Manfaat Employee Activation untuk Perkembangan Bisnis Perusahaan

manfaat employee activation

Kepuasan konsumen yang dapat diukur dengan customer satisfaction score kerap dianggap sebagai faktor penting berkembangnya sebuah bisnis. Namun, tak hanya konsumen, ternyata employee activation atau kepuasan karyawan juga dapat menjadi indikator kinerja (KPI) dari performa perusahaan.

KPI adalah indikator yang mengukur kinerja atau efisiensi kerja seseorang atau unit bisnis tertentu. Dengan kata lain, KPI dapat mengukur keberhasilan suatu bisnis.

Sedangkan employee activation pada dasarnya bertujuan untuk menjadikan perusahaan memiliki daya tarik dengan memberdayakan karyawannya. Tentu saja hal ini memiliki pengaruh besar pada perkembangan dan kesuksesan suatu bisnis.

Lalu, apa itu employee activation dan mengapa hal ini bisa meningkatkan performa perusahaan? Simak ulasan selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Apa Itu Employee Activation?

Melansir dari Marketing Insider Groupemployee activation adalah sebuah program untuk memberikan kebebasan bagi setiap karyawan membagikan pengalaman serta pengetahuan yang mereka dapat selama bekerja di sebuah perusahaan.

Dengan ini, karyawan dapat membagikan ceritanya di berbagai media sosial yang mereka miliki. Tak hanya itu, perusahaan juga dapat memfasilitasi dengan membagikan kisah karyawannya melalui platform milik perusahaan.

Hal ini hampir serupa dengan konsep user generated content (UGC). User generated content adalah semua konten yang dibuat oleh para customer untuk mereka posting di media sosial.

Biasanya mereka melakukan hal ini untuk menceritakan customer experience dan opini menggunakan suatu produk atau jasa. Nantinya, brand akan me-repost dan menampilkan konten tersebut dalam situs atau media sosial mereka dan menggunakannya sebagai contoh strategi pemasaran.

Menggunakan konsep yang sama dengan UGC, melalui employee activation ini  karyawan akan merasa lebih dihargai serta lebih produktif dalam bekerja.

Namun, hal ini bukan semata-mata memaksa karyawan membagikan kisahnya begitu saja. Tentu perlu adanya upaya dari perusahaan untuk dapat membuat karyawan nyaman dan puas dalam bekerja.

Perasaan nyaman dan puas dalam bekerja itulah yang membuat karyawan turut aktif mengembangkan diri, yang kemudian dapat sukarela membagikan kisahnya.

Bahkan, strategi ini juga dapat menjadi acuan untuk mengukur performance appraisal, yaitu salah satu pendekatan di mana performa kerja seorang karyawan akan mendapatkan evaluasi.

Baca Juga :

Pentingnya Employee Activation untuk Perusahaan

Employee activation merupakan salah satu strategi business development yang memiliki dampak baik bagi perkembangan bisnis perusahaan, mengingat program ini bertujuan untuk:

  • Mengembangkan kinerja karyawan dengan menumbuhkan kenyamanan dan kepuasannya dalam bekerja.
  • Karyawan yang bahagia adalah kunci memiliki konsumen yang bahagia pula.
  • Kisah atau topik yang dibagikan oleh karyawan juga menambah jangkauan audiens bagi perusahaan.

Oleh karenanya, strategi ini dapat memberikan dampak baik bagi perusahaan.

Manfaat Melakukan Employee Activation

manfaat employee activation

Terdapat berbagai manfaat jika perusahaan melakukan employee activation. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan kepercayaan dengan atasan

Employee activation mendorong para karyawan untuk dapat mengembangkan potensi dalam diri masing-masing. Proses pengembangan diri ini tentu tak bisa lepas dari peran atasan.

Pasalnya, atasan akan memberikan keleluasaan bagi karyawannya agar dapat berkembang sehingga menghasilkan output yang baik bagi perusahaan. Menurut Ultimate Software, 93% karyawan akan lebih bahagia dan produktif kala bisa percaya dengan atasannya.

2. Menambah cakupan pasar bagi perusahaan

Manfaat lainnya adalah menambah cakupan pasar bagi perusahaan. Hal ini karena karyawan yang telah berkembang tentu memiliki kepuasaan dan kebanggaan terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Itulah mengapa, mereka juga tak segan untuk membagikan cerita tersebut di media sosial dan menarik atensi audiens. Hal ini tak menutup kemungkinan audiens tersebut akan mencari tahu lebih jauh mengenai perusahaan yang bersangkutan dan menjadi leads.

Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk bisnis yang berpotensi untuk membeli produk atau layanan tersebut. Ini tentu menjadi peluang meningkatnya performa bisnis perusahaan karena potensi leads yang bertambah luas.

Baca Juga :

3. Meningkatkan customer retention

Karyawan yang telah puas dengan pekerjaanya serta memiliki hubungan yang baik dengan atasan akan memiliki rasa kepemilikan lebih dalam dengan perusahaan. Karenanya, mereka juga akan merasakan kecewa jika perusahaan kehilangan konsumen.

Dengan begitu, mereka akan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada konsumen dengan melakukan strategi relationship marketing, email marketing, atau bahkan proactiv customer service demi mempertahankan konsumen. Strategi ini tentu dapat meningkatkan customer retention.

4. Memerlukan biaya yang lebih murah

Daripada melakukan strategi promosi pada umumnya, penerapan employee activation terbilang lebih murah. Sebab, hanya dengan memberdayakan karyawan, maka perusahaan mendapat manfaat pemasaran yang sebanding.

Perusahaan pun tak memerlukan biaya berlebih untuk merencanakan kampanye pemasaran atau campaign. Campaign adalah strategi dalam mempromosikan suatu aspek tertentu dari bisnis.

Dalam hal ini, employee marketing dapat berguna untuk mempertahankan pelanggan, menarik leads, atau bahkan meningkatkan angka konversi tanpa perlu biaya lebih dari perusahaan.

Cara Menerapkan Employee Activation pada Perusahaan

Menilik dari manfaat employee activation untuk perkembangan bisnis, maka langkah ini perlu Anda terapkan demi perkembangan bisnis perusahaan.

Menurut Marketing Insider Group, berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk menerapkannya:

  • Investasikan pertumbuhan karyawan dengan pelatihan keterampilan
  • Mengembangkan program bimbingan internal
  • Mengadakan pertemuan tatap muka secara teratur guna memberi karyawan kesempatan untuk secara langsung memberi tahu apa yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik
  • Menawarkan lebih banyak kesempatan bagi karyawan untuk mengambil peran kepemimpinan sementara atau bergilir
  • Tampilkan kisah, proyek, dan pencapaian karyawan di akun media sosial perusahaan

Itulah ulasan mengenai manfaat employee activation untuk perkembangan bisnis perusahaan. Dengan memberdayakan karyawan, diharapkan perusahaan mendapatkan hasil yang maksimal sekaligus meningkatkan kesuksesan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :