Apa Itu Enterprise Data Model dan Cara Membuatnya

enterprise data model adalah

Enterprise data model bukanlah sesuatu yang baru. Meskipun sudah lama, namun masih relevan jika Anda terapkan pada bisnis modern saat ini. Hal tersebut merupakan bagian terpenting dari sebuah pengolahan data yang bermanfaat untuk pengelolaan dan pengamanan data sebuah perusahaan.

Karena kita semua tahu keamanan data itu merupakan sesuatu hal yang penting. Dan ini sama seperti dalam meningkatkan produktivitas serta efisiensi aplikasi dan proses digital saat ini

Apa Itu Enterprise Data Model

Enterprise Data Model adalah representasi visual maupun grafik dari data bisnis suatu perusahaan. Fokusnya yaitu pada komponen tingkat tinggi yang lebih abstrak untuk mendefinisikan serta menstandarisasi data bisnis perusahaan secara menyeluruh.

Sehingga ini merupakan sesuatu hal yang sangat penting agar bisa membantu untuk mengurangi duplikat, ketidak akuratan serta kesalahan dalam data bisnis.

Mengapa Kamu membutuhkan Enterprise Data Model?

Adapun beberapa alasan Kamu memerlukan Enterprise Data Model ini, di antaranya yaitu :

1. Meningkatkan Kualitas Data

Data sangat penting bagi sebuah perusahaan. Bahkan perusahaan yang kecil juga akan menangani banyak data setiap harinya. Makin lama data ini juga cepat menjadi tidak relevan lagi.

Dan kesalahan kecil juga bisa ada tanpa Anda ketahui, seperti halnya redundansi. Dan jika semakin banyak kesalahan yang ada dalam data maka membuat data tersebut menjadi tidak akurat.

Lalu saat perusahaan meninjau kembali data untuk membuat keputusan, data yang memiliki banyak kesalahan serta redundansi ini tentunya akan bisa mempengaruhi penjualan serta pertumbuhan suatu perusahaan.

Sehingga degan melihat data secara menyeluruh serta komprehensif kemudian mendefinisikan melalui Enterprise Data Model, akan bisa mengatasi masalah tersebut.

2. Mendefinisikan Semua Data

Enkripsi data model ini merupakan tugas yang besar karena menangani semua data bisnis suatu perusahaan.

Dengan menggunakan enkripsi data model ini maka suatu perusahaan bisa membersihkan data sekaligus menyelaraskan aplikasi agar semuanya menjadi kohesif dan berjalan lancar.

3. Mengelola Data

Kemudian untuk alasan yang lainnya adalah kemudahan dalam mengelola data. Hal ini karena semuanya didefinisikan ke dalam satu grafik.

Sehingga perusahaan bisa melakukan pengelolaan semua aset datanya jadi lebih baik ketika semuanya telah ditempatkan pada satu buah model data saja.

4. Tata Kelola Data

Saat ini bisnis sangat tergantung dengan teknologi, sama seperti halnya dengan konsumen. Semakin banyak kita bisa bergerak online maka tentunya akan semakin banyak aturan yang dibuat untuk menjaga privasi serta keamanan.

Apabila bisnis tidak melindungi data konsumen mereka maka ini akan sangat berbahaya. Dengan menggunakan enkripsi data model ini maka akan bisa membantu untuk mengidentifikasi data bisnis, mengelolanya menjadi lebih baik serta memastikan bisnis agar berjalan sesuai dengan undang-undang data dan privasi.

Baca Juga :

Manfaat Enterprise Data Model

Adapun manfaat dari enkripsi data model ini yaitu :

  • Apabila perusahaan menginginkan data yang berkualitas tinggi maka harus bisa menghilangkan redundansi serta kesalahan. Kemudian juga menerapkan aturan khusus bisnis apa pun yang terkait dengan data tersebut. Dan itu semua bisa Anda lakukan dengan menggunakan enkripsi data model.
  • Dengan menggunakan enkripsi data model ini maka akan bisa membantu bisnis menjadi lebih kohesif serta terstandarisasi dalam prosesnya untuk menyelaraskan berbagai aplikasi serta teknologi yang digunakan oleh suatu perusahaan.
  • Bisa membantu bisnis dalam melakukan penyelarasan datanya dengan menggunakan tata kelola data. Contohnya GDPR atau peraturan perlindungan data umum yang membahas cara perusahaan dalam menggunakan data pelanggan yang memberikan lebih banyak privasi dan kontrol data pada konsumennya.

