6 Digital Marketing Technology untuk Bantu Kesuksesan Bisnis 2022

digital marketing technoloty

Seiring dengan perkembangan zaman, tak bisa kita pungkiri bahwa teknologi hadir di segala aspek kehidupan, mulai dari cara berkomunikasi sampai berbelanja. Strategi pemasaran menjadi lebih mudah dengan menggunakan teknologi yang kita kenal dengan nama digital marketing technology.

Sebab, teknologi yang ada saat ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan pemasaran dengan lebih baik. Sehingga Anda pun dapat menghasilkan leads atau calon pelanggan yang lebih banyak. Lalu, apa saja teknologi digital marketing yang perlu Anda terapkan untuk memaksimalkan pemasaran?

Melalui artikel kali ini, kita akan membahas tentang 6 digital marketing technology untuk bantu kesuksesan bisnis 2022.

6 Digital Marketing Technology untuk Bantu Kesuksesan Bisnis 2022

Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap tentang 6 Digital Marketing Technology untuk Bantu Kesuksesan Bisnis 2022.

1. Media Sosial  

Media sosial dapat kita gunakan untuk membangun identitas dan kesadaran merek (brand awareness) dari bisnis kita miliki. Selain itu dengan media sosial Kita juga dapat menjangkau pelanggan yang sudah ada maupun calon pelanggan baru.

Secara tidak langsung, saluran media sosial juga bermanfaat untuk SEO website bisnis Anda dan sebagai saluran interaksi langsung dengan pelanggan. Tetapi, sayangnya masih banyak pebisnis yang belum bisa memanfaatkan media sosial dengan baik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kunci sukses untuk memanfaatkan media sosial adalah mengetahui tujuan Anda menggunakannya. Apakah Anda ingin menciptakan kesadaran merek? Jika benar, maka Anda pertama harus menargetkan audiens, membuat konten marketing yang relevan dan mempertahankan brand dengan lebih kuat.

Berikut ini adalah tools media sosial yang termasuk digital marketing technology untuk bantu kesuksesan bisnis 2022.

digital marketing agency

2. Paid media

Media berbayar atau paid media adalah strategi digital marketing technology untuk pemasaran eksternal yang melibatkan penempatan iklan berbayar (paid marketing). PPC advertising, branded content dan display ads termasuk dalam contoh paid media yang bisa kita gunakan untuk strategi marketing yang efektif.

Sebelum menempatkan iklan paid media, sebaiknya Anda harus memilih platform yang tepat dan memilih penargetan demografis yang tepat. Sehingga nantinya Anda bisa menjangkau target pasar yang tepat.

Untuk dapat menerapkan paid media, Anda membutuhkan sebuah tools yang tepat untuk melacak kampanye pemasaran atau marketing campaign yang Anda jalankan. Dengan digital marketing technology paid media, Anda dapat mengembangkan strategi digital marketing yang kompetitif.

Berikut ini adalah tools paid media yang termasuk digital marketing technology untuk bantu kesuksesan bisnis 2022.

PPC merupakan investasi yang membutuhkan sebuah penelitian dan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Dahulu PPC hanyalah sebuah digital marketing technology yang cerdas yang digunakan untuk menempatkan iklan agar bisa dilihat audiens.

Tetapi saat ini untuk menempatkan iklan PPC kita membutuhkan tools yang bermanfaat untuk melakukan riset pasar dan segmentasi pasar (STP). Sehingga memungkinkan bisnis memiliki peluang jauh lebih baik iklannya dilihat oleh audience yang tertarget.

Baca Juga :

3. SEO 

Search engine optimisation (SEO) adalah teknik pengoptimalan sebuah website agar dapat ditampilkan di halaman pertama di hasil pencarian mesin pencari seperti GoogleTeknik SEO terus berubah dan bekembang karena algoritma Google selalu mengalami pembaruan.

Untuk dapat mengikuti perkembangan SEO, kita harus menerapkan strategi dan membuat struktur SEO website berdasarkan update algoritma Google terbaru. Sehingga nantinya website bisnis Anda bisa bersaing dengan website pesaing di halaman pertama mesin pencari Google.

Untuk dapat menerapkan SEO pada website bisnis, Anda perlu memperhatikan beberapa tools SEO yang termasuk digital marketing technology untuk bantu kesuksesan bisnis 2022 berikut :

Saat ini dunia digital marketing sangatlah kompetitif, tidak cukup hanya menggunakan teknik SEO dasar saja, karena peringkat pertama di halaman pertama mesin pencari memiliki persaingan yang ketat.

Sehingga penggunaan tools SEO sangatlah penting, terutama berfungsi untuk mencari riset keyword, long tail keyword, LSI dan fungsi analisis SEO lainnya. 

