dengan SEO yang Lebih Baik

manfaat dxp Menghasilkan Website yang Lebih Cepat dan Berkinerja Tinggi Dengan SEO yang Lebih Baik

CMS tradisional telah menjadi masalah bagi marketer yang ingin mempercepat pengiriman konten mereka, terutama pada perangkat dengan bandwidth terbatas seperti smartphone. Dengan mengadopsi arsitektur hibrid yang lebih modern dapat meningkatkan kecepatan, kualitas SEO yang lebih baik, dan pendapatan bisnis.

2. Peningkatan Kemampuan Untuk Menggunakan Kembali Konten Sehingga ROI Lebih Besar

Seiring dengan apa yang dapat digital asset management (DAM) lakukan untuk konten visual, CMS hybrid dapat melakukannya untuk konten tekstual sebagai satu-satunya sumber strategi branding konten merek. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah untuk menemukan dan menggunakan kembali bagian konten untuk perangkat lain sehingga menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

3. Memberikan Pengalaman Pengguna (UX) yang Lebih Baik

Di luar kecepatan perbaikan yang ditawarkan oleh CMS hybrid, DXP juga memungkinkan developer sistem untuk memanfaatkan bahasa pemrograman dan framework yang lebih modern. Selain itu, developer dapat lebih kreatif dan mampu menciptakan solusi yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan bisnis daripada dibatasi oleh keterbatasan CMS tradisional.

4. Digital Experience Platform Lebih Stabil dan Handal

CMS tradisional menghubungkan website dari satu server atau beberapa server secara berlebihan. Dengan pendekatan DXP, konten website Anda dapat terkirim dari jaringan pengiriman konten yang sangat terdistribusi.

Dengan kata lain, satu server dapat mengambil alih website jika server lain sedang down, memastikan bahwa situs tersebut tidak pernah tersedia. Manfaat DXP ini bisa sangat menarik untuk situs e-Commerce yang mempertaruhkan pelanggan untuk membeli di tempat lain jika mereka mengalami kendala teknis.

Itulah beberapa informasi seputar digital experience platform yang perlu Anda ketahui, mulai dari definisi, alasan pentingnya DXP untuk perusahaan, komponen, hingga manfaatnya. Kini Anda semakin tahu bahwa setiap DXP membutuhkan komponen konten karena konten adalah jantung dari setiap pengalaman digital.

Oleh karena itu, maksimalkan penerapan content marketing ke dalam perencanaan dan strategi pemasaran bisnis Anda. Pahami pula apa saja metrik content marketing untuk mengoptimalkan conversion rate bisnis Anda. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.