Mengamati Digital Marketing Campaign Strategy Jenius yang Agresif

digital marketing campaign strategy Jenius

Dunia digital marketing terus berkembang. Hal itulah yang membuat para marketer kesulitan untuk menentukan digital marketing campaign strategy terbaik agar mereka jadi yang paling beda ketimbang kompetitornya. Tentu saja hal ini terjadi di hampir semua lini industri, tak terkecuali industri perbankan Indonesia.

Era industri perbankan di Indonesia telah memasuki babak baru yang mana bank digital jadi diandalkan banyak masyarakat, khususnya masyarakat muda-mudi milenial. Ada banyak jenis dengan berbagai brand bank digital yang bebas Anda pilih dan gunakan dengan masing-masing kelebihannya. Semua ini bisa terjadi semenjak salah satu bank besar nasional, Bank BTPN mengenalkan Jenius sebagai pelopor digital banking di Indonesia.

Upaya Digital Marketing Campaign Strategy yang Bank BTPN Terapkan

Tentu saja setelah mengudara selama lebih dari 5 tahun Bank BTPN menyadari persaingan bank digital dalam negeri semakin ketat. Dilansir dari situs Kontan, pihak manajemen Bank BTPN memiliki beberapa strategi agar mereka tetap dilirik customer alias nasabah bank digital melalui layanan Jenius. Berikut ini inMarketing ulas beberapa digital marketing campaign strategy Jenius milik Bank BTPN.

1. Cross Selling Ke Segmen Perusahaan Perseroan

Sebelum keempat poin di bawah ini, sekitar 3 tahun berdiri, Bank BTPN melakukan strategi campaign Jenius dengan melakukan cross selling ke nasabah dari kalangan perseroan. Singkatnya, cross selling adalah salah satu digital marketing campaign strategy yang paling efektif untuk menjual produk terkait atau pelengkap kepada pelanggan.

Dalam industri jasa keuangan, seperti Bank BTPN, contoh cross selling mencakup penjualan berbagai jenis investasi atau produk kepada investor atau layanan persiapan pajak kepada nasabah perencanaan pensiun. Misalnya, jika nasabah bank memiliki hipotek, tim penjualannya dapat mencoba cross selling kredit pribadi atau produk tabungan kepada nasabah tersebut.

Baca Juga:

Dengan kata lain, penasihat keuangan sering kali dapat memperoleh revenue tambahan dengan cross selling produk dan layanan tambahan ke basis nasabah mereka yang sudah ada. Terbukti dengan Bank BTPN berhasil memiliki nasabah dari banyak korporasi yang tersebar di 30 provinsi se-Indonesia, meskipun sales forcenya masih di 9 provinsi besar Indonesia. Tapi, kami bilang strategi marketing Bank BTPN sudah sangat agresif untuk menjaring banyak nasabah dari segala kalangan.

2. Penerapan Business Model Menuju Profitability

digital marketing campaign strategy Jenius dengan Penerapan Business Model Menuju ProfitabilitySeperti konsep dasarnya, model bisnis profitable yang juga punya istilah lain profitability models penting dan bisa dilakukan oleh semua ukuran bisnis. Profitability models ini menerapkan perencanaan atau prediksi berdasarkan data keuangan (financial forecasting) tentang bagaimana bisnis Anda akan menghasilkan keuntungan. Digital marketing campaign strategy ini mencakup:

digital marketing agency

Singkatnya, model bisnis ini tidak hanya bertujuan untuk mendorong pendapatan (revenue) bisnis, melainkan sebagai strategi membuat bisnis lebih menguntungkan (profitable).

Profitability model yang baik dapat membantu pengusaha dan stakeholder membuat prakiraan keuangan (financial forecast) dan beradaptasi dengan perubahan kondisi operasi. Misalnya, jika Anda ingin merekrut anggota tim atau Anda harus meningkatkan biaya produksi. Dengan profitability model yang solid, Anda dapat memperhitungkan variabel-variabel di atas dan memperkirakan keuntungan bisnis setiap bulan (Monthly Recurring Revenue) yang akan Anda dapatkan nantinya.

Bagaimana Cara Menciptakan Profitability Model Terbaik?

