6 Tips Menaikkan Engagement Instagram Dengan Efektif

engagement instagram adalah

Apakah saat ini Anda ingin menaikkan engagement Instagram? Nah, kebetulan panduan kita kali ini yaitu tentang tips menaikkan Engagement Instagram. Tentunya ini juga akan membangun hubungan yang erat dengan pengikut Anda.

Dalam melihat engagement Instagram ini bukan hanya membantu Anda dalam mengetahui apakah upaya pemasaran media sosial yang Anda lakukan membuahkan hasil, namun juga untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan para pengikut Anda.

Apa Itu Engagement Rate Instagram?

Engagement Instagram adalah metriks dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial Instagram. Engagement ini bisa diukur dari interaksi di akun Instagram berupa likes, comment, share, views, dan repost.

Pada dasarnya engagement ini bisa terlihat dari setiap kali salah satu pengikut Anda dalam mengambil tindakan pada profil Anda ataupun menanggapi salah satu postingan Anda.

Di bawah ini merupakan beberapa metrik dalam engagement Instagram yang umum :

  • Suka
  • Komentar
  • Simpan
  • Berbagi

Metrik keterlibatan lainnya meliputi :

  • DM
  • Klik tautan/geser up
  • Sebutan
  • Penggunaan tagar
  • Interaksi stiker cerita

Mengapa Engagement Itu Penting?

Engagement itu penting karena :

  • Karena ini akan menunjukan kepada Anda tentang bagaimana cara seseorang berinteraksi dengan konten yang Anda buat. Jadi makin banyak orang yang tertarik dengan konten Anda maka akan semakin tinggi keterlibatan Anda. Dan ini merupakan pertanda bahwa strategi media sosial yang Anda lakukan membuahkan hasil.
  • Dengan adanya engagement ini merupakan salah satu faktor yang penting untuk algoritma Instagram. Jadi saat Instagram memuat feednya maka algoritma ini akan menampilkan postingan yang kemungkinan besar akan melakukan interaksi dengan Anda. Sehingga postingan dari akun serta topik yang sering Anda ikuti kemungkinan besar juga akan muncul pada bagian atas feed Anda. Jadi makin banyak keterlibatan konten Anda maka akan semakin besar pula kemungkinan pengikut Anda untuk melihatnya.

Baca Juga :

Cara Menghitung Tingkat Engagement Instagram

Instagram akan selalu memperhatikan tindakan apapun yang orang lain lakukan terhadap postingan Anda, IGTV, Reel Instagram serta cerita Instagram.

Metrik Instagram ini juga akan mempengaruhi tingkat keterlibatan Anda seperti suka, komentar, bagikan, simpan , kunjungan profil, pengikut, serta balasan ke cerita Instagram.

Bagaimana mencari formula tingkat engagement Instagram? Ini semua tergantung dari bagaimana cara Anda mengukur keterlibatan, apakah dengan penayangan video, jumlah total pengikut, tayangan, jangkauan, dan lainnya.

Di bawah ini adalah rincian dari dua formula engagement Instagram yang sering digunakan :

Tingkat Engagement yang Berdasarkan Pengikut

Jadi disini Anda akan menghitung tingkat engagement untuk setiap postingan Instagram yang berdasarkan pengikut. Anda ambil beberapa tindakan di posting, lalu membagikan dengan total jumlah pengikut dan terakhir dikali 100.

Jadi misalnya Anda memiliki 1000 pengikut serta postingan Instagram Anda menerima 70 suka, 15 komentar serta 5 kali dibagikan maka tingkat keterlibatan Anda yaitu menjadi 9%.

Dengan menghitung tingkat engagement Instagram yang berdasarkan pengikut Anda maka akan memberikan Anda ide tentang bagaimana perasaan dari pengikut Anda mengenai konten yang Anda buat.

Namun cara ini tidak memperhatikan berapa banyak pengikut yang benar-benar melihat postingan Anda tersebut. Sehingga untuk melakukannya maka Anda juga harus menghitung engagement yang berdasarkan tayangan.

Tingkat Engagement yang Berdasarkan Tayangan

Engagement Instagram bukan hanya terlihat dari seberapa banyak pengikut Anda, namun ini juga mengetahui bagaimana audiens berinteraksi dengan konten Anda.

Supaya Anda bisa menghitung tingkat engagement instagram berdasarkan tayangan, maka Anda harus menghitungnya dengan rumus sama seperti penjelasan di atas. Tetapi jumlah pengikut digantikan dengan jumlah tayangan totalnya.