Dan di saat peraturan tersebut diterapkan maka perusahaan juga perlu memastikan bahwa mereka menangani datanya dengan benar. Dan peraturan tersebut hingga kini juga masih berlaku sehingga untuk semua bisnis baru juga harus mematuhinya.

Apabila tidak mematuhi kebijakan data pemerintah ini maka akan menyebabkan implikasi hukum, sehingga inilah yang membuat enkripsi data model menjadi sangat penting.

Cara Membuat Enterprise Data Model

Untuk enkripsi data model perusahaan ini terdiri atas beberapa model yang lebih kecil. Langsung kita ikuti langkah-langkah dalam membuat enkripsi data model perusahaan :

1. Model Area Subjek Perusahaan

ESAM merupakan sebuah model tingkat tinggi yang berfungsi untuk memberikan definisi pada area subjek utama di sebuah perusahaan dan hubungan antara subjek ini. Seperti yang mencakup akun, IT, penagihan, keuangan serta penjualan.

2. Model Konseptual Perusahaan

Selanjutnya di setiap ESAM akan dibagi-bagi lagi jadi beberapa model konseptual bisnis yang terdiri dari konsep bisnis utama dan bagaimana konsep ini menjadi terkait.

3. Model Entitas Perusahaan

Kemudian untuk model entitas perusahaan ini mencakup kepentingan utama bagi setiap konsep bisnis serta merinci hubungannya satu dengan yang lain.

Baca Juga :

Untuk membuat Enterprise Data Model, perusahaan bisa menggunakan layanan digital marketing agency. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing untuk membantu perusahaan semakin cepat tumbuh.

Contoh Model Data Perusahaan

Untuk enkripsi data model ini bisa divisualisasikan sebagai piramida. Semua piramida ini merupakan model data perusahaan seperti toko online dan toko ritel yang memiliki lokasi fisik.

Di bagian atas piramida ini merupakan model area subjek perusahaan, yang terdiri atas 10-20 subjek bisnis yang sudah ditentukan. Termasuk di dalamnya yaitu toko, produk, gudang, staf, pelanggan dan pembayaran.

Untuk panah ini menunjukkan bahwa tentang bagaimana subjek ini saling berhubungan satu sama lain.

Kemudian di bagian bawahnya , yaitu pada bagian tengah piramida merupakan model konseptual perusahaan yang sudah disempurnakan. Terdiri 8 konsep sampai 12 konsep bisnis utama per model di area subjek.

Contohnya seperti produk bisa dikelompokkan menurut ID serta jenisnya, atau pembayaran bisa dikelompokkan menurut kartu kredit, kartu debit serta uang tunai.

Alat Model Perusahaan

Setelah Kamu memahami mengenai enterprise data model ini maka Kamu harus siap untuk mendalami proyek ini. Kami akan memberikan alat model data yang bsia membantu Kamu untuk membuat prosesnya tidak terlalu membebani Anda.

1. Lucidchart

Pada alat model ini untuk membuat model data dan diagram kolaboratif. Alat model ini juga sudah sesuai dengan standar privasi dan keamanan internasional sehingga keamanannya sudah terjamin.

Dengan adanya drag and drop ini maka membuat anggota tim bisa membangun model data dengan mudah. Selanjutnya setiap orang akan memilih bagian diagram dan meninggalkan komentar umpan balik.

2. Erwin Data Modeler

Alat model ini khusus disesuaikan dengan visualisasi serta standarisasi aset data perusahaan. Semua data bisa ditangani dalam satu antarmuka, dan model secara otomatis akan membantu untuk mengurangi redudansi dan kesalahan dalam meningkatkan kualitas data.

3. Diarams.net

Dengan diagramns.net ini maka akan memungkinkan Kamu untuk membuat diagram alur serta grafik data perusahaan. Dengan fitur drag and drop yang ada di dalamnya maka akan membantu Kamu dalam penempatan bentuk, garis serta panah pada tempat yang diinginkan.

4. UGD/Studio

Dengan pemodelan data perusahaan ini akan memungkinkan rekayasa maju mundur pemetaan sumber dan target, standar penamaan dan lain-lain. Dan ini merupakan data yang berbayar untuk harganya juga bervariasi tergantung dari kebutuhan.

5. Ab Initio

Selanjutnya ada ab Initio yang menggabungkan layanan mandiri serta otomatisasi dalam model data untuk lebih meningkatkan efisiensi.