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat menyusun jenis digital marketing campaign strategy ini adalah Anda membuat beberapa prediksi berdasarkan potensi perubahan pada pendapatan dan biaya (revenue dan cost) bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan melihat apa sumber pendapatan Anda, bagaimana Anda menyusun harga bisnis Anda, apakah kejenuhan pasar atau batasan kapasitas memengaruhi profit bisnis Anda, serta biaya tetap dan variabel (fixed dan variable cost) mana yang bisnis Anda miliki. Pendekatan terbaik dari model ini adalah melihat hasil keuangan setiap kuartal. Hasilnya, data-data tersebut akan memberi Anda gambaran yang akurat tentang apakah dan bagaimana keuntungan Anda telah berkembang.

Baca Juga:

3. Penambahan Fitur dan Layanan Produk Jenius

Bank BTPN tak melupakan penggunaan strategi dari segi teknologi dan informasi dengan menambah performa layanan dan fitur Jenius. Pasalnya sejak awal Bank BTPN mempunyai dua IT infrastructure yang mana mendukung infrastruktur IT tradisional dan IT agile.

Paling teranyar BTPN mengenalkan tampilan generasi baru UI/UX Jenius pada bulan Agustus 2021 lalu. Harapannya, strategi marketing dengan memaksimalkan fitur interaksi Jenius terhadap nasabah dapat meningkatkan kualitas performa Jenius sebagai produk sekaligus layanan.

Pada momen tersebut, Jenius juga menciptakan fitur sosial berupa komunitas yang unik, namanya Co.Create. Bagaimana tidak, komunitas yang seharusnya terdiri dari anggota dengan kesamaan minat dan hobi, Jenius malah membuat terobosan komunitas yang terdiri dari orang-orang dengan minat dan latar belakang yang berbeda.

Meski begitu, mereka cukup unik sebagai bagian dari kolaborasi pembentukan layanan digital banking yang mengerti kebutuhan banyak masyarakat. Dari usaha Bank BTPN untuk meningkatkan pemasaran Jenius membuat kita belajar bahwa sebaik-baiknya digital marketing campaign strategy yang digunakan, Anda tetap harus memaksimalkan performa teknologi informasi produk atau layanan.

4. Digitalisasi Untuk Segala Jenis Produk Transaksi

digital marketing campaign strategy Jenius dengan Digitalisasi Untuk Segala Jenis Produk TransaksiJika dulu Jenius fokus pada layanan keuangan esensial, misalnya transaksi uang elektronik dan menabung, kini mereka merambah ke produk yang jauh lebih kompleks. Mulai dari wealth management, investment, asuransi, dan lain sebagainya. Tapi, bukan berarti Bank BTPN mengganti sistem marketing produk dan layanan lama mereka, melainkan mungkin lebih seperti brand refresh.

Sedikit tentang wealth management, wealth management adalah layanan konsultasi investasi yang menggabungkan satu atau beberapa layanan keuangan lain untuk memenuhi kebutuhan customer sebagai nasabah. Menggunakan proses konsultatif, penasihat investasi akan mengumpulkan informasi tentang keinginan nasabah dan situasi spesifiknya.

Kemudian penasihat akan menyesuaikan strategi yang mereka personalisasi dengan menggunakan berbagai produk dan layanan keuangan. Hal itu mencerminkan digital marketing campaign strategy Bank BTPN untuk Jenius yang lebih menonjolkan bank digital modern.

5. Digital Marketing Campaign Strategy Dengan Terjun ke Ekosistem Marketplace

Agar Bank BTPN bisa semakin mengenalkan Jenius dan mengekspansi jangkauan pasar yang lebih luas, mereka menyusun strategi untuk merambah ke ekosistem marketplace. Seperti yang sudah Anda tahu, marketplace Indonesia sudah banyak masyarakat dari berbagai kalangan andalkan. Mulai dari kalangan korporasi besar hingga UMKM.

Sebagai salah satu layanan perbankan digital, Jenius ingin ada banyak orang jadi punya variasi pilihan dalam penggunaan digital bank. Walaupun pada dasarnya setiap marketplace pasti menyediakan layanan keuangannya sendiri, tapi tidak menutup kemungkinan mereka mau bekerja sama dengan penyedia layanan keuangan yang sudah ada.

Dari sini kita bisa melihat bahwa seyogyanya sebagai bisnis, baik yang sudah besar atau baru rintisan, Anda perlu melihat peluang pada channel-channel tertentu. Salah satunya adalah marketplace yang bisa diibaratkan seperti ladang customers dan lead generation.

Sebagai penutup, harapannya melalui artikel ini, Anda bisa jadi punya bayangan baru apa dan bagaimana digital marketing campaign strategy yang bisa Anda coba. Tentu saja dengan mempertimbangkan segmen pemasaran bisnis dan segmen pasar Anda.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.