Jadi apabila postingan Anda dilihat oleh 515 orang (tayangan) serta menerima total 25 keterlibatan maka tingkat keterlibatan Anda akan menjadi 4%.

Berapa Tingkat Engagement Instagram yang Baik?

“Baik” disini adalah relatif, Anda mungkin tidak menyangka bahwa engagement Instagram yang baik ini bisa serendah 1%. Angka tersebut standar di seluruh industri.

Ada sebuah penelitian yang melibatkan 1.800 akun instagram pada 12 industri yang berbeda dengan tingkat engagement rata-rata 1,6%.

Jadi sebelum Anda memberikan label mengenai tingkat engagement Anda menjadi baik atau buruk sebaiknya Anda juga memikirkan tentang apa yang membuat engagement berharga bagi Anda.

Dengan adanya postingan give away mungkin akan memberikan tingkat engagement yang tinggi namun apakah menghasilkan lebih banyak penjualan? Apakah dengan jumlah suka yang banyak itu berarti sama dengan banyaknya pelanggan?

Jangan hanya terfokus pada sebuah angka saja, tetapi harus mendefinisikan dengan baik kemajuan Anda kedepannya.

Anda juga perlu mencatat bahwa konten apa yang mendapatkan engagement yang tinggi, sesuaikan dengan strategi pemasaran media sosial Anda, lalu upayakan agar selalu meningkatkan engagement secara keseluruhan.

6 Tips Menaikkan Engagement Instagram

engangement instagram

Dengan menggunakan tips menaikkan engagement Instagram ini maka akan membantu Anda dalam mengukur minat dan memenuhi konten yang diinginkan oleh pengunjung.

1. Bereksperimen dengan berbagai jenis konten

Dengan berbagi konten di Instagram dalam berbagai format seperti gambar tunggal, postingan carousel, IGTV, reel instagram serta Instagram stories maka Anda bisa melihat format mana yang paling sering dilihat.

2. Jangan hanya melihat dari postingan yang disukai

Tentunya akan sangat menyenangkan apabila kita fokus agar bisa mendapatkan “suka “ yang banyak. Akan tetapi itu bukan satu-satunya metrik engagement Instagram.

Namun saat ini konten bukan hanya dilihat dari orang yang suka saja, namun juga harus dilihat berapa yang menyimpan serta membagikan konten tersebut.

Jadi dengan menyimpan dan membagikan konten Anda maka bukan hanya memberitahukan Anda siapa yang benar-benar peduli dengan konten yang Anda buat namun juga memberitahu Instagram.

3. Buat Percakapan

Tips menaikkan engagement Instagram selanjutnya yaitu dengan membuat percakapan. Jadi berikan kesempatan pada orang lain untuk bisa berinteraksi dengan Anda.

Dengan mengajukan pertanyaan ini maka akan memecahkan kebekuan dan kekakuan dengan orang lain dan akan membuat mereka berbicara. Jadi pastikan Anda untuk membalas komentar dan DM.

4. Gunakan fitur interaktif Instagram

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan fitur interaktif instagram sebagai tips menaikkan engagement instagram selanjutnya. Caranya bisa dengan memanfaatkan stiker instagram interaktif pada cerita Anda.

Anda bisa menggunakan stiker seperti polling instagram, pertanyaan, kuis, serta timbangan geser yang akan mengundang penggemar Anda agar terlibat ada konten yang Anda buat.

Baca Juga :

5. Konsisten

Pada algoritma Instagram ini menyukai pengguna aktif, sehingga anda juga bisa melakukannya dengan sering membuat postingan. Tentukan jadwal postingan Anda setiap harinya.

“Konsistensi membunuh kompetensi” ini kata Marnely Murray yang merupakan salah satu pendiri dari Shored Up Digital.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai pebisnis maka Anda harus melakukan postingan setiap hari. Dan apabila ada seseorang menginginkan menjadi follower instagram Anda, maka hal tersebut karena mereka benar-benar ingin mengetahui dan melihat konten yang Anda buat.

6. Lakukan analisis

Jadi tips menaikkan engagement instagram yang terakhir yaitu dengan menganalisis konten yang Anda buat. Di sini Anda juga bisa mengetahui bahwa konten apa yang mendapatkan keterlibatan yang paling banyak.

Agar bisa melakukan analisis ini maka Anda bisa menghitung tingkat keterlibatan pada setiap pos Anda dalam waktu seminggu atau sebulan. Selain itu bisa juga membuat catatan tentang pos mana yang mempunyai engagement tertinggi.

Demikian tips menaikkan engagement Instagram, semoga dapat membantu kamu menganalisa dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.