Jadi walaupun Anda memiliki bisnis kecil atau UMKM, ketika dapat menerapkan teknik SEO yang dibantu oleh tools SEO. Maka akan menghasilkan website dapat dengan mudah muncul di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci sesuai dengan yang diharapkan.

4. Email 

email digital marketing

Kontak email masuk Anda miliki saat ini pastinya dibanjiri dengan pesan penawaran produk dan layanan yang beragam untuk mendapatkan perhatian Anda.

Dengan begitu banyak persaingan, Anda perlu memastikan bahwa pesan email yang Anda kirimkan lebih terlihat menarik dan menonjol dibandingkan pesan yang masuk lainnya.

Email marketing yang hebat bukan hanya yang dibaca oleh penerimanya, tetapi yang mendapatkan rasio klik tayang (CTR) dan konversi. Jadi strategi email marketing yang tepat bukan hanya membuat orang membuka email dan membacanya saja. 

Tetapi Anda perlu menawarkan nilai lebih agar pesan konten di dalamnya membuat pembacanya tertarik untuk mengklik penawaran dan menghasilkan konversi.

Lalu tools apa saja yang bisa kita gunakan sebagai tools email digital marketing technology untuk bantu kesuksesan bisnis 2022? Berikut ini daftar tools email marketing terbaik, seperti :

Email marketing merupakan salah satu tools utama bagi tim marketing. Karena alat ini sangat baik untuk memelihara prospek menjadi pelanggan.

Tools ini juga dapat menawarkan kesempatan untuk membuat percakapan dengan audiens, mengirim pelanggan pembaharuan dan penawaran yang sesuai target, sehingga akan menarik minat pembacanya. Yang paling utama dari email marketing yang perlu Anda perhatikan adalah personalisasi email pelanggan. 

Baca Juga :

5. Reporting

Sebanyak 40% marketer mengatakan bahwa ROI dari aktivitas pemasaran mereka adalah prioritas terbesar mereka. ROI atau return on investment adalah rasio untuk mengukur efektifitas suatu investasi. Marketer profesional berada dibawah tekanan untuk membuktikan bahwa kampanye yang mereka jalankan sesuai dengan yang bisnis ingin capai.

Saat ini dalam dunia marketing sangat banyak mengandalkan permainan angka. Sehingga Anda harus mampu membuat sebuah laporan dengan bukti yang kuat yang menyatakan bahwa kampanye pemasaran telah bekerja dengan baik.

Untuk membuat reporting sebuah pemasaran, Anda bisa menggunakan beberapa tools reporting digital marketing technology untuk bantu kesuksesan bisnis 2022, seperti :

Dengan menerapkan reporting dalam setiap kampanye pemasaran yang dijalankan. Anda bisa menjadikan ini sebagai investasi di masa depan untuk melakukan perbaikan upaya pemasaran bisnis Anda.

Selain itu dengan adanya data reporting, manajemen bisa melihat hasil dan laba atas investasi yang telah dilakukan selama ini oleh tim marketingnya. Jadi dengan pembuatan reporting, Anda bisa menemukan cara terbaik untuk menunjukan apakah strategi marketing yang dijalankan selama ini berhasil atau tidak.

Jika ternyata strategi marketing yang dijalankan tidak berhasil, maka data reporting dapat dijadikan sebagai gagasan untuk meningkatkan strategi marketing dan strategi business development selanjutnya.

6. Training

Di sektor apapun semuanya akan mengalami sebuah perubahan. Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis harus bisa mengikuti platform pemasaran terbaik untuk meningkatkan pemasaran perusahaan.

Jadi dalam menjalankan bisnis Anda harus selalu belajar dan mau terbuka akan perubahan yang terjadi setiap saat dengan mengasah ketrampilan baru.

Ada beberapa tools yang dapat membantu Anda untuk dapat mengikuti platform dan keterampilan pemasaran digital terbaru, yaitu :

Selalu melakukan training hal baru dalam pendidikan pemasaran adalah sangat penting. Karena segala sesuatu akan berubah seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi baru.

Jadi Anda tidak boleh ketinggalan untuk mempelajari hal baru tersebut, terutama dengan selalu mengupdate pengetahuan dan ilmu dengan cara melakukan training digital marketing technology terbaru. Ini merupakan investasi yang tidak boleh Anda lewatkan agar bisnis Anda tetap berjalan sukses sekarang dan untuk masa depan.

Demikian adalah ulasan mengenai digital marketing technology yang perlu Anda ketahui. Seiring dengan perkembangan zaman serta berkembangnya Marketing 5.0, maka Anda pun harus memanfaatkan teknologi untuk membantu kesuksesan bisnis.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.